8 Rekomendasi Barang Bawaan Traveling Durasi Panjang Tanpa Bagasi

8 Rekomendasi Barang Bawaan Traveling Durasi Panjang Tanpa Bagasi

Creator Image
Hannif Andy
Travel consultant, storyteller, & videographer
  • Torch
    Travel Backpack Takahagi 40 Liter


    Hannif Andy

    Ketika bepergian, saya sangat menghindari penggunaan ransel gunung yang berukuran besar. Sebisa mungkin, saya membawa seluruh perlengkapan dan peralatan fotografi saya ke dalam kabin pesawat. Hal ini berguna untuk mengurangi biaya perjalanan serta memangkas waktu saya baik saat proses check-in, maupun saat tiba di bandar udara tujuan. 

    Pilihan saya untuk tas traveling adalah Torch Takahagi. Hampir genap satu tahun tas ini menemani saya menjelajah beberapa daerah luar Jawa. Selain desainnya yang elegan dan sederhana, tas travel ini memiliki ruang penyimpanan hingga 40 liter. Berdasarkan pengalaman traveling ke Ende, Wakatobi, dan Gorontalo selama 15 hari, tas ini mampu menampung kebutuhan pakaian saya yang lebih dari sepuluh potong. 

    Enaknya lagi, tas travel Takahagi ini juga dilengkapi kompartemen khusus untuk laptop yang terpisah sehingga dapat melindunginya dari guncangan. MacBook Pro dan dokumen pekerjaan saya pun cukup aman tersimpan di ruang kompartemen ini. Selain itu, tas ini memiliki ruang terpisah untuk perlengkapan mandi. Ruang ini dinamakan Towel Loader dan Under Cloth Mesh. Jadi, saya tak perlu takut jika pakaian bersih yang saya bawa akan tercampur dengan pakaian bau dan kotor.
  • Torch
    Running Jacket Rimbaud


    Hannif Andy

    Ke mana pun saya pergi, jaket Torch Rimbaud ini selalu saya bawa. Selain memiliki bahan yang ringan, jaket ini tidak memakan banyak ruang penyimpanan saat dilipat dan dimasukkan ke dalam tas. Bila dilihat dari bahannya, jaket ini memang diperuntukkan untuk aktivitas olahraga, seperti lari. Namun, jika saya gunakan saat traveling pun tidak ada salahnya, bukan? 

    Jaket ini dilengkapi dengan breathable mesh, yang berfungsi memperlancar sirkulasi udara saat bergerak sehingga membuat saya tidak mudah gerah. Namun, jaket ini pun tetap mampu membuat saya hangat saat cuaca dingin. Tak hanya itu, saku penyimpanannya didesain cukup aman. Saya bisa menaruh gawai, earphone, beserta powerbank ke dalam saku bagian atas tanpa rasa khawatir.
  • Torch
    Sandal Arrafa


    Hannif Andy

    Selain memakai dan membawa sepatu selama traveling, saya juga tak pernah ketinggalan membawa sandal. Pilihan saya jatuh pada sandal Torch Arrafa. Selain ringan, sandal Arrafa ini dapat dimasukkan ke dalam tas tanpa memakan ruang penyimpanan yang banyak. Hal ini karena sandal Arrafa terbuat dari Neoprene, bahan yang biasanya digunakan pada baju selam sehingga sandal ini sangat lentur dan ringan. 

    Mengapa saya katakan bahwa sandal Arrafa ini dapat digunakan dalam segala medan? Karena menurut pengalaman saya selama setahun menggunakannya, sandal ini memang didesain untuk orang yang gemar traveling. Sandal ini nyaman digunakan pada medan berat seperti mendaki gunung, maupun saat ingin tampil bergaya dan keren.
  • Homain Aconcagua
    Celana Gunung Sambung


    Hannif Andy

    Kunci bepergian tanpa menggunakan bagasi pesawat sebenarnya ada pada jumlah barang bawaan yang kita siapkan. Untuk itu, usahakan membawa barang bawaan yang praktis dan memang sesuai kebutuhan. Contohnya, bawalah pakaian secukupnya. 

    Untuk celana yang digunakan selama traveling, biasanya saya memilih celana gunung sambung. Hal yang saya sukai dari celana ini adalah selain berfungsi sebagai celana panjang, dapat juga berfungsi sebagai celana pendek dengan cara melepas ritsleting yang ada di tengah. Bahan yang digunakan dalam pembuatannya pun tergolong ringan dan lentur. 

