10 Peralatan Gambar dan Lukis untuk Ilustrator Pemula Rekomendasi Art Blogger Evva

<em>Art blogger</em> <em>and</em> <em>bullet journalist</em> ewafebri|evva
Art blogger and bullet journalist
ewafebri|evva
Creator karakter Bowgel yang chubby, berambut cepol dan buntek. Seorang Bullet journalist sekaligus art blogger yang ingin memberdayakan journaling dan seni sebagai media terapi. Evva juga suka menulis dan menjadi content writer di salah satu komunitas menulis #1Minggu1Cerita.
Menjadi seorang ilustrator adalah impian saya sejak remaja. Apalagi setelah mulai mendalami dunia gambar dan lukis, saya semakin termotivasi. Cita-cita saya adalah menciptakan karya seni yang berkarakter dan dikenal oleh banyak orang. Alhamdulillah, impian itu perlahan menjadi kenyataan. Saat ini, banyak orang yang sudah mulai mengenal karya saya, yang diberi nama Bowgel.

Meski sekarang Bowgel sudah merambah dunia digital, saya memulainya dengan membuat ilustrasi secara manual. Saya akhirnya bisa memiliki karakter yang menjadi trade mark saya, sebagai buah dari ketekunan dan konsistensi. Selain kedua hal tersebut, kita juga butuh ditunjang oleh peralatan gambar yang pas dan memadai, agar semangat kita tak mudah padam. Berikut ini adalah peralatan gambar dan lukis yang menurut saya dibutuhkan seorang ilustrator pemula. Yuk, disimak!

Produk pilihan ewafebri|evva

Moleskine Art Plus Sketchbook Large Plain  

Moleskine Art Plus Sketchbook Large Plain

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 320.000

Notebook serba guna sebagai media berbagai macam alat gambar

Dengan ukuran 14 x 21 cm, Moleskine Art Plus Sketchbook Large Plain menjadi notebook yang ideal untuk dibawa kemana saja. Permukaan kertasnya yang halus dan lembut memudahkan pemula untuk membuat sketsa gambar. Selain itu, kertas Moleskine sudah memiliki sertifikasi dari Forest Stewardship Council dan juga acid free. Hal ini memungkinkan kita untuk menyimpan hasil karya dalam jangka waktu yang lama tanpa takut kertas berubah menguning.

Kertas Moleskine sendiri bukan berwarna putih, melainkan ivory. Karena itu, Moleskine terlihat lebih kuning dibanding kertas notebook lainnya. Kertas ini ketebalannya hanya 70 Gsm. Meski demikian, ia mampu menjadi media untuk beberapa meterial alat lukis. Saya pribadi pernah menggunakan pencil sketch, drawing pen, marker, fountain pen, cat air bahkan cat akrilik. Untuk beberapa material seperti cat air, memang dibutuhkan teknik khusus saat menggunakannya.

Saran saya, jangan menggunakan teknik flat wash (membasahi kertasnya lebih dulu sebelum dilukis) karena ketebalan kertas yang memang tidak didesain untuk cat air. Satu hal lagi, jika kalian lebih suka menggunakan marker, pilihlah jenis marker yang water based, bukan alcohol based. Sebab, penggunaan alcohol based marker akan membuat tinta mudah tembus ke belakang kertas. Harga Moleskine memang tidak murah. Namun, sebanding dengan kualitasnya yang bisa digunakan sebagai media berbagai macam alat gambar dan lukis. Inilah yang membuat Moleskine lebih unggul dibandingkan notebook sejenisnya. Oleh karena itu, meski mahal saya tetap membelinya.

Arto Watercolour Painting Paper 300Gsm 

Arto Watercolour Painting Paper 300Gsm

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 75.000

Kertas cat air acid free dan bertekstur (cold pressed)

Seorang ilustrator harus berani mencoba banyak hal. Mulai dari gaya, teknik, hingga meterial yang digunakan. Misalnya, mencoba membuat ilustrasi dengan menggunakan cat air. Berbicara tentang ilustrasi cat air, bagi saya yang terpenting adalah jenis kertasnya. Jenis kertas menentukan kualitas penyerapan cat air serta ketahanannya dalam menampung air. Hal ini akan memengaruhi hasil akhir karya kita.

