9 Perlengkapan Tambahan yang Wajib Dimiliki Videograpfer

Travel industry consultant, storyteller, videographer Hannif Andy Al Anshori
Travel industry consultant, storyteller, videographer
Hannif Andy Al Anshori
Bekerja sebagai konsultan lepas di bidang industri pariwisata. Hannif telah menuntaskan hampir dari 30 provinsi di Indonesia. Selain banyak berkeliling ke destinasi wisata di Indonesia, Hannif juga menyempatkan diri untuk membuat dokumentasi berupa tulisan dan video perjalanan. Bagi Hannif, dengan melakukan banyak perjalanan dan bertemu dengan banyak orang akan semakin memupuk rasa cinta tanah air kita terhadap bangsa dan negara.

Delapan tahun bergelut di industri pariwisata, membawa Hannif lebih fokus mengangkat isu pemberdayaan masyarakat dan desa wisata. Rekam jejak dan portofolionya dapat dibaca melalui blog pribadinya www.insanwisata.com.
Pada era yang serba digital ini, profesi menjadi seorang videographer semakin menjamur dan diidam-idamkan banyak orang. Perusahaan dan media pun mulai mengikuti perilaku konsumen yang lebih nyaman melihat gambar visual dibanding harus membaca. Namun, untuk membuat video yang maksud dan pesannya bisa sampai ke penonton bukanlah hal yang mudah.

Begitu pula dalam menghasilkan objek gambar yang indah, memukau, dan memiliki nilai storytelling yang kuat. Selain kemampuan menghasilkan ide, keterampilan dalam memaksimalkan penggunaan alat adalah sebuah keharusan yang wajib dimiliki videographer. Untuk itu, nilai sebuah video sangat mahal. Hal ini sebanding dengan harga yang harus dikeluarkan dalam membeli perlengkapan pembuatan video.

Ingin menjadi vlogger atau menekuni profesi sebagai videographer? Sudah saatnya untuk memperhatikan piranti/peralatan yang kita gunakan. Pasalnya, jika perlengkapan dalam pembuatan video kita sudah lengkap dan mendukung, maka hasilnya pasti tidak akan mengecewakan. Selain kamera sebagai peralatan utama dalam merekam obyek gambar, tentunya terdapat beberapa perlengkapan tambahan yang perlu diperhatikan bagi setiap videoragfer. Apa saja perlengkapan tambahan tersebut? Berikut beberapa rekomendasinya!

Produk pilihan Hannif Andy Al Anshori

DJI  Mavic Pro Fly More Combo

DJI  Mavic Pro Fly More Combo

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 15.800

Pemanis footage video yang wajib dimiliki

Baik video vlog, cinematic, dokumenter, akan semakin memukau dan manis jika dilengkapi dengan footage aerial/udara. Hal itu memang tidak salah, apalagi harga drone yang semakin beragam dan dapat dibeli oleh banyak kalangan.

Memang tak ada salahnya untuk melengkapi hasil video kita dengan footage aerial. Namun, selain harus memiliki keterampilan dan pengetahuan dalam menerbangkan drone, pilihlah drone yang memiliki kemampuan merekam video yang berkualitas.

Di sini, saya memilih menggunakan DJI Mavic Pro karena telah mendukung format rekam video dengan kualitas 4K. Selain banyak fitur yang ditawarkan, DJI Mavic Pro sangat mudah digunakan umumnya bagi pemula. Kemampuan dan durasi terbangnya pun sudah tergolong cukup untuk dapat merekam objek gambar yang diinginkan, yakni 25-27 menit. Oh ya, jangan lupa untuk membeli baterai tambahan. Biasanya, saat bepergian saya membawa minimal dua baterai drone.

GoPro Hero 7 Black

GoPro Hero 7 Black

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 6.199.000

Si kecil yang tangguh untuk urusan footage ekstrim

Action camera merek GoPro terus mengeluarkan produk terbarunya. Dari Hero+ hingga GoPro 6 memang memiliki fitur dan kualitas yang berbeda. Namun, pada tahun ini, GoPro secara resmi meluncurkan produk terbarunya yakni GoPro Hero 7.

Mengapa membawa kamera GoPro penting? Sebagai videographer yang membuat konten perjalanan, fungsi GoPro sangatlah membantu dalam merekam footage ekstrim seperti snorkeling, diving, caving, maupun olahraga ekstrim lainnya. Kemampuan inilah yang tidak dimiliki kamera DSLR maupun kamera mirrorless.

Saya sangat merekomendasikan untuk menggunakan kamera GoPro Hero 7 karena sepanjang pengalaman menggunakan kamera GoPro, kualitas gambar dan suara yang dihasilkan sangatlah memuaskan. Terlebih lagi, GoPro Hero 7 sudah dilengkapi HyperSmooth Video Stabilization yang tidak akan membuat hasil gambar menjadi goyang. Tak hanya itu, bahkan kualitas video yang dapat dihasilkan sangat memuaskan, yakni 4K.

