Ingin Traveling Bersama Balita? Pastikan 8 Barang Penting Ini Tidak Terlupa!

Blogger, content writer, book author Elisabeth Murni
Blogger, content writer, book author
Elisabeth Murni
Ibu muda yang gemar menghabiskan waktu untuk berjalan-jalan bersama buah hatinya. Kerap menuliskan catatan perjalanan serta pemikirannya di ranselhitam.com. Selain aktif ngeblog, ia juga menjadi redaktur sebuah portal wisata, menulis buku, serta menjadi content writer di beberapa website.

Traveling bersama balita memang bukan hal yang gampang, tetapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Buktinya, meski memiliki anak berusia balita, saya tetap bisa mengajaknya traveling. Bahkan tak hanya bepergian ke tempat-tempat wisata yang nyaman, saya juga mengajaknya trekking menyusuri hutan, mendaki bukit, atau camping di alam. Supaya perjalanan menjadi menyenangkan, tentu saja saya harus melakukan persiapan yang matang, baik fisik maupun urusan logistik.

Saat traveling bersama balita, ada prinsip dasar yang harus selalu diingat yaitu, kenyamanan anak adalah hal yang utama. Bukan anak yang dipaksa mengikuti ritme orangtua, melainkan orangtua yang menyesuaikan mood bocah. Selain itu, pastikan semua kebutuhan anak terpenuhi di sepanjang perjalanan. Mulai dari pakaian yang nyaman, makanan dan minuman yang cukup, serta mainan sebagai pengusir rasa bosan. Berikut ini delapan barang penting yang selalu saya bawa tiap melakukan perjalanan bersama buah hati.

Produk pilihan Elisabeth Murni

Orbee  Jaket Anak Hoodie Bolak Balik

Orbee  Jaket Anak Hoodie Bolak Balik

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 102.000

Jaket trendy yang bisa dipakai bolak-balik

Bepergian ke mana pun dan kapan pun, jaket anak selalu saya bawa. Hal ini untuk mengantisipasi cuaca yang bisa berubah secara mendadak. Lagi pula, seandainya tidak dipakai, jaket juga bisa difungsikan sebagai selimut atau bantal sementara saat anak ketiduran di jalan. Pilihan saya jatuh pada jaket merek Orbee yang bisa dipakai bolak-balik.

Jaket anak ini memiliki bahan dan warna yang berbeda di tiap sisinya. Bagian luar terbuat dari kain parasut yang mampu menahan angin dan percikan air, sedangkan bagian dalam terbuat dari kain fleece yang hangat. Jaket ini tebal dan hangat, tetapi tidak berat saat dimasukkan ke dalam tas. Jahitannya pun rapi dan kuat. Di bagian belakang terdapat hoodie yang dilengkapi dengan kancing sehingga bisa dilepas saat tidak ingin memakainya.

Meizu M6 Smartphone

Meizu M6 Smartphone

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 1.149.000

Gawai multifungsi yang bisa diandalkan di perjalanan

Di era serba digital seperti ini, smartphone menjadi barang yang sangat penting dan wajib dibawa kemana pun. Saya mengandalkan Meizu M6 sebagai teman jalan-jalan. Dengan harga yang ekonomis, ponsel berukuran 5,2 inci ini memiliki kemampuan yang cukup mumpuni sebagai alat komunikasi, kamera, penunjuk arah, pemutar musik, hingga alat menggambar bagi anak saya.

Guna mengabadikan momen, Meizu M6 dilengkapi dengan kamera belakang 13 MP, serta kamera depan 8 MP yang bisa diatur dengan berbagai macam mode. Fitur yang paling membantu untuk ibu dengan balita seperti saya adalah adanya mode pengaturan untuk anak. Orang tua bisa memilih aplikasi apa saja yang bisa diakses oleh anak sehingga saat ponsel dipegang mereka, saya tidak akan khawatir lagi akan ada tragedi foto-foto dihapus atau anak mengirimkan voice note ke kontak Whatsapp.

Tupperware Eco Men Black

Tupperware Eco Men Black

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 69.000

Botol minum kapasitas besar dan garansi seumur hidup

Botol minum merupakan benda yang wajib saya bawa saat bepergian. Selain sebagai upaya mengurangi limbah sampah plastik, membawa minuman sendiri juga bisa meminimalisir pengeluaran. Berhubung botol minum akan digunakan oleh saya dan buah hati, maka saya memilih botol yang ukurannya cukup besar, tetapi tidak bulky. Tupperware Eco Men Black kapasitas 750 ml adalah pilihan yang tepat.

Desain botol ini ergonomis dengan mulut botol yang dilengkapi spout cap sehingga memudahkan untuk minum serta tidak gampang tumpah. Tutupnya juga memiliki model flip flop sehingga anak saya yang masih kecil bisa membukanya dengan mudah.

Terbuat dari bahan yang bebas BPA menjadikan botol ini aman dipakai berulang kali. Seperti produk Tupperware pada umumnya, botol minum ini memiliki garansi seumur hidup selama tidak rusak akibat gigitan hewan atau terkena senjata tajam. Asyik, kan?

Topi Rimba Anak 

Topi Rimba Anak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 29.900

Melindungi dari terik mentari dan menjadikan penampilan semakin kece

Salah satu cara untuk melindungi kulit anak dari sengatan sinar mentari adalah memakaikannya topi. Bagi saya, topi rimba merupakan pilihan yang tepat saat mengajak buah hati melakukan kegiatan outdoor. Topi rimba mampu melindungi kepala, wajah, serta leher anak dengan baik karena memiliki tepian lebar yang melingkar.

