7 Bahan Makanan Sehat untuk Tubuh dan Kulit Rekomendasi Lifestyle Blogger Efi

Lifestyle Blogger Efi Fitriyyah
Lifestyle Blogger
Efi Fitriyyah
Efi adalah seorang blogger asal Bandung yang senang berbagi cerita serta tips-tips menarik seputar hobi dan kehidupannya melalui blognya. Saat ini, Efi juga berperan sebagai admin dari Komunitas Emak-emak Blogger. Efi sangat menyukai warna merah, musik 90's, film bergenre drama, komedi, dan kolosal.
Tiga tahun yang lalu, saya menjalankan program diet Food Combining dan menjaga ketat asupan makanan saya. Hasilnya? Badan saya terasa lebih bugar dan sehat. Selain itu, karena pencernaan terjaga, kulit saya juga jadi lebih sehat dan cerah, meski tidak se-glowing perempuan Korea karena warna kulit asli saya memang sawo matang. Sebenarnya, memiliki kulit berwarna gelap itu bukanlah masalah asal kita merawatnya. Artis seperti Beyonce Knowles atau Tara Basro pun tetap menawan dengan kulit eksotisnya yang sehat.

Untuk mendapatkan kulit yang sehat menawan, perawatan dari luar berupa skin care serta kosmetik saja ternyata tidaklah cukup. Pola makan yang sehat justru berpengaruh besar pada kesehatan kulit. Berikut ini beberapa pengalaman saya saat mengonsumsi makanan atau suplemen sehat dan saya rasakan manfaatnya. Yuk, dilihat. Siapa lagi yang akan peduli dengan tubuh kita kalau bukan kita yang peduli dengan tubuh sendiri?

Produk pilihan Efi Fitriyyah

Sari Lemon C-Legar (Puree Lemon) 

Sari Lemon C-Legar (Puree Lemon)

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 65.000

Sari lemon untuk segala keperluan, praktis tanpa repot memeras

Bagi Anda yang sedang atau suka membaca tentang diet food combining, pasti tahu betul kalau produk yang satu ini adalah menu wajib food combiner. Perasan lemon sangat baik untuk melancarkan pencernaan, bahkan untuk penderita maag sekalipun.

Masalahnya, kita kadang lupa membeli atau malah melupakan stok lemon di kulkas hingga membusuk. Karena itulah, daripada menyimpan buahnya, saya lebih senang menyimpan sari lemon dalam kemasan botol seperti C-Legar ini. Selain praktis, kita juga akan terbebas dari drama tangan perih akibat memeras lemon. Untuk menjaga pencernaan, cukup minum dua sendok makan C-Legar Sari Lemon yang dilarutkan dengan 150 ml air hangat, setiap pagi.

Selain diminum dengan air hangat, kita juga bisa menjadikan sari lemon ini sebagai masker wajah. Saya juga suka mencampurkannya ke dalam olahan green smoothie. Cara ini ampuh untuk menetralkan aroma langu bagi yang belum terbiasa serta membuat smoothie menjadi lebih enak dan segar.

Blackmores Bio C® 1000 mg 

Blackmores Bio C® 1000 mg

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 115.000

Suplemen vitamin C dosis tinggi yang mudah larut dalam tubuh

Padatnya kesibukan kadang membuat kita lupa atau bahkan tidak sempat sarapan. Capek? Tentu saja. Namun, seringnya kita malah tidak menyadari sampai akhirnya tubuh mengeluarkan alarm dengan cara sakit. Karena itulah, untuk menjaga agar fisik tidak ambruk, saya selalu sedia vitamin C Blackmores di rumah. It’s so helpful.

Kandungan yang terdapat pada satu kapsul Blackmores Bio C 1000 mg ini sudah cukup untuk mendukung aktivitas sepanjang hari. Jangan lupa, asupan vitamin C yang cukup juga penting untuk menjaga kesehatan kulit. Ukuran kapsulnya yang besar mungkin akan membuat Anda sedikit kaget atau menyusahkan saat menelannya. Namun, bila ingat manfaatnya bagi kecantikan dan vitalitas tubuh, Anda pasti tidak akan mempermasalahkannya dan cepat beradaptasi.

