Suka Menjelajah Destinasi Alam Menggunakan Mountain Bike? Tujuh Item ini Wajib Kalian Miliki

Blogger, biker Nasirullah Sitam
Blogger, biker
Nasirullah Sitam
Blogger yang sering blusukan naik sepeda menjelajah destinasi alam di Yogyakarta dan sekitarnya, serta aktif bersepeda ke kantor.

Hobi mendatangi destinasi-destinasi alam menggunakan sepeda gunung (montain bike) sejak tahun 2012. Hingga saat ini, sudah banyak destinasi wisata di sekitaran Jawa Tengah dan Yogyakarta yang sudah disambanginya menggunakan mountain bike.
Mountain bike atau sepeda gunung adalah jenis sepeda yang digunakan untuk melintasi medan-medan berat. Akhir-akhir ini, banyak orang yang mulai hobi bersepeda menggunakan sepeda gunung. Sepeda jenis ini sangat direkomendasikan kala menjelajah tempat yang menarik dengan jalur yang cukup menantang. Jika kalian ingin menjelajah destinasi wisata dengan sepeda gunung, berikut item-item yang harus kalian siapkan sebelum beraksi.

Produk pilihan Nasirullah Sitam

Polygon Xtrada 5.0 Mountain Bike

Polygon Xtrada 5.0 Mountain Bike

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 5.500.000

Sepeda gunung bersuspensi dan cocok untuk jalur terjal

Bagi yang suka bersepeda menggunakan jenis mountain bike, kita harus lebih paham jenis sepeda yang ingin digunakan. Ada banyak jenis sepeda yang bisa dipilih, dan bagi saya sepeda tersebut adalah Polygon Sepeda Gunung MTB 27.5" Xtrada 5.0 2018.

Produk ini sudah dibekali dengan rem cakram yang pakem serta suspense yang bisa diatur saat pemakaian di jalan. Rem cakramnya bisa menekan secara pakem kala melintasi jalan yang turunannya ekstrim, serta sepeda ini mumpuni untuk menjelajah jalan-jalan yang terjal dan rusak. Adanya teknologi hydraulic pada sepeda ini juga membuat kita semakin nyaman kala melintasi jalur turunan ekstrim.

Dilihat dari spesifikasi sepedanya, kita tahu bahwa sepeda ini tangguh dan ideal untuk para pencinta mountain bike. Bahan dasar sepeda ini adalah aluminum alloy yang ringan. Frame ringan membantu kita kala mengayuh pedal sepeda. Pun dengan ban yang digunakan berukuran 27.5 x 2.25, dengan ukuran ban sebesar itu, rute yang cocok dilintasi adalah jalan berlubang, tanah liat, lumpur, dan tanah basah. Selain itu, komponen utama sepeda ini dari Shimano sehingga untuk kualitas spare part-nya tidak perlu diragukan lagi.

Giro Fixture 

Giro Fixture

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 700.000

Helm yang nyaman di kepala, ringan, dan kokoh

Sudah menjadi semacam kebutuhan jika kita menaiki sepeda menggunakan helm sepeda. Begitupun dengan mountain bike. Selama bersepeda kita harus mengenakan helm sebagai pengaman kala berkendara di jalur yang terjal.

Dari berbagai helm sepeda yang sudah saya gunakan, saya tertarik dengan helm sepeda gunung GIRO FIXTURE MTB Red doff – Hitam. Helm sepeda ini cukup ringan dan nyaman saat digunakan. Desain helm ini elegan dan terlihat mahal, serta cocok untuk para pencinta mountain bike.

Faktor yang membuat saya kepincut dengan helm Giro tersebut adalah kualitasnya yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Meskipun terasa ringan, helm ini sangat kokoh untuk melindungi kepala saat terbentur ketika jatuh dan lainnya. Selain itu, padding helm (bagian empuk yang membuat nyaman kepala saat dipakai) ini cepat menyerap keringat dan cepat kering. Tentu saja hal ini membuat kita nyaman kala memakainya di siang hari yang terik.

