8 Rekomendasi Peralatan yang Wajib Dibawa Saat Hunting Foto

8 Rekomendasi Peralatan yang Wajib Dibawa Saat Hunting Foto

Sebelum memulai hunting atau berburu foto, ada baiknya kita mempersiapkan segala peralatan yang wajib dibawa. Tentunya kita tidak mau dong, gagal mendapatkan momen foto yang bagus. Peralatan yang tepat dapat menunjang kegiatan kita dalam hunting foto sehingga mendapatkan sebuah momen yang memuaskan hasrat kita. Berikut ini adalah peralatan penting yang selalu saya bawa saat hunting foto.

Creator Image
Ardian Kusuma
Lifestyle blogger & photographer
  • National Geographic
    Rainforest Backpack


    Ardian Kusuma

    Tas National Geographic sudah tidak diragukan lagi soal kualitasnya. Khusus tas seri Rainforest Backpack ini, saya menyukainya justru karena desainnya yang tidak seperti tas kamera kebanyakan sehingga juga dapat digunakan sebagai tas punggung sehari-hari.

    Untuk menampung kamera dan peralatannya sendiri tas ini tergolong cukup karena memiliki banyak slot. Terdapat pula slot tambahan untuk membawa laptop hingga ukuran maksimal 15 inci. Saya menyarankan tas ini karena fasilitasnya yang komplet. Segala peralatan untuk hunting foto bisa masuk ke dalam tas ini. Terutama adalah laptop sebagai kebutuhan editing foto maupun video. 


    Merek National Geographic juga akan membuat teman-teman yang melihat akan memberikan jempol kepada kita. Hanya satu tips saya jika kalian ingin membeli tas kamera National Geographic ini, yakni jangan membeli yang versi bajakan.

  • Fujifilm
    X-T20


    Ardian Kusuma

    Saya memakai dan menyukai Fujifilm X-T20, pertama karena kualitas gambar dari kamera Fujifilm yang enak dilihat, jernih, dan tajam. Alasan kedua adalah bobot kamera ini yang ringan, kecil, dan tidak memakan tempat walaupun bertipe kamera mirrorless dengan viewfinder.

    Dan alasan terakhir adalah lensa kit yang sudah lebih dari cukup karena memiliki aperture besar F2.8-F4 sehingga mampu digunakan dalam kondisi pencahayaan yang kurang sekalipun. Saya hanya perlu membawa tambahan satu lensa fix dan atau satu lensa tele sebagai tambahan lensa yang harus dibawa untuk hunting foto.


    Saya juga menyarankan Fujifilm karena begitu banyaknya promo yang diberikan oleh kamera ini. Dan tentu saja after sales Fujifilm terbaik di Indonesia karena memiliki cabang di beberapa kota besar. Selain promo dan after sales, Fujifilm juga sering mengadakan kegiatan yang melibatkan para konsumennya seperti workshop dan hunting foto.

  • Beike
    Tripod Professional


    Ardian Kusuma

    Tidak banyak tripod dengan kualitas yang bagus, kuat, dan lipatan yang ringkas, apalagi yang harganya murah. Hal ini karena memang tripod sebenarnya tidak banyak diperlukan. Tripod digunakan hanya dalam kondisi tertentu seperti pemotretan long exposure, atau saat tidak ada yang bisa dimintai bantuan untuk memotret kita.

    Beike mungkin nama baru dalam dunia tripod, namun kualitas produknya sangat bagus, lipatannya rapi, serta ringkas. Kekurangannya hanya satu, Beike masih menggunakan bahan aluminium sehingga beratnya mencapai 1 kg lebih sedikit. Oh iya, Beike ini juga bisa menjadi monopod. Apabila terlalu berat di mode tripod, kalian bisa mengubahnya menjadi monopod sehingga beratnya menjadi lebih ringan.


    Menjadikannya monopod tetap akan berguna untuk menyempurnakan hasil foto karena monopod membantu agar tidak goyah saat kita mengambil foto. Monopod juga bisa digunakan sebagai tongkat selfie dan memotret dengan sudut dari atas.

  • Haida
    NanoPro Series Filter Package


    Ardian Kusuma

    Bagi yang akan hunting foto bertemakan landscape atau travel, filter adalah barang yang wajib dibawa. Filter berguna untuk menambah warna agar lebih baik seperti langit yang lebih biru atau cahaya senja yang lebih oranye. Filter juga berguna untuk pemotretan dengan cahaya yang terlalu over, serta akan membuat hasil foto lebih dramatis. Contohnya adalah foto air terjun yang telihat halus.