Heavenly Blush Greek Classic Yogurt  

Heavenly Blush Greek Classic Yogurt

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 17.900

Prebiotik terbaik untuk pencernaan

Produk turunan susu yang satu ini selain dijadikan kudapan, juga enak dicampurkan dengan jus buah. Teksturnya creamy, akan membuat jus buah yang Anda buat tidak kalah dengan smoothie ala kafe atau restoran. Plain Greek yogurt ini memiliki kadar manis yang pas sehingga bisa dijadikan pengganti gula agar kita bisa menekan kalori pada jus atau smoothie. Cukup tambahkan beberapa sendok ke dalam adonan atau bahan jus, lalu blender sampai mengental. Smoothie home made siap dinikmati.

Saya biasanya menghabiskan setengah liter produk ini dalam satu atau dua minggu. Kita juga bisa memanfaatkan plain yogurt ini untuk membuat masker perawatan kulit wajah. Anda bisa mencampurkannya dengan bahan lain, atau menggunakan yoghurt ini saja. Namun, Anda harus ingat bahwa hanya plain yogurt yang bisa dijadikan masker. Jadi, jangan menggunakan yoghurt yang sudah dicampur dengan perasa, ya!

VCO Extra Virgin Coconut Oil 

VCO Extra Virgin Coconut Oil

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 43.000

Minyak kelapa dengan antioksidan yang baik untuk kesehatan

Saya tertarik mencoba virgin coconut oil atau VCO ini, setelah mendengar tips dari dokkter sebuah rumah sakit di Jakarta dalam sesi health talk yang saya hadiri. Dokter itu menyarankan untuk meminum VCO setiap hari untuk menjaga kesehatan pencernaan dan kulit. As simple as that. Beliau juga memaparkan kebaikan lain dari VCO, di antaranya adalah dapat mencegah penyakit mematikan seperti jantung atau kolesterol bila digunakan sebagai pengganti minyak goreng.

Anda pasti berpikir dua kali untuk mencoba meminum minyak goreng. Selain memang rasanya tidak enak, Anda juga pasti khawatir tentang kandungan lemaknya, yang akan membuat berat badan Anda bertambah. Berbeda dengan minyak goreng, mengonsumsi VCO secara rutin justru baik untuk kesehatan. Meskipun memang rasanya tawar dan memberikan kesan lengket di lidah dan langit-langit mulut. Untuk mendapatkan semua kebaikannya, Anda cukup mengkonsumsi 2-3 sendok makan sehari. Tenang saja, saya sudah membuktikan bahwa meminum VCO tidak menyebabkan kolesterol dan berat badan naik.

Selain itu, minyak ajaib ini juga mampu mengatasi beberapa masalah kulit seperti ruam, dermatitis, stretch mark, jerawat yang bandel sampai masalah kulit berupa psoriasis. Bila dibandingkan dengan minyak goreng, harga VCO memang terasa lebih mahal. Namun, bila Anda membandingkannya dengan harga suplemen kulit, VCO ini jauh lebih hemat.

Malivera Madu Putih 

Malivera Madu Putih

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 55.000

Sensasi madu dengan rasa manis-asam yang menyegarkan

Siapa yang tidak kenal obat legendaris yang usianya sama dengan peradaban manusia. Dalam kitab suci Al Quran bahkan disebutkan, madu adalah salah satu obat yang mujarab untuk berbagai penyakit. Kadar gula dalam madu yang mudah diserap oleh tubuh menjadikannya cocok dijadikan sebagai energi booster.

Dulu, saya tidak tahu kalau madu itu ada banyak jenisnya. Ternyata, ada banyak sekali jenis madu tergantung bunga atau buah yang diisap si lebah. Warna, kepekatan, dan rasanya pun berbeda. Saya bahkan baru tahu bila ada madu yang rasanya pahit dan sedikit masam, seperti madu putih ini.