Saat ini banyak sekali merek kertas yang bisa kita pilih. Namun, saya menyukai Arto Water Color yang menawarkan kualitas terbaik dengan harga terjangkau. Kertas Arto ini memiliki dua jenis ketebalan, yaitu 200 Gsm dan 300 Gsm. Saya sendiri menyukai yang ketebalannya 300 Gsm karena dirasa paling ideal, terlebih untuk teknik flat wash. Kertas Arto juga acid free sehingga kita bisa menyimpan hasil karya kita dalam jangka waktu lama, tanpa khawatir kertas menguning.

Arto memiliki varian ukuran, mulai dari A5, A4 hingga A3. Selain itu, Arto juga tersedia dalam pilihan berbentuk Buku (pad) atau lembaran (sheet). Semua kelebihan ini menjadikan kerta Arto sangat cocok bagi pemula.

Van Gogh water colour pocket box 20HP8631 

Van Gogh water colour pocket box 20HP8631

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 400.000

Cat air dengan kualitas pigmen yang juara (fine quality pigmen)

Saya pernah mencoba beberapa merek cat air, tetapi kurang puas dengan hasilnya. Apalagi saat saya harus membuat campuran warna baru sendiri, seringnya saya tidak mendapatkan hasil sesuai dengan harapan. Hal ini kadang membuat saya kesal dan tidak bersemangat lagi untuk melanjutkan.

Namun, hal itu tidak terjadi saat saya mencoba cat air Van Gogh. Setiap warna yang dihasilkan terlihat cerah dan pekat (solid). Hal ini karena Van Gogh diproduksi dengan pigmen yang banyak sehingga memiliki kualitas warna yang baik dan murni (pigmented). Hasil cat air Van Gogh tidak berkapur atau chalky setelah mengering, dan akan tetap transparan serta cerah (vibrance).

Kemasan Van Gogh Watercolor New Pocket Box yang praktis, membuatnya cocok untuk dibawa bepergian (handy). Di dalam kemasannya pun sudah tersedia kuas dan palet (pencampur warna). Jadi, kalian yang hobi travelling dan urban sketcher bisa mengasah skill kapan pun dan di mana pun.

Snowman Drawing Pen 

Snowman Drawing Pen

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 7.000

Pena outline yang tahan air

Dalam membuat ilustrasi, selain peralatan mewarnai, yang perlu diperhatikan adalah alat untuk outline atau garis luar gambar. Sebaiknya, pilihlah tinta outline yang kuat dan tidak mudah luntur oleh air. Terlebih, jika kita ingin memadukannya dengan cat air.

Snowman Drawing Pen adalah salah satu pena yang memiliki keunggulan water resistant. Jadi, kita tidak perlu waswas saat menggunakannya bersama dengan cat air. Selain itu, Snowman Drawing pen juga memiliki banyak pilihan ukuran ujung pena atau nib, mulai dari 0.05 hingga 0.8. Ukuran ujung pena inilah yang mempengaruhi ketebalan garis yang dihasilkan.

Saya sendiri lebih sering menggunakan ukuran 0.5 atau 0.6 untuk outline. Untuk detail gambar, saya biasanya menggunakan ukuran 0.2 dan 0.3. Dibandingan dengan drawing pen sejenisnya, harga Snowman Drawing Pen ini ramah di kantong. Karena itulah, Produk ini cocok untuk pemula yang ingin mengeksplorasi dan bereksperimen dengan berbagai gaya ilustrasi.

Sakura Koi Coloring Brush Pen Set 

Sakura Koi Coloring Brush Pen Set

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 725.000

Marker dengan pilihan warna cerah

Soal mewarnai ilustrasi, saya sering bereksperimen dengan berbagai material lukis. Misalnya, menggunakan pensil warna, cat akrilik, cat air, atau marker. Untuk jenis marker, saya jatuh cinta dengan Sakura Koi Coloring Brush Pen yang memiliki banyak pilihan warna. Ujungnya yang menyerupai ujung kuas, memudahkan saya untuk mewarnai sudut maupun area yang luas.

