7 Produk Perawatan Esensial untuk Bayi Baru Lahir Rekomendasi Parenting Blogger Damar

Parenting and lifestyle blogger Damar Nur Aisah
Parenting and lifestyle blogger
Damar Nur Aisah
Seorang ibu dari dua anak dengan kecenderungan kinestesis. Damar aktif menulis di blog untuk mendokumentasikan kesehariannya. Ia juga menulis cerita anak untuk mengabadikan dongeng pengantar tidur yang biasa diperdengarkan kepada dua anaknya. Sekarang ini Damar sedang tergila-gila pada skincare karena usianya yang semakin dewasa.
Kelahiran seorang bayi merupakan satu momen istimewa bagi semua ibu di dunia, tak terkecuali bagi saya. Menyaksikan sendiri si jabang bayi yang sembilan bulan sebelumnya menghuni rahim saya lahir ke dunia, menimbulkan perasaan campur aduk. Ada perasaan haru dan bahagia yang tidak dapat dibendung serta keinginan untuk memberikan perlindungan terbaik baginya.

Perlindungan tersebut tidak hanya melalui nutrisi yang diasupnya. Saya pun selalu mengusahakan produk esensial khusus untuk melindungi kulit bayi yang cenderung masih sangat tipis dan sensitif. Pemilihan produk perawatan bayi tidak bisa sembarangan. Ibu sebaiknya memperhatikan komposisi bahan-bahan pembuatnya. Selain memastikan bahan-bahannya aman, perhatikan juga manfaat dari setiap produk tersebut. Berikut beberapa produk esensial untuk bayi baru lahir yang bisa menjadi rekomendasi para calon ibu atau kado kelahiran teman.

Produk pilihan Damar Nur Aisah

Johnson's Baby Milk + Rice  

Johnson's Baby Milk + Rice

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 15.900

Sabun dengan ekstrak beras dan susu untuk menjaga kelembutan kulit bayi

Johnson's Baby Milk + Rice merupakan sabun bayi dengan formula yang sangat lembut. Saya memilih sabun ini karena kandungan susu dan nutrien berasnya yang jarang ditemukan pada produk perawatan bayi lain. Kandungan keduanya dipercaya mampu memberikan nutrisi pada kulit, menjaga kelembutan serta kelembapan kulit bayi.

Seperti sabun bayi lainnya, Johnson's Baby Milk + Rice juga tidak pedih di mata. Jadi, para ibu yang baru belajar memandikan pun tidak perlu khawatir jika secara tidak sengaja mengenai mata si kecil. Setelah saya coba, busa yang dihasilkannya tidak berlebihan yang menandakan kandungan detergennya rendah. Selain itu, aromanya juga lembut dan tidak menyengat.

Meskipun produk ini diformulasikan khusus untuk bayi, kandungan susunya kadang memicu alergi bagi bayi yang memiliki kulit sensitif. Jadi, apabila kulit si kecil terlihat gatal atau kemerahan, segera hentikan pemakaian dan lihat reaksi selanjutnya.

Kalbe My Baby Minyak Telon Plus 

Kalbe My Baby Minyak Telon Plus

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 16.000

Menghangatkan sekaligus sebagai penangkal gigitan nyamuk

Salah satu ritual penting setelah memandikan bayi adalah mengoleskan minyak telon. Saya biasanya membalurkan sambil memberi pijatan lembut pada bagian perut, punggung, dan kaki. Saya memilih minyak telon dari My Baby ini karena hangatnya pas untuk bayi.

My Baby Minyak Telon Plus Eucalyptus mengandung chamomile dan citronella yang memiliki aroma menenangkan. Aroma tersebut juga mampu melindungi kulit dari gigitan nyamuk. Jadi, si kecil bisa tidur dengan lebih nyaman. Saya pun tak perlu khawatir gigitan nyamuk akan membuat kulitnya gatal atau merah-merah. My Baby Minyak Telon juga selalu bisa saya andalkan saat si kecil mengalami kembung atau terlihat mual.

