9 Peralatan Dapur Elektronik yang Sebaiknya Dimiliki oleh Anda yang Hobi Masak! Rekomendasi Food Blogger Diah Didi

Food blogger Diah Didi
Food blogger
Diah Didi
Diah Didi adalah seorang ibu rumah tangga yang sangat mencintai dunia masak-memasak. Ia senang mencoba resep baru dan menuliskannya di blog. Berkat kecintaan dan keahliannya dalam memasak, ia sering dipercaya untuk menulis review restoran-restoran terkenal atau produk-produk dari perusahaan besar maupun kecil. Perempuan yang juga sempat mendalami dunia fashion design ini juga telah menerbitkan beberapa buku resep masakan.
Memasak sudah menjadi kegiatan keseharian saya di rumah. Selain memasak, saya juga senang mengoleksi aneka peralatan dapur. Apalagi, sekarang banyak sekali alat-alat canggih yang membantu proses memasak menjadi lebih cepat dan menyenangkan. Dalam memilih peralatan dapur, saya biasanya tidak terlalu mementingkan merek. Selain manfaat dan kualitasnya, saya juga selalu memilih produk yang desainnya cantik dan enak dilihat.

Pada artikel kali ini, saya akan merekomendasikan berbagai peralatan dapur yang sangat praktis, mudah digunakan, dan tentu saja berkualitas. Semua peralatan tersebut sudah saya coba dan rasakan sendiri manfaatnya. Mulai dari digital rice cooker yang multifungsi, hingga air fryer yang bisa menggoreng tanpa menggunakan minyak. Semoga artikel ini bisa membantu kalian yang sedang berencana untuk menambah koleksi peralatan dapur.

Produk pilihan Diah Didi

Oxone Single Ceramic Stove OX-655S 

Oxone Single Ceramic Stove OX-655S

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 485.000

Kompor satu tungku yang praktis dan minimalis, membantu kalian menghidangkan sajian tetap panas di atas meja

Pertama-tama, saya ingin merekomendasikan kompor listrik merek Oxone yang harganya sangat terjangkau. Sebenarnya, ada dua jenis kompor listrik yang ditawarkan oleh Oxone, yaitu tipe satu tungku dan tipe dua tungku. Namun, pilihan saya jatuh pada tipe satu tungku, yakni Oxone Single Ceramic Stove. Saya menyukainya karena desainnya yang minimalis dan enak dilihat.

Kompor ini sangat cocok untuk food blogger seperti saya yang kadang harus membuat video masakan di berbagai tempat. Bentuknya yang kecil dan ringkas, membuatnya praktis untuk dipindah-pindah. Salah satu kelebihannya yang sangat saya sukai adalah kompor Oxone ini cepat panas sehingga tidak perlu menunggu lama untuk mulai memasak. Selain itu, kompor listrik ini juga sangat berguna bila tiba-tiba kehabisan gas ketika memasak.

Karena desainnya tidak terlalu tinggi, kita bisa meletakkannya langsung di atas meja makan. Ini membantu sekali saat kita menyajikan masakan yang harus tetap panas, seperti steamboat, sop, kuah bakso, atau barbeque. Oh ya, kompor ini juga hemat listrik.

Karaca Bakechef Redgold Mini Oven 1301 

Karaca Bakechef Redgold Mini Oven 1301

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.639.800

Dua fungsi dalam satu alat, praktis dan ekonomis

Oven adalah salah satu perkakas dapur yang wajib dimiliki. Apalagi jika kalian suka baking seperti saya. Untuk pemakaian rumah tangga, saya lebih menyukai oven listrik dibandingkan oven kompor atau oven gas. Selain praktis, oven listrik juga penampilannya lebih bersih sehingga bisa mempercantik dapur kita. Saya memiliki beberapa jenis oven listrik, tetapi favorit saya adalah Karaca Bakechef Redgold Mini Oven, koleksi terbaru dari Karaca.

