Ingin Makeup Wisuda Sendiri? Makeup Wisudamu Tetap Bisa Awet dengan Menggunakan 10 Makeup Brand Lokal Ini

Beauty blogger Monica Agustami
Beauty blogger
Monica Agustami
Seorang beauty blogger asal Yogyakarta yang mulai aktif menulis mengenai makeup sejak tahun 2011. Tidak hanya mereview produk-produk skincare, Monica juga sering memberikan tips kecantikan untuk pembacanya.
Wisuda adalah salah satu moment terbaik dan membanggakan dalam hidup. Dan tentu saja, kita sebagai perempuan pasti ingin terlihat cantik serta all out di hari wisuda. Hal ini dikarenakan akan banyak kerabat yang hadir di hari spesial tersebut.

Siapa bilang jika makeup wisuda sendiri tidak bisa seawet makeup hasil polesan dari makeup artist? Bahkan dengan menggunakan makeup brand lokal, makeup wisuda kalian bisa awet seharian. Berikut sepuluh makeup brand lokal yang patut kalian coba untuk makeup wisuda yang awet.

Produk pilihan Monica Agustami

ULTIMA II Undermakeup Moisture Lotion

ULTIMA II  Undermakeup Moisture Lotion

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 155.000

Primer yang dapat membuat makeup menjadi lebih awet sekaligus melembapkan kulit

Sebelum mengaplikasikan foundation, kulit harus dalam kondisi yang sehat dan lembap sehingga foundation dapat lebih menempel pada kulit. Hal inilah yang akan membuat makeup menjadi lebih awet. Selain itu, apabila kalian mengaplikasikan foundation dengan kondisi kulit kering, maka kemungkinan besar foundation akan pecah.

ULTIMA II Under Makeup Moisture Lotion terdiri dari 2 warna, yaitu hijau dan putih. Apabila kalian memiliki jerawat maupun bekas jerawat yang kemerahan, kalian bisa memilih warna hijau karena bisa juga digunakan untuk color correcting. Sedangkan, apabila kalian memiliki kulit dengan kondisi normal, kalian bisa memilih warna putih.

Tekstur dari produk ini cukup cair, dan sangat mudah untuk dibaurkan ke seluruh wajah. Yang perlu diperhatikan adalah pakai secukupnya saja ke seluruh wajah, jangan terlalu banyak karena bisa membuat kulit kalian menjadi terlalu lembap. Namun, jika kalian memiliki tipe kulit kering, kalian juga bisa memakainya dengan jumlah yang lebih banyak. Sesuaikanlah dengan kondisi kulit kalian masing-masing.

LT Pro Smooth Corrector Cream Foundation

LT Pro  Smooth Corrector Cream Foundation

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 125.000

Foundation yang mampu menutupi jerawat yang meradang

Bekas jerawat yang cenderung hitam dan jerawat yang merah meradang sangat sulit untuk ditutupi oleh foundation. Karena itu, kalian membutuhkan concealer untuk menutupinya. Walaupun namanya "foundation", saya lebih merekomendasikan produk ini sebagai concealer karena teksturnya yang padat dan sangat creamy. Apabila kalian memiliki foundation dengan tekstur yang terlalu cair, produk ini bisa juga digunakan untuk membuat tekstur foundation kalian menjadi lebih kental, dan performa coverage yang lebih bagus.

Produk ini memiliki 3 warna, yaitu yellow orange, chesnut, dan plum rose. Bagi yang memiliki kulit medium dengan undertone kuning bisa memilih yellow orange, sedangkan bagi yang memiliki kulit light dengan undertone pink bisa memilih plum rose. Chesnut adalah warna yang paling gelap sehingga bisa digunakan juga untuk shading dalam.

Cara pakainya cukup mudah. Ambil produk menggunakan concealer brush, kemudian oleskan pada bagian bekas jerawat atau jerawat yang merah meradang, ratakan menggunakan jari dengan cara ditap-tap pelan. Baru kemudian aplikasikan foundation.

ULTIMA II Wonderwear Makeup

ULTIMA II  Wonderwear Makeup

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 156.000

Foundation cair yang ringan dan tahan lama

Banyak yang lebih memilih foundation dengan tekstur cair dibandingkan dengan foundation cream karena akan lebih mudah diratakan, dan terasa ringan di wajah. Ultima II Wonderware Makeup adalah salah satu foundation cair yang memiliki coverage yang baik, tetapi tetap terasa ringan di wajah. Selain itu, produk ini juga memiliki pilihan warna yang cukup banyak yang dapat kalian sesuaikan dengan warna kulit kalian.

