9 Rekomendasi Perlengkapan Tambahan yang Wajib Dimiliki Videograpfer

9 Rekomendasi Perlengkapan Tambahan yang Wajib Dimiliki Videograpfer

Travel consultant, storyteller, & videographerHannif Andy

Bekerja sebagai konsultan lepas di bidang industri pariwisata. Hannif telah menuntaskan hampir dari 30 provinsi di Indonesia. Selain banyak berkeliling ke destinasi wisata di Indonesia, Hannif juga menyempatkan diri untuk membuat dokumentasi berupa tulisan dan video perjalanan. Bagi Hannif, denga...

Pada era yang serba digital ini, profesi menjadi seorang videographer semakin menjamur dan diidam-idamkan banyak orang. Perusahaan dan media pun mulai mengikuti perilaku konsumen yang lebih nyaman melihat gambar visual dibanding harus membaca. Namun, untuk membuat video yang maksud dan pesannya bisa sampai ke penonton bukanlah hal yang mudah. Begitu pula dalam menghasilkan objek gambar yang indah, memukau, dan memiliki nilai storytelling yang kuat. Selain kemampuan menghasilkan ide, keterampilan dalam memaksimalkan penggunaan alat adalah sebuah keharusan yang wajib dimiliki videographer. Untuk itu, nilai sebuah video sangat mahal. Hal ini sebanding dengan harga yang harus dikeluarkan dalam membeli perlengkapan pembuatan video. 


Ingin menjadi vlogger atau menekuni profesi sebagai videographer? Sudah saatnya untuk memperhatikan piranti/peralatan yang kita gunakan. Pasalnya, jika perlengkapan dalam pembuatan video kita sudah lengkap dan mendukung, maka hasilnya pasti tidak akan mengecewakan. Selain kamera sebagai peralatan utama dalam merekam obyek gambar, tentunya terdapat beberapa perlengkapan tambahan yang perlu diperhatikan bagi setiap videoragfer. Apa saja perlengkapan tambahan tersebut? Berikut beberapa rekomendasinya!

  • Pembaharuan terakhir: 23 April 2021
  • 1.681 Views
Daftar isi

Produk pilihan Hannif Andy

Feelworld FW74K 7 Inch Ultra HD LCD Monitor

Mulai dari Rp 3.592.000,00

Western DigitalSanDisk Ultra SDHC/SDXC UHS-I Card

Mulai dari Rp 175.000,00

AndoerVideo Track Slider 80 cm

Mulai dari Rp 684.000,00

Kesimpulan

Dengan memaksimalkan sembilan alat di atas, tentu video yang akan kita hasilkan semakin berkualitas. Selain dapat diolah menjadi sebuah cerita dalam bentuk video, footage yang sudah terkumpul nantinya juga dapat dijual kepada pihak yang membutuhkan. Itulah sembilan perlengkapan yang biasa saya gunakan dalam menghasilkan video yang berkualitas. 


Beberapa karya yang sudah saya hasilkan juga dapat dilihat langsung melalui akun Youtube saya Insanwisata. Tentu pembaca memiliki komentar dan rekomendasi alat yang berbeda. Namun bagi saya, itulah sembilan perlengkapan standar yang wajib digunakan. Alangkah baiknya jika mulai dari sekarang kita membuat karya-karya besar yang dapat menginspirasi banyak orang. 

