7 Rekomendasi Alat Olahraga yang Dapat Digunakan di Rumah

7 Rekomendasi Alat Olahraga yang Dapat Digunakan di Rumah

Kurang bergerak adalah salah satu pemicu masalah kesehatan. Terutama bagi kalian pekerja kantoran, yang menghabiskan sebagian besar waktu di depan komputer. Gejala yang sering muncul antara lain adalah badan mudah lelah, otot-otot tubuh kaku, dan daya tahan tubuh yang menurun. Ternyata, masalah kesehatan fisik juga bisa memengaruhi kesehatan mental, lho!
Karena itulah, olahraga menjadi penting sebagai salah satu solusi agar tubuh terbiasa bergerak aktif. Olahraga juga dapat dijadikan sebagai sarana rekreasi sehingga pikiran pun menjadi lebih fresh! Kalian tidak punya waktu pergi ke gym? Tenang, dengan alat yang saya rekomendasikan kali ini, kalian akan tetap bisa berolahraga meski di dalam rumah. Jangan lupa untuk mengajak anggota keluarga yang lain, ya!
Creator Image
Monica Agustami
Beauty & healthy lifestyle blogger
  • Happyfit
    Matras Yoga NBR 10 mm


    Monica Agustami

    Bagi saya, tantangan utama berolahraga di dalam rumah adalah licinnya lantai yang menyebabkan kurang nyaman saat melakukan gerakan push up. Lantai yang licin menyebabkan tangan menjadi mudah tergelincir sehingga tidak dapat menopang tubuh dengan baik. Selain itu, punggung saya juga sering terasa sakit saat melakukan sit up karena tidak ada penopang yang membatasi punggung dengan lantai.
    Untuk mengatasi permasalahan tersebut, saya akhirnya menggunakan Happyfit Matras Yoga. Matras yoga dengan bahan karet nitrile butadiene rubber (NBR), dengan permukaan yang halus dan tebal sehingga sangat nyaman ketika digunakan. Meski namanya matras yoga, produk ini bisa digunakan untuk olahraga apa saja. Produk ini juga tersedia dalam berbagai warna yang bisa dipilih sesuai dengan selera kalian.
  • Kettler
    Digital Rope


    Monica Agustami

    Salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan melakukan olahraga cardio. Olahraga cardio yang paling mudah dilakukan salah satunya adalah jump rope. Saat ini telah hadir Kettler Digital Rope, sebuah digital rope memiliki fitur untuk menghitung jumlah lompatan. Jadi, kalian tidak perlu pusing lagi menghitung jumlah lompatan secara manual dan bisa fokus pada gerakan serta pernafasan saja.
    Bentuk Kettler Digital Rope juga sangat portable sehingga praktis dibawa bepergian, bahkan ke tempat liburan sekali pun. Jadi, tidak ada lagi alasan bagi kalian untuk tidak berolahraga. Bagi kalian yang bertubuh mungil, tidak perlu khawatir. Panjang tali digital rope ini dapat diatur sesuai dengan tinggi badan serta kebutuhan kita.
  • Kettler
    Neoprene Dumbbell


    Monica Agustami

    Apa sih, kunci untuk menurunkan berat badan? Salah satunya tentu saja dengan berolahraga. Sebenarnya, olahraga apa pun baik dilakukan apabila tujuannya adalah untuk menjaga kesehatan. Namun, jika kalian ingin menurunkan berat badan, kalian sebaiknya mengombinasikan olahraga cardio dengan angkat beban untuk mendapatkan hasil terbaik.
    Bagi kalian yang malas atau tidak sempat pergi ke gym, kalian bisa melakukan angkat beban di rumah dengan menggunakan Kettler Neoprene Dumbbell. Barbel ini memiliki beberapa macam berat, mulai dari 1 kg hingga 6 kg. Sesuaikanlah beban barbel dengan kebutuhan dan kemampuan tubuh masing-masing. Bagi pemula, saya sarankan untuk tidak menggunakan beban yang terlalu berat agar meminimalkan risiko cedera.
  • Prime
    Resistance Band


    Monica Agustami

    Bagi kalian yang memiliki budget terbatas atau tidak ingin membeli barbel dengan berbagai bobot, produk ini bisa menjadi solusinya. Prime Resistance Band adalah alat untuk melatih otot yang memiliki tekanan kabel bervariasi dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan kalian. Tekanan kabel tersebut dapat menjadi pengganti beban barbel untuk melatih otot tubuh.
    Kabelnya terbuat dari natural lateks, yang lebih kuat dibandingkan dengan karet sintetis sehingga tidak mudah putus saat digunakan. Dengan menggunakan satu alat ini saja, kalian sudah bisa melakukan berbagai macam gerakan dan melatih setiap bagian otot tubuh, seperti otot bahu, biceps, dan triceps.

