Hobi: 9 Peralatan Bermain Musik Andalan Musisi Jepang Hiroaki Kato

Hobi: 9 Peralatan Bermain Musik Andalan Musisi Jepang Hiroaki Kato

Konnichiwa, saya Hiroaki Kato. Minna genki (apa kabar)? Selama ini, saya belum pernah memperkenalkan peralatan musik yang saya biasa gunakan. Karena itu, kali ini saya senang sekali bisa mendapat kesempatan untuk berbagi informasi tentang alat musik andalan saya. Semua produk ini telah membantu saya saat di panggung ataupun saat latihan.

 
Orang yang baru bermain musik maupun yang sudah menghasilkan uang sebagai musisi tentunya memiliki tantangannya sendiri-sendiri. Dari tantangan inilah kalian bisa terus maju dan berkembang ke tahap selanjutnya. Nah, peralatan musik yang digunakan bisa menjadi faktor penentu dalam mengatasi masalah tersebut. Karena itu, saya harap informasi peralatan musik dari saya dapat membuat kalian lebih termotivasi dan giat berkarya. Semoga bermanfaat!


Creator Image
Hiroaki Kato
Musisi
  • Canare
    Guitar Cable + Nitro Jack


    Hiroaki Kato

    Jika ingin bermusik menggunakan sound system, kabel adalah elemen yang sangat penting. Namun, biasanya kita pusing memilih produk yang tepat, apalagi jika memiliki budget yang terbatas. Saya paham banget dengan hal ini!


    Karena itu, saya mau merekomendasikan kabel dari Canare ini karena harganya terjangkau serta kualitasnya terjamin. Kalian yang baru mulai bermain musik ataupun yang sudah profesional pasti tidak akan kecewa dengan kualitas kabel ini.


    Karakter suara yang dihasilkan kabel ini adalah flat, tidak lebih dan tidak kurang. Berkat hal ini, kabel ini cocok digunakan untuk proses sound making karena memudahkan kita untuk memodifikasi sound sesuai selera.


    Sebenarnya, produk ini bukan hanya digunakan untuk gitar saja, tetapi juga untuk mic, bass, ataupun sound system. Saya jamin produk ini pasti praktis dan awet. Kebetulan, paket produk yang satu ini sudah dijual satu set dengan jack dari Nitro yang juga tidak kalah kualitasnya. 


    Kabel Canare sendiri merupakan salah satu produk yang tepercaya di Jepang. Bahkan, studio channel TV ternama di Jepang, NHK, juga menggunakan kabel ini, lho! 

  • LR BAGGS
    PARA DI Acoustic Guitar Preamp + DI


    Hiroaki Kato

    Salah satu tantangan musisi adalah bagaimana caranya agar kualitas sound tetap ideal meski menggunakan spesifikasi sound system yang berbeda-beda di lapangan. Situasi seperti ini memaksa musisi untuk beradaptasi dengan cepat.


    Untuk mengatasi hal tersebut, saya merekomendasikan produk ini. Produk ini dilengkapi dengan knop untuk mengatur bass, low-mid, high-mid, presence, dan treble. Berkat produk ini, kalian bisa mengatur sound sesuai dengan selera kalian. 


    Sound dari acoustic guitar yang terdengar setelah melalui preamp ini juga sangat keren kualitasnya! Terlebih lagi, produk ini juga dapat berfungsi sebagai stabilizer, equalizers, dan preamp sekaligus. Selain itu, ia juga dapat membuat kita terhindar dari bunyi dengung (howling). Howling sendiri sering terjadi ketika menggunakan acoustic guitar, baik dari amplifier maupun speaker. Intinya, produk ini worth it banget!

  • YAMAHA
    APX600


    Hiroaki Kato

    Saya merekomendasikan gitar acoustic-electric YAMAHA seri APX600 ini khusus buat kalian yang sedang bingung memilih gitar pertama. Gitar ini memiliki kualitas sound yang tentu saja sangat terjamin. Bahkan, saat tidak terhubung ke sound system pun suara natural gitar ini tetap terdengar indah.


    Dibandingkan body-nya yang terlihat compact, sound-nya jauh lebih tebal suaranya daripada yang kalian yang bayangkan, lho! Ditambah lagi, pickup-nya juga sangat berkualitas tinggi sehingga suara yang dihasilkan sangat bright dan jernih. 


    Sudah jelas bahwa kualitas YAMAHA tidak perlu diragukan lagi, ya. Namun, buat kalian yang kebetulan memiliki budget lebih dan ingin upgrade, menurut saya seri APX700 juga bisa jadi bahan pertimbangan.

  • Audio-Technica
    AE6100


    Hiroaki Kato

    Pemilihan microhone merupakan faktor penting yang menentukan kualitas performance vokalis. Sama seperti mic yang memiliki ciri khas masing-masing, vokalis juga memiliki suara unik yang berbeda-beda. Karena itu, sudah menjadi kewajiban setiap musisi untuk untuk mencari mic yang paling cocok sesuai karakter pemiliknya. Saya pribadi memilih produk dari Audio-Technica yang satu ini.


    Produk ini memiliki kemampuan menghasilkan suara yang sangat jernih di high-mid range. Musisi seperti saya yang bernyanyi sambil memainkan acoustic guitar pasti ingin jenis sound yang jernih dan indah. Karena itu, AE6100 ini merupakan mic andalan saya untuk tampil di panggung. 


