7 Rekomendasi Produk Susu Ibu Hamil yang Baik untuk Mengurangi Rasa Mual

7 Rekomendasi Produk Susu Ibu Hamil yang Baik untuk Mengurangi Rasa Mual

Creator Image
Baiq Rosmala
Mommy Blogger
  • Kalbe Nutritionals
    PRENAGEN Mommy Emesis


    Baiq Rosmala

    Menurut saya, PRENAGEN Mommy merupakan produk yang mendominasi pasar susu ibu hamil. Banyak dokter kandungan yang juga merekomendasikan susu PRENAGEN Mommy. Kini, Prenagen Mommy memiliki varian yang dikhususkan untuk ibu hamil yang mengalami morning sickness, yakni Prenagen Mommy Emesis. Susu ini hadir dengan varian rasa coklat serta vanilla delight.


    Saya memilih PRENAGEN Mommy Emesis karena merasa cocok dengan susu persiapan kehamilan dari Prenagen yang saya konsumsi sebelumnya. Dari dua varian rasa itu, saya paling menyukai rasa cokelat. Sebagai tambahan informasi, PRENAGEN Mommy Emesis diperkaya dengan kandungan zat besi yang tinggi, DHA dan kolina yang bagus untuk otak janin, kalsium, vitamin B12, serta asam folat.

    Sebenarnya, PRENAGEN Mommy biasa pun tidak terlalu menyebabkan mual. Hanya saja, Saat saya mencoba varian rasa moka, saya merasa mual. Mungkin, penyebabnya adalah karena rasa kopinya terlalu dominan dan terlalu kuat bagi saya yang tidak terbiasa meminum kopi.
  • Sarihusada
    Lactamil Inisis


    Baiq Rosmala

    Seperti susu PRENAGEN, susu Lactamil juga mengeluarkan dua jenis varian susu untuk ibu hamil, yaitu Lactamil Inisis dan Lactamil Pregnasis. Lactamil Inisis adalah susu yang dikhususkan untuk ibu hamil yang mengalami morning sickness pada trimester pertama kehamilan (1-3 bulan).


    Baik Lactamil Inisis maupun Lactamil Preganis, memiliki kandungan nutrisi yang kurang lebih sama. Keduanya mengandung ADIK+ (Asam Folat, Vitamin D, Zat Besi dan Kalsium) yang tinggi sehingga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil dengan baik.

    Menurut saya, rasa cokelat Lactamil Hamil Inisis ini sangat enak dan tidak menimbulkan rasa mual sama sekali. Selain itu, setelah mengonsumsi susu ini nafsu makan terasa bertambah. Hanya saja, setelah beberapa hari, pencernaan saya bereaksi kurang baik dan menyebabkan sembelit.
  • Fonterra
    Anmum Materna


    Baiq Rosmala

    Sama seperti susu hamil yang telah disebutkan sebelumnya, Anmum Materna adalah susu kehamilan yang juga mengandung asam folat, DHA, kalsium, serta zat besi yang tinggi. Kelebihannya, Anmum Materna memberikan kandungan serat larut inulin sebagai tambahannya. Kandungan inulin ini sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan ibu di masa kehamilan. Benar saja, ketika saya mengonsumsi susu ini saya tidak mengalami gangguan pencernaan sama sekali.

    Anmum Materna menawarkan beberapa varian rasa, yakni plain, strawberry white chocolate, dan cokelat. Menurut saya, varian rasa cokelat yang ditawarkan oleh Anmum Materna cenderung hambar dan tidak terasa cokelatnya. Namun, bagi Anda yang tidak menyukai susu yang terlalu manis mungkin akan cocok dengan susu ini.
  • Sarihusada
    SGM Bunda


    Baiq Rosmala

    Brand susu SGM juga menghadirkan produk khusus untuk ibu hamil. SGM Bunda menurut saya adalah susu 2in1 yang praktis karena bisa dikonsumsi baik saat hamil maupun menyusui. Kandungan Presinutri+ pada susu ini kaya akan mikronutrisi penting yang dibutuhkan selama masa kehamilan dan menyusui. 