Kemasannya terbuat dari kaca yang kokoh dan memiliki aplikator berbentuk pump sehingga sangat higienis karena isi produk tidak akan bersentuhan dengan udara luar secara langsung. Tidak hanya itu, isi produk juga bisa dikeluarkan dengan lebih terkontrol, sesuai dengan kebutuhan. Kalian bisa mengaplikasikan produk ini menggunakan beauty blender sehingga dapat menghasilkan makeup yang flawless.

Caring Colours Basicare Translucent Loose Powder

Caring Colours Basicare Translucent Loose Powder

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 65.300

Bedak tabur dengan partikel yang halus, membuat makeup menjadi lebih flawless

Bedak tabur adalah produk makeup yang sangat penting karena mampu membuat foundation menjadi lebih tahan lama. Bedak tabur dari Caring Colours ini dikemas dalam kemasan yang cukup compact, dengan material plastik dan dilengkapi dengan spons berkualitas bagus. Bahkan spons-nya masih terasa enak dipakai setelah dicuci berkali-kali.

Bedak tabur ini memiliki partikel yang halus dan sangat mudah untuk diratakan sehingga mampu membuat makeup menjadi lebih flawless. Untuk makeup yang lebih awet, kalian dapat mengaplikasikan produk ini menggunakan teknik baking. Namun, bagi kalian yang memiliki tipe kulit kering, kalian tidak perlu menggunakan teknik baking, cukup aplikasikan seperti biasa menggunakan spons bawaan produk ini.

Sesuai dengan namanya "translucent", walaupun memiliki beberapa pilihan warna, bedak ini cenderung translucent atau transparan serta tidak memiliki coverage sama sekali. Maka dari itu, produk ini lebih cocok apabila digunakan untuk "mengunci" foundation agar tidak mudah bergeser dan luntur.

Make Over Perfect Cover Two Way Cake

Make Over Perfect Cover Two Way Cake

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 129.000

Two way cake yang dapat membantu mengontrol minyak berlebih di wajah

Selain membuat makeup terlihat menjadi lebih halus, Make Over Perfect Cover Two Way Cake juga dapat membantu mengontrol minyak berlebih di wajah sehingga makeup pun menjadi lebih awet. Selain itu, produk ini juga memiliki coverage yang cukup bagus sehingga apabila ingin digunakan untuk makeup harian, kalian bisa men-skip pemakaian foundation.

Produk ini memiliki kemasan berwarna hitam dengan desain yang compact dan tidak memakan tempat apabila dimasukkan ke dalam makeup pouch. Di dalam kemasan terdapat cermin yang tidak terlalu kecil, dan dilengkapi pula dengan spons sehingga memudahkan kalian yang ingin touch up.

Sebelum digunakan untuk touch up, sebaiknya wajah ditap terlebih dahulu menggunakan face paper atau tissue untuk menyerap kelebihan minyak di wajah. Setelah itu, baru aplikasikan Make Over Perfect Cover Two Way Cake dengan cara ditap perlahan. Ketika digunakan untuk touch up, produk ini tetap dapat membaur dengan baik dan tidak merusak makeup yang sudah ada.

Viva Eye Brow pencil

Viva  Eye Brow pencil

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 29.500

Pensil alis berkualitas yang banyak digunakan oleh MUA

Apabila base makeup sudah tahan lama, tidak lucu apabila alis hilang karena keringat. Salah satu produk alis dari brand lokal adalah Viva Eye Brow Pencil. Banyak makeup artist yang sangat mengandalkan pensil alis ini karena memiliki tekstur yang sangat empuk sehingga memudahkan untuk membuat alis dengan garis yang lebih presisi. Walaupun memiliki tekstur yang empuk, pensil alis ini tetap mudah diraut dan tidak mudah patah.

Bagi kalian yang baru belajar membuat alis, harus sedikit hati-hati dengan teksturnya yang empuk karena bisa membuat alis kalian menjadi terlalu tebal. Namun, tenang saja karena skill untuk membuat alis akan meningkat seiring dengan berjalannya waktu.

Viva Eyebrow Pencil tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu hitam dan coklat kemerahan. Saya lebih menyarankan kalian untuk memilih warna coklat kemerahan untuk menghasilkan alis dengan warna yang lebih terlihat natural.

Sariayu Trend Warna 2011 Exotic Indonesia Eye Shadow

Sariayu Trend Warna 2011 Exotic Indonesia Eye Shadow

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 51.000

Eyeshadow untuk eye makeup yang natural

Eye makeup yang natural memang banyak diminati karena memberi kesan mata lebih hidup tanpa terlihat berlebihan. Sariayu seri Exotic Indonesia merupakan eyeshadow yang menghasilkan eye makeup yang natural. Eyeshadow ini terdiri dari tiga warna, yaitu dark brown, nude, dan pink peach. Menurut saya ketiga warnanya memiliki hasil akhir yang sedikit satin, namun untuk warna yang dark brown tidak terlalu terlihat satin.