Item lists populer

Kreator konten terpopuler

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Action Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Action Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi Anda yang suka mendokumentasikan kegiatan outdoor, action camera wajib Anda miliki. Kamera jenis ini sangat cocok digunakan untuk merekam berbagai kegiatan ekstrem termasuk di dalam air. Ada banyak merek produk action camera yang bagus di pasaran. Bahkan, saat ini Anda bisa menemukan action camera 360. Oleh karena itu, kami akan memberikan tips memilih action camera yang cocok untuk Anda. Produk dari Xiaomi atau GoPro mungkin akan Anda sukai. Namun, bila Anda cari action camera murah, produk dari Kogan bisa jadi pilihan. Simak ulasan dari kami secara lengkap, ya!
    Kamera lainnya
    49.388 Views
  • 10 Rekomendasi Instax Fujifilm Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Instax Fujifilm Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Instax Fujifilm menjadi salah satu merek kamera polaroid yang bagus dan populer di Indonesia. Saat ini, ada beberapa jenis kamera Instax Fujifilm yang bisa Anda temukan. Variasi produk kamera Instax ini dipengaruhi oleh harga, size, dan jenis film yang digunakan.Kali ini, kami akan mengulas hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli kamera Instax terbaik. Kami juga memberikan rekomendasi kamera Instax Fujifilm untuk pertimbangan Anda. Beberapa di antaranya, seperti Instax Mini 11, Instax Wide, dan lainnya. Bacalah hingga akhir dan temukan kamera Instax Fujifilm yang sesuai dengan keinginan Anda.
    Kamera lainnya
    36.440 Views
  • 10 Rekomendasi Instant Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Instant Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Setelah digital camera dan smartphone semakin populer, jumlah pengguna instant camera menjadi kian berkurang. Namun, dewasa ini, mulai banyak anak muda yang kembali menggunakan kamera film, instant camera, dan polaroid. Hasil yang lebih terasa retro, klasik, dan fashionable dapat dihasilkan oleh kamera-kamera tersebut.Saat ini, berbagai produsen kamera seperti Fuji Film, Leica, dan lainnya, banyak merilis berbagai jenis instant camera. Karena itulah, kali ini kami akan memberikan sepuluh rekomendasi instant camera terbaik yang bisa Anda pilih. Tak lupa, kami juga menyertakan tips memilih produk yang tepat untuk Anda.
    Kamera lainnya
    23.177 Views
  • 10 Rekomendasi Action Cam Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Action Cam Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Action cam merupakan salah satu perlengkapan fotografi yang mudah digunakan karena ukurannya kecil dan bobotnya ringan. Mendokumentasikan perjalanan pun jadi lebih gampang jika menggunakan action cam. Karena itu, kamera ini cocok untuk Anda yang senang traveling hingga melakukan motovlogging. Ada banyak merek action cam yang bagus, seperti Xiaomi, GoPro, dan YI Technology. Action cam murah, tetapi bagus seperti ini memiliki banyak fitur, salah satunya image stabilization yang meminimalkan guncangan pada video. Jika Anda sedang mencari rekomendasi action cam murah dan berkualitas, bacalah artikel ini sampai akhir!
    Kamera lainnya
    1.664 Views
  • 10 Rekomendasi IP Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi IP Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat ini, IP camera menjadi kamera pengawas yang populer. Dibandingkan CCTV, IP camera diketahui lebih praktis dengan teknologi lebih modern. Anda dapat menyambungkan IP camera ke Wi-Fi agar dapat dikendalikan melalui ponsel. Resolusi gambar pada IP camera pun besar, hingga 4K. Selain itu, ada IP camera yang mampu merekam hingga 360 derajat.Kali ini, kami akan membahas poin-poin yang perlu diperhatikan sebelum membeli IP camera. Kami juga memberikan rekomendasi merk IP camera yang bagus, seperti Hikvision dan Xiaomi. Jika Anda sedang mencari IP camera, silakan baca artikel ini hingga akhir.
    Kamera lainnya
    3.522 Views
  • 10 Rekomendasi Waterproof Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Waterproof Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika ingin mengabadikan keindahan alam bawah laut atau momen berenang anak, Anda dapat mengandalkan waterproof camera. Saat ini ada banyak produk waterproof camera yang tersebar di pasaran, seperti Olympus, Nikon, dan Fujifilm. Tipe yang tersedia pun beragam, mulai dari kamera pocket, kamera disposable, hingga kamera canggih dengan banyak fungsi.Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih waterproof camera sekaligus memberikan rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Temukan waterproof camera favorit dan abadikan foto underwater yang memesona!
    Kamera lainnya
    12.505 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Polaroid Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kamera Polaroid Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kamera Polaroid merupakan kamera instan pertama yang diciptakan di dunia. Ada beragam jenis kamera Polaroid yang dapat Anda miliki seperti kamera klasik tipe SX-70 atau kamera 600. Ada juga yang merupakan kamera digital instan seperti kamera Polaroid Mint atau Snap Touch. Dengan banyaknya pilihan, Anda mungkin akan kebingungan memilih kamera terbaik.Pada artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa tips cara memilih kamera terbaik. Tak ketinggalan, kami juga mengulas rekomendasi kamera terbaik dari Polaroid. Baca terus artikel ini untuk mendapatkan kamera Polaroid yang tepat untuk Anda!
    Kamera lainnya
    1.652 Views
  • Pencarian berdasarkan kategori