7 Alat yang Perlu Disiapkan untuk Membuat Bekal Sekolah Anak/Bento Rekomendasi Mommy Blogger

Lifestyle Blogger Isnuansa Maharani
Lifestyle Blogger
Isnuansa Maharani
Ibu dari seorang anak. Bekerja sebagai staf Anggota DPR RI. Suka menulis blog di waktu luang. Menghabiskan banyak waktu untuk scroll timeline social media sambil minum kopi.
Berbagai macam jajanan yang ada di sekolah anak memunculkan kekhawatiran tersendiri bagi saya. Ada yang berwarna-warni cerah, yang saya curigai menggunakan zat pewarna tidak aman. Ada yang rasanya manis, tetapi jika dikonsumsi oleh anak bisa menimbulkan batuk. Ada pula makanan yang ditaburi dengan berbagai perasa makanan yang kemungkinan besar kandungan monosodium glutamat atau penyedap rasanya terlalu tinggi.

Nah, daripada setiap hari saya harus dihantui oleh perasaan tidak aman dengan jajanan anak di sekolah, saya bertekad membawakan bekal atau bento untuk anak ke sekolah. Tentu konsekuensinya, saya harus memiliki beberapa peralatan yang mendukung dalam membuat bento tersebut, supaya bisa menghemat waktu dalam menyiapkannya. Maklum, saya adalah ibu yang bekerja. Jadi, menyiapkan bekal di pagi hari harus bisa dilakukan dalam waktu yang singkat.

Produk pilihan Isnuansa Maharani

OmieBox 

OmieBox

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 645.000

Tempat bekal dengan insulated food jar, makanan tetap hangat selama 6 jam

OmieBox ini adalah bento box rekomendasi utama saya. Saya cinta sekali dengan produk ini karena komplit, bisa membawa bekal tanpa tercampur dan tumpah (leakproof) sekaligus tetap hangat. Cocok sekali dengan kebiasaan orang Indonesia yang senang makanan berkuah seperti sayur sop, soto, atau sayur bening bayam.

Selama ini, masih belum banyak bento box yang mampu membawa makanan berkuah. Omiebox ini solusi tepat untuk orang tua yang tetap ingin membawakan masakan berkuah untuk anaknya. Bekal berkuah akan tetap hangat di dalam insulated food jar sehingga selera makan anak akan tetap bagus ketika menyantap sayurnya. Satu lagi keunggulan OmieBox ini adalah tidak memerlukan bento bag, karena bisa langsung ditenteng oleh anak.

Onigiri Mold 

Onigiri Mold

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 28.000

Nasi kepal berbagai bentuk bisa dibuat dalam sekejap

Saya paling suka melihat orang Jepang membuat bento untuk anaknya. Bentonya dihias sangat cantik menjadi Kyaraben dengan nasi yang dibentuk menjadi berbagai karakter yang lucu. Selain mengandalkan kreasi tangan, bagi yang merasa kurang kreatif bisa memanfaatkan onigiri mold yang sudah banyak dijual saat ini. Dengan alat ini, nasi kepal bisa dibuat dalam sekejap.

Yang paling sederhana sih mold berbentuk bulat dan segitiga, tetapi ada juga kok yang berbentuk lebih rumit seperti pumpkin untuk tema halloween, dan berbagai mold berkarakter Disney yang bisa kita pilih. Selain untuk mencetak nasi, rice mold ini juga bisa digunakan untuk mencetak telur rebus. Setelah dibentuk nasinya, saya biasanya tempelkan rice sticker edible. Untuk rice sticker ini, saya pilih gambar yang sedang disukai oleh anak.

Lunchpunch Sandwich Cutters 

Lunchpunch Sandwich Cutters

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 165.000

Bekal roti makin cantik dengan menggunakan Lunchpunch

Membawakan bekal yang monoton untuk anak ke sekolah adalah salah satu hal yang paling dihindari. Bekal monoton bisa membuat anak malas menghabiskan bekalnya. Tetapi dengan Lunchpunch, kita bisa “say goodbye” kepada bekal yang itu-itu saja.

Berbagai bentuk Lunchpunch yang lucu bisa membuat bekal sandwich makin menggemaskan. Untuk anak laki-laki, orang tua bisa memilih sandwich cutter bentuk mobil, kereta, atau hewan (cat dan dog). Untuk anak perempuan, pilihannya lebih beragam, selain hewan yang lucu seperti kucing, juga ada pilihan es krim dan unicorn.