Namun, ada beberapa kasus bayi yang memiliki kulit sangat sensitif mengeluarkan reaksi alergi terhadap eucalyptus yang terkandung dalam minyak telon. Oleh karena itu, sebaiknya para Ibu mengetesnya terlebih dahulu dengan mengoleskan sedikit pada kulit si kecil, sebelum memutuskan untuk menggunakannya sebagai perawatan harian.

Kino Sleek Baby Natural Antibacterial Diaper Cream  

Kino Sleek Baby Natural Antibacterial Diaper Cream

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 24.999

Baby diaper cream yang aman untuk wajah dan kepala

Biasanya, para ibu menggunakan baby diaper rush cream untuk bagian paha, pantat, dan selangkangan bayi saja, kan? Nah, Sleek Baby Natural Antibacterial Diaper Cream ini bisa juga digunakan pada bagian pipi, bahkan kepala bayi. Iya, kadang-kadang bayi juga mengalami bintik-bintik merah di kepala atau pipinya.

Produk ini memiliki formula yang sangat ringan dengan pH 5,5 dan telah lulus uji hypoallergenic. Jadi, aman digunakan oleh bayi yang baru lahir sekalipun. Saat dioleskan pada kulit yang iritasi, krim ini akan terasa dingin dan nyaman. Setelah saya coba, aromanya juga lembut dan tidak menyengat.

Kemasannya berbahan plastik dengan tutup berbentuk tube, membuat krim ini mudah dikeluarkan dalam jumlah tertentu, tanpa khawatir berlebihan. Sayangnya, Sleek Baby Diaper Cream ini termasuk mahal bila dibandingkan dengan produk sejenis. Memang, ada harga ada rupa, ya!

Kino Sleek Baby Laundry Detergent 

Kino Sleek Baby Laundry Detergent

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 23.000

Detergen khusus pakaian bayi dengan antibakteri dan antijamur

Selain perawatan kulitnya, pakaian dan perlengkapan yang menempel di kulit bayi juga perlu diperhatikan. Untuk itu, saya memilih Sleek Baby Laundry Detergent yang terbuat dari bahan alami. Hal ini penting untuk meminimalkan risiko iritasi pada kulit bayi yang masih sangat sensitif.

Hasil cuciannya pun tidak meninggalkan aroma wangi berlebihan layaknya detergen untuk pakaian dewasa. Busa yang dihasilkan tidak terlalu banyak, menandakan kandungan detergennya tidak terlalu tinggi. Uniknya, produk ini mampu menghilangkan bau amis bekas ASI atau pesing akibat kencing bayi. Selain itu, produk ini dilengkapi dengan formula antibakteri sehingga dapat menjaga pakaian bayi tetap steril.

Hanya saja, Sleek Baby Laundry Detergent kurang bisa diandalkan untuk menghilangkan noda yang berwarna. Oleh karena itu, saya tetap menyediakan detergen lain untuk membersihkan baju si kecil yang terkena kotoran atau popok bekas buang air besar.

Pigeon Baby Shampoo Chamomile 

Pigeon Baby Shampoo Chamomile

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 11.000

Cegah kulit kepala bayi bersisik dengan sampo ini

Seperti halnya orang dewasa, kulit kepala bayi pun membutuhkan sampo yang mampu membersihkan sekaligus melindungi kulit kepala serta merawat rambutnya. Untuk itu, saya memilih Pigeon Baby Shampoo Chamomile. Yang saya suka dari sampo ini adalah kandungan ekstrak chamomile dan jojoba oil di dalamya. Keduanya membuat rambut anak saya lembut, tidak kusut serta hitam terawat.

Seperti produk bayi pada umumnya, Pigeon Baby Shampoo juga tidak pedih di mata. Formulanya lembut, tidak menyebabkan kulit kepala bayi menjadi kering atau bersisik. Anak kedua saya menggunakannya hingga usia balita. Namun, reaksi setiap bayi terhadap suatu produk tentu tidak akan sama. Anak saya yang pertama justru tidak cocok menggunakan sampo ini. Jadi, sebaiknya Anda membeli dulu kemasan kecil untuk melihat reaksi bayi Anda. Bila kulit kepalanya justru menjadi kering atau terlihat indikasi alergi, segeralah hentikan pemakaian.