    AE6100 ini juga sudah terbukti kualitasnya dan digunakan di salah satu festival musik ternama di Jepang, Summer Sonic. Audio-Technica sendiri merupakan official supplier untuk microphone di acara tersebut dan produknya banyak digemari artis ternama. Karena itu, kualitas dan toughness-nya tidak diragukan lagi, ya.

  • KORG
    Combo Turner Metronome


    Hiroaki Kato

    Practice makes perfect. Kalimat inilah yang memotivasi saya untuk rutin berlatih setiap hari agar kemampuan vokal dan gitar saya menjadi lebih baik lagi. Namun, jika caranya salah, sebanyak apa pun kalian berlatih hasil yang diinginkan tidak akan pernah tercapai. 


    Salah satu hal yang terkadang dilupakan musisi ketika berlatih adalah memakai metronom dan tuner. Saat bernyanyi ataupun bermain gitar, menyelaraskan irama dan pitch merupakan faktor yang sangat penting. Karena itu memiliki produk ini yang merupakan tuner sekaligus metronom sekaligus pastinya akan menguntungkan para musisi seperti saya.


    Selain itu, saya juga menyukai produk ini karena ia memiliki input kabel yang dapat digunakan ketika ingin menyetem gitar. Berkat produk ini, kalian dapat menyetem gitar dengan lebih presisi. Apalagi, produk ini mudah digunakan dan baterainya juga awet. Agar latihan kalian lebih efektif, yuk gunakan alat ini sebagai partner kalian!

  • KORG
    PitchCrow-G Clip-On Tuner


    Hiroaki Kato

    Saya punya pertanyaan buat kalian yang senang bermain gitar: Apakah ada di antara kalian yang belum memiliki tuner? Jika belum, inilah salah satu barang yang wajib kalian beli secepatnya! Ini karena gitar yang fals itu dapat merusak atmosfer performance kalian saat tampil! 


    Sebagus apa pun teknik yang kalian miliki, jika suara gitar yang dihasilkan fals, tentu hasilnya akan percuma. Karena itu, saya sangat merekomendasikan KORF PitchCrow-G yang satu ini! 


    Saya suka dengan produk ini karena ia sangat kecil dan ringan sehingga mudah dipasang di gitar. Selama dipasang pun, ia tidak akan mengganggu permainan kalian. Tune-nya juga sangat teliti dan presisi. Ditambah lagi, harganya juga cukup terjangkau. Dengan harga sekitar 200 ribu rupiah saja kalian dapat meningkatkan kualitas permainan musik, why not? 

  • Harman International Industries
    Harman Kardon Onyx Studio 5


    Hiroaki Kato

    Saya tahu bahwa zaman sekarang, kebanyakan dari kalian mendengar musik lewat handphone. Kebanyakan orang sering menggunakan headset dan menikmati lagu-lagu lewat aplikasi subscription music streaming service


    Namun, sebenarnya musik bisa terdengar lebih mewah jika kalian menggunakan speaker yang berkualitas. Menurut saya, pengalaman mendengar musik lewat speaker di ruangan itu bisa memperkaya kehidupan musik kalian, lho! 


    Speaker Harman Kardon Onyx Studio 5 ini memiliki kualitas yang sangat bagus, terutama untuk suara low-mid. Ketika kalian memakai speaker ini, kalian bisa mendengarkan detail musik baik dari instrumen maupun vokal yang selama ini tidak disadari. Selain itu, bentuknya juga stylish sehingga cocok dijadikan hiasan kamar.  

  • Dunlop
    TRIGGER® Capo Acoustic Curved Nickel


    Hiroaki Kato

    Capo adalah sebuah alat yang sederhana, tetapi sangat bermanfaat buat para pemain gitar. Ini karena produk ini dapat menurunkan atau menaikkan nada dasar tanpa harus mengubah tuning. Dengan begitu, kalian dapat tetap tetap mempertahankan cara bermain atau posisi jari di fret.


    Produk ini sangat bermanfaat terutama bagi kalian yang harus mengiringi orang dengan memakai gitar dengan key yang berubah-ubah. Capo sangat membantu mengubah nada dasar dengan cara yang gampang. 


    Ketika saya manggung, saya memakai Capo dari Dunlop yang satu ini karena produknya ringan, kuat, dan mudah dipasang. Saya suka dengan bentuknya yang seperti clip sehingga ketika dibutuhkan, saya bisa memasangnya dengan cepat. Saya sendiri telah memakai produk ini selama lebih dari lima tahun dan masih sangat bagus. Recommended!

  • Elixir
    Acoustic 80/20 Bronze with Nanoweb Coating


    Hiroaki Kato

    Sebenarnya, terdapat begitu banyak senar gitar yang ada di pasaran. Masing-masing merek memiliki spesifikasi serta karakter yang berbeda. Namun, kalau dilihat dari sudut pandang keawetan, pilihan terbaik menurut saya adalah senar dari Elixir ini. 


    Ini karena meski sudah dibiarkan begitu saja selama 2–3 bulan, bunyi dari senar ini masih tetap jernih. Menurut saya, ini semua berkat coating khusus dari Elixir yang memberikan perlindungan ekstra. Sangat sesuai dengan slogan mereka, great tone, long life.


    Meski harganya memang sedikit lebih mahal dibandingkan senar pada umumnya, tetapi dari segi ketahanan, produk ini jauh lebih unggul. Karena umurnya yang panjang, produk ini malah menurut saya lebih ekonomis dibanding merek lain yang lebih murah. Saya sendiri biasanya memakai varian Custom Light 011 - 052 80/20 Bronze NANOWEB atau Light 012 - 052 80/20 Bronze NANOWEB.