8 Rekomendasi Snack dari Travel Blogger Ini Dijamin Membantu Kamu Tetap Fit Selama Traveling

Travel industry consultant, storyteller, videographer Hannif Andy Al Anshori
Travel industry consultant, storyteller, videographer
Hannif Andy Al Anshori
Bekerja sebagai konsultan lepas di bidang industri pariwisata. Hannif telah menuntaskan hampir dari 30 provinsi di Indonesia. Selain banyak berkeliling ke destinasi wisata di Indonesia, Hannif juga menyempatkan diri untuk membuat dokumentasi berupa tulisan dan video perjalanan. Bagi Hannif, dengan melakukan banyak perjalanan dan bertemu dengan banyak orang akan semakin memupuk rasa cinta tanah air kita terhadap bangsa dan negara.

Delapan tahun bergelut di industri pariwisata, membawa Hannif lebih fokus mengangkat isu pemberdayaan masyarakat dan desa wisata. Rekam jejak dan portofolionya dapat dibaca melalui blog pribadinya www.insanwisata.com.
Sebagai seorang peneliti di bidang pariwisata sekaligus merangkap hobi sebagai travel blogger di insanwisata.com, bepergian dan survei lapangan lebih dari tujuh hari adalah hal yang sudah menjadi bagian dari pekerjaan saya. Bahkan rekor mencatat, saya pernah bepergian selama 21 hari tanpa jeda. Berpindah-pindah tempat dan penginapan, berlayar maupun trekking keluar masuk hutan. Semuanya pernah saya alami langsung.

Sudah genap 30 provinsi di Indonesia yang saya kunjungi. Dari pesisir, pegunungan, hingga wilayah perkotaan memang sangatlah menantang. Namun, secara umum ada beberapa hal yang penting diperhatikan bagi setiap orang yang memiliki profesi seperti saya, yaitu menjaga badan agar tetap fit. Supaya badan tetap fit selama perjalanan lebih dari 7 hari, ada beberapa makanan ringan yang selalu saya siapkan. Apa saja di antaranya? Berikut sepuluh snack rekomendasi saya!

Produk pilihan Hannif Andy Al Anshori

Mondelez Biskuat Energi Coklat 

Mondelez Biskuat Energi Coklat

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 7.000

Biskuit enak penunda lapar

Disadari atau tidak, makanan ringan juga dapat membantu kita dalam menambah energi ketika traveling. Dan biasanya, pekerjaan yang saya ampu sebagai peneliti di bidang pariwisata mencakup beberapa kawasan. Jika dalam satu kawasan terdiri dari banyak objek wisata dengan jarak antar objek yang sangat jauh, saya akan membawa banyak makanan ringan sebagai teman perjalanan.

Biskuat salah satunya. Jika diperhatikan lebih jeli lagi, dengan mengonsumsi 20 buah biskuat per hari, kita mendapatkan energi sebanyak 315 kkal. Itu pun jika ingin menghitung secara pasti. Namun, dengan menyantap biskuat selama perjalanan, kadang rasa lapar saya menjadi berkurang. Snack ringan ini pun dapat dikonsumsi semua kalangan.

Garudafood Pilus Garuda Rasa Pedas 

Garudafood Pilus Garuda Rasa Pedas

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 5.700

Makanan ringan wajib selama perjalanan

Jika biasanya dalam satu tim terdiri dari lebih dari dua orang, maka Pilus Garuda ini menjadi camilan yang wajib dibeli saat traveling. Pilihan saya biasanya jatuh pada kacang pilus pedas. Perjalanan darat yang panjang pun akhirnya tak terasa jauh dan lama. Gurih, manis, dan pedas adalah tiga rasa khas dari Pilus Garuda Rasa Pedas ini.

Tak hanya nikmat disantap begitu saja, kadang cemilan Pilus rasa pedas ini biasa menjadi pelengkap pengganti krupuk saat menyantap makanan berat. Varian rasanya pun cukup beragam. Ada sapi panggang, rasa pedas, abon, rumput laut, maupun rasa original.

Permen Karet Rasa Mint Happydent White 

Permen Karet Rasa Mint Happydent White

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 8.700

Saat tidak sempat menggosok gigi, Happydent saja!

Mengejar sunrise atau matahari terbit memang merepotkan. Selain harus bangun pagi, saya biasanya menyempatkan diri untuk bisa membasuh diri, minimal menggosok gigi. Namun, jika sudah tidak terkejar dan terlambat bangun, rasanya menggosok gigi dan membasuh muka akan membuat saya semakin banyak kehilangan momen. Nah, disinilah pentingnya saya membawa permen karet Happydent.

Saya kerap membawa satu bungkus besar untuk bisa dihabiskan dalam tujuh hari perjalanan. Saat tidak memiliki waktu menggosok gigi di pagi hari, permen Happydent ini sangat membantu saya dalam menyegarkan nafas dan menghilangkan bau mulut selama traveling. Pasti kamu tidak ingin memiliki nafas bau karena tidak menggosok gigi, bukan?

Madurasa Minuman dengan Madu 

Madurasa Minuman dengan Madu

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 10.500

Mengembalikan tubuh agar kembali bertenaga

Saat traveling berdurasi lebih dari lima hari, maupun aktivitas berat seperti naik gunung dan keluar masuk hutan, saya mewajibkan diri untuk selalu membawa Madurasa. Biasanya, dalam satu hari saya hanya menghabiskan satu bungkus Madurasa untuk mengisi tenaga atau energi. Apalagi jika medan yang saya lalui sangat berat.