Terbuat dari bahan ripstop yang tebal dan rapat menjadikan topi ini awet dan tidak mudah robek meski terkena duri atau ranting saat bertualang di alam. Bahannya pun nyaman dan tidak membuat kepala anak gatal. Desain topi yang keren menjadikan penampilan anak saat traveling semakin kece.

Meski ukuran topi sedikit longgar, saya tidak perlu khawatir topi akan terbang terbawa angin atau lepas dengan mudah. Hal ini dikarenakan terdapat tali pengait di bagian dagu yang ukurannya bisa disetel. Meski dipakai anak saya sambil lari-lari, topi rimba ini akan tetap pada posisinya.

Mitu  Baby Wipes Antiseptic

Mitu  Baby Wipes Antiseptic

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 16.302

Cara mudah membersihkan kuman dan kotoran yang menempel di tubuh anak

Saat melakukan perjalanan, tentu saja kita akan karib dengan panas terik, debu, asap kendaraan, hingga kuman dan kotoran yang mudah menempel di badan. Oleh karena itu, kita harus sering membersihkan diri. Jika kondisi tidak memungkinkan untuk mandi atau untuk mendapatkan air guna mencuci tangan atau wajah, Mitu Baby Wipes Antiseptic bisa menjadi solusi.

Tisu basah yang telah lulus uji hypoallergenic ini diperkaya dengan ekstrak tea tree oil yang berfungsi sebagai antiseptik dan pelindung kulit dari bakteri. Saya biasa menggunakan tisu ini untuk membersihkan wajah supaya merasa lebih segar.

Saat mulai merasa mual karena mabuk kendaraan, saya juga bisa mengusapkan tisu ini di hidung. Aromanya yang segar dan wangi mampu menetralkan aroma kendaraan yang pengap. Begitu juga saat hendak makan atau seusai makan, tisu ini bisa digunakan untuk membersihkan tangan jika tidak ada air bersih.

Mainan Tayo The Litte Bus 

Mainan Tayo The Litte Bus

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 65.000

Bisa dimainkan di mana saja sebagai pengusir rasa bosan

Perjalanan yang panjang dan melelahkan kerap membuat anak merasa bosan. Sebagai orangtua, saya harus pandai menyiasati supaya anak tetap bersemangat. Salah satu caranya adalah dengan membawa mainan favoritnya, satu set bus di serial kartun Tayo. Dalam satu kotak terdapat 4 bus mungil warna-warni yang merupakan tokoh utama dari serial Tayo.

Bus yang terbuat dari plastik ini ukurannya tidak terlalu besar sehingga bisa dimasukkan dalam pouch, dan tidak memakan banyak ruang. Pada masing-masing bus terdapat pengait sehingga bisa digabungkan menyerupai kereta. Mainan ini tidak memerlukan baterai, anak cukup menariknya ke belakang dan melepaskannya, nanti bus akan meluncur sendiri. Sejauh ini, bus Tayo efektif untuk mengusir rasa bosan anak saya selama di perjalanan.

Mini Kit First Aid Pouch 

Mini Kit First Aid Pouch

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 23.500

Pastikan perjalanan aman dengan membawa kotak obat-obatan

Kita tak akan pernah tahu kapan penyakit akan datang. Karena itu, lakukanlah persiapan sebaik mungkin dengan membawa kotak berisi obat-obatan dasar yang sekiranya diperlukan. Setidaknya jika penyakit tiba atau anak terluka saat sedang traveling, orang tua bisa melakukan pertolongan pertama. Mini pouch dengan pilihan warna yang manis ini adalah barang yang tak lupa saya bawa.

Ukurannya yang compact membuat benda ini bisa diselipkan di dalam tas. Meski bentuknya mini, pouch ini memiliki ruang yang lumayan lega untuk menyimpan berbagai obat-obatan standar yang diperlukan seperti penurun panas, Transpulmin, pereda nyeri, minyak gosok, kain kasa, plester, hingga gunting kecil. Dengan membawa pouch ini, saya merasa semakin aman saat melakukan perjalanan.

Ultra Mimi Susu UHT 

Ultra Mimi Susu UHT

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 96.000

Susu UHT kaya kalsium yang baik untuk pertumbuhan anak

Berhubung anak saya masih suka minum susu, maka saya tak pernah lupa memasukkan Ultra Mimi Susu UHT ke dalam ransel. Selain mampu meredakan rasa dahaga, susu berkualitas tinggi dengan tambahan kalsium di dalamnya ini bisa menambah nutrisi bagi anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Susu Ultra Mimi memiliki 4 varian rasa yang disukai anak-anak. Tiap kotaknya memiliki takaran yang pas bagi anak-anak sehingga saya tidak perlu khawatir membuang-buang susu yang tidak terminum. Susu ini bisa dibawa pergi ke mana saja dan diminum kapan saja. Praktis dan tidak ribet. Cocok sebagai teman perjalanan anak-anak.

Kesimpulan

Bagi banyak orang mungkin traveling bersama balita merupakan hal yang merepotkan, tetapi bagi saya ini justru hal yang menantang dan mengasyikkan. Jika saya mampu melakukannya bersama buah hati dan tidak mengalami hambatan yang berarti, saya percaya kalian juga pasti bisa melakukannya. Yang harus dilakukan adalah melakukan persiapan fisik dan mental sebaik mungkin, serta pastikan untuk membawa semua perlengkapan yang diperlukan. Selamat bertualang bersama buah hati tercinta!