7 Produk Pendukung Aktivitas Homeschooling Rekomendasi Homeschooler Farida Pane

Lifestyle blogger, homeschooler Farida Zulkaidah Pane
Lifestyle blogger, homeschooler
Farida Zulkaidah Pane
Seorang ibu dari enam anak yang menerapkan homeschooling untuk pendidikan buah hatinya. Farida memiliki latar belakang pendidikan di bidang teknologi informatika yang membuatnya akrab dengan perangkat digital. Ia juga menulis blog, sebagai salah satu kegiatan untuk menyalurkan hobi.
Homeschooling kini mulai banyak dipertimbangkan oleh para orang tua di Indonesia. Kami pun telah menjalankannya untuk pendidikan putra-putri kami. Banyak orang yang bertanya-tanya, bagaimana kami menjalani homeschooling bagi 6 orang anak dengan jenjang usia serta minat dan bakat yang berbeda. Apalagi, suami saya sebagai salah satu pengajar homeschooling kami, bekerja di luar kota.

Walau terpisah jarak, suami saya tetap bisa memberikan bimbingan. Kehadiran teknologi digital yang terus berkembang pesat hingga saat ini sangat membantu aktivitas belajar. Saat ini telah banyak aplikasi pendukung komunikasi multimedia, yang dapat dinikmati secara gratis, baik melalui komputer maupun telepon seluler yang bisa kita manfaatkan. Aplikasi tersebut diantaranya adalah fitur panggilan video WhatsApp, Facebook Live, Youtube Live atau Google Hangout seperti yang kami pilih. Selain itu, kami juga menggunakan sejumlah perangkat pendukung, seperti di bawah ini.

Produk pilihan Farida Zulkaidah Pane

Dell New Vostro 14 3000 (3478) 

Dell New Vostro 14 3000 (3478)

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 8.150.000

Laptop yang ideal untuk kaum profesional dan generasi digital

Dell New Vostro 14 3000 (3478) adalah laptop yang digunakan suami saya untuk bekerja sekaligus mengajar anak-anak dari jarak jauh. Salah satu performa andalannya adalah sistem operasi Windows 10 Pro, dengan tampilan grafis yang sangat bagus. Hal ini menjadikannya sangat nyaman digunakan untuk belajar dan berkreasi.

Dengan prosesor Intel® Core ™ i5 generasi ke-8, laptop ini memiliki produktivitas tinggai serta memenuhi semua kebutuhan kami untuk menyelesaikan pekerjaan dan proses belajar-mengajar. Kecepatan kinerjanya juga didukung dengan kapasitas memori yang besar, membuat laptop ini multi-tasker. Laptop ini dapat digunakan untuk membuka beberapa aplikasi bersamaan dan beralih di antara mereka dengan mudah tanpa lag.

Laptop ini juga memiliki ruang penyimpanan yang besar. Semua dokumen penting bisa disimpan dalam memori hingga 1TB HD atau 256G SSD. Berbagai e-book, gambar dan video karya kami bisa disimpan aman di dalamnya tanpa perlu sering bersih-bersih memori. Dibalut tampilan yang tipis dan ringkas, membuat laptop ini mudah dibawa ke mana-mana. Lengkap sudah kemampuan laptop ini mendukung aktivitas kami.

Logitech Webcam C170  

Logitech Webcam C170

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 210.000

Kamera untuk panggilan video yang juga mampu merekam gambar dengan resolusi tinggi

Meski suami berada di luar kota, kami selalu mengusahakan kegiatan belajar mengajar dilaksanakan dengan bertatap muka. Alat yang paling berjasa mewujudkannya adalah Logitech C170 Webcam ini. Produk ini memungkinkan kita melakukan video call dengan cepat menggunakan aplikasi instant messaging terkemuka. Pemasangannya pun sangat mudah, cukup melalui fitur plug and play.

Logitech C170 dapat digunakan untuk merekam panggilan video melalui laptop dengan resolusi XVGA (1024x768 piksel). Teknologi Logitech Fluid Crystal™ membuat tangkapan gambar menjadi lebih cerah dan natural. Produk ini dapat secara otomatis menyesuaikan laju frame, ketajaman, saturasi warna, serta audio untuk menyediakan gambar terbaik dan pergerakan yang lebih halus.

