7  Rekomendasi Perlengkapan Penting untuk Memotret Milky Way dan Star Trail

7 Rekomendasi Perlengkapan Penting untuk Memotret Milky Way dan Star Trail

Gemar naik gunung, bepergian ke pantai, atau ke tempat-tempat yang jauh dari kota saat malam hari? Cobalah untuk memotret milky way maupun star trail. Dalam dunia fotografi, star trail merupakan teknik dalam memotret pergerakan bintang pada malam hari dengan menggunakan exposure berulang kali dan menggabungkannya dalam satu frame foto. 


Sementara yang dimaksud milky way adalah gugusan bintang atau yang dikenal juga dengan nama Bima Sakti. Bagaimana caranya agar bisa menghasilkan gambar milky way maupun star trail yang bagus? Selain faktor pemilihan lokasi, waktu, dan teknik memotret, tentu ada beberapa perlengkapan penting yang harus dibawa. Apa saja? Berikut ulasannya!


Creator Image
Hannif Andy
Travel consultant, storyteller, & videographer
  • Sony
    α7 II E-mount Camera with Full Frame Sensor


    Hannif Andy

    Ini adalah kamera yang kerap saya gunakan dalam memotret. Dibekali dengan sensor full frame, kamera Sony A7II memiliki kemampuan menangkap objek gambar dengan baik dalam kondisi low light. Tak hanya itu, salah satu keunggulan dari kamera ini adalah 5 axis stabilizationnya. 


    Fitur stabilizer yang membuat semua lensa yang dipasang ke kamera Sony A7II menjadi minim blur/ buram saat adanya getaran di tangan kita. Sepanjang pengalaman, saya sangat puas menggunakan kamera ini karena cukup mudah dalam pengaturannya. 


    Kelebihan yang tak dimiliki kamera lainnya adalah terdapat pada aplikasi/fitur tambahannya. Bagi pengguna Sony, Anda dapat memasang aplikasi berbayar bernama "Star Trail", yakni salah satu aplikasi yang memudahkan penggunanya dalam menangkap objek Bima Sakti.

  • Sony
    FE 28-70 mm F3.5-5.6 OSS


    Hannif Andy

    Dalam memotret milky way maupun star trail, pilihlah lensa kamera lebar (wide) yang memiliki bukaan besar, atau minimal F/4. Mengapa harus lensa dengan bukaan lebar? Dengan bukaan lensa yang lebar, hal ini memungkinkan cahaya yang ditangkap oleh kamera akan lebih banyak. 


    Untuk dapat menghasilkan foto star trail maupun milky way yang lebih dramatis, saya memilih menggunakan lensa wide. Jika tidak memungkinkan, saya hanya menggunakan lensa bawaan Sony, yaitu lensa kit FE 28-70mm. Lensa jenis ini sudah sangat cukup untuk mendapatkan hasil dramatis dalam memotret milky way maupun star trail.

  • Wasabi Power
    Battery (2-Pack) and Dual Charger for Sony


    Hannif Andy

    Dalam memotret milky way maupun star trail, usahakan untuk membawa baterai cadangan lebih dari dua. Sama seperti yang saya jelaskan di atas bahwa dalam memotret milky way maupun star trail, penggunaan baterai akan lebih boros dibanding biasanya. Saat memotret milky way maupun star trail, biasanya saya membawa tiga baterai dalam semalam.


    Tak perlu memaksakan membeli baterai ori jika budget tidak sesuai. Baterai Sony dengan merek Wasabi pun bisa didapat dengan harga yang cukup terjangkau. Beberapa fotographer maupun videographer pun sudah banyak yang menggunakan baterai merek ini. Biasanya baterai ini dijual satu paket bersama dengan charger-nya.

  • Xiaomi
    Mi Power Bank 20.000 mAh


    Hannif Andy

    Kegunaan power bank tentunya adalah sebagai pengisi daya baterai di saat keadaan darurat tanpa listrik. Dalam urusan memotret milky way maupun star trail yang jauh dari pemukiman dan jangkauan listrik, penting rasanya untuk membawa power bank sebagai perangkat pengisian baterai. 

    Apalagi di saat memotret milky way, penggunaan baterai pada kamera akan lebih boros karena biasanya waktu shoot star trail setidaknya memakan waktu minimal 30 menit. Untungnya, kamera Sony A7II yang saya gunakan pun mendukung pengisian baterai kamera melalui power bank. Pengisian baterai pun makin mudah kapan pun dan di mana pun. Namun, jangan terlalu sering menggunakan power bank pada kamera, ya!

  • BEIKE
    Camera Tripod Stand


    Hannif Andy

    Penggunaan tripod dalam memotret milky way maupun star trail sangatlah penting. Dengan waktu shoot di atas 15 detik, tentunya kamera tidak boleh dalam keadaan goyang sedikit pun. Hal yang perlu dicatat sebelum membeli tripod adalah meski pada umumnya fungsi tripod adalah sama, sebaiknya Anda memilih tripod yang kuat untuk menyangga kamera. 


    Di sini, saya memilih menggunakan tripod BEIKE Q999 saat memotret maupun dalam pembuatan video. Selain harganya yang cukup terjangkau di kelasnya, tripod jenis ini memiliki berat yang cukup untuk menahan angin maupun guncangan.

  • Haida NanoPro Clear-Night Filter


    Hannif Andy

    Jika kalian sudah puas dan cukup mahir dalam mengatur kamera saat memotret star trail maupun milky way, penggunaan filter ini adalah tidak wajib. Namun, jika pilihan lokasi memotret kalian masih ada beberapa polusi cahaya, ada baiknya kalian menggunakan filter ini. 

    Haida Clear-Night Filter ini mampu meredam polusi cahaya yang dihasilkan oleh lampu elektrik. Dengan bahan yang berkualitas tinggi dan lapisan nano yang terdapat pada Haida Clear-Night Filter, hasil foto yang akan dihasilkan saat memotret milky way maupun star trail akan lebih bersih dan dramatis.

  • Swat Flashlight


    Hannif Andy

    Apa pentingnya membawa lampu senter? Tentu penting. Selain membantu dalam mencari titik fokus saat memotret, fungsi lampu senter adalah untuk memudahkan kalian dalam penerangan selama di lokasi tempat memotret. 


    Bayangkan jika kalian memotret milky way di pantai atau gunung? Tanpa adanya cahaya yang membantu untuk mengatur tripod dan posisi kamera, tentu akan sulit, bukan? Jenis lampu senter yang dapat digunakan sangatlah beragam. Kalian bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. 


    Namun, di sini saya memilih lampu senter LED SWAT. Jenis lampu senter ini memang terbukti sangat awet dan tidak boros baterai. Selain itu, lampu senter LED SWAT ini dilengkapi dengan filter warna merah sehingga tidak membuat silau. Oh ya, jangan lupa untuk membawa baterai cadangan, ya. Setidaknya, bawalah tiga baterai untuk berjaga-jaga.

Hannif Andyのfavlist