    Saat harus dilipat dan dimasukkan ke dalam tas, celana ini tidak memakan ruang penyimpanan yang banyak dan menambah beban. Celana ini juga memiliki ruang saku yang cukup banyak. Ada dua saku di bagian belakang, dua saku dengan ritsleting di sebelah kanan dan kiri, dan dua saku di bagian kaki.
  • Torch
    Kuji Multipurpose Pack


    Hannif Andy

    Demi meringkaskan barang bawaan, seringkali kita tidak memperhatikan cara pengemasan dan penyusunan dalam tas. Hal penting yang perlu diingat adalah jangan mencampur pakaian bersih dengan barang/pakaian kotor. Bagaimana caranya? Kita bisa menggunakan tas serut untuk memisahkan keduanya. 
    Mungkin ada yang bertanya, mengapa tidak menggunakan plastik saja? Sampah plastik memiliki dampak yang kurang baik bagi lingkungan. Oleh karenanya, saya ingin mengajak kalian untuk mengurangi penggunaan plastik. Sebagai gantinya, kalian bisa membawa tas serut Torch Kuji Multipurpose Pack ini. 


    Travel pack ini memiliki dimensi ukuran yang cukup beragam, dari A5 hingga A2. Kalian bisa menggunakannya untuk mengemas sandal, sepatu, alat mandi, maupun pakaian. Biasanya, tas ini saya gunakan untuk memisahkan sandal dengan pakaian, maupun memisahkan pakaian bersih dan kotor. Praktis, bukan?
  • Kalibre
    Tas Selempang Kamera Metroshoot 07


    Hannif Andy

    Traveling tanpa membawa perlengkapan fotografi, bagi saya khususnya, adalah hal yang mustahil. Di zaman yang serba digital ini, kita butuh eksis dengan cara meng-upload foto dan mewartakan keriangan kita selama traveling. Karena itulah, kamera menjadi salah satu kebutuhan yang penting. 

    Saat membawa kamera, sebaiknya siapkan satu tas khusus untuk perlengkapan fotografi, terpisah dengan tas utama kita yang berisi pakaian selama traveling. Selain untuk mengurangi dampak guncangan, hal ini juga bertujuan untuk memisahkan kamera dari ruang yang lembap akibat pakaian kotor maupun alat mandi. 

    Saya biasanya membawa tas kamera Kalibre Metroshoot, yang memang didesain khusus untuk penyimpanan alat-alat fotografi. Tas ini memiliki tiga kompartemen utama, yang dapat menampung body kamera Sony A7II, lensa FE 50MM, lensa Sony 28-70MM, beserta tiga baterai dan charger-nya. Tidak hanya itu, tas kamera ini juga menyediakan slot untuk menaruh dompet maupun perlengkapan tulis seperti bolpoin.
  • Eiger
    Travel Towel S


    Hannif Andy

    Banyak orang yang tidak terlalu memperhatikan perlengkapan mandi yang ia bawa, termasuk handuk saat traveling. Namun, menurut pengalaman saya yang kerap berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya, handuk termasuk benda penting yang harus dibawa. 

    Handuk yang dibawa pun sebaiknya adalah handuk yang bisa cepat kering. Bayangkan jika handuk masih dalam keadaan basah, tetapi terpaksa harus masuk ke dalam tas, pasti akan membuat seisi tas ikut basah dan menyebabkan aroma tak sedap yang pasti akan menganggu kita. 

    Karena itulah, saya selalu membawa Eiger Travel Towel S yang terbuat dari microfiber yang memiliki daya serap tinggi dan ringan. Handuk ini juga tiga kali lipat lebih cepat kering bila dibanding handuk biasa. Dengan dimensi 80 x 40 cm, handuk ini tidak akan memakan ruang penyimpanan yang banyak.
  • Eiger
    Campers Bottle


    Hannif Andy

    Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, saya ingin mengajak kalian untuk sedapat mungkin mengurangi penggunaan barang yang plastik, untuk membantu mengurangi dampak buruknya terhadap lingkungan. Salah satunya dengan cara membawa botol minum sendiri. 

    Sudah lebih dari tiga tahun saya menggunakan botol minum Eiger dengan kapasitas 700 ml ini. Saat membelinya, kalian akan mendapatkan bonus tas pouch beserta carabiner. Jadi, kalian bisa langsung mengaitkan carabiner ke tas travel Torch Takahagi supaya tidak terlepas saat terjadi guncangan.