12 Rekomendasi Item Penting Travelling dan Tips Packing Praktis

12 Rekomendasi Item Penting Travelling dan Tips Packing Praktis

Sebelum memulai traveling, saya biasanya akan melihat keperluan traveling saya berdasarkan situasi dan kondisi tempat yang akan dikunjungi. Misalnya medan jalan, transportasi, akomodasi, serta jenis tempat wisata yang akan dikunjungi sebab semua komponen tersebut bisa mempengaruhi isi ransel yang akan saya bawa. 

Biasanya, untuk traveling dalam waktu satu minggu, saya akan menyiapkan beberapa helai pakaian berbahan ringan serta perlengkapan lainnya. Sebisa mungkin saya akan membawa benda-benda traveling yang dibutuhkan. Selain akan membantu kita saat traveling, hal tersebut sekaligus untuk mengabadikan momen.


Creator Image
Deddy Huang
Tech enthusiast & travel blogger
  • Kalibre
    Metroplex 01


    Deddy Huang

    Sebagai traveller yang lebih menyukai ransel daripada koper, saya rasa wajib memiliki ransel dengan ukuran yang luas namun tetap stylish. Untuk lama waktu traveling 1 minggu, ransel ukuran 40 liter sudah lebih dari cukup untuk membawa 7 potong baju, 2 celana, 1 jaket, dan peralatan elektronik mulai dari laptop, kamera, dan kabel.

    Kalibre sebagai brand lokal, memiliki kualitas yang mampu bersaing. Desain ranselnya menarik dan inovatif sehingga untuk kita yang membawa beban berat tidak perlu khawatir sebab bagian punggungnya dilengkapi dengan back system jaring. Ransel Kalibre juga dilengkapi dengan cover bag untuk melindungi dari hujan atau dari para tangan jahil.

  • Herschel
    Little America Backpack


    Deddy Huang

    Walau sudah membawa carrier/ransel, tetap saja kita butuh satu tas lain sebagai daypack karena tidak mungkin membawa carrier ke mana-mana. Daypack sangat efektif menampung barang-barang penting saat menjelajah ke tempat-tempat baru. Meskipun berbahan tebal, ukuran daypack ini cukup ringan, dan mudah dilipat sehingga sangat ringkas. Kalian bisa memasukkan laptop, kamera, dan benda-benda kecil lainnya. Daypack pilihan saya ini lebih berdesain klasik sehingga bisa dibawa dalam situasi apapun.
  • Olympus
    OM-D E-M10 III Kit M. Zuiko 14-42mm EZ + 45 mm f 1.8 - Black


    Deddy Huang

    Momen perjalanan barangkali tidak bisa diulang kembali. Maka dari itu, abadikan tiap momen perjalanan kalian dengan menggunakan kamera. Jenis kamera yang cocok untuk traveller adalah kamera yang bobotnya ringan, yaitu kamera mirrorless. Selain bobotnya yang ringan, kualitas gambar yang dihasilkan juga tidak kalah seperti kamera DSLR.

    Teknologi kamera seperti Olympus sudah mendukung touchscreen dan 5 axis, yang akan menstabilkan hasil rekam video perjalanan atau foto kalian. Kamera jenis MFT ini juga mempunyai lensa yang kecil sehingga praktis untuk dibawa. Selain itu, desain bodi kameranya juga klasik.

  • GoPro
    Hero 6 Black 4K


    Deddy Huang

    Kamera aksi bisa digunakan untuk kegiatan-kegiatan ekstrim, seperti mendaki, menyelam, atau merekam momen yang membutuhkan jarak pandang lebih luas. Memiliki kamera aksi termasuk investasi jangka panjang untuk traveling. Produk dari GoPro ini bisa kalian gunakan di dalam air hingga ke kedalaman 10 meter tanpa housing. Kamera ini juga memiliki kemampuan hasil rekam video resolusi HD 4K, yang tentunya kualitas video yang dihasilkan pun lebih halus. Selain itu, produk ini juga telah didukung penstabil video.
  • TOR
    Mens Disposable Briefs Celana Dalam Pria Sekali Pakai


    Deddy Huang

    Celana dalam sekali pakai memang cocok untuk perjalanan jauh, olahraga, atau rawat inap. Penggunaan disposable underwear sama seperti pengunaan sehari-hari. Produk ini terbuat dari 100% polypropylene yang nyaman dan higienis untuk digunakan seharian. Saya biasanya membawa disposable underwear untuk mengurangi isi bobot tas sehingga tidak memberatkan sewaktu traveling. Celana dalam sekali pakai ini juga tersedia untuk wanita.
  • Skechers
    Elite Flex Men's Sneakers Shoes


    Deddy Huang

    Menjelajah ke tempat baru, biasanya kalian akan berjalan kaki satu hari penuh menyusuri lorong-lorong dan jalanan. Kaki akan merekam langkah jarak terjauh kita. Tentu saja kaki kita butuh alas yang nyaman, dan membuatnya mampu berjalan lebih jauh tanpa menciderai kaki.


    Investasi membeli sepatu yang berkualitas memang sangat penting. Carilah sepatu dengan bahan panel ventilasi rajut, untuk memberi ruang udara bagi kaki untuk bernafas. Selain itu, kelenturan sepatu juga menjadi poin penting. Menggunakan sepatu kets juga cocok untuk berbagai acara, baik formal atau informal sehingga saat traveling kita tidak perlu khawatir salah kostum.

