7 Produk Skincare dan Makeup untuk Traveller Rekomendasi Travel Blogger Rinta

Travel blogger Rinta Adita
Travel blogger
Rinta Adita
Traveller sekaligus karyawati, yang selalu mengusahakan untuk travelling di sela-sela kesibukannya menjadi tukang ketik di salah satu kantor di Jakarta. Sampai saat ini, ia sudah mengunjungi 29 negara dan 33 provinsi di Indonesia. Rinta tidak terlalu suka mandi karena memiliki prinsip bahwa mandi hanyalah untuk orang-orang yang lemah.
Travelling saat ini sepertinya sudah menjadi kebutuhan pokok manusia modern. Apalagi dengan maraknya media sosial belakangan ini. Travelling yang tadinya hanya merupakan sarana untuk refreshing dan melepaskan stres, telah bergeser menjadi salah satu sarana menunjukkan eksistensi diri di media sosial. Tidak ada yang salah, kok, dengan menunjukkan eksistensi diri, asal sewajarnya. Yang harus diingat lagi, jangan sampai kalian menderita, apalagi berhutang sana sini demi sebuah eksistensi.

Sebagai seorang traveller yang juga butuh eksistensi, memiliki foto yang bagus di media sosial adalah sebuah keharusan. Oleh karena itu, saya selalu berusaha untuk merawat kulit agar tetap sehat dan cantik ketika sedang travelling maupun sesudahnya. Meski banyak aplikasi yang bisa mempercantik foto, tentunya tidak akan sama. Bagaimanapun, kita pasti akan lebih percaya diri bila kulit sehat dan cantik yang ditampilkan foto itu asli, bukan hasil rekayasa aplikasi.

Produk pilihan Rinta Adita

Lucas' Papaw Ointment 

Lucas' Papaw Ointment

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 50.950

Salep serbaguna untuk kulit wajah, badan, dan bibir

Produk legendaris dari Australia ini memiliki ciri khas kemasan berwarna merah. Lucas' Papaw dibuat menggunakan pepaya Australia (papaw) asli, yang dipercaya ampuh untuk pengobatan alami karena mengandung antibakteri dan antimikrob. Produk ini lebih dikenal sebagai produk pelembap bibir atau pengganti lip balm. Padahal, manfaat lainnya cukup banyak, seperti mengobati luka bakar, mengatasi kulit kering dan pecah-pecah, mengatasi iritasi, serta mengobati kulit yang terkena gigitan serangga.

Bila kalian ingin mengatasi iritasi kulit wajah, sebaiknya Lucas' Papaw ini digunakan pada malam hari. Teksturnya yang agak lengket akan membuat kurang nyaman jika digunakan sambil beraktivitas. Saya pernah mengalami iritasi kulit parah hingga mengelupas pada saat travelling di Korea Selatan. Saat itu, suhu udara di Korea Selatan sedang minus dan sangat kering. Setiap malam, saya mengoleskan Lucas' Papaw pada bagian kulit yang iritasi. Dalam waktu 3 hari, kulit saya sudah normal dan sehat kembali, meski terkena udara Korea yang dingin.

Innisfree Extreme UV Protection Stick Outdoor SPF50 + PA ++++ 

Innisfree Extreme UV Protection Stick Outdoor SPF50 + PA ++++

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 178.000

Tabir surya berbentuk stick yang mudah diaplikasikan, serta tahan air dan keringat

Produk baru dari Innisfree ini adalah tabir surya berbentuk stick yang cocok untuk kegiatan outdoor. Berbeda dengan tabir surya pada umumnya yang berbentuk cream atau lotion yang rentan tumpah, produk ini sangat praktis dan mudah digunakan. Innisfree Extreme UV Protection Stick Outdoor berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar UV dan membuat kulit lebih terang, serta mampu mencegah keriput. Produk ini juga tahan air dan tahan keringat sehingga tidak perlu khawatir kulit terbakar saat travelling outdoor.

Saya suka sekali travelling ke pantai, main air, snorkeling maupun diving. Karena itu, tabir surya adalah benda yang mutlak harus saya bawa. Sejak memakai produk ini, saya tidak perlu lagi sering re-apply tabir surya ke wajah. Walaupun, sering-sering re-apply pun sebetulnya bukan masalah karena produk ini sangat praktis dibawa dan mudah digunakan.

Maybelline SuperStay Matte Ink Liquid Lipstick 

Maybelline SuperStay Matte Ink Liquid Lipstick

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 120.000

Liquid lipstik matte dengan ink formula yang tahan lama

Lipstik berbentuk lip cream ini memiliki ketahanan hingga 16 jam. Cocok bagi traveller yang aktif berkegiatan outdoor. Meski dipakai berpanas-panasan, berenang, menyelam, wisata kuliner, lipstik ini akan tetap menempel cantik di bibir. Jadi, tanpa re-touch pun, penampilan kalian akan tetap cantik dan segar dan siap difoto kapan saja.

Maybelline SuperStay Matte Ink ini memiliki varian warna yang cocok untuk kulit orang Asia. Favorit saya adalah warna Amazonian, yang terdiri dari campuran warna merah bata, oranye, dan cokelat. Warna ini memberikan tampilan yang natural, namun tetap segar di wajah. Kelemahan lipstik ini adalah sangat sulit untuk dibersihkan. Lipstik ini diformulasikan untuk tahan air sehingga perlu menggunakan produk pembersih yang mengandung oil untuk membersihkannya.