    SGM Bunda hadir dengan varian rasa cokelat, stroberi, dan jeruk. Menurut saya, yang paling bisa mengurangi rasa mual adalah rasa stroberi. Sedangkan rasa jeruk masih bisa menimbulkan rasa mual saat diminum. Dibandingkan dengan merek susu ibu hamil lainnya, harga SGM Bunda ini juga sangat terjangkau. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Walaupun harganya murah, SGM Bunda tetap memberikan kandungan nutrisi yang baik seperti kalsium, fosfor, asam folat, protein, dan zat besi.
  • Friso
    Frisomum Gold


    Baiq Rosmala

    Susu Frisomum Gold ini merupakan susu premium yang harganya lumayan mahal bila dibandingkan dengan merek lokal yang saya sebutkan sebelumnya. Seperti kata pepatah, ada harga ada rupa. Produk ini diproses dan dikemas langsung di negeri asalnya, Belanda. Frisomum Gold adalah salah susu ibu hamil terbaik dengan kandungan nutrisi terlengkap.


    Susu ini mengandung protein, ALA/LA, nukleotida, prebiotik, kalsium, asam folat, zat besi, serta nutrisi lainnya. Tidak hanya baik untuk ibu hamil, susu ini juga bagus dikonsumsi oleh ibu menyusui. Sayangnya, susu ini hanya dijual dalam satu jenis kemasan, yaitu kemasan kaleng 400 gr. Rasanya pun menurut saya sangat enak dan cocok dengan selera saya. Susu ini tidak menimbulkan rasa begah dan tidak enek sama sekali. Selain itu, setelah mengonsumsi susu ini badan terasa lebih bertenaga.

    Susu ini juga hanya tersedia dalam rasa vanila sehingga saya pun sempat merasa bosan ketika mengonsumsinya. Tekstur susunya juga tidak langsung larut dalam air dan memerlukan waktu lama untuk mengaduknya.
  • Mead Johnson Nutrition
    Enfamama A+


    Baiq Rosmala

    Seperti Frosimum Gold, Enfamama+ juga tidak hanya baik untuk ibu hamil, melainkan juga untuk ibu menyusui. Susu ini memiliki kandungan DHA yang tinggi, asam folat, kalsium, zat besi, vitamin C, protein serta serat pangan yang bermanfaat untuk tumbuh kembang janin. Selain itu, kandungan gizinya juga mampu meningkatkan kualitas ASI. 


    Salah satu kelebihan Enfamama+ dibandingkan dengan susu ibu hamil lainnya adalah teksturnya lembut sehingga mudah larut dan tidak lengket. Susu ini bahkan bisa diminum dingin atau dicampur es batu. Produk ini cocok bagi ibu hamil yang senang minum air dingin untuk mengurangi rasa mual. Selama masa awal kehamilan, saya mengonsumsi susu ini dan tidak menimbulkan rasa mual sama sekali. Ketika itu, pencernaan saya juga tetap lancar dan bebas sembelit.
  • Kalbe Farma
    Lovamil Ibu Hamil


    Baiq Rosmala

    Untuk membuktikan produk susu mana yang ampuh mengurangi rasa mual memang harus dicoba-coba dulu. Salah satu produk susu yang patut untuk dicoba adalah susu Lovamil ini. Lovamil hanya menjual dalam satu jenis kemasan, yaitu kemasan kotak dengan isi 175 gr.

    Harganya juga sangat terjangkau sehingga Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk mencobanya. Walaupun murah, kandungan gizinya tidak kalah lengkap dibandingkan dengan susu ibu hamil lainnya. Susu ini diperkaya dengan kalsium yang tinggi, asam folat, zat besi, kolin, DHA, Omega 3, 6 dan 9, serta prebiotik inulin yang bagus untuk kesehatan pencernaan ibu hamil.

    Lovamil menyediakan tiga varian rasa yaitu rasa cokelat, vanila, dan kacang hijau. Saat hamil, saya mencoba varian rasa cokelat. Rasa cokelatnya kental dan mirip dengan rasa es krim. Selain diminum langsung, susu ini juga enak untuk dibuat milkshake.