Salah satu hal yang saya sukai dari oven ini adalah desainnya cantik, dengan warna yang unik dan eye catching. Tidak banyak peralatan dapur yang berwarna merah seperti ini. Meski oven ini terlihat kecil, dalamnya lega dan bahkan mampu memuat loyang dengan diameter 33 cm. Karena itu, saya jadi lebih bebas memilih loyang untuk memanggang.

Suhunya juga sangat pas. Saya bisa memanggang cake, roti, atau masakan lain dengan kematangan yang sempurna. Selain berfungsi sebagai oven, produk ini juga berfungsi sebagai microwave. Kita bisa menggunakannya untuk menghangatkan makanan dengan mudah dan cepat. Praktis, kan?

Philips Mixer HR1530/80 

Philips Mixer HR1530/80

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 426.000

Hand mixer yang bandel dengan kecepatan yang pas

Seperti halnya oven, mixer adalah salah satu perkakas yang wajib ada karena saya sangat menyukai baking. Mixer ini sangat membantu dalam membuat adonan cake, kue kering, bahkan kue-kue jajanan pasar. Saya memiliki beberapa jenis mixer dengan berbagai merek. Namun, yang akan saya rekomendasikan kali ini adalah hand mixer favorit saya, yaitu Philips Mixer HR1530/80.

Saya menyukai Philips Mixer HR1530/80 ini karena desainnya simpel dengan tiga kecepatan putaran. Saat saya menggunakannya untuk mengocok telur, hasilnya menjadi lebih cepat mengembang bila dibandingkan dengan mixer lain. Selain itu, mixer ini juga ringan sehingga tidak terlalu membebani tangan kita saat mengocok adonan. Dalam satu paket penjualan, kalian akan mendapatkan pengocok strip, pengocok spiral, dan juga spatula.

Sebenarnya, hand mixer tipe HR1530/80 ini adalah keluaran lama. Namun, setelah saya bandingkan dengan tipe terbaru yang juga produksi Philips, tipe ini lebih awet dan tahan banting. Mixer tipe terbaru yang saya beli malah lebih cepat rusak dan tidak tahan lama.

Mitochiba Food Chopper CH-100 

Mitochiba Food Chopper CH-100

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 408.900

Menggiling daging kini tidak perlu ribet lagi

Dulu, saya sempat berpikir lama saat ingin membeli food processor atau sering disebut juga chopper. Sebab, bila membeli yang murah, saya khawatir akan cepat rusak. Namun, bila membeli yang merek terkenal, kok rasanya terlalu mahal. Untungnya, sekarang ada Mitochiba Food Chopper yang harganya terjangkau, namun tetap berkualitas. Chopper ini mampu menghaluskan daging sapi, ayam, dan bahan makanan lainnya dengan cepat.

Produk ini memiliki desain yang simpel, elegan, serta mudah dioperasikan. Selain itu, bagian-bagiannya bisa dilepas sehingga mudah dibersihkan. Satu paket penjualannya terdiri dari dua chopper, satu chopper besar berkapasitas 1,5 liter dan satu chopper kecil berkapasitas 700 ml. Chopper besar bisa kalian gunakan untuk menggiling daging, sedangkan yang kecil bisa digunakan untuk menghaluskan kacang atau bumbu-bumbu.

Saran saya, meskipun kapasitas maksimalnya 1,5 liter, jangan menghaluskan daging lebih dari 500 gr dalam sekali gilingan. Apabila kalian menggiling daging lebih dari itu, hasil gilingannya akan kurang halus dan mesin menjadi cepat panas. Selain itu, jangan lupa memberi jeda sebentar saat memakainya berulang kali, agar mesinnya dapat beristirahat.

Strogen Air Fryer  

Strogen Air Fryer

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.100.000

Nikmati makanan gorengan, tanpa rasa bersalah

Air fryer adalah salah satu gadget dapur yang sangat canggih. Alat ini memungkinkan kita menggoreng tanpa minyak sama sekali. Kali ini saya akan merekomendasikan air fryer dengan harga yang lumayan terjangkau, produk dari Strogen.

