8 Rekomendasi Barang Penting saat Traveling Bersama Balita

8 Rekomendasi Barang Penting saat Traveling Bersama Balita

Creator Image
Elisabeth Murni
Blogger, content writer, & book author
  • Orbee
    Jaket Anak Hoodie Bolak Balik


    Elisabeth Murni

    Bepergian ke mana pun dan kapan pun, jaket anak selalu saya bawa. Hal ini untuk mengantisipasi cuaca yang bisa berubah secara mendadak. Lagi pula, seandainya tidak dipakai, jaket juga bisa difungsikan sebagai selimut atau bantal sementara saat anak ketiduran di jalan. 

    Pilihan saya jatuh pada jaket merek Orbee yang bisa dipakai bolak-balik. Jaket anak ini memiliki bahan dan warna yang berbeda di tiap sisinya. Bagian luar terbuat dari kain parasut yang mampu menahan angin dan percikan air, sedangkan bagian dalam terbuat dari kain fleece yang hangat. 

    Jaket ini tebal dan hangat, tetapi tidak berat saat dimasukkan ke dalam tas. Jahitannya pun rapi dan kuat. Di bagian belakang terdapat hoodie yang dilengkapi dengan kancing sehingga bisa dilepas saat tidak ingin memakainya.
  • Meizu
    M6 Smartphone


    Elisabeth Murni

    Di era serba digital seperti ini, smartphone menjadi barang yang sangat penting dan wajib dibawa kemana pun. Saya mengandalkan Meizu M6 sebagai teman jalan-jalan. Dengan harga yang ekonomis, ponsel berukuran 5,2 inci ini memiliki kemampuan yang cukup mumpuni sebagai alat komunikasi, kamera, penunjuk arah, pemutar musik, hingga alat menggambar bagi anak saya. 

    Guna mengabadikan momen, Meizu M6 dilengkapi dengan kamera belakang 13 MP, serta kamera depan 8 MP yang bisa diatur dengan berbagai macam mode. Fitur yang paling membantu untuk ibu dengan balita seperti saya adalah adanya mode pengaturan untuk anak. Orang tua bisa memilih aplikasi apa saja yang bisa diakses oleh anak sehingga saat ponsel dipegang mereka, saya tidak akan khawatir lagi akan ada tragedi foto-foto dihapus atau anak mengirimkan voice note ke kontak Whatsapp.
  • Tupperware
    Eco Men Black


    Elisabeth Murni

    Botol minum merupakan benda yang wajib saya bawa saat bepergian. Selain sebagai upaya mengurangi limbah sampah plastik, membawa minuman sendiri juga bisa meminimalisir pengeluaran. Berhubung botol minum akan digunakan oleh saya dan buah hati, maka saya memilih botol yang ukurannya cukup besar, tetapi tidak bulky. 

    Tupperware Eco Men Black kapasitas 750 ml adalah pilihan yang tepat. Desain botol ini ergonomis dengan mulut botol yang dilengkapi spout cap sehingga memudahkan untuk minum serta tidak gampang tumpah. Tutupnya juga memiliki model flip flop sehingga anak saya yang masih kecil bisa membukanya dengan mudah.

    Terbuat dari bahan yang bebas BPA menjadikan botol ini aman dipakai berulang kali. Seperti produk Tupperware pada umumnya, botol minum ini memiliki garansi seumur hidup selama tidak rusak akibat gigitan hewan atau terkena senjata tajam. Asyik, kan?
  • Topi Rimba Anak


    Elisabeth Murni

    Salah satu cara untuk melindungi kulit anak dari sengatan sinar mentari adalah memakaikannya topi. Bagi saya, topi rimba merupakan pilihan yang tepat saat mengajak buah hati melakukan kegiatan outdoor. Topi rimba mampu melindungi kepala, wajah, serta leher anak dengan baik karena memiliki tepian lebar yang melingkar.
    Terbuat dari bahan ripstop yang tebal dan rapat menjadikan topi ini awet dan tidak mudah robek meski terkena duri atau ranting saat bertualang di alam. Bahannya pun nyaman dan tidak membuat kepala anak gatal. Desain topi yang keren menjadikan penampilan anak saat traveling semakin kece. 

