7 Perlengkapan Penting untuk Memotret Milky Way dan Star Trail Rekomendasi Travel Consultant Hannif Andy

7 Perlengkapan Penting untuk Memotret Milky Way dan Star Trail Rekomendasi Travel Consultant Hannif Andy

Travel consultant, storyteller, & videographerHannif Andy

Bekerja sebagai konsultan lepas di bidang industri pariwisata. Hannif telah menuntaskan hampir dari 30 provinsi di Indonesia. Selain banyak berkeliling ke destinasi wisata di Indonesia, Hannif juga menyempatkan diri untuk membuat dokumentasi berupa tulisan dan video perjalanan. Bagi Hannif, denga...

Gemar naik gunung, bepergian ke pantai, atau ke tempat-tempat yang jauh dari kota saat malam hari? Cobalah untuk memotret milky way maupun star trail. Dalam dunia fotografi, star trail merupakan teknik dalam memotret pergerakan bintang pada malam hari dengan menggunakan exposure berulang kali dan menggabungkannya dalam satu frame foto. 


Sementara yang dimaksud milky way adalah gugusan bintang atau yang dikenal juga dengan nama Bima Sakti. Bagaimana caranya agar bisa menghasilkan gambar milky way maupun star trail yang bagus? Selain faktor pemilihan lokasi, waktu, dan teknik memotret, tentu ada beberapa perlengkapan penting yang harus dibawa. Apa saja? Berikut ulasannya!

  • Pembaharuan terakhir: 13 November 2020
  • 546 Views
Daftar isi

Produk pilihan Hannif Andy

Sony α7 II E-mount Camera with Full Frame Sensor

Rp 13.700.000,00

Wasabi Power Battery (2-Pack) and Dual Charger for Sony

NP-FW50

Rp 985.000,00

Haida NanoPro Clear-Night Filter

Rp 1.000.000,00

Kesimpulan

Selain perlengkapan di atas, tentunya yang penting untuk diperhatikan adalah mengenai lokasi dan waktu pengambilan gambar. Untuk menentukan lokasi rasi bintang, saya biasanya menggunakan aplikasi berbayar Stellarium yang dapat diunduh melalui PlayStore. Untuk aplikasi yang tidak berbayar, kalian dapat memasang aplikasi Star Chart. Dan yang terpenting dalam memotret milky way maupun star trail, pilihlah lokasi yang jauh dari polusi cahaya, seperti pantai, hutan, dan dataran tinggi pegunungan. 


Untuk waktu terbaik, pilihlah pada malam hari dan hindari memotret milky way pada bulan purnama. Biasanya, para penggemar milky way akan memotret sepanjang bulan April hingga September. Sedangkan untuk pengaturan kameranya (baik itu ISO, format gambar, pengaturan bukaan lensa), sudah sangat banyak tersedia di internet. Selamat mencoba!