Modelnya bagus, berbentuk tabung dengan wadah makanan di dalamnya. Wadah ini sangat mudah ditarik keluar sehingga memudahkan kita untuk memeriksa kematangan masakan. Air fryer ini berguna sekali bagi kita yang ingin mengurangi konsumsi minyak. Konsumsi minyak berlebih memang tidak baik bagi kesehatan, terutama bagi kalian yang sedang menjalankan diet sehat.

Hanya saja, air fryer ini tidak bisa digunakan untuk menggoreng segala jenis makanan. Air fryer memang bisa digunakan untuk menggoreng frozen food, ayam, kacang, atau bahan makanan lain yang mengandung minyak alami. Namun, air fryer ini kurang cocok bila digunakan untuk menggoreng kerupuk atau adonan basah, seperti bakwan. Selain untuk menggoreng, saya juga sering menggunakan Strogen Air Fryer untuk memanggang ubi atau kentang. Hasilnya lebih cepat matang dibanding bila menggunakan oven.

Philips Viva Collection Digital Rice Cooker HD3053/33 

Philips Viva Collection Digital Rice Cooker HD3053/33

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 579.000

Menanak nasi merah pulen dengan satu kali pencet

Semua orang pasti sudah sangat familier dengan rice cooker. Nah, kali ini saya akan membahas digital rice cooker, rice cooker generasi terbaru yang sangat canggih. Tidak hanya menanak nasi, digital rice cooker juga bisa digunakan untuk mengukus, merebus, bahkan membuat kue.

Sebenarnya, saya mempunyai dua digital rice cooker dengan merek berbeda, yaitu Mitochiba dan Philips. Keduanya sama-sama memiliki beberapa fitur canggih. Namun, yang ingin saya rekomendasikan kali ini adalah Philips Viva Collection Digital Rice Cooker. Rice cooker ini memiliki desain yang cantik dengan kapasitas ekstra besar, yang mampu menanak nasi untuk 14 orang sekaligus. Meski baru dipakai, pegangan pancinya tetap dingin sehingga mudah dilepas.

Kelebihannya yang paling saya sukai adalah rice cooker ini bisa menanak nasi merah dengan pulen. Tidak seperti nasi putih, nasi merah memang lebih sulit pulen. Sayangnya, untuk urusan memasak daging, produk ini masih kalah bila dibandingkan dengan digital rice cooker dari Mitochiba. Oleh karena itu, bila ingin memasak aneka sup daging atau rawon, saya lebih sering menggunakan digital rice cooker dari Mitochiba tadi.

Vicenza Slow Cooker VSC01 

Vicenza Slow Cooker VSC01

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 549.000

Memasak dengan perlahan tanpa khawatir gosong

Salah satu alat dapur yang jadi koleksi saya adalah slow cooker. Seperti namanya, slow cooker adalah alat yang berfungsi untuk memasak secara perlahan. Saya sudah mencoba berbagai merek, tetapi saya paling suka dengan slow cooker dari Vicenza karena kapasitasnya besar dan hemat listrik.

Saya sering menggunakannya untuk membuat kaldu, gudeg, lontong, ketupat, bahkan jamu atau seduhan rempah-rempah. Saat memasak makanan yang yang prosesnya lama, rasanya tanggung bila hanya membuat sedikit. Karena itulah, saya membutuhkan slow cooker yang bisa muat banyak. Produk ini bahkan mampu menampung 1 ekor ayam kampung berukuran besar saat saya membuat kaldu.

Slow cooker ini sangat praktis karena tidak perlu kita tunggui. Jadi, kita bisa memasak sambil mengerjakan pekerjaan lain. Karena proses memasaknya perlahan, kita juga tidak perlu khawatir masakan akan gosong meski ditinggal berjam-jam.

Namun, kita tetap harus pandai-pandai memperkirakan lama waktu memasak yang tepat. Sebab, bila dimasak terlalu lama, sari pati bahan makanan akan keluar semua dan menyebabkan rasanya menjadi hambar. Contohnya, saat kita membuat kaldu, semakin lama waktu merebus memang akan membuat kaldunya semakin gurih. Namun, dagingnya akan terasa hambar saat dimakan.