Godrej Mitu Baby Changing Diaper Wipes 

Godrej Mitu Baby Changing Diaper Wipes

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 20.000

Tisu basah yang tidak mengandung alkohol

Tisu basah merupakan salah satu peralatan tempur yang tidak boleh dilupakan para ibu. Ini adalah must item yang digunakan saat mengganti diaper, untuk membersihkan pantat dan alat kelamin bayi. Selain itu, tisu basah juga sangat membantu untuk membersihkan pipi bayi serta payudara ibu, sebelum atau setelah pemberian ASI. Mitu Baby Wipes ini saya rekomendasikan karena tidak mengandung alkohol sehingga aman untuk bayi.

Selain itu, kandungan chrysanthemum di dalamnya membantu mengurangi ruam yang sering kali menyerang area pantat dan selangkangan. Saat mengganti popok bayi, Anda cukup mengusap secara perlahan dari arah depan ke belakang. Kemudian, ganti dengan lembaran tisu yang baru jika ingin membersihkan area tubuh lainnya. Ingat, hindari menggosokkan tisu terlalu keras pada permukaan kulit bayi untuk mencegah lecet.

Lembaran Mitu Baby Wipes juga lebih tebal bila dibandingkan produk sejenis. Namun, Anda jangan khawatir. Ketebalan tisu tersebut tidak membuatnya menjadi kaku. Sebaliknya, tisu ini tetap lentur dan lembut sehingga aman bergesekan dengan kulit bayi. Hanya saja, penutup plastik pada kemasan tisu sangat mudah lepas. Kalau sudah begitu, bisa dipastikan tisu sangat mudah menjadi kering dan tidak bisa digunakan secara maksimal.

Johnson`s Baby Oil  

Johnson`s Baby Oil

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 10.500

Produk serbaguna, mulai dari membersihkan kerak hingga minyak untuk pijat

Baby oil dari Johnson's ini termasuk warisan keluarga yang sudah digunakan secara turun temurun. Saat kami kecil, saya dan kakak-kakak saya, ternyata menggunakannya untuk membersihkan kotoran pada area lipatan tubuh. Jadi, tidak salah kalau kami menyebutnya sebagai baby oil warisan keluarga. Setelah menjadi ibu, saya pun langsung memilihnya sebagai salah satu produk esensial untuk anak-anak saya.

Johnson's Baby Oil telah terbukti mampu membersihkan kotoran yang berkerak di kulit kepala serta lipatan-lipatan tubuh bayi. Di samping itu, saya juga sering menggunakannya sebagai baluran saat memijat bayi. Pijatan lembut menggunakan baby oil ini selain dapat memberikan rasa nyaman, juga berguna untuk meningkatkan bonding antara ibu dan anak.

Sayangnya, anak-anak saya tidak terlalu suka dengan aromanya. Oleh karena itu, setelah menggunakannya sebagai baluran, saya harus segera mengelap atau memandikan mereka.

Kesimpulan

Semua produk yang saya rekomendasikan tadi telah saya gunakan untuk kedua anak saya sejak mereka bayi. Beberapa produk masih kami pakai hingga si bungsu beranjak balita karena kami kami masih merasakan manfaatnya. Namun, ada beberapa yang tidak kami lanjutkan. Misalnya, Sleek Baby Laundry yang kami ganti penggunaannya dengan detergen biasa setelah si kecil beranjak besar.

Produk-produk tersebut juga telah terbukti tidak menimbulkan keluhan pada si kecil, yang cenderung berkulit sensitif. Semoga produk yang saya rekomendasikan ini bisa bermanfaat untuk bayi-bayi yang lain. Untuk para ibu, tetaplah semangat memberikan yang terbaik untuk si kecil!