7 Rekomendasi Produk Aksesoris Gadget untuk Menunjang Aktivitas Digital Marketing

7 Rekomendasi Produk Aksesoris Gadget untuk Menunjang Aktivitas Digital Marketing

Perkembangan digital marketing dewasa ini semakin pesat. Aktivitas marketing atau berjualan, tidak lagi terbatasi oleh ruang dan waktu. Siapa saja bisa memasarkan produk dan jasa melalui internet. Piranti pemasaran pun tidak harus menggunakan laptop, tetapi bisa juga memanfaatkan smartphone.
Banyak juga produsen yang telah menerapkan berbagai sistem pemasaran online, disamping sistem pemasaran konvensional. Sayangnya, banyak marketer yang belum memanfaatkan kesempatan ini dengan optimal. Berbekal pengalaman memasarkan produk melalui internet, berikut saya rekomendasikan tujuh alat yang bisa digunakan untuk menunjang aktivitas digital marketing kalian.
Creator Image
Sandi Iswahyudi
Lifestyle Blogger
  • Zhiyun
    Smooth 4


    Sandi Iswahyudi

    Seiring dengan meningkatnya pasokan konten video gratis, konsumsi video di Indonesia memang semakin meningkat. Hal ini dipertegas Mobile Marketing Association (MMA), seperti dilansir CNN Indonesia, yang menyatakan bahwa konsumsi video termasuk salah satu tren seluler pada tahun 2019 di Indonesia.
    Fakta menarik ini cukup untuk dijadikan alasan mengapa kalian sebaiknya mulai memasarkan produk atau jasa melalui video. Dengan bantuan Zhiyun Smooth 4, kalian dapat membuat video layaknya profesional, meski hanya menggunakan smartphone. 

    Produk ini membuat gambar yang kalian ambil tidak bergoyang serta memperhalus perpindahan gerakan, baik itu vertikal maupun horizontal. Selain itu, produk ini juga memiliki satu tombol khusus, untuk memerintahkannya fokus pada satu titik objek. 

    Zhiyun Smooth 4 membantu saya mengambil objek dari berbagai sudut tanpa takut hasil videonya bergoyang-goyang. Selain itu, ia juga memungkinkan saya membuat berbagai model video, seperti time lapse, moving time lapse, atau slow motion. Video selfie pun bisa dengan mudah dilakukan hanya dengan satu tombol.
  • Boya
    Cardioid Microphone


    Sandi Iswahyudi

    Hasil rekaman video atau audio dengan menggunakan smartphone memang sering kali tidak maksimal. Namun, dengan Boya BY-MM1 Cardioid Microphone ini, kalian tidak perlu khawatir lagi. Aksesoris ini mampu meningkatkan kualitas audio, menjadikan suara lebih jernih dan bebas gangguan noise.
    Boya BY-MM1 Cardioid Microphone telah dilengkapi dengan deadcat sebagai peredam noise. Selain itu, terdapat anti-shock mount, yang mampu mengurangi kebisingan serta getaran secara efektif. 

    Penggunaannya pun sangat mudah. Kalian tinggal menghubungkan smartphone, laptop, kamera DSLR, atau mirrorless dengan cable connector yang tersedia. Tambahan aksesoris ini akan menjadikan video yang kalian buat semakin berkualitas.
  • Keyboard Bluetooth


    Sandi Iswahyudi

    Keyboard bluetooth BKB800 memiliki desain modern dan tipis yang bisa digunakan untuk Android maupun iOS. Dengan dimensi 28,5 x 12 x 2,2 cm, keyboard ini sangat praktis untuk dibawa-bawa. Saya termasuk orang dengan mobilitas tinggi dan tidak selalu membawa laptop. Produk ini memudahkan saya untuk membuat artikel di blog menggunakan smartphone, kapan pun dan di mana pun.
    Keyboard Bluetooth BKB800 ini menggunakan dua buah baterai ukuran kecil tipe AAA yang terpasang di dalamnya. Untuk menggunakannya, kalian perlu menghubungkan koneksi bluetooth antara keyboard dengan smartphone terlebih dahulu. Dalam hitungan detik, keyboard ini pun siap digunakan. Produk ini akan membantu kalian untuk tetap produktif.
  • Log-On
    Softcandy