  • DECATHLON
    Ultra compact microfibre towel size L 80 x 130 cm


    Deddy Huang

    Membawa handuk saat traveling kadang terasa sedikit merepotkan. Selain bobotnya yang berat, handuk juga keringnya tidak cepat. Saya menyukai handuk microfiber keluaran asal Perancis, yaitu Decathlon. Microfiber towel ini ukurannya compact, ringan, padat, dan mudah dibawa. Fungsi quick drying memang membuat handuk microfiber cepat kering setelah digunakan. Cukup diperas dan dianginkan saja, maka handuk sudah bisa digunakan kembali.
     

    Kemampuan microfiber dalam menyerap air efektif mengeringkan tubuh dengan cepat. Apalagi dalam hal perawatan, handuk microfiber tidak mudah robek, dan dapat dicuci dengan mesin. Handuk microfiber ini sangat cocok dibawa saat traveling atau bersantai di pantai. Selain itu, harga produk ini juga terjangkau.

  • Kao
    Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+ PA++++


    Deddy Huang

    Lindungilah kesehatan kulit kalian dari sengatan langsung matahari. Tanpa kita sadari, saat sedang melakukan aktivitas outdoor yang cukup lama, kulit tubuh kita langsung terkena sinar matahari. Begitu juga saat selesai snorkeling, biasanya kulit kita akan terbakar. Kandungan SPF 50+/PA dan Aqua Micro Capsule pada produk ini bisa menyerap cepat di kulit sekaligus menjaga kulit agar tetap lembap sepanjang hari. Ukurannya yang compact, praktis untuk dibawa ke mana saja.
  • Camou
    Flipflops


    Deddy Huang

    Saat pergi travelling, pastikan kita tidak lupa untuk membawa sandal cadangan yang nyaman. Bayangkan saja kalau sepanjang hari kita berjalan jauh dengan menggunakan sepatu dengan sirkulasi udara sedikit. Hal tersebut bisa menimbulkan bau pada kaki. 


    Selain kita membebani diri sendiri dan jalan-jalan menjadi kurang asik, maka daripada membuang uang saat traveling, ada baiknya membawa sandal jepit yang bisa digunakan saat sedang santai. Sandal jepit dari Camou ini terbuat dari bahan karet sehingga begitu nyaman saat dipakai. Selain itu, sandal ini juga aman saat digunakan di jalanan yang licin.

  • Uneed
    6 Ports Smart Charger


    Deddy Huang

    Saat malam ingin istirahat, biasanya kita akan mempersiapkan semua cadangan baterai perangkat elektronik. Membawa banyak kabel pengisi daya memang cukup membuat kita pusing, apalagi kalau jumlahnya banyak. Biasakan membawa smart travel charger dengan port yang sudah dilengkapi dengan Qualcomm Quick Charge 3.0.


    Produk ini memiliki fungsi pengisi daya baterai yang cepat, mampu mengisi semua perangkat elektronik saya lebih cepat sehingga besok paginya siap untuk digunakan kembali. Selain itu, travel charger ini juga memberikan garansi produk 1 tahun.

  • Dove
    Travel Pack


    Deddy Huang

    Dalam traveling, kita harus siap dalam segala kondisi dan situasi. Terkadang bisa saja kita harus mandi di bandara atau kamar hotel yang tidak menyediakan peralatan mandi dengan lengkap. Solusi praktisnya adalah membawa set perawatan tubuh pribadi yang hanya digunakan oleh kita sendiri. Mulai dari sampo, conditioner, sabun, facial bar, dan deodorant


    Saya menyukai set perawatan tubuh dari Dove ini karena aromanya yang wangi. Selain membuat tubuh saya jadi wangi, produk ini juga membuat badan saya terasa lebih segar setelah beraktivitas seharian. Selain lengkap, set perawatan tubuh ini juga dikemas dalam ukuran mungil, tidak lebih dari 100ml sehingga aman dibawa ke dalam kabin saat bepergian ke luar negeri.

  • Anker
    PowerCore A1263G22


    Deddy Huang

    Saat tengah asik berjalan, biasanya baterai ponsel menjadi lebih cepat boros karena sering digunakan mulai dari telepon, mencari jalan di Google Maps, atau kamera. Penggunaan aplikasi yang banyak sekaligus sinyal yang tidak kuat bisa saja membuat baterai ponsel lebih cepat terkuras. Bahaya sekali apabila saat sedang traveling ternyata perangkat elektronik kita kehabisan daya yang membuat kita jadi bingung karena data-data penting ada di dalam ponsel semua. Power bank menjadi penolong di saat genting, saat tidak menemukan arus listrik. 


    Pilihlah produk power bank yang memiliki ukuran yang sesuai dengan kebutuhan kalian, serta dilengkapi dengan fungsi lainnya. Saya memilih produk ini karena ukurannya yang 10000 mAh sehingga cocok untuk satu hari penuh. Selain itu, power bank ini juga telah memiliki banyak fitur di dalamnya, seperti memutuskan arus daya apabila sudah terisi penuh, serta yang mampu menjaga agar perangkat elektronik kita tidak rusak apabila digunakan terus menerus.

Deddy Huangのfavlist