7 Rekomendasi Produk Perawatan Rambut Usai Travelling

Rambut merupakan mahkota bagi setiap wanita. Kondisi rambut yang sehat dan terawat akan membuat kita lebih percaya diri. Itulah sebabnya mengapa begitu banyak wanita yang melakukan perawatan khusus demi menjaga kesehatan dan keindahan rambutnya. Sebagian bahkan rela merogoh kocek cukup dalam, untuk melakukan perawatan rambut terbaik. Masalah rambut seperti kering, kusam, rontok, apalagi rusak, tentu bukan sesuatu yang diinginkan. Semua itu seakan menjadi momok bagi setiap orang, terutama bagi yang gemar menekuni aktivitas di luar ruangan, seperti travelling.


Keseruan menikmati liburan bisa berdampak pada beberapa masalah rambut. Sengatan panas matahari, debu, polusi, serta perubahan cuaca yang ekstrim kerap ditemui. Sebagai penikmat travelling, saya sangat peduli pada perawatan rambut. Sebab, alangkah ruginya bila mendapati rambut kumal setiap kali selesai berlibur akibat malas merawat. Oleh karena itu, saya ingin berbagi informasi beberapa produk perawatan rambut yang rutin saya gunakan usai travelling.


Creator Image
Mollyta Mochtar
Travel & lifestyle blogger
  • Unilever
    Dove Nourishing Oil Care Shampoo

    Mulai dari Rp37.800,00

    Saya rutin menggunakan Dove Nourishing Oil Care Shampoo setiap kali keramas. Kemasannya yang memiliki berbagai variasi ukuran, sangat memudahkan untuk dipakai di rumah maupun dibawa travelling. Bila sedang di rumah, saya biasa menggunakan yang berukuran 320 ml agar lebih hemat. Namun, saat travelling, saya cukup membawa kemasan saset atau botol berukuran 70 ml yang praktis. 


    Produk ini unggul karena mengandung weightless nutri-oils, yang mampu mengatasi rambut kering dan kusut. Setiap kali usai travelling, rambut saya sering menjadi lebih kering dan terlihat kusam. Rutin menggunakan Dove Nourishing Oil Care Shampoo ternyata tak hanya sekadar membersihkan rambut dan kulit kepala, tetapi membantu memperbaiki kerusakan rambut.


    Sampo ini melembapkan, menutrisi, dan menjadikan rambut mudah ditata serta tidak terasa kering lagi. Meski berambut pendek, saya tetap menikmati ritual keramas menggunakan sampo tersebut. Ada semacam perasaan rileks saat mencium aromanya yang lembut. 


    Saya juga menyukai teksturnya yang foamy. Setelah menggunakannya, rambut terasa ringan dan segar. Formula bebas lepeknya menjadikan rambut tetap bervolume, tetapi terasa halus bila disisir. Hal inilah yang membuat saya jatuh cinta dengan sampo Dove, selain karena harganya yang sangat terjangkau.

  • L’Oreal Paris
    Total Repair 5 Repairing Conditioner

    Mulai dari Rp31.000,00

    Penggunaan kondisioner menjadi sebuah keharusan dalam perawatan rambut harian, terutama bila rambut sering terpapar sinar matahari. Tanpa kita sadari, rambut bisa mengalami masalah kekeringan dan tidak bercahaya. Bila terus dibiarkan, tentu rambut akan semakin kusam dan tidak menarik lagi.


    Saya sendiri sudah menemukan produk kondisioner andalan untuk mengatasi masalah rambut, yakni L’Oreal Paris Total Repair 5 Repairing Conditioner. Dari namanya saja kita langsung tahu bahwa kondisioner ini diformulasikan untuk memperbaiki masalah rambut. Ia membantu melawan lima tanda kerusakan pada rambut, seperti kering, kusam, rapuh, patah, dan bercabang.


    Formula yang disematkan pun tidak sembarangan karena mengandung ceramide, yaitu replika bahan alami rambut untuk membantu memperbaiki titik kerusakan. Tak hanya itu, formula unggulnya juga mampu merawat kekuatan batang rambut.


    Menurut saya, ini penting mengingat cuaca di Indonesia sering berubah-ubah secara ekstrim. Produk kondisioner dengan formula perawatan khusus tentu menjadi solusi tepat untuk memperbaiki kondisi rambut di Indonesia. 


    Pemakaiannya juga mudah. Setelah membilas rambut dari sampo, ambil kondisioner secukupnya lalu oleskan merata ke bagian tengah batang sampai ke ujung rambut. Perlu diperhatikan, pemakaian kondisioner bukan pada kulit kepala, ya. Setelahnya, bilas sampai bersih. 