    Sandi Iswahyudi

    Saat ini banyak sekali earphone yang beredar di pasaran. Mulai dari yang premium hingga yang ekonomis. Bila kalian menginginkan earphone dengan kualitas prima dan juga tahan lama, sudah tentu produk dengan merek ternama adalah pilihan yang tepat. Tentu saja, hal itu berbanding lurus dengan harga yang tidak murah.
    Saya pribadi lebih memilih earphone yang harganya terjangkau, namun tetap memiliki kualitas yang baik. Sebab, pemakaian earphone sebagai digital marketer memang tidak memerlukan spesifikasi yang terlalu tinggi. Saya hanya menggunakannya saat menyunting video, menyimak seminar online dari master internet marketing, atau mendengarkan musik. Untuk itu, pilihan saya jatuh pada earphone dari Log-On ini. 


    Earphone Log-On Softcandy LO-HF500 menawarkan kualitas suara yang cukup baik dengan harga yang sangat terjangkau. Pilihan warnanya juga banyak dan menarik, yang bisa membantu menaikkan mood kita. Earphone ini juga dilengkapi tombol pada salah satu kabelnya sehingga kita bisa menerima panggilan telepon saat menggunakannya.
  • Takara
    Lightweight Tripod For DSLR And Action Camera


    Sandi Iswahyudi

    Takara Eco-196A ini adalah tripod pertama yang saya miliki. Tripod ini sangat membantu saya dalam membuat video time lapse, slow motion, video blog, hingga merekam seminar atau wawancara narasumber. Produk ini memiliki ketinggian minimal 475 mm dan maksimal 1.450. Jadi, kalian bisa leluasa menyesuaikannya dengan objek yang ingin direkam.
    Beban maksimal yang mampu ditopang oleh tripod ini adalah sekitar 3 kg. Artinya, tripod ini mampu menopang kamera DLSR yang tidak terlalu besar. Sayangnya, tripod ini hanya bisa digunakan di tempat yang permukaannya datar. Bagi kalian yang membutuhkan tripod untuk digunakan di tempat yang miring atau tidak rata, kalian sebaiknya menggunakan tripod lain yang cocok.
  • Tripod Gorillapod


    Sandi Iswahyudi

    Jika kalian membutuhkan alat bantu pengambilan gambar atau video yang bisa digunakan di segala kondisi dan situasi, Gorilla Pod adalah jawabannya. Gorilla Pod memiliki tiga kaki yang sangat fleksibel, membantu kita merekam di tempat yang sempit sekalipun. Kalian bisa melilitkan kaki-kakinya pada tiang, jendela, ranting, atau apa saja.

    Sayangnya, kaki Gorilla Pod ini berukuran pendek dan tidak bisa diatur ketinggiannya. Oleh karena itu, produk ini kurang cocok bila digunakan untuk merekam seminar. Saya biasanya menggunakan tripod ini untuk mengambil gambar atau merekam video di tempat yang sempit atau di luar ruangan. 

    Gorilla Pod ini juga memiliki beberapa tipe dan ukuran, sesuai dengan beban maksimal yang mampu ditopangnya. Sebelum membelinya, Pastikan kalian memeriksa kapasitas beban maksimalnya sesuai dengan berat kamera kalian.
  • ASUS
    ZenPower Duo


    Sandi Iswahyudi

    Smartphone yang sering digunakan untuk aktivitas online pasti baterainya akan lebih cepat berkurang. Karena itu, penting bagi kita untuk memiliki power bank sebagai baterai cadangan. Saya sendiri sudah mencoba berbagai power bank, yakni ZenPower Slim, ZenPower Pocket, dan ZenPower Duo ini. Dari ketiga produk ini, saya merekomendasikan ASUS ZenPower Duo.
    ASUS ZenPower Duo memiliki kapasitas sebesar 10.050 mAh dan mampu mengisi baterai smartphone sampai penuh hingga tiga kali. Selain itu, produk ini memiliki dua port USB sehingga bisa digunakan untuk mengisi baterai dua smartphone sekaligus. Meski kapasitasnya besar, ASUS ZenPower ini sangat ringkas, dengan ukuran hanya sebesar kartu kredit.