10 Rekomendasi Snacks Rendah Kalori yang Baik untuk Dikonsumsi saat Diet

10 Rekomendasi Snacks Rendah Kalori yang Baik untuk Dikonsumsi saat Diet

Memiliki berat badan ideal merupakan idaman bagi semua orang. Berbagai cara dilakukan untuk menurunkan berat badan. Mulai dari olahraga hingga mengatur pola makan. Namun, terkadang semua usaha gagal hanya karena tidak sanggup menahan godaan makanan ringan.

Ngemil adalah salah satu kendala yang merusak diet karena sering kali keinginan untuk mengunyah kudapan ini datang di waktu yang tidak seharusnya. Apalagi tidak jarang porsi dan jumlah kalorinya tidak terkontrol. Untuk mengantisipasinya, biasanya saya menyiapkan snack rendah kalori yang lebih ramah bagi berat badan. Dengan demikian, saya masih tetap bisa menikmati camilan tanpa harus takut menumpuk kalori. Nah, dari berbagai snack rendah kalori yang ada di pasaran, berikut ini beberapa favorit saya.


Creator Image
Aji Sukma
Blogger
  • Otsuka
    Soyjoy


    Aji Sukma

    Soyjoy adalah salah satu snack bar sehat yang menjadi andalan saya untuk menahan lapar saat diet. Selain mudah didapat di minimarket, snack ini juga memiliki cita rasa yang familier di lidah karena terbuat dari tepung kedelai dan buah-buahan asli. Nah, rasa inilah yang membuatnya ramah dan mudah diterima oleh lidah siapa pun, termasuk yang baru pertama kali mencicipi. Bahkan, kudapan ini juga bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes karena memiliki nilai GI (Gylemic Index) yang rendah. 


    Salah satu ciri Soyjoy yang membedakannya dengan snack bar serupa lainnya adalah teksturnya yang padat dan sedikit lembek. Hal ini memberikan sensasi tersendiri jika dibandingkan dengan snack bar lain yang rata-rata bertekstur crispy. Menariknya lagi, Soyjoy tersedia dalam banyak varian rasa sehingga membuat kita tidak merasa bosan untuk menikmatinya.

  • Kalbe
    Fitbar


    Aji Sukma

    Sama seperti Soyjoy, Fitbar merupakan snack sehat rendah kalori berbentuk bar. Namun, soal tekstur dan rasa, keduanya sangatlah berbeda. Berbahan dasar rice crispy, oat, quinoa, dan whole wheat, snack bar ini menawarkan tekstur yang crispy. Sayangnya, snack sehat buatan Kalbe Nutritionals ini hanya memiliki tiga varian rasa saja, yakni chocolate, fruits, dan nuts. Dari ketiga varian tersebut, favorit saya adalah varian fruits. Varian ini menggunakan white chocolate yang menyelimuti bagian bawah serta terdapat campuran kismis yang menimbulkan sensasi rasa asam.
  • Kalbe
    Zee Multigrain Cereal Bar


    Aji Sukma

    Masih produk dari Kalbe Nutritionals, snack rendah kalori yang satu ini sebenarnya sengaja dibuat dengan membidik pasar anak-anak dan remaja yang masih dalam masa pertumbuhan. Meski demikian, bukan berarti orang dewasa tidak diperbolehkan untuk mengonsumsinya. Terdiri dari bahan dasar yang sehat dan hanya memiliki 90 kkal/saji, snack ini sangat baik dikonsumsi oleh siapa pun. Jika dibandingkan dengan Fitbar yang masih dalam satu keluarga, Zee terasa lebih renyah, dan lebih manis terutama di bagian cokelatnya. Barangkali, hal ini disesuaikan dengan selera anak-anak yang sangat menyukai makanan manis. Zee Multigrain Cereal Bar ini tersedia dalam dua varian rasa yakni Swizz Chocolate dan Vanilla Twist.
  • Heavenly Blush
    Tummy Yogurt Bar


    Aji Sukma

    Pernah mendengar Heavenly Blush? Pasti kalian akan langsung ingat dengan yoghurt sebagai produk andalan mereka. Namun, apakah kalian juga tahu kalau mereka juga punya produk snack rendah kalori? Namanya adalah Heavenly Blush Tummy Yogurt Bar. Snack ini dikemas dengan kebaikan berserat dari oats, buah-buahan, dan multigrain sehingga dapat membantu mengatur pencernaan. Serat tinggi di dalamnya juga membuat kita merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama sehingga cocok dikonsumsi saat diet.


    Dilihat dari bentuk dan tekstur, Tummy Yogurt Bar tidak jauh berbeda dengan snack bar lainnya, tetapi memiliki cita rasa yang lebih kaya. Seperti namanya, snack bar ini dominan rasa yoghurt. Dipadukan dengan rasa buah-buahan, snack ini memiliki cita rasa manis, asam, dan segar. Ada dua varian rasa yang bisa dipilih, yakni berries dan lime.

  • WRP Everyday
    Fruitbar


    Aji Sukma

    Masih berupa snack bar, yang satu ini keluaran dari WRP. WRP sendiri memang dikenal sebagai brand dengan produk yang fokus pada program diet sehat. Meski jika dilihat dari promosi, sasaran utama mereka lebih banyak untuk kaum perempuan, tetapi produk ini tetap bisa dikonsumsi oleh para pria. WRP Everyday Fruitbar merupakan salah satu snack rendah kalori yang hanya memiliki 80kkal/saji, dan mengandung banyak vitamin dan mineral sehingga sangat baik untuk tubuh.


