9 Perlengkapan Tambahan yang Wajib Dimiliki Videograpfer Rekomendasi Travel Consultant Hannif Andy

9 Perlengkapan Tambahan yang Wajib Dimiliki Videograpfer Rekomendasi Travel Consultant Hannif Andy

Travel consultant, storyteller, & videographerHannif Andy

Bekerja sebagai konsultan lepas di bidang industri pariwisata. Hannif telah menuntaskan hampir dari 30 provinsi di Indonesia. Selain banyak berkeliling ke destinasi wisata di Indonesia, Hannif juga menyempatkan diri untuk membuat dokumentasi berupa tulisan dan video perjalanan. Bagi Hannif, denga...

Pada era yang serba digital ini, profesi menjadi seorang videographer semakin menjamur dan diidam-idamkan banyak orang. Perusahaan dan media pun mulai mengikuti perilaku konsumen yang lebih nyaman melihat gambar visual dibanding harus membaca. Namun, untuk membuat video yang maksud dan pesannya bisa sampai ke penonton bukanlah hal yang mudah. Begitu pula dalam menghasilkan objek gambar yang indah, memukau, dan memiliki nilai storytelling yang kuat. Selain kemampuan menghasilkan ide, keterampilan dalam memaksimalkan penggunaan alat adalah sebuah keharusan yang wajib dimiliki videographer. Untuk itu, nilai sebuah video sangat mahal. Hal ini sebanding dengan harga yang harus dikeluarkan dalam membeli perlengkapan pembuatan video. 


Ingin menjadi vlogger atau menekuni profesi sebagai videographer? Sudah saatnya untuk memperhatikan piranti/peralatan yang kita gunakan. Pasalnya, jika perlengkapan dalam pembuatan video kita sudah lengkap dan mendukung, maka hasilnya pasti tidak akan mengecewakan. Selain kamera sebagai peralatan utama dalam merekam obyek gambar, tentunya terdapat beberapa perlengkapan tambahan yang perlu diperhatikan bagi setiap videoragfer. Apa saja perlengkapan tambahan tersebut? Berikut beberapa rekomendasinya!

  • Pembaharuan terakhir: 13 November 2020
  • 1.005 Views
Daftar isi

Produk pilihan Hannif Andy

Feelworld FW74K 7 Inch Ultra HD LCD Monitor

Rp 3.592.000,00

AndoerVideo Track Slider 80 cm

Rp 684.000,00

Kesimpulan

Dengan memaksimalkan sembilan alat di atas, tentu video yang akan kita hasilkan semakin berkualitas. Selain dapat diolah menjadi sebuah cerita dalam bentuk video, footage yang sudah terkumpul nantinya juga dapat dijual kepada pihak yang membutuhkan. Itulah sembilan perlengkapan yang biasa saya gunakan dalam menghasilkan video yang berkualitas. 


Beberapa karya yang sudah saya hasilkan juga dapat dilihat langsung melalui akun Youtube saya Insanwisata. Tentu pembaca memiliki komentar dan rekomendasi alat yang berbeda. Namun bagi saya, itulah sembilan perlengkapan standar yang wajib digunakan. Alangkah baiknya jika mulai dari sekarang kita membuat karya-karya besar yang dapat menginspirasi banyak orang. 