RODE  VideoMic

RODE  VideoMic

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.140.000

Microphone penangkap suara berkualitas tinggi

Seluruh jenis kamera yang beredar di pasar umumnya telah dilengkapi mikrofon built in. Namun, sebagus apapun kamera yang digunakan, kualitas suara yang dihasilkan pasti akan terdapat noise (gangguan) yang terekam.

Saat merekam objek gambar di luar ruangan, biasanya kamera yang kita gunakan akan menangkap seluruh suara yang berada dalam jangkauannya. Hal itulah yang kemudian membuat kita tidak mendapatkan objek suara yang jelas. Apalagi, jika kita merekam objek gambar berupa wawancara seseorang. Akan sangat disayangkan, jika proses wawancara harus diulang berkali-kali supaya dapat menghasilkan suara yang bersih dan jelas.

Untuk mengakali proses pembuatan video model ini, saya biasanya menggunakan Rode VideoMic, sebuah mikrofon model shot gun yang dirancang untuk menangkap/merekam audio berkualitas tinggi dan terintegrasi dengan kamera yang kita gunakan dalam merekam objek gambar. Selain kejernihan suara yang dapat ditangkap, mikrofon Rode VideoMic memiliki berat yang cukup ringan sehingga tidak begitu menambah beban pada kamera. Jenis mikrofon ini sangat cocok bagi kalian yang ingin membuat video jenis vlog, cinematic, maupun dokumenter.

Lampu Portable/LED Video Light 

Lampu Portable/LED Video Light

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 269.900

Pencahayaan maksimal saat merekam di ruang gelap

Sebagai videographer yang ingin mendapatkan kualitas video yang tajam dan bersih, pencahayaan sangatlah penting. Namun dalam hal ini, tidak semua kamera mampu menangkap objek gambar secara bersih dan baik. Apalagi jika waktu pengambilan gambar dilakukan pada malam hari maupun pada ruangan yang kurang pencahayaan. Meski telah dilengkapi model pengaturan yang cukup untuk menangkap objek gambar yang kurang pencahayaan, kalian pastinya sangat membutuhkan rekayasa pencahayaan.

Biasanya, saya menggunakan LED Video Light sebagai alat bantu rekayasa pencahayaan, umumnya saat mengambil gambar di ruangan yang gelap maupun di malam hari. Jenis LED Video Light ini sudah banyak tersedia dan cukup terjangkau harganya. Di sini, saya merekomendasikan untuk menggunakan model 160 LED Video Light. Selain mudah dalam pemasangan, jenis LED ini memiliki tiga jenis filter yang dapat disesuaikan berdasar kebutuhan di lapangan. Di antaranya soften diffuser, yellow filter, dan pink filter.

Feelworld  FW74K 7 Inch Ultra HD LCD Monitor

Feelworld  FW74K 7 Inch Ultra HD LCD Monitor

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 3.592.000

Layar monitor tambahan untuk melihat hasil gambar yang akurat

Jika sudah nyaman menggunakan LCD yang ada di kamera kalian, maka LCD monitor tambahan ini bersifat opsional, atau lebih tepatnya hanya sebagai pendukung saja. Namun, alangkah lebih baik dan profesional jika kalian melakukan review hasil tangkapan kamera melalui LCD monitor tambahan. Pasalnya, ukuran layar LCD kamera yang beredar di pasaran rata-rata hanya 3-3,2 inci saja. Dengan menggunakan LCD monitor tambahan, kalian dapat melihat detail-detail objek gambar yang mungkin ingin diharapkan maupun tidak diharapkan.

Di sini, saya merekomendasikan untuk menggunakan LCD monitor Feelworld FW74K Portable 7 Inch Ultra HD. Jenis LCD monitor ini bahkan telah mendukung kamera yang memiliki kualitas hasil rekaman 4K. Selain mudah digunakan, jenis LCD monitor ini memiliki pengaturan yang dapat menyesuaikan kecerahan, resolusi tinggi, serta kontras. Bahkan, jika kita sedang merekam di luar ruangan, monitor Feelword FW74K Portable ini dapat memperlihatkan hasil yang jelas meski di bawah sinar matahari.

SanDisk  Ultra SDHC/SDXC Memory Card

SanDisk  Ultra SDHC/SDXC Memory Card

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 228.000

Memori penyimpanan berkualitas

Dalam urusan merekam video, space memori yang dibutuhkan akan jauh lebih banyak dibanding memotret. Biasanya, saya akan membawa lebih dari dua memori penyimpanan yang masing-masing berkapasitas di atas 16 GB. Baik yang terpasang di GoPro, kamera mirorrless, maupun Drone.