    Meski ukuran topi sedikit longgar, saya tidak perlu khawatir topi akan terbang terbawa angin atau lepas dengan mudah. Hal ini dikarenakan terdapat tali pengait di bagian dagu yang ukurannya bisa disetel. Meski dipakai anak saya sambil lari-lari, topi rimba ini akan tetap pada posisinya.
  • Mitu
    Baby Wipes Antiseptic


    Elisabeth Murni

    Saat melakukan perjalanan, tentu saja kita akan karib dengan panas terik, debu, asap kendaraan, hingga kuman dan kotoran yang mudah menempel di badan. Oleh karena itu, kita harus sering membersihkan diri. Jika kondisi tidak memungkinkan untuk mandi atau untuk mendapatkan air guna mencuci tangan atau wajah, Mitu Baby Wipes Antiseptic bisa menjadi solusi. 

    Tisu basah yang telah lulus uji hypoallergenic ini diperkaya dengan ekstrak tea tree oil yang berfungsi sebagai antiseptik dan pelindung kulit dari bakteri. Saya biasa menggunakan tisu ini untuk membersihkan wajah supaya merasa lebih segar. Saat mulai merasa mual karena mabuk kendaraan, saya juga bisa mengusapkan tisu ini di hidung. 

    Aromanya yang segar dan wangi mampu menetralkan aroma kendaraan yang pengap. Begitu juga saat hendak makan atau seusai makan, tisu ini bisa digunakan untuk membersihkan tangan jika tidak ada air bersih.
  • Mainan Tayo The Litte Bus


    Elisabeth Murni

    Perjalanan yang panjang dan melelahkan kerap membuat anak merasa bosan. Sebagai orangtua, saya harus pandai menyiasati supaya anak tetap bersemangat. Salah satu caranya adalah dengan membawa mainan favoritnya, satu set bus di serial kartun Tayo. 
    Dalam satu kotak terdapat 4 bus mungil warna-warni yang merupakan tokoh utama dari serial Tayo. Bus yang terbuat dari plastik ini ukurannya tidak terlalu besar sehingga bisa dimasukkan dalam pouch, dan tidak memakan banyak ruang. Pada masing-masing bus terdapat pengait sehingga bisa digabungkan menyerupai kereta. 

    Mainan ini tidak memerlukan baterai, anak cukup menariknya ke belakang dan melepaskannya, nanti bus akan meluncur sendiri. Sejauh ini, bus Tayo efektif untuk mengusir rasa bosan anak saya selama di perjalanan.
  • Mini Kit First Aid Pouch


    Elisabeth Murni

    Kita tak akan pernah tahu kapan penyakit akan datang. Karena itu, lakukanlah persiapan sebaik mungkin dengan membawa kotak berisi obat-obatan dasar yang sekiranya diperlukan. Setidaknya jika penyakit tiba atau anak terluka saat sedang traveling, orang tua bisa melakukan pertolongan pertama. Mini pouch dengan pilihan warna yang manis ini adalah barang yang tak lupa saya bawa. 

    Ukurannya yang compact membuat benda ini bisa diselipkan di dalam tas. Meski bentuknya mini, pouch ini memiliki ruang yang lumayan lega untuk menyimpan berbagai obat-obatan standar yang diperlukan seperti penurun panas, Transpulmin, pereda nyeri, minyak gosok, kain kasa, plester, hingga gunting kecil. Dengan membawa pouch ini, saya merasa semakin aman saat melakukan perjalanan.
  • Ultra Mimi Susu UHT


    Elisabeth Murni

    Berhubung anak saya masih suka minum susu, maka saya tak pernah lupa memasukkan Ultra Mimi Susu UHT ke dalam ransel. Selain mampu meredakan rasa dahaga, susu berkualitas tinggi dengan tambahan kalsium di dalamnya ini bisa menambah nutrisi bagi anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Susu Ultra Mimi memiliki 4 varian rasa yang disukai anak-anak. 

    Tiap kotaknya memiliki takaran yang pas bagi anak-anak sehingga saya tidak perlu khawatir membuang-buang susu yang tidak terminum. Susu ini bisa dibawa pergi ke mana saja dan diminum kapan saja. Praktis dan tidak ribet. Cocok sebagai teman perjalanan anak-anak.