Kreativitas orangtua dalam menghias sandwich ini juga masih bisa ditambah dengan hiasan-hiasan lainnya seperti boneka resin dan berbagai decosheet warna-warni.

Cetakan Nori 

Cetakan Nori

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 45.000

Tak perlu keahlian khusus, potong nori pakai alat ini

Salah satu alat yang paling bisa diandalkan ketika membuat bento adalah cetakan nori atau nori puncher. Saya mengoleksi berbagai macam cetakan nori, mulai dari yang berbentuk smile, wajah, kucing, hello kitty set, panda, thomas train, hingga penguin.

Nori puncher ini juga sekaligus bisa digunakan untuk memotong keju slice sehingga bento yang kita buat bisa dihias dengan nori, ham, wortel, dan keju. Harga alat ini juga relatif terjangkau. Dari satu alat saja, kita bisa membuat banyak sekali kreasi bentuk wajah.

Tapi tetap harus hati-hati ya, setelah dipotong dengan nori puncher, diperlukan pinset saat menempelkan ke nasi supaya letaknya bisa tepat di posisinya.

Silicon Cup 

Silicon Cup

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 42.000

Partisi bekal yang bisa digunakan berulang kali

Bento box ala Jepang biasanya tidak memiliki partisi. Hanya berbentuk bulat atau kotak saja. Nah, untuk meletakkan lauk atau sayur ke dalamnya, diperlukan partisi pemisah agar bekal tidak tercampur menjadi satu. Apalagi jika yang akan dimasukkan ke dalam kotak bekal bukan makanan kering.

Saya biasanya memakai silicon cup ini untuk meletakkan sayur tumisan, atau sebagai tempat saus dan sambal. Silicon cup ini adalah partisi yang bisa dicuci dan digunakan berulang kali. Jadi, dijamin ramah lingkungan. Silicon cup juga bisa digunakan sebagai pengganti paper cup saat membuat cupcake, lho!

Ukuran cup juga tersedia dalam berbagai pilihan. Saya biasanya memakai yang berdiameter 5 cm untuk saus, atau yang berdiameter 7 cm untuk sayur tumis di dalam bento box.

Torune Food Picks 

Torune Food Picks

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 52.000

Bagian paling menyenangkan di dalam bento box: hiasan bento berupa food picks

Saya tidak bisa menahan godaan untuk membeli berbagai food picks yang lucu-lucu. Bahkan ingin sekali rasanya membeli langsung dari Jepang.

Koleksi food picks saya sudah ratusan jumlahnya. Sampai sekarang juga masih melihat-lihat terus model food picks yang baru, yang saya belum punya. Di Japanese style bento biasanya saya melihat food picks yang lucu-lucu yang tidak ada di Indonesia.

Selain untuk dekorasi atau hiasan, food picks ini berfungsi sebagai penusuk buah atau lauk di dalam bento supaya tetap berada pada posisinya. Food picks biasanya terbuat dari plastik dan bisa digunakan berulang kali.

Saya biasanya membeli yang merek Torune atau merek Pakupakulunch. Favorit saya yang model Snoopy dan Doraemon. Aduh, kawaii sekali...

Drink In The Box 

Drink In The Box

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 185.000

Botol minum warna warni yang menarik hati

Saat pertama kali melihat Drink In The Box, saya langsung jatuh hati. Dengan berbagai warna pilihan yang menarik, Drink In The Box bisa dicocokkan dengan warna bento box yang saya punya. Ibarat gadis cantik dengan OOTD yang matching.

Botol yang transparan dan berukuran sedang ini pas banget untuk membawa minuman sebagai teman bekal anak ke sekolah. Ada dua pilihan ukuran, 235 ml dan 355 ml. Saya memilih yang berukuran besar sesuai dengan kebutuhan minum anak saya.

Sedotan yang lentur dari Drink In The Box ini biasanya rawan digigit oleh anak. Namun, kalian tidak perlu khawatir karena sedotan pengganti bisa dibeli terpisah. Tempat minum ini juga aman dan anti bocor lho, karena ada silicone seal-nya.

Kesimpulan

Dengan menyiapkan berbagai alat membuat bekal di atas, saya merasa aman karena anak selalu makan bekal dari rumah. Terjamin kualitas bahan makanannya, terjamin pula kebersihannya.

Alat-alat bento di atas saya rekomendasikan setelah saya coba semuanya. Saya jamin teman-teman tidak akan merasa rugi kalau mulai saat ini membawakan bekal untuk anak ke sekolah. Selamat mencoba!