7 Rekomendasi Produk Shampoo untuk Perawatan Rambut Berhijab

7 Rekomendasi Produk Shampoo untuk Perawatan Rambut Berhijab

Rambut memiliki peran penting sebagai pelindung kepala dari sengatan langsung sinar matahari. Bagi wanita, rambut juga berperan penting untuk mempercantik penampilan, bahkan disebut sebagai mahkota. Rambut yang indah sama berharganya seperti mahkota. Karena itulah, kita harus merawat rambut agar keindahannya senantiasa terjaga. Tertutupi oleh hijab, bukan berarti rambut hijabers bebas dari masalah. 


Beberapa masalah rambut yang dihadapi hijabers di antaranya adalah kerontokan, ketombe, dan lepek. Untuk mengatasinya, kita perlu memberikan perawatan ekstra dan menggunakan produk sampo yang sesuai. Saat ini, sudah banyak merek sampo yang diformulasikan khusus untuk merawat keindahan dan kesehatan rambut hijabers. Berikut adalah rekomendasi sampo khusus tersebut, yang bisa kalian coba.


Creator Image
Atisatya Arifin
Beauty & lifestyle blogger
  • Sariayu
    Hijab Intense Series Shampoo Hair Fall


    Atisatya Arifin

    Sebagai salah satu brand lokal ternama, Sariayu kini memiliki rangkaian perawatan rambut khusus hijabers, Sariayu Hijab Intense Series Shampoo. Ada dua varian perawatan yang bisa kalian pilih sesuai masalah rambut, yaitu Hair Fall Series dan Anti-Dandruff Series. Shampoo Intense Series ini memiliki kandungan aktif dari bahan alami sehingga lebih efektif mengatasi permasalahan rambut hijabers


    Sariayu Hijab Intense Hair Fall Series Shampoo mengandung ekstrak kacang polong dan kedelai dalam peavit complex serta mild surfactant. Sampo ini juga memiliki wangi yang segar dan tahan lama sehingga kalian akan tetap percaya diri. Kelebihan lain dari sampo ini adalah harganya yang terjangkau. Produk ini juga mudah didapatkan secara langsung di supermarket, minimarket, atau toko online


    Saya memilih varian Hair Fall Series karena akhir-akhir ini rambut saya mengalami kerontokan. Kesan pertama saat menggunakan sampo ini adalah wanginya segar dan seketika menaikkan mood saya. Selain itu, busa yang dihasilkan cukup banyak. Setelah dibilas, rambut menjadi terasa bersih dan ringan. Saya juga mencoba conditioner dari seri yang sama. Namun, saya merasa conditioner-nya kurang maksimal dalam melembutkan rambut.

  • Sunsilk
    Hijab Recharge Shampoo


    Atisatya Arifin

    Sunsilk adalah salah satu merek sampo yang sering kita jumpai di pasaran. Untuk memenuhi kebutuhan pasar akan sampo khusus pemakai hijab, Sunsilk kini meluncurkan Sunsilk Hijab Recharge Shampoo. Jamal Hammadi, seorang pakar perawatan rambut internasional merupakan sosok dibalik terciptanya sampo Sunsilk Hijab Recharge ini. 


    Ada beberapa varian yang ditawarkan oleh Sunsilk Hijab Recharge yaitu Refresh & Anti Dandruff, Refresh & Hairfall Solution, dan Refresh & Volume yang bisa kalian sesuaikan dengan kondisi rambut. Yang menarik dari Sunsilk Hijab Recharge Shampoo ini adalah teknologi perfume touch yang akan melepaskan keharuman ketika kalian menyentuh rambut atau hijab. Wanginya diklaim bisa bertahan hingga 48 jam.


    Setelah saya mencoba langsung, wanginya memang awet seharian. Biasanya, rambut mulai lepek dan tidak wangi setelah beraktivitas dan berpanas-panas seharian. Namun, saya belum bisa membuktikan apakah benar wanginya tahan sampai 48 jam karena saya selalu keramas setiap 2 hari sekali, bahkan bisa setiap hari tergantung aktivitas.

  • Azalea by Natur
    Hijab Shampoo


    Atisatya Arifin

    Ibu saya pernah menyarankan untuk menggunakan sampo Natur saat rambut rontok. Ternyata, sekarang Natur juga mengeluarkan Azalea by Natur, sampo khusus rambut berhijab. Kandungan utama Azalea by Natur ini adalah minyak zaitun dan ginseng yang dipercaya bisa membersihkan rambut dengan maksimal, melembutkan, dan merawat kekuatan akar rambut. 


    Salah satu yang paling saya suka dari sampo ini adalah cooling sensation dari kandungan mentolnya. Efeknya, kulit kepala dan rambut terasa sejuk serta rasa gatal di kulit kepala berkurang. Dibandingkan sampo hijab merek lain, busa yang dihasilkan sampo Azalea ini lebih sedikit.


    Setelah saya cek, ternyata kandungan SLS (sodium lauryl sulfate), bahan pembuat busa berada di urutan ketiga pada komposisinya. Berbeda dengan sampo lain yang biasanya kandungan SLS-nya berada pada urutan kedua.


    Selain itu, kalian juga harus memperhatikan cara penyimpanannya. Jangan sampai ada air yang masuk, dan tercampur ke dalam kemasannya. Sampo Azalea terbuat dari bahan-bahan alami sehingga air yang masuk akan mengurangi efektivitasnya.