Karena proses produksi video sangat mahal biayanya, pastikan untuk memilih jenis memori yang tidak mudah rusak. Bayangkan saja, saat proses video selesai, memori penyimpanan tidak terbaca atau justru malah rusak. Sangat disayangkan sekali, bukan?

Saya terbiasa menggunakan jenis memori penyimpanan merek Sandisk Ultra Card Class 10. Untuk kapasitasnya, silahkan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Semakin besar kapasitasnya, semakin jarang kalian mengganti dan memindahkan data pada memori penyimpanan. Namun, hal yang tetap perlu diperhatikan adalah rajin-rajinlah melakukan backup data.

Selain harganya yang cukup terjangkau, Sandisk Ultra Card Class 10 memiliki kecepatan merekam video yang cukup baik. Jenis memori penyimpanan ini pun tergolong awet. Sudah terhitung lebih dari tiga tahun saya masih setia pada dua memori dengan merek yang sama.

DJI Ronin-S Gimbal Stabilizer

DJI Ronin-S Gimbal Stabilizer

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 11.500.000

Merekam gambar tanpa goyang

Hal yang perlu diperhatikan dalam merekam objek gambar adalah jangan sampai goyang karena akan sangat menyulitkan saat melalui proses editing. Hal ini karena meski beberapa software editor video telah dilengkapi fitur dalam menstabilkan gambar, hasilnya tidaklah memuaskan karena resolusi akan berkurang.

Untuk mencegah hal itu, sangat disarankan untuk menggunakan gimbal maupun stabilizer saat merekam video. Biasanya, saya menggunakan gimbal jenis DJI Ronin. Berbeda dengan jenis gimbal manual seperti S40 yang biasa digunakan. Selain memiliki garansi dan layanan service yang baik dari DJI, gimbal jenis ini sangat praktis digunakan, baik dalam membawanya maupun mengaturnya.

BEIKE Camera Tripod Stand

BEIKE Camera Tripod Stand

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 685.000

Tripod multifungsi yang mudah digunakan

Fungsi tripod oleh seorang videographer sangatlah penting. Selain membuat hasil gambar tidak goyang, fungsi tripod di sini dapat memaksimalkan seorang videographer dalam membuat video timelapse.

Namun, seringkali para videographer tidak begitu memperhatikan tripod yang digunakan dalam merekam gambar. Meski pada umumnya fungsi tripod adalah sama, tetapi pilihlah tripod yang kuat untuk menyangga kamera. Bayangkan jika ada angin atau tidak sengaja tersenggol. Harga tripod yang tak seberapa tentu akan membuat rugi kita karena kamera yang jatuh.

Di sini, saya menggunakan tripod merek BEIKE Q999. Jenis tripod ini sudah cukup untuk mendukung hobi saya sebagai videographer. Selain mampu menyangga beban kamera, BEIKE Q999 juga dapat berfungsi sebagai monopod. Tentu multifungsi yang sangat berguna saat proses pengambilan gambar.

Andoer Video Track Slider 80 cm

Andoer Video Track Slider 80 cm

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 684.000

Membuat movement kamera semakin mudah tanpa goyang

Meski sudah menggunakan DJI Ronin dan tripod BEIKE Q999 sebagai stabilizer gambar, fungsi slider dalam membuat video cinematic sangatlah penting. Jika dalam pembuatan video lebih banyak footage movement/gambar bergerak pada kamera, maka kalian sudah wajib menggunakan slider.

Umumnya, sudah tersedia berbagai merek slider yang beredar di pasaran. Bahkan, panjangnya pun sudah mulai beragam seperti 40 cm, 60 cm, 80 cm, bahkan 100 cm. Hal ini dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan dalam pengambilan gambar.

Biasanya, saya menggunakan slider merek Andoer dengan panjang 80 cm. Selain dapat terpasang di tripod BEIKE Q999 dengan mudah, jenis slider ini memiliki bahan yang cukup awet dan kuat. Proses movement kamera DSLR maupun mirrorless yang dihasilkan pun mulus dan bersih.

Kesimpulan

Dengan memaksimalkan sembilan alat di atas, tentu video yang akan kita hasilkan semakin berkualitas. Selain dapat diolah menjadi sebuah cerita dalam bentuk video, footage yang sudah terkumpul nantinya juga dapat dijual kepada pihak yang membutuhkan.

Itulah sembilan perlengkapan yang biasa saya gunakan dalam menghasilkan video yang berkualitas. Beberapa karya yang sudah saya hasilkan juga dapat dilihat langsung melalui akun Youtube saya Insanwisata.

Tentu pembaca memiliki komentar dan rekomendasi alat yang berbeda. Namun bagi saya, itulah sembilan perlengkapan standar yang wajib digunakan. Alangkah baiknya jika mulai dari sekarang kita membuat karya-karya besar yang dapat menginspirasi banyak orang.