Webcam ini juga mampu menangkap foto hingga resolusi 5 megapiksel dan dilengkapi mikrofon terintegrasi yang dapat menangkap percakapan dengan suara jernih. Selain itu, mikrofonnya memiliki fitur noise reduction yang bisa mengurangi suara latar belakang yang mengganggu.

Condenser Microphone SF-666 

Condenser Microphone SF-666

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 95.000

Condenser microphone profesional ala studio rekaman

Meskipun webcam kami sudah dilengkapi mikrofon, kami tetap menambahkan condenser microphone untuk hasil lebih maksimal. Dengan produk ini, si penerima video call bisa mendengar dengan sangat jelas, bahkan suara dari ruangan lain atau luar rumah.

Condenser Microphone SF-666 memiliki desain yang simpel dan minimalis. Ukurannya tergolong kecil bila dibandingkan condenser mic sejenis. Panjang kabelnya 1,5 m dengan port jack TRS 3.5 mm. Mic ini dapat digunakan untuk semua jenis smartphone, PC, dan laptop. Namun, bila kita ingin menggunakannya pada ponsel atau smartphone, kita harus menggunakan audio splitters tambahan. Suara hasil rekamannya pun tergolong bagus dan jernih di kelasnya. Cocok untuk membuat rekaman suara, video tutorial, karaoke, podcast, dan sejenisnya.

Produk ini juga dilengkapi dengan tripod yang bisa diputar mendongak dan menunduk hingga sejauh 270 derajat. Meski harganya terjangkau, produk ini kualitasnya sangat baik dan tidak mudah rusak. Condenser microphone ini menjadi andalan kami sekeluarga untuk belajar dan berkarya.

SPC Mobile Special Edition - NOAH Speaker 

SPC Mobile Special Edition - NOAH Speaker

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 219.000

Speaker dengan bass yang nendang dan dilengkapi suara panduan

Di antara beberapa merek speaker yang pernah kami coba untuk mendukung program homeschooling, produk ini adalah yang terbaik. Speaker ini bisa digunakan pada PC, laptop, maupun smartphone. Produk ini mampu memutar semua file berformat MP3, WMA, WAV, FLAC, atau APE. Input audio eksternalnya menggunakan colokan berukuran 3,5 mm, artinya bisa digunakan untuk hampir semua gawai yang ada di masa kini.

Salah satu kelebihan speaker ini adalah mampu tetap bekerja dengan baik walau terkena percikan air. Baterainya menggunakan litium dengan kapasitas 1200mAh. Waktu yang diperlukan untuk mengisi ulang baterainya sekitar 3 jam dan bisa dipakai selama 6 jam pada volume sedang atau sekitar 3,5 jam pada volume maksimal. Teknologi bluetooth 4.0 yang digunakannya menghasilkan kemampuan transfer data yang cepat dengan daya jangkau hingga radius 10 meter. Speaker ini juga bisa digunakan untuk menerima panggilan telepon secara handsfree.

Uniknya lagi, speaker ini dilengkapi panduan dengan suara Ariel Noah. Hal ini sangat membantu agar kita mengoperasikannya dengan benar. Sebelumnya, saya juga memiliki speaker portable merek lain yang tanpa suara pemandu. Jadinya, saya sering ragu dan khawatir takut memencet tombol yang salah.

JBL Stereo XB-450 

JBL Stereo XB-450

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 200.000

On-ear headphone dengan kualitas suara luar biasa, tetapi tetap nyaman dan stylish

Selain speaker, kami juga menggunakan headphone untuk kegiatan homeschooling perorangan agar tidak mengganggu yang lain. Pilihan kami jatuh pada JBL Stereo XB-450. Headphone ini memiliki unit driver yang cukup besar dan diafragma yang unik. Ia mampu menghasilkan suara frekuensi rendah dengan akurat dan tanpa distorsi. Kualitas suaranya jernih dengan bass yang dalam dan respon yang kencang.

Seperti halnya SPC Mobile NOAH Speaker, input audio eksternal headphone ini menggunakan colokan berukuran 3,5 mm, yang bisa dihubungkan dengan hampir semua gadget. Produk ini dilengkapi dengan control talk untuk menerima panggilan telepon, yang juga dapat difungsikan untuk play dan pause apabila kita sedang memutar musik.