Haezbaby Bear ESC Travel Mate Pro 4+ 

Haezbaby Bear ESC Travel Mate Pro 4+

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.490.000

Membuat bekal makanan kalian tetap hangat dan nikmat

Selanjutnya, perkakas dapur yang ingin saya rekomendasikan adalah Haezbaby Bear ESC Travel Mate Pro 4+. Sebetulnya, steamer listrik ini adalah alat untuk memasak MPASI bayi dan balita. Namun, tidak ada salahnya digunakan untuk memasak makanan orang dewasa, kan? Saya sangat menyukai produk ini karena praktis.

Alat ini bisa mengukus, merebus, memasak nasi atau bubur, sekaligus berfungsi sebagai penghangat. Untuk menggunakannya, kalian cukup memasukkan bahan makanan yang ingin dimasak, nyalakan, lalu atur lamanya proses memasak. Setelah proses memasak selesai, ia akan secara otomatis berubah ke mode penghangat. Aliran listrik juga akan terputus dengan sendirinya bila air dalam steamer habis sehingga aman.

Steamer listrik ini juga bentuknya sangat ringkas sehingga bisa juga digunakan sebagai lunch box. Haezbaby ini cocok untuk dibawa piknik atau bagi kalian yang senang membawa bekal ke kantor, tetapi tidak suka makanan dingin. Kapasitasnya sekitar 2 liter dengan tiga mangkuk stainless, cukup untuk membawa makanan untuk satu atau dua orang. Bila ingin memanaskan kembali makanan, kalian tinggal menghubungkannya dengan listrik sebentar. Bekal makanan pun akan hangat seketika.

ReBread E10/RB350 Stainless 

ReBread E10/RB350 Stainless

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 2.480.000

Menguleni roti tanpa menyebabkan tangan pegal

Terakhir, alat dapur elektronik yang menurut saya wajib dimiliki adalah bread maker. Keluarga saya sangat suka ngemil, dan saya selalu berusaha untuk menyediakan camilan rumahan yang sehat. Alat ini sangat membantu ketika saya sedang sibuk dan tidak bisa menguleni adonan roti, donat, atau pizza.

Alat ini sangat praktis. Untuk menggunakannya, kalian tinggal memasukkan semua bahan sesuai takaran dan memencet tombol saja. Mesin ini akan menguleni adonan sampai kalis secara otomatis. Jadi, kita tidak perlu lagi menguleni adonan dengan tangan sampai pegal. Alat ini juga telah dilengkapi dengan timer sehingga kita tidak perlu menungguinya. Sambil menunggu adonan siap, kalian bisa melakukan pekerjaan lain.

Sebetulnya, bread maker ini memiliki fitur langsung memanggang. Jadi, kita hanya memasukkan bahan mentah dan saat keluar sudah menjadi roti yang siap dimakan. Hanya saja, karena bentuknya kotak, roti apa pun yang kita buat akan menjadi kotak. Oleh karena itu, saya lebih suka menggunakannya untuk menguleni saja dan memanggang menggunakan oven biasa. Oh ya, selain membuat roti, produk ini juga bisa digunakan untuk membuat selai.

Kesimpulan

Demikian produk-produk peralatan dapur elektronik rekomendasi saya. Kemajuan teknologi yang semakin canggih, kini dapat dirasakan juga oleh ibu rumah tangga seperti saya. Proses memasak menjadi lebih mudah dan tidak ribet dengan bantuan alat-alat canggih. Membuat roti atau donat yang tadinya bisa membuat tangan kekar pun, kini bisa dilakukan dengan memencet satu tombol saja.

Dalam memilih produk, jangan terlalu terpaku kepada merek. Meski merek ternama menjadi jaminan kualitas tersendiri, tidak selamanya produk yang tidak bermerek itu tidak berkualitas. Tetap perhatikan kualitas, fungsi, juga desainnya. Percaya atau tidak, peralatan dapur dengan desain cantik dan menarik, sedikit banyak akan membantu menaikkan mood memasak kita.