Vbiger Outdoor Sports Gloves

Vbiger Outdoor Sports Gloves

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 150.000

Nyaman digunakan kala bersepeda

Mengendarai sepeda lebih baik lagi jika kita menggunakan sarung tangan. Manfaat sarung tangan ini adalah sebagai bantalan ketika memegang setang melintasi jalur terjal dan berlubang sehingga tidak terasa sakit saat mengendalikan setang sepeda.

Selain itu, kegunaan sarung tangan juga untuk menghindari dari sengatan matahari, atau bisa juga untuk menjaga tangan kita tetap hangat saat terkena hujan. Karena itu, pemilihan sarung tangan juga sangat diperlukan kala bersepeda.

Sarung tangan Vbiger ini mempunyai detail non-slip silicone pada bagian telapak tangannya sehingga memudahkan kita saat menggenggam setang sepeda. Bahan yang digunakan juga sesuai dengan kebutuhan outdoor. Selain itu, bentuk sarung tangan yang menutupi seluruh jari juga menjadi hal yang harus diperhatikan.

Tekiro Bike Tool Kit

Tekiro Bike Tool Kit

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 89.000

Bike tool kit ringkas dan mudah dibawa

Salah satu yang ditakutkan ketika bersepeda di rute-rute tertentu adalah adanya insiden. Tidak bisa kita hindari segala insiden berkaitan dengan komponen sepeda rusak atau hal lain yang mungkin terjadi. Bagi para pencinta sepeda gunung, membawa seperangkat kunci sepeda menjadi sebuah keharusan.

Tiap komponen sepeda harus menggunakan alat tertentu ketika ingin membukanya. Kita harus mempersiapkan peralatan tersebut sebelum berangkat. Alat yang paling wajib dibawa adalah Tekiro Kunci Sepeda Lipat (Bike Tool Kit) Set 10 Pcs ini. Tool kit ini sangat membantu ketika sepeda sedang bermasalah.

Tidak sulit membawa tool kit tersebut. Dengan bentuk kecil dan praktis, kita dapat menaruh benda tersebut di dalam tas atau pada tas kecil aksesoris tambahan sepeda. Beberapa tool kit biasanya sudah disertai dengan alat untuk membuka rantai dan membuka ban luar sepeda.

Selain tool kit yang sudah dikemas dengan ringkas, kita juga harus membawa pompa mini dan cadangan ban dalam sepeda. Kegunaan tool kit adalah untuk memperbaiki komponen sepeda yang rusak. Jadi, jangan sampai kalian lupa tidak membawa tool kit saat bersepeda, ya!

Kalibre Botol Minum Sepeda 2in1

Kalibre Botol Minum Sepeda 2in1

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 109.000

Tahan banting saat jatuh dari sepeda

Saya selalu membawa air mineral saat bersepeda dengan jarak dekat maupun jauh. Terkadang malah lebih dari satu botol air mineral yang saya bawa. Untuk meletakkan botol air tersebut, kita bisa menambahkan aksesoris tempat menaruh botol minuman. Bisa di bagian frame, dekat setang, maupun di bagian belakang. Tinggal kita pilih mana yang disuka.

Botol minum sepeda juga beragam, kita bisa memilih dengan kualitas tertentu. Saya pribadi yang suka menggunakan mountain bike, melintasi jalan terjal, tanjakan, maupun turunan yang ekstrim, harus bisa memilih botol minum yang tahan banting. Pilihan saya jatuh pada botol minum dari Kalibre ini.

Produk ini berbahan plastik, dan sudah dilengkapi dengan karet silikon pelindung bocor sehingga aman saat terkena benturan ataupun jatuh dari sepeda. Selain itu, tidak banyak botol sepeda didesain khusus dengan mempunyai tali pegangan di bagian ujung. Tujuan tali ini adalah agar botol minuman yang kita gunakan tidak terjatuh saat minum sembari mengayuh sepeda.