  • Wardah
    Shampoo


    Atisatya Arifin

    Wardah sebagai pelopor kosmetika halal tidak mau ketinggalan mengeluarkan produk sampo hijab. Sejak diluncurkan tahun lalu, Wardah Shampoo langsung menjadi favorit hijabers. Sampo ini mempunyai inovasi scentlock fragrance yang bisa mengunci kesegaran dan aroma sehingga wanginya tahan seharian meski tertutup hijab. 


    Wardah Shampoo tersedia dalam 4 varian yaitu Anti Dandruff untuk mengatasi ketombe dan gatal di kulit kepala, Nutri Shine untuk perawatan rambut rusak dan kusam, Hairfall Treatment untuk mengatasi kerontokan, dan Daily Fresh untuk melembutkan rambut dan menyegarkan kulit kepada.


    Saya sendiri sangat excited dengan produk perawatan rambut terbaru dari Wardah. Saya memang menyukai dan merasa cocok menggunakan beberapa produk Wardah. Sayangnya, setelah mencoba varian Hairfall Treatment, rambut saya terasa kering dan kaku. Sebaiknya, kalian menggunakan conditioner setelah keramas agar rambut menjadi lembut dan halus. Kabar baiknya, Wardah juga mengeluarkan conditioner untuk setiap varian samponya.

  • Rejoice
    Hijab 3in1 Shampoo


    Atisatya Arifin

    Masalah ketombe bisa dialami oleh siapa saja, termasuk hijabers. Ketombe ditandai dengan adanya serpihan kulit mati berwarna putih di kulit kepala yang terasa gatal. Dalam kondisi parah, ketombe bahkan bisa sampai berjatuhan ke bahu. Salah satu penyebab munculnya ketombe adalah rambut yang kotor dan berminyak. Itulah alasannya rambut yang tertutup hijab sepanjang hari rentan mengalami masalah ketombe. 


    Sejak dulu, Rejoice telah dikenal sebagai sampo anti ketombe. Jadi, ketika Rejoice Hijab 3in1 diluncurkan, saya langsung penasaran untuk mencobanya. Rejoice Hijab 3in1 mempunyai 3 kandungan utama, yaitu cool menthol untuk melindungi rambut dari panas sekaligus menyegarkan kulit kepala, ZPT sebagai bahan aktif untuk membantu melawan ketombe baik yang terlihat maupun tidak, dan hot oil yang mampu melindungi helaian rambut agar tidak mudah patah. 


    Bagi kalian yang tidak ingin repot memakai conditioner setelah keramas, Rejoice ini bisa jadi pilihan karena rambut memang terasa halus dan lembut setelah memakainya. Satu lagi yang saya rasakan setelah mencoba Rejoice Hijab 3in1 ini adalah rambut lebih cepat kering. Jadi, saya bisa mengurangi penggunaan hair dryer.

  • Emeron
    Hijab Shampoo Clean & Fresh


    Atisatya Arifin

    Masih ingat dengan Emeron? Merek produk perawatan rambut yang sudah diproduksi sejak tahun 1982 ini juga tidak mau kalah mengeluarkan varian sampo untuk hijabers, yaitu Emeron Hijab Shampoo. 


    Saat ini Emeron Hijab Shampoo baru tersedia dalam satu varian saja yaitu Clean & Fresh. Yang menjadi daya tarik dari sampo hijab Emeron adalah kandungan MOC perfume yang mampu menjaga rambut berhijab tidak apek dan wangi sepanjang hari. 


    Emeron Hijab Shampoo juga menjadikan tea tree oil sebagai salah satu kandungan utamanya. Kalian mungkin sudah tidak asing dengan bahan tea tree oil yang sering dijumpai pada produk perawatan kulit wajah. 


    Ternyata tea tree oil tidak hanya bermanfaat untuk kulit saja, tetapi juga untuk rambut. Beberapa manfaat tea tree untuk rambut adalah membantu merangsang pertumbuhan rambut, mencegah kerontokan sekaligus menghilangkan ketombe. 


    Selain itu, formula active provit amino pada sampo ini membantu batang rambut menjadi lebih kuat dan tidak mudah patah. Dibandingkan merek lainnya, sampo Emeron Hijab ini memiliki harga paling murah lho, yaitu berkisar antara Rp 13.000-16.000.

  • Mazaya
    2 in 1 Hairfall Shampoo


    Atisatya Arifin

    Sampo untuk rambut berhijab lainnya yang bisa kalian coba adalah Mazaya 2 in 1 Hairfall Shampoo. Kandungan utama dari sampo Mazaya adalah ekstrak gingseng dan akar Mulberry. Kedua kandungan ini memang sering ditemukan pada produk perawatan rambut karena bisa membantu menguatkan rambut dari akarnya agar tidak mudah rontok. 


    Dibandingkan merek sampo hijab lainnya, Mazaya 2in1 Hairfall Shampoo ini memiliki tekstur yang lebih kental. Hal ini karena sampo Mazaya mengandung conditioner. Bagaimana dengan wanginya? Menurut saya, sampo Mazaya memiliki wangi yang paling lembut dibandingkan merek lain. Setelah dicek komposisinya, Mazaya memasukkan kandungan perfume di urutan terakhir. 


    Tidak perlu khawatir, rambut kalian akan tetap wangi. Hanya saja, wanginya lebih cepat hilang terutama jika saya melakukan aktivitas yang cukup padat dan berkeringat. Dari semua merek sampo hijab, produk Mazaya ini yang paling sulit didapatkan. Jadi, jika kalian ingin mencoba produk ini sebaiknya membeli via online saja.