    Produk ini memiliki formula yang ringan sehingga mudah dibilas dan membuat rambut lebih mudah diatur. Aromanya juga lembut dan harganya ramah di kantong. Semua kelebihan inilah yang membuat saya enggan berpaling dari produk ini.

  • Matrix
    Biolage Masker Ultra Hydrasource

    Mulai dari Rp160.000,00

    Banyak orang mengabaikan pemakaian masker rambut karena menganggap kondisioner sudah cukup. Padahal, kandungan yang terdapat dalam masker akan bekerja jauh lebih intens pada batang rambut. Karena itu, selain pemakaian kondisioner, saya juga menambahkan masker rambut sebagai perawatan rambut intensif. 


    Usai travelling, rambut saya menjadi lebih kering dari biasanya. Untuk mengatasi rambut kering tersebut, saya memakai Biolage dari Matrix yang merupakan perusahaan dalam grup L'Oréal Indonesia. 


    Masker rambut ini adalah andalan saya untuk mempercepat pemulihan serta mengembalikan kelembapan alaminya. Kemasannya berbentuk pot dengan tutup ulir berwarna ungu yang cantik. 


    Produk ini saya rekomendasikan sebab dapat digunakan pada volume rambut tipis maupun sedang tanpa kesan lepek. Formulanya memperbaiki secara intens kondisi batang rambut yang kekeringan dan mampu menyehatkan helaian rambut bila dipakai teratur. 


    Saya juga suka dengan formula bebas parabennya yang sangat sesuai untuk rambut saya yang sering diwarnai. Pemakaian masker rambut tidak perlu terlalu sering. Kita bisa menggunakannya satu atau dua kali dalam seminggu, tergantung kondisi kekeringan dan kerusakan rambut. Caranya, oleskan pada rambut basah, diamkan 3-5 menit, kemudian bilas. 

  • Matrix
    Biolage Scalppure Gel Tonic

    Mulai dari Rp80.000,00

    Tahukah kalian, kulit kepala bisa stres akibat paparan sinar matahari atau perubahan cuaca selama dalam perjalanan. Kadang, kulit kepala terasa kaku atau bahkan terlalu lembap. Kondisi seperti ini jika tidak segera diatasi akan berdampak pada kesehatan rambut. Sebab, kunci kesehatan rambut terletak pada kondisi kulit kepalanya.


    Belakangan ini saya mulai rutin menggunakan Matrix Biolage Scalppure Gel Tonic setiap habis travelling. Formulanya berbentuk gel yang sangat ringan dan mudah sekali diaplikasikan. Setiap kali menggunakannya, seperti ada sensasi sejuk yang menyenangkan di kulit kepala.


    Dengan kandungan zinc PCA, octopirox, dan bergamot, tonik ini mampu membuat kulit kepala yang tadinya tegang, menjadi rileks. Karena khasiatnya itulah, produk ini menurut saya layak dimasukkan ke dalam rangkaian perawatan wajib bagi rambut. 


    Kita bisa mengaplikasikannya langsung di kulit kepala saat rambut agak lembap setelah keramas, maupun ketika kering. Kemudian, pijat secara lembut selama dua menit. Tidak banyak tonik rambut seperti ini yang dapat kita temui di pasaran. Dari segi kemasan, rasanya tak ada yang perlu dikeluhkan lagi. Simpel dan cukup nyaman untuk dibawa bepergian. Produk ini wajib dicoba oleh siapa saja!

  • NR
    Hair Tonic Daily Nourishment for Hair and Scalp

    Mulai dari Rp57.000,00

    Sejak dahulu saya sangat menyukai produk tonik rambut dari NR. Alasannya adalah aromanya yang segar dan tidak memiliki kadar alkohol berlebihan. Beberapa produk tonik rambut lain yang pernah saya coba ada yang memberikan efek terlalu dingin di kulit kepala hingga sempat membuat agak iritasi.


    Nah, NR Hair Tonic ini kebetulan cocok bagi saya. Tonik ini juga merupakan produk lama yang sampai kini tetap menjadi favorit di sebagian salon kecantikan. Seperti halnya batang rambut, kulit kepala pun membutuhkan nutrisi. Pemakaian tonik rambut secara teratur dapat melancarkan peredaran darah di kulit kepala, yang akan mendorong pertumbuhan helai rambut baru. 