Kandungan nutrisi madu putih disebut-sebut lebih tinggi dari madu jenis lain. Selain itu, madu putih juga mengandung bee pollen dan royal jelly yang baik untuk kesehatan. Sayangnya, madu putih termasuk yang sulit didapatkan. Saya sendiri sangat suka madu ini karena rasanya segar dan sering menggunakannya sebagai pengganti selai, campuran minuman, atau diminum langsung.

NutriEggs Telur Ayam Organik 

NutriEggs Telur Ayam Organik

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 30.000

Solusi pas bagi yang ingin menikmati telur ayam tanpa keluhan alergi

Telur ternyata salah satu makanan yang paling banyak menyebabkan alergi. Keluhan seperti bisul, jerawat, dan masalah kulit lainnya, sering disebabkan oleh alergi telur. Padahal, telur adalah bahan makanan yang paling sering digunakan dan sering muncul di berbagai resep. Telur juga dianggap paling praktis untuk sarapan, yang sering disajikan dalam bentuk omelet atau telur orak-arik.

Pencetus alergi pada telur umumnya disebabkan oleh hormon yang terkandung di dalamnya. Sederhananya, ayam broiler biasanya disuntik hormon pertumbuhan, yang akhirnya mengendap pada daging dan juga telurnya. Selain itu, pakan yang sudah tidak alami juga menyebabkan telur menjadi kurang sehat untuk dikonsumsi.

Untuk mengatasinya, saya kini beralih mengonsumsi telur kampung organik. Saya biasa menggunakan NutriEggs Telur Ayam Organik ini untuk lauk makan atau untuk bahan membuat kue-kue. Dijamin, Anda akan bisa menikmati telur tanpa merasa was-was.

Dehealth Supplies ViNEGA Apple Vinegar 

Dehealth Supplies ViNEGA Apple Vinegar

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 75.000

Meredakan masalah pencernaan dengan sari apel terbaik

Pernahkah Anda mengalami sembelit? Tidak enak sekali rasanya kalau pencernaan kita sedang tidak lancar. Salah satu penyebab sembelit adalah proses penyerapan makanan, terutama karbohidrat dalam usus yang tidak maksimal. Saya sendiri termasuk orang yang sering terkena masalah sembelit. Namun, setelah rajin mengonsumsi cuka apel Vinega, masalah pencernaan ini pun bisa teratasi.

Kandungan prebiotik pada Vinega ini selain berguna untuk melancarkan pencernaan, juga membantu kita untuk menjaga berat badan. Kita cukup melarutkan 2 sendok makan Vinega dengan air hangat, lalu meminumnya setiap pagi setelah bangun tidur atau malam sebelum tidur. Yang saya suka dari Vinega ini di antaranya adalah rasa asamnya tidak sekuat cuka apel biasanya. Selain itu, cuka ini juga tidak mengandung alkohol sehingga aman dan halal.

Saya juga sering menggunakan cuka apel ini sebagai toner untuk meredakan jerawat atau bekasnya yang meradang. Caranya, cukup campurkan cuka apel dengan air, dengan perbandingan 1:2 atau 1:3 bagi pemula. Totolkan toner cuka apel yang sudah kita buat pada seluruh wajah setiap pagi dan malam hari setelah mencuci muka.

Kesimpulan

Asupan makanan sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan, termasuk kulit kita. Oleh karena itu, menjaga pola makan dan memperhatikan bahan makanan yang kita konsumsi menjadi hal yang sangat penting. Sedapat mungkin, batasilah konsumsi bahan makanan yang mengandung zat kimia atau zat lainnya yang dapat memberatkan kerja sistem pencernaan kita.

Mumpung masih awal tahun, mari kita memulai kebiasaan baik, untuk pola hidup yang lebih sehat karena kesehatan adalah investasi. Selain itu, seperti kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati.