Barang Bawaan Travelling Durasi Panjang Tanpa Bagasi Rekomendasi Travel Consultant Hannif

Travel Industry Consultant, Storyteller, Videographer Hannif Andy Al Anshori
Travel Industry Consultant, Storyteller, Videographer
Hannif Andy Al Anshori
Hannif Andy Al Anshori adalah seorang konsultan lepas di bidang industri pariwisata, yang telah menuntaskan hampir dari 30 provinsi di Indonesia. Selain banyak berkeliling ke destinasi wisata di Indonesia, Hannif menyempatkan diri untuk membuat dokumentasi berupa tulisan dan video perjalanan. Bagi Hannif, dengan melakukan banyak perjalanan dan bertemu banyak orang, akan semakin memupuk rasa cinta tanah air terhadap bangsa dan negara.

Delapan tahun bergelut di industri pariwisata, membawa Hannif lebih fokus mengangkat isu pemberdayaan masyarakat dan desa wisata. Rekam jejak dan portofolionya dapat dibaca melalui blog pribadinya www.insanwisata.com.
Baru-baru ini, kita telah banyak mendengar berita tentang regulasi baru penggunaan bagasi pesawat. Beberapa maskapai bahkan telah membatasi jumlah maksimal berat barang perorang yang bisa dimasukkan ke dalam bagasi. Hal ini tentu membuat sebagian masyarakat lebih mempertimbangkan barang yang akan dibawa. Jika melewati batas berat yang ditentukan, kita akan dikenakan biaya tambahan yang lumayan mahal.

Selain harus pintar dalam mengemas dan merapikan barang dalam satu tas, kita juga harus selektif dalam memilah dan memilih apa saja yang memang dibutuhkan selama travelling, baik dalam durasi pendek maupun panjang. Berikut ini adalah beberapa barang bawaan travelling saya, yang bisa dibawa tanpa harus masuk ke bagasi.

Produk pilihan Hannif Andy Al Anshori

Torch Travel Backpack Takahagi 40 Liter 

Torch Travel Backpack Takahagi 40 Liter

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 598.000

Tas travel simpel dengan ruang penyimpanan besar

Ketika bepergian, saya sangat menghindari penggunaan ransel gunung yang berukuran besar. Sebisa mungkin, saya membawa seluruh perlengkapan dan peralatan fotografi saya ke dalam kabin pesawat. Hal ini berguna untuk mengurangi biaya perjalanan serta memangkas waktu saya baik saat proses check-in, maupun saat tiba di bandar udara tujuan.

Pilihan saya untuk tas travelling adalah Torch Takahagi. Hampir genap satu tahun tas ini menemani saya menjelajah beberapa daerah luar Jawa. Selain desainnya yang elegan dan sederhana, tas travel ini memiliki ruang penyimpanan hingga 40 liter. Berdasarkan pengalaman travelling ke Ende, Wakatobi, dan Gorontalo selama 15 hari, tas ini mampu menampung kebutuhan pakaian saya yang lebih dari sepuluh potong.

Enaknya lagi, tas travel Takahagi ini juga dilengkapi kompartemen khusus untuk laptop yang terpisah sehingga dapat melindunginya dari guncangan. MacBook Pro dan dokumen pekerjaan saya pun cukup aman tersimpan di ruang kompartemen ini.

Selain itu, tas ini memiliki ruang terpisah untuk perlengkapan mandi. Ruang ini dinamakan Towel Loader dan Under Cloth Mesh. Jadi, saya tak perlu takut jika pakaian bersih yang saya bawa akan tercampur dengan pakaian bau dan kotor.

Torch Running Jacket Rimbaud 

Torch Running Jacket Rimbaud

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 297.500

Tetap tampil keren saat cuaca sedang panas maupun dingin

Ke mana pun saya pergi, jaket Torch Rimbaud ini selalu saya bawa. Selain memiliki bahan yang ringan, jaket ini tidak memakan banyak ruang penyimpanan saat dilipat dan dimasukkan ke dalam tas. Bila dilihat dari bahannya, jaket ini memang diperuntukkan untuk aktivitas olahraga, seperti lari. Namun, jika saya gunakan saat travelling pun tidak ada salahnya, bukan?

Jaket ini dilengkapi dengan breathable mesh, yang berfungsi memperlancar sirkulasi udara saat bergerak sehingga membuat saya tidak mudah gerah. Namun, jaket ini pun tetap mampu membuat saya hangat saat cuaca dingin. Tak hanya itu, saku penyimpanannya didesain cukup aman. Saya bisa menaruh gawai, earphone, beserta powerbank ke dalam saku bagian atas tanpa rasa khawatir.

Torch Sandal Arrafa 

Torch Sandal Arrafa

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 198.000

Sandal travelling yang ringan dan nyaman digunakan dalam segala medan

Selain memakai dan membawa sepatu selama travelling, saya juga tak pernah ketinggalan membawa sandal. Pilihan saya jatuh pada sandal Torch Arrafa. Selain ringan, sandal Arrafa ini dapat dimasukkan ke dalam tas tanpa memakan ruang penyimpanan yang banyak. Hal ini karena sandal Arrafa terbuat dari Neoprene, bahan yang biasanya digunakan pada baju selam sehingga sandal ini sangat lentur dan ringan.

Mengapa saya katakan bahwa sandal Arrafa ini dapat digunakan dalam segala medan? Karena menurut pengalaman saya selama setahun menggunakannya, sandal ini memang didesain untuk orang yang gemar travelling. Sandal ini nyaman digunakan pada medan berat seperti mendaki gunung, maupun saat ingin tampil bergaya dan keren.

Celana Consina Avaress 

Celana Consina Avaress

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 189.000

Celana praktis dan multifungsi

Kunci bepergian tanpa menggunakan bagasi pesawat sebenarnya ada pada jumlah barang bawaan yang kita siapkan. Untuk itu, usahakan membawa barang bawaan yang praktis dan memang sesuai kebutuhan. Contohnya, bawalah pakaian secukupnya.

Untuk celana yang digunakan selama travelling, biasanya saya memilih celana gunung Consina Avaress. Hal yang saya sukai dari celana ini adalah selain berfungsi sebagai celana panjang, dapat juga berfungsi sebagai celana pendek dengan cara melepas ritsleting yang ada di tengah.

Bahan yang digunakan dalam pembuatannya pun tergolong ringan dan lentur. Saat harus dilipat dan dimasukkan ke dalam tas, celana ini tidak memakan ruang penyimpanan yang banyak dan menambah beban. Celana Consina Avaress ini juga memiliki ruang saku yang cukup banyak. Ada dua saku di bagian belakang, dua saku dengan ritsleting di sebelah kanan dan kiri, dan dua saku di bagian kaki.

Torch Kuji Multipurpose Pack Ukuran A2 

Torch Kuji Multipurpose Pack Ukuran A2

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 88.000

Mutipurpose pack untuk segala barang bawaan

Demi meringkaskan barang bawaan, seringkali kita tidak memperhatikan cara pengemasan dan penyusunan dalam tas. Hal penting yang perlu diingat adalah jangan mencampur pakaian bersih dengan barang/pakaian kotor. Bagaimana caranya? Kita bisa menggunakan tas serut untuk memisahkan keduanya.

Mungkin ada yang bertanya, mengapa tidak menggunakan plastik saja? Sampah plastik memiliki dampak yang kurang baik bagi lingkungan. Oleh karenanya, saya ingin mengajak kalian untuk mengurangi penggunaan plastik. Sebagai gantinya, kalian bisa membawa tas serut Torch Kuji Multipurpose Pack ini.

Travel pack ini memiliki dimensi ukuran yang cukup beragam, dari A5 hingga A2. Kalian bisa menggunakannya untuk mengemas sandal, sepatu, alat mandi, maupun pakaian. Biasanya, tas ini saya gunakan untuk memisahkan sandal dengan pakaian, maupun memisahkan pakaian bersih dan kotor. Praktis, bukan?

Tas Camera Selempang Kalibre Metroshoot 07 

Tas Camera Selempang Kalibre Metroshoot 07

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 375.000

Amankan perlengkapan fotografi dari guncangan dan ruang lembap

Travelling tanpa membawa perlengkapan fotografi, bagi saya khususnya, adalah hal yang mustahil. Di zaman yang serba digital ini, kita butuh eksis dengan cara meng-upload foto dan mewartakan keriangan kita selama travelling. Karena itulah, kamera menjadi salah satu kebutuhan yang penting.

Saat membawa kamera, sebaiknya siapkan satu tas khusus untuk perlengkapan fotografi, terpisah dengan tas utama kita yang berisi pakaian selama travelling. Selain untuk mengurangi dampak guncangan, hal ini juga bertujuan untuk memisahkan kamera dari ruang yang lembap akibat pakaian kotor maupun alat mandi.

Saya biasanya membawa tas kamera Kalibre Metroshoot, yang memang didesain khusus untuk penyimpanan alat-alat fotografi. Tas ini memiliki tiga kompartemen utama, yang dapat menampung body kamera Sony A7II, lensa FE 50MM, lensa Sony 28-70MM, beserta tiga baterai dan charger-nya. Tidak hanya itu, tas kamera ini juga menyediakan slot untuk menaruh dompet maupun perlengkapan tulis seperti bolpoin.

Eiger Travel Towel S 

Eiger Travel Towel S

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 60.000

Handuk ringan dan cepat kering

Banyak orang yang tidak terlalu memperhatikan perlengkapan mandi yang ia bawa, termasuk handuk saat travelling. Namun, menurut pengalaman saya yang kerap berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya, handuk termasuk benda penting yang harus dibawa. Handuk yang dibawa pun sebaiknya adalah handuk yang bisa cepat kering. Bayangkan jika handuk masih dalam keadaan basah, tetapi terpaksa harus masuk ke dalam tas, pasti akan membuat seisi tas ikut basah dan menyebabkan aroma tak sedap yang pasti akan menganggu kita.

Karena itulah, saya selalu membawa Eiger Travel Towel S yang terbuat dari microfiber yang memiliki daya serap tinggi dan ringan. Handuk ini juga tiga kali lipat lebih cepat kering bila dibanding handuk biasa. Dengan dimensi 80 x 40 cm, handuk ini tidak akan memakan ruang penyimpanan yang banyak.

Eiger Campers Bottle  

Eiger Campers Bottle

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 120.000

Botol aluminium yang dilengkapi pouch

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, saya ingin mengajak kalian untuk sedapat mungkin mengurangi penggunaan barang yang plastik, untuk membantu mengurangi dampak buruknya terhadap lingkungan. Salah satunya dengan cara membawa botol minum sendiri.

Sudah lebih dari tiga tahun saya menggunakan botol minum Eiger dengan kapasitas 700 ml ini. Saat membelinya, kalian akan mendapatkan bonus tas pouch beserta carabiner. Jadi, kalian bisa langsung mengaitkan carabiner ke tas travel Torch Takahagi supaya tidak terlepas saat terjadi guncangan.

Kesimpulan

Itulah delapan barang bawaan traveling yang kerap saya bawa, untuk mensiasati penggunaan bagasi meski durasi perjalanannya panjang. Saya berhasil melakukan perjalanan selama 15 hari ke Wakatobi, Ende, dan Gorontalo, dengan delapan barang di atas dan sepuluh potong pakaian. Yang terpenting, kita harus selektif dalam memilih pakaian yang akan dibawa. Selain berbahan ringan, pilihlah pakaian dengan bahan yang cepat bisa kering.

Selain itu, penting juga untuk tidak membawa perlengkapan mandi terlalu banyak. Contohnya, sampo dan sabun dengan kemasan lebih dari 100 ml. Sampo dan sabun juga biasanya sudah disediakan di hotel tempat kita bermalam sehingga kita bisa membawa secukupnya saja.