    Tidak hanya melatih otot, Prime Resistance Band juga dapat digunakan untuk stretching sehingga otot dapat menjadi lebih lentur. Jangan khawatir, setiap paket pembelian produk ini telah dilengkapi dengan guide book sehingga kalian tidak akan bingung mengenai cara pemakaiannya.
  • PRO3 Fitness
    Exercise Resistance TRX


    Monica Agustami

    Total Body Resistance Exercise atau TRX adalah salah satu pilihan bagi kalian yang ingin melatih otot tubuh. TRX merupakan olahraga yang menggunakan tali dengan desain khusus sebagai alat bantunya. Berbeda dengan latihan angkat beban atau resistance band yang melatih otot dengan stimulasi alat, TRX melatih otot dengan memanfaatkan beban tubuh kita sendiri.
    Salah satu alat TRX yang dapat kalian miliki di rumah adalah PRO3 Fitness Exercise Resistance TRX. Untuk menggunakannya, kalian cukup menggantung alat ini di tengah ruangan, kemudian melakukan gerakan dengan menumpu pada alat tersebut untuk melatih otot yang diinginkan. 

    Sebaiknya kalian menyediakan ruangan khusus untuk memasang alat TRX agar lebih leluasa. Sebelum memulai latihan, kalian juga disarankan untuk mencari tahu terlebih dahulu tahu gerakan yang baik dan benar guna meminimalkan cedera. Dengan memiliki alat ini, kalian akan merasa memiliki gym pribadi di rumah.
  • Kettler
    Double Wheel Exerciser


    Monica Agustami

    Tahukah kalian, otot perut ternyata berfungsi untuk menstabilkan serta melindungi tulang belakang. Selain itu, otot perut juga merupakan penghubung antara tubuh bagian atas dengan tubuh bagian bawah. Oleh karena itulah, sangat penting bagi kita untuk melatih otot perut.
    Jangan salah, manfaat melatih otot perut bukan hanya untuk mendapatkan tampilan sixpack saja. Masih banyak manfaat lain, di antaranya adalah untuk menghindari cedera saat melakukan kegiatan sehari-hari seperti mengangkat barang yang berat.

    Salah satu alat yang dapat kalian gunakan untuk melatih otot perut adalah Kettler Double Wheel Exerciser. Dengan menggunakan Kettler Abs Roller ini, kalian tidak hanya dapat melatih otot perut saja, tetapi secara tidak langsung juga akan melatih otot punggung serta lengan kalian. Tubuh menjadi lebih sehat, penampilan sixpack yang diidamankan pun bisa terwujud. Yuk, latih otot perutmu!
  • Platinum
    Excider Bike


    Monica Agustami

    Bersepeda merupakan salah satu olahraga yang sangat baik untuk melatih otot jantung, perut, dan kaki. Namun, saat cuaca tidak menentu seperti sekarang ini, kita pasti berpikir dua kali untuk bersepeda ke luar rumah. Salah satu solusinya adalah menggunakan Platinum Excider Bike.
    Platinum Excider Bike merupakan sepeda statis yang dilengkapi dengan fitur pengatur kecepatan serta penghitung kalori. Fitur ini akan memudahkan kita untuk memperkirakan jumlah kalori yang terbakar. Namun, kalian harus ingat bahwa jumlah kalori terbakar yang tercatat pada alat penghitung kalori tidak seratus persen valid. 

    Pembakaran kalori sangat dipengaruhi oleh dari banyak faktor, seperti berat badan, tinggi badan, dan juga usia. Jadi, kalian jangan terlalu fokus pada jumlah kalori terbakar, ya! Kayuh saja sepeda semaksimal mungkin, maka kalian pun akan mendapatkan manfaat yang maksimal!