Item lists populer

Bloggers dan influencers terpopuler

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kartu MicroSD Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kartu MicroSD Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pada era seperti sekarang, microSD sudah menjadi barang yang harus dimiliki. Hal ini karena microSD mempunyai banyak kegunaan, seperti dapat menimpan banyak file hingga membantu proses loading. Namun, masih banyak yang tidak dapat memilih microSD yang sesuai. Belum lagi, ada istilah-istilah dari microSD yang membingungkan bagi orang awam.Jadi, kali ini kami akan mengulas bagaimana memilih microSD yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang bisa jadi referensi pilihan, seperti Samsung, Toshiba, SanDisk, dan lainnya. Bacalah dengan saksama sehingga Anda dapat memilih produk tanpa ragu lagi.
    Aksesori kamera
    57.770 Views
  • 10 Rekomendasi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Saat ini, SD card menjadi perlengkapan yang dibutuhkan karena memiliki banyak kegunaan. Biasanya, SD card digunakan pada kamera digital atau DSLR. Namun, SD card juga bisa digunakan di ponsel maupun PC untuk menyimpan data.Ada banyak jenis SD card dengan berbagai merek dan kriteria yang tersedia di pasaran. Agar tidak membingungkan, kami akan mengulas cara memilih SD card untuk Anda. Setelah itu, kami juga akan memberikan produk yang direkomendasikan, seperti Toshiba, SanDisk, dan lainnya. Bacalah dengan saksama setiap poin dan temukan SD card yang tepat untuk Anda. Selamat memilih!
    Aksesori kamera
    66.123 Views
  • 10 Rekomendasi Tripod Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tripod Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Tripod merupakan alat yang berfungsi untuk menyangga dan mengatur posisi kamera. Tripod juga dapat membantu Anda memotret dengan komposisi yang lebih stabil. Walaupun bentuknya terlihat sama, terdapat perbedaan dari segi tinggi kaki, material, kapasitas, pan head, dan lainnya. Pemilihan tripod juga tergantung pada tipe kamera, baik DSLR, mirrorless, maupun kamera video.Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih tripod serta memberikan sepuluh rekomendasi produk terbaik. Produk dari BEIKE, Attanta, dan Manfrotto bisa menjadi pilihan untuk Anda. Simak terus artikel ini sampai selesai, ya!
    Aksesori kamera
    47.724 Views
  • 10 Rekomendasi Flash Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Flash Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sebagian besar kamera yang tersedia di pasaran umumnya sudah dilengkapi dengan flash kamera. Namun, terkadang cahaya dari flash kamera internal kurang mampu menghasilkan foto yang cukup terang. Saat itulah Anda membutuhkan flash kamera eksternal.Hanya saja, aksesori tambahan ini mungkin sedikit merepotkan saat dipasangkan pada kamera. Agar Anda tidak salah pilih, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu diperhatikan dalam menentukan flash kamera eksternal yang tepat. Kami juga akan memperkenalkan beberapa produk yang populer seperti keluaran Canon dan Sony. Dapatkan pencahayaan maksimal dalam tiap sesi pemotretan!
    Aksesori kamera
    9.063 Views
  • 10 Rekomendasi Camera Stabilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Camera Stabilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Camera stabilizer merupakan penyeimbang dan peredam goyangan pada kamera saat ada pergerakan ketika kita mengambil video. Tidak hanya digunakan oleh fotografer profesional, stabilizer juga populer di kalangan penikmat hobi videografi. Dengan menggunakan stabilizer, Anda bisa mengambil video dengan mulus tanpa risiko blur.Jenis camera stabilizer sangat bervariasi tergantung pada bentuk dan fungsinya. Bahkan sekarang sudah ada stabilizer untuk smartphone! Kali ini kami akan merekomendasikan camera stabilizer dengan pertimbangan beberapa poin penting dalam memilih produk terbaik. Temukanlah camera stabilizer yang paling tepat untuk Anda!
    Aksesori kamera
    21.866 Views
  • 10 Rekomendasi Tas Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tas Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Jika Anda seorang penggemar kamera, Anda tentu membutuhkan tas kamera. Produsen seperti EIGER, Kalibre, dan Manfrotto menjual banyak tas kamera dengan berbagai bentuk, contohnya tas bahu, backpack, dan selempang. Tidak hanya kapasitasnya yang berbeda, keunggulannya pun bermacam-macam.Berbagai pilihan yang ada mungkin akan membuat Anda kesulitan dalam memilih. Karena itu, kami akan mengenalkan produk tas kamera terbaik dan juga cara memilihnya di artikel ini. Untuk Anda para fotografer pemula maupun profesional, jadikanlah artikel ini sebagai referensi, ya!
    Aksesori kamera
    7.108 Views
  • 10 Rekomendasi Camera Grip Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Camera Grip Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Camera grip merupakan item yang berguna dalam fotografi. Item tersebut berperan untuk menstabilkan gambar saat snapshot, video, dan selfie. Namun, karena jenisnya yang beragam seperti jenis strap dan hand grip, Anda pun pasti akan bingung saat memilihnya. Ditambah lagi, setiap brand memiliki keunikannya masing-masing. Kali ini, kami akan memberitahu Anda cara memilih camera grip. Kami juga akan memberikan rekomendasi camera grip dari berbagai produsen seperti Sony, GoPro, Canon, dan Joby. Nah, baca artikel kami sampai habis dan temukan camera grip favorit Anda!
    Aksesori kamera
    506 Views
  • Pencarian berdasarkan kategori