Seperti contoh saat saya ingin memotret burung Cendrawasih di Kepulauan Aru, Maluku Tenggara. Durasi tracking yang lebih dari empat jam sangatlah melelahkan. Jika terlalu banyak mengonsumsi air mineral tanpa ada perhitungan, bisa saja saya kehabisan stok air minum. Untuk itu, saya biasa menggunakan Madurasa sebagai gantinya. Dengan mengonsumsi Madurasa, nutrisi dalam tubuh akan tercukupi sehingga metabolisme tubuh dan stamina menjadi meningkat.

Sido Muncul Tolak Angin 

Sido Muncul Tolak Angin

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 14.000

Sirup herbal pencegah masuk angin

Tak dapat dipungkiri, traveling berdurasi lama akan membuat daya tahan tubuh mudah lemah. Apalagi jika tubuh tidak diasupi makanan yang sehat dan penuh gizi seperti sayuran. Jika tujuan traveling saya adalah wisata pesisir atau pun di tempat dengan cuaca yang dingin, saya harus memastikan untuk selalu membawa Tolak Angin.

Pasalnya, gejala demam, pusing, lemas, kembung, maupun merasa kedinginan adalah kondisi yang tidak bisa ditebak kapan datangnya. Untuk itu, Tolak Angin dapat dijadikan sebagai pertolongan pertama.

Apakah Tolak Angin hanya bisa dikonsumsi saat masuk angin saja? Tentu tidak. Bahkan dalam keadaan tidak sakit pun, saya biasa mengonsumsi satu bungkus Tolak Angin. Oh, ya, untuk Tolak Angin, tersedia juga produk untuk orang dewasa dan anak-anak.

You C 1000 Vitamin 

You C 1000 Vitamin

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 4.990

Menjaga daya tahan tubuh agar selalu bugar

Selain makanan yang sudah disebutkan di atas, ada satu minuman vitamin yang kerap saya konsumsi saat perjalanan. Minuman ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup. You C 1000 vitamin memiliki beberapa varian rasa, yaitu rasa jeruk, lemon, maupun apel. Biasanya, saya mengonsumsi yang rasa jeruk.

Namun perlu dicatat, jangan terlalu sering mengonsumsi vitamin ini. Biasanya, saya hanya mengonsumi satu kali dalam perjalanan panjang. Itu pun jika saya merasa lemas dan pucat. Dengan You C 1000 vitamin, saya dapat mengontrol daya tahan tubuh supaya kembali bugar. Tak hanya itu, You C 1000 vitamin water dapat menyembuhkan sariawan dan bibir pecah-pecah saat traveling.

Oishi Pillows Craker Coklat Isi Coklat 

Oishi Pillows Craker Coklat Isi Coklat

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 10.700

Snack cracker coklat dengan lelehan coklat di dalamnya

Satu lagi makanan ringan yang biasa saya bawa selama perjalanan traveling, yakni Oishi Pillow. Makanan ringan ini memiliki beberapa varian rasa. Ada cokelat, ubi, dan keju. Biasanya, pilihan saya jatuh pada rasa cokelat dan ubi.

Alasan menempatkan Oishi Pillow dalam makanan ringan bawaan traveling saya adalah selain murah dan kemasannya mudah dibuka tutup, khusus untuk rasa cokelat dapat membuat saya tampak riang dan gembira. Ya, hal ini sama dengan saat saya mengonsumsi cokelat.

Rebo Kuaci Biji Bunga Matahari Original (70 gr) 

Rebo Kuaci Biji Bunga Matahari Original (70 gr)

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 9.500

Menyibukkan diri di tengah perjalanan yang membosankan

Pernah merasa perjalanan traveling yang sudah kita susun rapi, tetapi apa yang kita temui di lapangan tidak sesuai harapan? Atau ingin menyibukkan diri selama perjalanan agar tidak bosan? Bawalah kuaci Rebo original! Traveling berdurasi panjang tidak saja membutuhkan makanan yang bisa membuat badan fit, tetapi juga makanan yang bisa membuat bahagia dan ceria.

Ya, bagi sebagian orang, mengonsumsi kuaci sangatlah merepotkan. Namun, dengan menyantap kuaci, ada rasa kepuasan dan kebahagian saat berhasil menghabiskannya. Saya salah satunya. Saya adalah orang yang betah berlama-lama menghabiskan sebungkus kuaci.

Jika sedang melamun atau menghadapi percakapan yang garing atau membosankan, kuaci bisa menjadi makanan yang membuat aktivitas saya menjadi lebih hidup. Biasanya, pilihan saya jatuh pada rasa original. Dengan rasa gurih dan asin yang bercampur jadi satu, kuaci Rebo adalah kuaci terenak yang bisa menjadi makanan ringan saat traveling.

Kesimpulan

Itu dia delapan makanan ringan yang wajib saya bawa selama traveling. Tidak hanya untuk durasi dan jarak yang panjang saja. Namun, biasanya saya hanya membawa tiga camilan saat traveling dalam jarak yang dekat. Tentunya, selain membawa delapan makanan ringan di atas, mengetahui batas-batas kapan untuk beristirahat adalah yang terpenting.

Jangan karena demi konten traveling, lalu mengabaikan kondisi badan. Istirahatlah jika merasa sudah lelah. Tidurlah jika merasa sudah mengantuk. Dan makanlah jika dalam kondisi sangat lapar. Selamat traveling!