    Haida ini banyak digunakan oleh para fotografer profesional. Apabila ada budget lebih, Anda sebaiknya membeli filter Haida yang berupa paket karena hitungannya akan jauh lebih murah daripada membeli satuan. Filter yang wajib dimiliki adalah filter ND, filter GND, dan filter CPL.


    Untuk spesifikasi filter, pertama-tama cobalah dengan ukuran standar. Setelah nyaman dan menguasai, cobalah menggunakan filter dengan spesifikasi ukuran lain.

  • Canon
    7-in-1 Cleaning Kit Set


    Ardian Kusuma

    Cleaning kit atau paket pembersih adalah barang wajib yang mesti dibawa saat hunting foto. Barang ini adalah penolong para fotografer saat kamera yang dibawa terkena debu atau kotoran yang tentunya akan sangat mengganggu.

    Biasanya, hal yang menjengkelkan saya adalah debu yang masuk di sensor kamera. Dengan cleaning kit yang di dalamnya sudah termasuk blower (penyembur debu), saya akan tertolong dalam membersihkan debu-debu yang menempel. Meskipun tidak semaksimal membersihkan di service center, namun paling tidak sedikit mengurangi kekhawatiran saya soal hasil foto yang buruk karena sensor yang kotor.


    Untuk mengurangi penggunaan cleaning kit, selalu berhati-hatilah dalam mencopot dan memasang lensa kamera. Usahakan untuk selalu langsung membersihkan kamera seusai memotret, minimal hilangkan debu yang menempel pada kamera.

  • Sandisk
    Ultra SDHC/SDXC UHS-I Memory Card


    Ardian Kusuma

    Memory card adalah bagian penting dari sebuah kamera. Biasanya, minimal saya akan membawa dua buah memory card saat hunting foto. Ukurannya tidak terlalu besar, maksimal 32 GB untuk masing-masing memory card. Hal ini dikarenakan saya memiliki kebiasaan untuk segera memindahkan foto ke dalam hard disk external untuk penyimpanan file yang lebih baik.

    Sejauh ini, merek terbaik memory card menurut saya adalah Sandisk. Kualitas merek Sandisk tidak diragukan lagi. Beberapa kali memory card Sandisk saya jatuh, terinjak, dan terciprat air, namun saat dipasang di kamera masih berfungsi normal.


    Merek Sandisk juga memiliki tipe ekstrem yang kecepatannya luar biasa sehingga membantu mempercepat proses di kamera. Apabila kalian memiliki budget lebih, belilah tipe tersebut jika kamera kalian sedikit lambat saat merekam foto atau video.

  • Western Digital
    My Passport Ultra from WD


    Ardian Kusuma

    Hard disk perlu dibawa saat kita melakukan perjalanan yang panjang. Saran saya adalah jangan terlalu lama menyimpan file foto dalam memory card kamera karena rentan terhapus. Baik itu karena firmware kamera yang terganggu atau ketidaksengajaan kita saat pengoperasian kamera.

    Hard disk kapasitas minimal 1TB saya rasa sudah lebih dari cukup. WD My Passport termasuk tangguh untuk dibawa-bawa traveling. Bodinya kokoh, serta ukurannya kecil dan ringkas. WD My Passport juga memiliki garansi yang terbilang cukup lama, serta ada aplikasi bawaan WD yang membantu back up di komputer lebih baik dan cepat.


    Selama saya memakai WD, produk ini selalu dapat digunakan lebih dari 3 tahun. Jadi, investasi hard disk eksternal ini sangat penting sekali.

  • Powerextra
    2 Pack Fujifilm Replacement Li-ion Battery+Charger


    Ardian Kusuma

    Terkadang saya tidak sempat mengisi baterai pada kondisi tertentu. Maka dari itu, saya juga membawa minimal dua buah baterai cadangan saat hunting foto. Untuk produk yang saya miliki yaitu Fujifilm, saya menggunakan third party baterai karena memiliki daya yang lebih besar daripada baterai original.

    Untuk merek lainnya, pasti juga memiliki produk yang sama. Memakai baterai original sangat dianjurkan, namun harganya bisa dua kali lipat dari harga baterai third party. Maka dari itu, hal ini kembali lagi ke selera.


    Bagi saya, baterai cadangan itu wajib. Saya sendiri sudah beberapa kali kehilangan momen bagus karena kehabisan baterai. Walaupun sudah memiliki baterai cadangan, tips dari saya adalah setiap kali menemukan colokan listrik, sempatkanlah men-charge seluruh baterai yang kalian miliki.

Ardian Kusumaのfavlist