Salah satu kelebihan Koi Coloring Brush Pen adalah water based sehingga water soluble atau larut dalam air. Hal ini membuatnya mudah digabungkan dengan meterial lukis lainnya. Saya bahkan sering menggabungkan penggunaannya dengan cat air. Misalnya, saat ada cat air saya yang warnanya habis, saya isi kekosongan itu dengan memanfaatkan tinta Koi Coloring Brush Pen.

Sakura Koi Coloring Brush Pen juga aman untuk kertas dengan ketebalan 70 Gsm, seperti Moleskine. Kita bisa menggunakan 2 hingga 3 layer warna untuk memberikan kepekatan. Brush pen ini juga bisa digunakan bagi kalian yang gemar menulis cantik atau lettering.

Faber-Castell 48 Watercolour Pencil  

Faber-Castell 48 Watercolour Pencil

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 109.000

Watercolor pencil yang mudah dipadukan dengan material lukis lainnya

Sebelum mencoba merek ini, saya pernah mencoba menggunakan beberapa produk watercolor pencil. Saya juga pernah mencoba beberapa merek sekelas Faber-Castell atau bahkan harganya lebih mahal, tetapi kurang puas dengan hasilnya. Kendala yang sering saya hadapi adalah ujung pensilnya cenderung keras saat digoreskan di atas kertas sehingga hasil ilustrasinya tidak maksimal.

Hal ini berbeda sekali dengan Faber-Castell Watercolor Pencil, yang ujung pensilnya sangat lembut serta lunak ketika digoreskan. Hasil warnanya pun sangat cerah dan pekat. Bukan hanya itu, warna Faber-Castell juga mudah dicampur, yang memudahkan dalam menciptakan warna baru. Untuk hasil yang maksimal, gunakanlah blended tool (alat pencampur) yang memadai.

Untuk menciptakan efek cat air pun sangatlah mudah. Kita hanya perlu menyapukan kuas yang sudah dibasahi dengan air di atas area yang kita inginkan. Hal ini juga berlaku pada area warna yang kita ciptakan sendiri. Warna baru yang dihasilkan pun terlihat lebih natural.

Uni-Ball Signo Broad White 

Uni-Ball Signo Broad White

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 41.000

Pena untuk menghasilkan efek highlight yang sempurna

Sebuah ilustrasi akan kurang hidup bila kita tidak menambahkan efek highlight pada gambar. Berbicara tentang efek highlight, pilihan saya jatuh pada Uni-Ball Signo Broad White. Pena ini memiliki pigmen putih yang sangat kuat bila dibandingkan dengan produk sejenis. Hasil akhirnya pun lebih pekat dan mampu memberikan kesan hidup pada area gambar yang kita inginkan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan Uni-Ball Signo di atas permukaan yang benar-benar sudah kering. Kecuali, jika kalian ingin memberikan efek yang tidak pekat atau bokeh pada area tertentu. Untuk mendapatkan efek bokeh, aplikasikanlah saat cat dasar belum benar-benar kering atau masih lembap.

Pena ini sangat cocok digunakan untuk memberikan detail pada teknik galaxy painting. Uni-Ball Signo juga cocok digunakan pada permukaan kertas yang gelap, seperti kertas warna hitam atau biru dongker. Produk ini juga memiliki beberapa varian ukuran. Saya sendiri menggunakan ukuran 0.5 dan 1.0 untuk kebutuhan efek yang berbeda.

Sakura Koi Coloring Brush Pen White 

Sakura Koi Coloring Brush Pen White

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 16.000

Blended tool serbaguna

Alat gambar dan lukis serbaguna yang mungkin tidak banyak orang tahu adalah blended tool atau pencampur warna. Jika cat akrilik membutuhkan medium, cat minyak membutuhkan linseed oil, maka untuk water based marker kita membutuhkan Sakura Koi Coloring Brush Pen White.

Sebenarnya, Koi Coloring Brush Pen White diproduksi sebagai blending tool untuk mencampur warna pada Koi Coloring Brush Pen. Namun, bagi saya kegunaannya tidak sebatas itu saja. Saya biasa menggunakan Koi Coloring Brush Pen White untuk meratakan warna watercolor pencil pada area gambar. Kedengarannya memang tidak lazim, tetapi hasilnya rapi, merata, dan memuaskan.