    Tak cuma itu, ia juga berfungsi untuk menguatkan akar rambut dari dalam, yang membuat rambut tidak mudah rontok. Sebab, salah satu pemicu kerontokan adalah kurangnya asupan nutrisi pada kulit kepala. Produk ini juga dapat mengontrol kadar minyak pada kulit kepala, agar produksi sebum tidak menyebabkan lemahnya akar rambut kita. 


    Tonik rambut ini dipakai dalam keadaan rambut bersih dan setengah lembap usai keramas. Teteskan tonik rambut ke beberapa titik kulit kepala secukupnya sembari melakukan gerakan memijat berputar menggunakan jari tangan. Gunanya untuk membantu peresapan produk dan memberikan efek relaksasi. Perlu diingat pula untuk tidak menggosok-gosok kulit kepala secara berlebihan yang justru akan membuat rambut menjadi rontok.

  • L’Oreal
    Paris Extraordinary Oil Gold

    Mulai dari Rp73.500,00

    Perjalanan saya dalam mencari produk vitamin rambut yang sesuai keinginan cukup panjang. Saya mencoba beberapa produk untuk menemukan yang paling pas di hati. Secara tidak sengaja, saya bertemu dengan vitamin rambut dari L’Oreal ini, dan langsung merasa klik. Awalnya, saya terpikat dengan kemasannya yang cantik, elegan, dan unik. Ditambah lagi, harganya yang sangat masuk akal untuk sebuah produk vitamin rambut. Tidak terlalu murah, tetapi juga tidak mahal. 


    Extraordinary Oil bukanlah vitamin rambut biasa, melainkan serum perawatan rambut intensif. Formulanya juga bukan main-main karena diperkaya dengan enam ekstrak bunga langka, yakni chamomile, rose, tiare, lotus, linseed, dan soybean. Setelah mencoba, saya langsung suka dengan keharumannya yang mewah. Menariknya, hanya butuh tiga sampai empat tetes untuk menutrisi seluruh batang rambut. 


    Produk ini juga sangat tepat untuk melindungi dari panasnya hair dryer maupun alat catok sebab ia melapisi kutikula rambut secara baik. Rambut kering sangat membutuhkan asupan nutrisi berupa serum yang bekerja lebih intensif. Usai menggunakannya, rambut saya terlihat lebih berkilau dan lembut bila diraba. Ini benar-benar seperti menyempurnakan seluruh rangkaian perawatan rambut favorit saya sebelumnya. 


    Saya suka hasil akhirnya yang tidak lengket atau berminyak sama sekali. Batang rambut malah seperti mendapat lapisan pelindung sempurna untuk sepanjang hari. Helai rambut tipis saya pun tidak menjadi lepek karenanya. Sungguh, ini adalah produk perawatan rambut idaman yang harganya affordable.

  • Makarizo
    Hair Energy Scentsations Morning Dew

    Mulai dari Rp20.800,00

    Belum lama ini saya menemukan sebuah produk unik. Harganya sangat terjangkau, sekaligus mampu memberi perlindungan maksimal pada batang rambut. Makarizo sebagai merek perawatan rambut ternama mengeluarkan produk pengharum yang sekaligus menjaga kelembapan rambut.


    Sehabis jalan-jalan, saya sering mengalami rambut lepek dan bau matahari. Apalagi kalau aktivitas seharian lebih banyak di luar ruangan. Mobilitas tinggi memang membuat kelenjar keringat di kulit kepala memproduksi secara berlebih. Meski sudah keramas setiap pagi, kadang keharuman dan kesegaran rambut lekas hilang dan membuat saya kurang pede.


    Mengingat terlalu sering keramas dapat menghilangkan kelembapan alami rambut, saya akhirnya memilih menggunakan Makarizo Hair Energy Scentsations dengan varian Morning Dew. Aromanya yang menenangkan cocok dipakai di segala suasana.


    Tinggal semprotkan ke rambut dalam jarak 15 cm atau semprot ke telapak tangan lalu tata ulang rambut. Formulanya ringan dan tidak lengket. Itu penting sekali karena jika terasa lengket tentu rambut terlihat makin lepek. 


    Saya memutuskan memakai produk ini karena selain hadir dalam kemasan ekonomis, teknologi terbaru ScenTech-F yang terkandung di dalamnya mampu berfungsi sebagai bahan penetral bau secara alami. Ia tidak menutupi bau, tapi menetralkan bau tak sedap sehingga rambut terasa segar kembali.


    Tak hanya itu, produk tersebut juga mengandung vitamin serta melindungi helai rambut dari sinar UV. Menurut saya ini adalah sebuah terobosan baru yang sanggup bekerja sekaligus. Pokoknya, saya sulit melupakan produk penolong ini.