Untuk saya yang terkadang tidak sengaja menjatuhkan botol saat minum sembari mengayuh pedal sepeda, produk dari Kalibre ini pas dan sesuai dengan kebutuhan saya. Asyiknya lagi, botol Kalibre ini cukup baik untuk menyimpan air mineral yang dingin.

CRONO MTB CX2

CRONO MTB CX2

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 3.708.000

Sepatu yang kuat dan tahan sobek

Sepatu yang digunakan untuk bersepeda tentunya berbeda dengan sepatu untuk olahraga seperti lari. Untuk sepatu sepeda, bagian bawahnya ada yang mempunyai cleat, ada juga yang tidak. Tergantung dari bagian pedal sepeda yang digunakan.

Saya pribadi lebih suka menggunakan sepatu yang ada cleat-nya. Tujuan cleat tersebut adalah untuk mengunci kala mengayuh pedal sepeda dengan kencang agar kaki tidak meleset saat mengayuh. Tidak semua pesepeda senang menggunakan sepatu yang dilengkapi dengan cleat karena hal ini perlu dibiasakan.

Selain itu, kita harus bisa memilih sepatu yang ringan namun tetap tahan sobek karena benturan atau terkena batu. Urusan sepatu saya lebih merekomendasikan CRONO CX2 MTB Shoes. Sepatu ini mempunyai bentuk yang nyaman untuk kaki dan bisa melindungi kaki dari benturan karena bahan yang digunakan berkualitas tinggi.

Selain itu, di bagian sepatu terdapat lubang-lubang kecil yang berguna sebagai sirkulasi udara. Untuk ukuran sepatu sepeda CRONO CX2 MTB Shoes, kita bisa memilih mulai dari 37 – 45. Hal ini memudahkan kita yang ingin memilih ukuran sepatu sepeda sesuai dengan panjang kaki.

GoPro Hero 6 

GoPro Hero 6

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 6.500.000

Kamera aksi yang tepat untuk merekam selama bersepeda

Bersepeda membuat kita terbatas dalam mendokumentasikan gambar atau merekam segala aktivitasnya. Salah satu item yang sebaiknya kita miliki adalah GoPro. GoPro menjadi benda yang sangat membantu pesepeda untuk merekam selama perjalanan. Hampir setiap pesepeda yang melakukan aktivitas bersepeda dengan jarak jauh menggunakan GoPro untuk dokumentasi.

Dengan bentuk kecil dan tahan banting, serta tahan berbagai cuaca, tentunya GoPro termasuk dalam item yang harus kita miliki ketika bersepeda. Kita bisa memasang GoPro pada setang depan maupun di atas helm sepeda menggunakan tripod khusus.

Pilihan GoPro yang paling tepat adalah GoPro Hero 6. Didesain dengan bentuk kecil dan tahan banting, kamera aksi ini banyak dipakai oleh para pesepeda untuk merekam kegiatan mereka. Urusan hasil rekaman dan foto, GoPro Hero 6 sudah sangat mumpuni.

Masih belum percaya? Baiklah, ini sedikit spesifikasi GoPro 6 Hero. GoPro ini mempunyai resolusi 12 megapixel serta 4K untuk merekam. Jadi, benda mungil ini mampu menghasilkan foto maupun rekaman yang kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Kesimpulan

Pada dasarnya, item-item yang diperlukan untuk bersepeda itu mirip. Hanya saja, bagi pencinta sepeda gunung, kita harus lebih mempersiapkan segalanya agar nantinya kegiatan bersepeda berjalan dengan lancar dan aman. Karena itu, sebelum kalian bersepeda menjelajah destinasi alam, kalian harus mempersiapkan semuanya dengan cermat. Salam Gowes!