Pena ini juga bisa kalian gunakan untuk menciptakan highlight. Caranya dengan mengangkat warna cat menggunakan pena ini pada area yang ingin kita kurangi kepekatannya. Namun, perlu kalian ingat bahwa hal ini mungkin menyebabkan kertas juga ikut terangkat. Jadi, bila ingin mencobanya, gunakanlah kertas yang tebal atau lakukan dengan gerakan cepat.

Sakura Poster Color Gold & Silver 

Sakura Poster Color Gold & Silver

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 19.850

Cat untuk menciptakan efek sparkling

Ingin menciptakan efek yang tak biasa pada ilustrasi kalian? Mudah saja! Kita bisa menggunakan Sakura Poster Color warna gold atau silver ini. Cara mengaplikasikannya pun sangat mudah. Kalian tinggal menambahkan air yang dibutuhkan atau mengaplikasikannya secara langsung. Namun, kalian harus ingat bahwa kedua warna ini bersifat transparan sehingga membutuhkan trik dalam penerapannya.

Berikut ini adalah tips untuk mengaplikasikannya. Pertama, hindari penggunakan Poster Color kedua warna ini secara langsung tanpa warna background, pada kertas berwarna terang atau putih. Sifat transparan kedua warna ini akan membuatnya tak terlihat jelas pada background berwarna terang. Jika kalian tetap ingin menggunakannya langsung tanpa warna background, hindarilah penambahan air yang terlalu banyak. Hal ini bisa mengakibatkan warnanya terlalu menyebar dan tipis sehingga dibutuhkan banyak layer untuk mendapatkan kepekatan warna.

Agar hasilnya maksimal, gunakan cat poster warna gold dan silver ini di atas warna gelap, misalnya biru dongker atau hitam. Kalian juga bisa mencampur warna kedua warna ini dengan warna biasa untuk mendapatkan efek sparkling secara langsung. Biasanya, saya mencampurnya terlebih dahulu di atas palet, sebelum mengaplikasikannya pada media gambar.

Diton Spray Paint Clear 

Diton Spray Paint Clear

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 18.500

Spray untuk melindung material lukis yang water based

Diton Spray Paint Clear ini saya gunakan untuk melindungi karya yang sudah jadi, agar tidak luruh jika terciprat air. Sebenarnya, ada varnish khusus untuk melindungi cat air atau pensil, yang biasa disebut dengan fixative. Baik clear spray paint maupun fixative, keduanya sama-sama berfungsi untuk melindungi karya kita. Yang membedakannya adalah bentuk perlindungan serta tingkat keamanannya.

Clear spray paint ini hanya berfungsi untuk melindungi karya kita dari cipratan air dan membuatnya water resistant. Sedangkan, fixative mampu melindungi dari air, hingga mencegah perubahan warnanya. Bagi ilustrator pemula, perlindungan karya dengan menggunakan celar spray paint saja rasanya sudah cukup. Kecuali jika kalian ingin menjadikannya sebagai investasi, perlindungan dengan celar spray paint saja tentu tidak cukup. Kalian harus melindunginya dengan produk yang mampu menjaga karya kalian dalam jangka waktu yang sangat lama. Namun, jika hanya ingin menjadikannya sebagai portofolio, celar spray paint bisa menjadi alternatif kalian.

Kesimpulan

Menjadi seorang ilustrator memang tak bisa instan. Kita harus melewati beberapa proses belajar, mengeksplorasi, dan bereksperimen. Dengan niat, ketekunan dan konsistensi, saya yakin kita semua bisa menjadi ilustrator. Saran saya, agar terus semangat dalam berkarya, jangan membeli barang yang terlalu murah dengan dalih, "Ah masih belajar!"

Pendapat ini tentu saja tidak sepenuhnya salah. Namun, hal tersebut dikhawatirkan akan membuat proses belajar kita menjadi tidak maksimal. Belilah peralatan gambar dan lukis yang pas serta memadai. Awali dengan barang yang harganya terjangkau terlebih dahulu. Setelah itu, maksimalkan proses dengan mengeksplorasi dan bereksperimen. Selamat berkarya!