Untuk hasil yang natural, kalian bisa aplikasikan warna pink peach ke seluruh kelopak mata, warna dark brown ke sisi terluar mata dan juga sedikit pada bagian bawah mata. Setelah itu, aplikasikan warna nude ke bagian sudut dalam mata untuk memberikan kesan lebih fresh. Bagi kalian yang tidak memiliki higlighter, warna nude pada eyeshadow ini dapat juga digunakan sebagai highlighter di bagian tulang alis, tulang pipi, hidung, atas bibir, dan juga dagu.

Inez Fine Line Eyeliner Waterproof

Inez  Fine Line Eyeliner Waterproof

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 47.500

Hasil akhirnya matte, tak perlu khawatir lagi terlihat berlebihan

Tak lengkap rasanya apabila eye makeup tanpa adanya eyeliner. Eyeliner dapat memberikan kesan mata lebih besar dan hidup, sangat cocok bagi kalian yang memiliki mata sayu. Inez Fine Line Eyeliner memiliki hasil akhir matte sehingga cocok untuk eye makeup yang natural. Warnanya pun hitam pekat sehingga tidak masalah apabila diaplikasikan di atas eyeshadow karena tidak akan mengurangi intensitas warna dari eyeliner ini.

Eyeliner ini dikemas dalam kemasan berwarna hitam dengan panjang aplikator yang menurut saya pas sehingga memudahkan kalian dalam mengaplikasikan eyeliner karena tangan akan menjadi lebih terkontrol. Aplikatornya berbentuk kuas yang lentur, sangat memudahkan kalian dalam membuat wing eyeliner. Kuasnya pun kecil sehingga memungkinkan untuk membuat garis yang tipis namun tetap presisi.

Inez Blush On

Inez  Blush On

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 43.000

Cukup sedikit saja warnanya sudah bisa "keluar"!

Menurut saya, pipi yang merona adalah kunci dari wajah yang terlihat segar karena kulit menjadi terlihat lebih sehat. Bayangkan saja foundation dan bedak sudah menyatu sempurna dan kulit pun terlihat flawless, tapi belum memakai blush on. Tentu wajah akan terlihat sangat pucat. Karena itu, wajib menggunakan blush on agar orang lain tidak mengira kita sedang sakit.

Inez Blush On memiliki banyak variasi warna yang menurut saya semua warnanya sangat cantik, dan bisa disesuaikan dengan warna kulit kalian. Salah satu warna yang sangat saya suka adalah warna gold dipped brick. Warna ini memiliki warna orange dengan sedikit glitter sehingga sangat pas untuk tampilan makeup yang terlihat segar.

Selain itu, blush on ini juga memiliki warna yang sangat intens dan tekstur yang sangat lembut, serta mudah untuk dibaurkan sehingga cukup pakai sedikit saja warnanya sudah bisa "keluar". Untuk daya tahannya jangan ditanya. Sangat awet.

Soft Matte Lip Cream Mineral Botanica

Soft Matte Lip Cream Mineral Botanica

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 42.000

Lip cream dengan tekstur lembut dan berbagai pilihan warna

Mineral Botanica merupakan brand yang terkenal dengan lip cream-nya karena menurut saya memang lip cream-nya memiliki kualitas yang bagus. Lip cream ini memiliki tekstur yang cukup cair (tidak terlalu kental) sehingga sangat mudah untuk diratakan ke seluruh bibir dan terasa lembut.

Lip cream ini memiliki pilihan warna yang sangat banyak, mulai dari warna yang sangat gelap hingga warna yang nude. Kalian bisa sesuaikan dengan selera dan warna kulit kalian. Bagi kalian yang bibirnya hitam, tidak perlu khawatir karena warna yang paling nude sekali pun memiliki coverage yang sangat bagus. Selain itu, lip cream ini tidak membuat bibir terasa kering sehingga aman jika digunakan seharian. Walaupun begitu, saya tetap menyarankan untuk menggunakan pelembap bibir terlebih dahulu.

Kesimpulan

Memakai makeup adalah salah satu cara agar kita bisa terlihat cantik. Selain menggunakan jasa makeup artist, makeup sendiri juga bisa menjadi alternatif apabila tidak ingin repot mencari makeup artist dengan style makeup yang pas di hati, dan tentunya pas di kantong. Untuk kalian yang akan wisuda dan ingin mencoba makeup sendiri, semoga artikel ini bisa membantu kalian!