    Menurut saya, snack bar dari WRP ini yang paling tidak berciri khas khusus, baik bentuk, tekstur, maupun rasa. Hanya butiran beras crispy-nya saja yang berukuran lebih kecil. Karena snack bar ini menggunakan raisin sebagai salah satu komposisinya, maka rasanya pun hampir mirip dengan Fitbar varian fruits. Rasa apricot & raisin sendiri merupakan satu-satunya varian rasa yang mereka memiliki.

  • Prosana
    FastBite


    Aji Sukma

    Snack bar rendah kalori yang terakhir ini diproduksi oleh Prosana, salah satu produsen yang banyak memproduksi dan memasarkan makanan ringan nan sehat seperti cookies, waffle, oatmeal instan, dan beberapa produk lainnya. 


    Fastbite sangat cocok dinikmati untuk mengawali hari atau disela padatnya hari. Uniknya, dalam kemasan Fastbite tertulis dengan jelas peringatan “konsumsi berlebih mempunyai efek laksatif”. Laksatif sendiri berarti pencahar sehingga jika terlalu banyak mengonsumsi snack bar ini akan memberikan efek melancarkan buang air besar bahkan diare. Maka dari itu, sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah yang cukup. Keunikan lainnya berada pada varian rasa yang dimilikinya. Selain ada rasa chocolate dan strawberry, Fastbite juga tersedia dalam varian rasa kopi. Tentu saja varian ini akan memberikan sensasi berbeda di tengah snack bar sejenis yang kebanyakan menjual rasa buah-buahan.

  • Mayora
    Roma Sari Gandum


    Aji Sukma

    Biskuit merupakan salah satu kudapan favorit banyak orang untuk mengganjal perut lapar. Namun, bagaimana jika kalian sedang diet? Salah satu biskuit yang tetap bisa kalian nikmati tanpa takut gemuk adalah biskuit Sari Gandum.

    Biskuit keluaran Roma ini terbuat dari tepung gandum utuh dan susu rendah lemak. Gandum utuh sendiri dikenal mengandung serat yang tinggi sehingga mampu membantu pencernaan, serta mengontrol berat badan. Karena tak banyak komposisi di dalamnya, Sari Gandum hanya memiliki rasa sedikit manis bahkan cenderung tawar. Untuk menyiasati rasanya yang agak tawar ini, kalian bisa menambahkan keju, atau buah segar sebagai pemanis alaminya. Selain itu, kalian juga bisa menyelupkannya ke dalam secangkir kopi atau teh seperti yang biasa saya lakukan. Sebenarnya Roma juga memproduksi Sari Gandum dalam bentuk sandwich, yakni menambahkan krim di tengahnya. Ada dua varian, yakni chocolate dan peanut butter. Namun, saran saya adalah jika kalian dalam masa diet, pilihlah Sari Gandum yang original saja.

  • Oatbits
    Biskuit Oat


    Aji Sukma

    Dari namanya saja kita sudah bisa tahu bahwa biskuit ini terbuat dari oat. Mereka bahkan berani mengklaim bahwa Oatbits merupakan biskuit oat pertama di Indonesia. Konon, Oatbits ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin sadar akan gaya hidup sehat. Selain oat, buah asli kering juga digunakan sebagai bahan dasarnya. Oatbits memiliki tiga varian rasa buah yakni, raisin, strawberry yogurt, serta vitafruit (jeruk, wortel, dan tomat). Karena adanya buah kering ini, akan ada sensasi sedikit keras saat digigit.

  • Interfood
    Naraya Oat Choco


    Aji Sukma

    Jika kalian ingin menikmati oatmeal asli dalam bentuk biskuit, mungkin produk dari Naraya ini bisa menjadi alternatifnya. Oat Choco sepenuhnya terbuat dari oatmeal dan hanya menambahkan beberapa komponen saja dalam komposisinya seperti, gula dan creamer. Oat Choco memiliki empat varian rasa yang bisa dipilih, yakni vanilla, chocolate, green tea, dan sweet potato

    Uniknya, kita tidak hanya bisa menikmatinya dengan dimakan begitu saja, tetapi juga bisa membuatnya menjadi sereal, yakni dengan menambahkan air panas dan gula/susu ke dalam tiga buah Oat Choco. Selain dikonsumsi saat diet, Oat Choco ini juga sangat cocok dijadikan kudapan keluarga atau sebagai suguhan tamu di rumah.

  • Kalbe
    Fitchips


    Aji Sukma

    Snack yang terakhir berbeda dengan snack-snack sebelumnya karena satu-satunya snack rendah kalori yang berupa keripik. Bagi kalian yang sangat menggemari makanan ringan yang renyah nan gurih, pasti akan menyukai snack yang satu ini. 


    Namanya adalah Fitchips dan diproduksi oleh Kalbe Nutritionals. Fitchips terbuat dari multigrain (oat, quinoa, whole wheat & corn) yang merupakan biji-bijian bernutrisi dan kaya akan serat. Selain rendah kalori, snack ini juga tidak menggunakan bahan aditif sehingga kalian tidak perlu khawatir atau merasa bersalah ketika ngemil. Meski potongan keripik ini sedikit tebal, tetapi teksturnya masih sangat renyah. Untuk rasanya, keripik ini memiliki rasa gurih dan asin khas keripik, tetapi tidak setajam keripik lain yang mengandung MSG. Fitchips sendiri menawarkan tiga varian rasa yakni Honey BBQ, Seaweed, dan Cheese & Herbs.