Clean & Clear Oil Control Film Pink 

Clean & Clear Oil Control Film Pink

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 23.000

Kertas minyak yang membantu menghilangkan minyak berlebih pada wajah dengan cepat

Sebagai orang yang memiliki jenis kulit berminyak, saya selalu memastikan Clean & Clear Oil Control Film ini ada di dompet saya. Produk ini mampu menyerap minyak berlebih di wajah tanpa khawatir menghapus makeup dan skincare yang sedang dikenakan. Teksturnya lembut, elastis, kuat, dan tidak mudah sobek.

Seperti yang kita ketahui, travelling dan aktivitas outdoor seharian di luar sering membuat wajah tampak mengilap karena minyak berlebih. Namun, dengan Clean & Clear Oil Control Film, kita tidak perlu khawatir lagi karena tampilan lepek dan mengilap bisa teratasi dengan cepat. Pemakaiannya juga sangat mudah. Kalian cukup menekan lembut bagian wajah yang terasa berminyak menggunakan produk ini. Ingat, tidak perlu digosok, ya.

Soal harga, kalian juga jangan khawatir. Produk ini harganya hanya sekitar 25.000 rupiah, dengan isi 60 lembar. Karena minyak di wajah saya tidak terlalu banyak, satu lembar oil film ini bisa saya gunakan 2-3 kali. Hemat, bukan?

Nature Republic Real Nature Mask Sheet 

Nature Republic Real Nature Mask Sheet

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 9.000

Lembaran masker wajah agar kulit tampak lebih memukau dan sehat

Sheet mask adalah salah satu produk skincare dari negeri ginseng yang sedang booming di Indonesia. Sebab, selain kemasannya praktis dan mudah digunakan, harganya juga cukup terjangkau dan kaya manfaat. Sheet mask favorit saya adalah produk dari Nature Republic ini. Serat maskernya tipis, elastis, tidak mudah sobek, dan memiliki banyak varian.

Sheet mask ini sangat cocok digunakan sebagai perawatan di malam hari. Saya biasa menggunakan produk ini setelah kulit terpapar sinar matahari seharian, saat travelling. Sebab, saya tidak mau kulit wajah terbakar, kering, dan tidak terawat sepulang travelling. Masker ini memiliki banyak varian sesuai kebutuhan kulit, mulai dari green tea, aloe vera, tea tree, rose, acai berry, avocado, orange, tomat, dan lain-lain.

Favorit saya adalah varian tomat yang memberi efek lebih cerah secara instan. Selain itu, saya juga menyukai varian aloe vera yang memberikan kelembapan ekstra pada kulit wajah sehingga tampak lebih kenyal dan sehat.

Cetaphil Gentle Skin Cleanser 

Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 79.000

Pembersih wajah dengan formula bebas sabun dan tidak menyebabkan iritasi

Saat sedang travelling, kondisi kulit wajah kadang mengalami perubahan. Apalagi jika kita mengunjungi tempat-tempat yang cuaca dan suhunya berbeda jauh dari tempat kita tinggal. Kulit bisa berubah menjadi sangat kering atau bahkan mendadak berminyak dan berjerawat. Untuk saat-saat seperti ini, pembersih wajah yang cocok digunakan adalah Cetaphill Gentle Skin Cleanser.

Formula Cetaphill Gentle Skin Cleanser ini bebas sabun dan tidak membuat kulit menjadi kering maupun berjerawat. Produk ini juga cocok dipakai saat travelling ke tempat yang akses airnya susah karena bisa digunakan meski tanpa air. Kalian cukup membilasnya dengan kapas atau handuk. Wajah pun menjadi bersih seketika. Sebagai traveller yang malas mandi tapi ingin selalu tampak bersih dan segar, produk ini sangat cocok bagi saya. Tanpa perlu banyak drama dan usaha, kulit kita akan langsung bersih seketika.

The Body Shop Drops Of Youth™ Eye Concentrate 

The Body Shop Drops Of Youth™ Eye Concentrate

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 459.000

Eye serum yang berbentuk roll on stick sehingga praktis dibawa kemana-mana

Siapa yang sering kurang tidur saat travelling? Atau, begadang menyelesaikan pekerjaan sebelum travelling, agar bisa berangkat dengan tenang? Kurang tidur atau begadang pasti mengakibatkan mata bengkak atau lingkaran hitam di sekitar mata. Karyawan seperti saya pasti pernah mengalami drama dikejar pekerjaan menjelang cuti atau liburan. Kadang, saat liburan pun masih diganggu oleh tugas kantor. Akibatnya, wajah jadi tampak lelah, tidak enak dilihat, dan tidak maksimal saat difoto.

Untuk mengatasinya, saya selalu membawa The Body Shop Drops Of Youth Eye Concentrate. Produk ini diperkaya dengan edelweiss plant stem cells yang dapat membantu menyegarkan kontur mata. Selain itu, serum ini juga memiliki formula yang mampu menghaluskan garis-garis halus di area mata serta menyamarkan lingkaran hitam.

Kesimpulan

Saat travelling, saya selalu berusaha mengabadikan momen melalui foto-foto. Sebagai perempuan, saya juga ingin terlihat cantik saat difoto. Oleh karena itu, ketika travelling pun, saya tetap membawa dan rajin menggunakan produk skincare serta makeup andalan untuk merawat kulit agar tetap sehat dan cantik.

Beberapa produk yang saya rekomendasikan di atas adalah skincare dan makeup yang selalu menemani saya travelling. Meski sedang dalam perjalanan, jangan sampai penampilan kita kucel dan tidak segar. Malas mandi boleh, tapi malas memakai skincare dan makeup, jangan dong :D.