Item lists populer

Bloggers dan influencers terpopuler

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Action Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Action Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dengan menggunakan action camera atau kamera aksi, Anda bisa mendapatkan “first person view” untuk merasakan sensasi nyata dari gambar yang dihasilkan. Kamera semacam ini sering digunakan untuk merekam olahraga ekstrem, lanskap saat berkendara, hingga atlet yang sedang bertanding. GoPro, Olympus, Ricoh, dan Sony merupakan beberapa perusahaan yang terdepan dalam memproduksi action camera.Setiap produsen memiliki keunggulan masing-masing, seperti kualitas gambar 4K, fitur wide angle, hingga penahan guncangan. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih kamera aksi, serta merekomendasikan beberapa produk terbaiknya. Silakan merujuk artikel ini guna menemukan kamera yang Anda idamkan!
    Kamera lainnya
    28.463 Views
  • 10 Rekomendasi Fujifilm Kamera Instax Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Fujifilm Kamera Instax Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Daya tarik dari kamera instan adalah Anda bisa mencetak foto secara langsung setelah mengambil gambar. Belakangan ini, Fujifilm sebagai salah satu produsen kamera instan yang terkemuka memproduksi kamera instan dengan berbagai warna, ukuran, dan karakter. Anda pasti bingung saat harus memilih yang terbaik, bukan?Jadi, kali ini kami akan merekomendasikan 10 kamera instan terbaik dari Fujifilm yang bisa Anda beli secara online dari e-commerce tepercaya, seperti Lazada, Tokopedia, dan Bukalapak. Namun, sebelumnya mari simak cara memilih kamera instan secara saksama berikut ini!
    Kamera lainnya
    21.661 Views
  • 10 Rekomendasi Instant Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Instant Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Setelah digital camera dan smartphone semakin populer, jumlah pengguna instant camera menjadi kian berkurang. Namun, dewasa ini, mulai banyak anak muda yang kembali menggunakan kamera film, instant camera, dan polaroid. Hasil yang lebih terasa retro, klasik, dan fashionable dapat dihasilkan oleh kamera-kamera tersebut.Saat ini, berbagai produsen kamera seperti Fuji Film, Leica, dan lainnya, banyak merilis berbagai jenis instant camera. Karena itulah, kali ini kami akan memberikan sepuluh rekomendasi instant camera terbaik yang bisa Anda pilih. Tak lupa, kami juga menyertakan tips memilih produk yang tepat untuk Anda.
    Kamera lainnya
    14.308 Views
  • 10 Rekomendasi Waterproof Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Waterproof Camera Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Jika ingin mengabadikan keindahan alam bawah laut atau momen berenang anak, Anda dapat mengandalkan waterproof camera. Saat ini ada banyak produk waterproof camera yang tersebar di pasaran, seperti Olympus, Nikon, dan Fujifilm. Tipe yang tersedia pun beragam, mulai dari kamera pocket, kamera disposable, hingga kamera canggih dengan banyak fungsi.Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih waterproof camera sekaligus memberikan rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Temukan waterproof camera favorit dan abadikan foto underwater yang memesona!
    Kamera lainnya
    6.679 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Polaroid Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kamera Polaroid Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kamera Polaroid merupakan kamera instan pertama yang diciptakan di dunia. Ada beragam jenis kamera Polaroid yang dapat Anda miliki seperti kamera klasik tipe SX-70 atau kamera 600. Ada juga yang merupakan kamera digital instan seperti kamera Polaroid Mint atau Snap Touch. Dengan banyaknya pilihan, Anda mungkin akan kebingungan memilih kamera terbaik.Pada artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa tips cara memilih kamera terbaik. Tak ketinggalan, kami juga mengulas rekomendasi kamera terbaik dari Polaroid. Baca terus artikel ini untuk mendapatkan kamera Polaroid yang tepat untuk Anda!
    Kamera lainnya
    663 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera DSLR Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kamera DSLR Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kamera DSLR (digital single-lens reflex) bisa membuat foto traveling, acara sekolah, atau olahraga Anda jadi lebih berkesan. Di sisi lain, kamera DSLR lebih rumit pengoperasiannya dan lebih mahal harganya dibanding kamera biasa. Banyaknya model yang tersedia juga kemungkinan membingungkan Anda.Dari sekian banyak kamera DSLR yang ada di pasaran, Canon memiliki popularitas tinggi. Hal yang sangat wajar mengingat tipenya yang beragam, mulai dari entry level hingga profesional. Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih kamera DSLR Canon dan merekomendasikan produk terbaiknya. Segera dapatkan kamera DSLR Anda dan hasilkanlah foto yang indah!
    Kamera DSLR
    68.731 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lensa memegang peranan yang sangat penting dalam menghasilkan foto yang Anda idamkan. Gambar bokeh dengan detail yang memesona bisa dihasilkan dengan sempurna oleh lensa yang tepat. Sayangnya, lensa produksi perusahaan kamera seperti Nikon dan Canon berharga cukup mahal. Hal itu membuat banyak orang kesulitan untuk mendapatkan lensa yang diimpikan.Nah, kali ini kami ingin merekomendasikan lensa Sigma. Sebuah produsen third party lenses atau lensa pihak ketiga yang performanya tidak kalah dengan lensa lainnya. Selain itu, kami juga akan menjelaskan cara memilih lensa Sigma sesuai kebutuhan fotografi Anda. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
    7.958 Views
  • Pencarian berdasarkan kategori