Ear pad-nya berbahan kulit sintetis super nyaman dengan bantalan empuk berkualitas baik. Modelnya elegan dan keren dengan aksen glossy. Kabelnya dibuat antikusut sehingga tidak mudah rusak. Selain itu, headphone ini juga bisa dilipat hingga ukurannya hanya segenggaman tangan orang dewasa. Jadi, praktis untuk dibawa bepergian dan memudahkan kami saat harus mengerjakan program homeschooling di luar rumah.

Toshiba Wireless Optical Mouse W55 

Toshiba Wireless Optical Mouse W55

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 110.000

Wireless mouse yang canggih, memudahkan proses navigasi pada beragam perangkat

Mouse ini adalah salah satu favorit keluarga kami. Teknologi blue LED pada sensor optikalnya menghasilkan performa koneksi tanpa kabel yang mengagumkan di berbagai jenis permukaan. Teknologi tersebut membuat gerakan mouse diterjemahkan menjadi gerakan kursor dalam layar dengan sangat presisi.

Wireless-nya memiliki frekuensi 2,4 GHz dengan jarak operasi sejauh 10 meter, sangat praktis dan cocok untuk kalian yang memiliki mobilitas tinggi. Mouse ini juga mempunyai fitur sleep mode, yang akan membuat mouse ini otomatis mati jika tak ada receiver yang terhubung. Jadi, lebih hemat baterai. Fitur menarik lainnya adalah DPI switching, dengan tiga macam pilihan sensitivitas mulai dari 800, 1200 hingga 1600 dpi. Untuk menggantinya, kita tinggal menekan tombol kiri mouse dan scroll-wheel secara bersamaan.

Desainnya juga kompak dan tidak terlalu besar. Bentuk berkontur dari mouse ini akan memberikan rasa jauh lebih nyaman dibandingkan dengan menggunakan touchpad. Alurnya sangat sesuai dipakai bagi tangan kanan ataupun tangan kiri. Cocok bagi kalian yang ambidextrous (kedua tangan sama aktifnya), seperti anak saya. Hal ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kelelahan tangan karena bisa digunakan bergantian oleh tangan kanan dan kiri. Saking sukanya, kami sampai punya dua, untuk dibawa suami dan dipakai di rumah.

Wacom One CTL-472 Pen Tablet 

Wacom One CTL-472 Pen Tablet

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 725.000

Alat desain grafis yang berfungsi sebagai kanvas

Wacom One CTL-472 Pen Tablet adalah pen tablet yang paling umum dipilih. Ia berfungsi sebagai kanvas untuk menggambar atau membuat desain pada komputer, seperti menggambar di atas kertas. Kami membeli ini untuk mendukung si Sulung yang hobi menggambar digital.

Ukuran tabletnya kecil dan tipis, permukaannya kesat, serta terdapat holder untuk pena di sisinya. Produk ini juga lumayan tahan lama. Software-nya berjalan lancar dibanding merek lain, tidak crash jika kita menggunakan optical mouse, misalnya. Penanya tidak memerlukan baterai. Desainnya mungil, namun kokoh dan nyaman dipegang. Rasanya seperti memegang pena/pensil biasa. Hasil goresannya pun lumayan stabil.

Produk ini dilengkapi dengan casing berbahan cukup bagus yang memiliki dua kantong. Bagian dalamnya menggunakan material yang lebih halus sehingga sangat cocok untuk menyimpan pen-nya. Setiap set penjualannya diberi bonus lapisan antigores serta sarung tangan untuk menggambar. Putriku bersemangat dan betah sekali menggunakan pen tablet ini seharian.

Kesimpulan

Itulah beberapa perangkat digital yang kami gunakan untuk mendukung proses belajar sebagai keluarga homeschooling. Beberapa kami pilih karena keunggulan fiturnya bila dibandingkan dengan merek-merek lain. Tentu saja, kita tidak harus memiliki semua produk itu untuk menerapkan homeschooling. Yang paling penting adalah memanfaatkan berbagai potensi yang sudah ada dalam diri kita dengan sebaik-baiknya.

Rekomendasi produk-produk di atas hanya sebuah inspirasi bagi para keluarga di luar sana, baik yang menerapkan homeschooling maupun tidak. Sesungguhnya, kewajiban mendidik anak itu bisa dipenuhi dalam kondisi apa pun. Tetap semangat!