Perawatan hewan: 7 Produk Perawatan Ikan Cupang Rekomendasi Sendy Ariani

Perawatan hewan: 7 Produk Perawatan Ikan Cupang Rekomendasi Sendy Ariani

Di masa pandemi ini, banyak dari kita yang kerepotan menjalani aktivitas sehari-hari. Pekerjaan utama saya sebagai penyanyi juga ikut terganggu. Memang tidak dipungkiri bahwa masa pandemi ini membuat para pekerja di bidang seni kesulitan menemukan venue untuk tampil. Jika biasanya setiap minggu ada job menyanyi di luar kota, karena pandemi ini, saya terpaksa menghentikan jadwal tampil saya. Benar-benar memusingkan!


Karena sempat stres akibat pandemi ini, akhirnya saya memutuskan untuk mencari hobi baru. Saya kemudain mencoba hobi memelihara ikan cupang sebagai pereda hati yang stres. Ternyata, hobi ini malah menjadi sumber penghasilan yang tidak diduga-duga. Karena sudah berpengalaman sekitar delapan bulan menekuni hobi ini, kali ini saya akan membagikan produk-produk yang saya gunakan ke kalian. Yuk, silakan disimak!


Creator Image
Sendy Ariani
Singer & influencer
  • AOG
    General Tonic


    Sendy Ariani

    Ketika berbicara tentang ikan cupang, banyak yang berpikir bahwa memelihara ikan ini cukup mudah dan tidak repot. Ya, memang memelihara ikan ini tidak terlalu repot. Namun, sama seperti makhluk hidup lainnya, ikan cupang pun bisa sakit dan butuh nutrisi juga.


    Nah, AOG ini salah satu cairan rekomendasi saya yang bisa mencegah dan juga mengatasi beberapa penyakit ikan cupang. Dengan cairan ini, ikan kalian bisa terhindar dari berbagai penyakit seperti velvet, white spot, fin root, dan fungus


    Untuk pemula yang baru mulai merawat ikan cupang, saya sangat menyarankan kalian untuk beli ini! Cara pemakaiannya mudah, kalian hanya perlu meneteskan 1–2 tetes di akuarium. 


    Berdasarkan pengalaman saya, obat ini juga bisa membuat ikan kalian lebih energik. Selain itu, AOG ini bisa juga kalian campur dengan kandungan pengobatan lain untuk ikan cupang seperti obat biru atau daun ketapang.

  • Cupang Idol
    Obat Hijau


    Sendy Ariani

    Seperti yang sudah saya jelaskan, awalnya saya hanya hobi merawat ikan cupang. Namun, siapa sangka bahwa hobi ini akhirnya menjadi ladang bisnis. Cupang Idol ini merupakan merek yang saya dirikan bersama Jessica Veranda dan kak Nikita. Produk perawatan ini merupakan salah satu obat untuk ikan cupang racikan kami. 


    Apa sih kegunaan produk ini? Dengan menggunakan produk ini, kalian bisa mengobati ikan yang lemas atau sakit. Kandungannya terbukti aman dan efektif mengobati kondisi ikan cupang yang tidak fit.


    Tentu saja saya telah mencoba produk ini pada ikan miliki kami bertiga yang berjenis Halfmoon. Karena cuaca atau air yang kurang bagus, ekor ikan cupang kami sering terlihat tidak bagus. Kejadian ini sering juga disebut sebagai kondisi ekor yang kuncup. 


    Untungnya, setelah memberikan obat ini, Halfmoon kami menjadi lebih sehat. Untuk menggunakannya, kalian cukup teteskan 1–2 tetes obat hijau di akuarium ikan cupang dari ketinggian 5 cm. 


    Jangan lupa untuk tidak memberi makan ikan kalian terlebih dahulu agar obatnya lebih efektif bekerja. Cara ini terbukti ampuh untuk menyelamatkan Halfmoon dari ekor yang kuncup.

  • Cupang Idol
    Baby Shrimp Premium


    Sendy Ariani

    Ikan cupang juga tentunya butuh nutrisi yang didapatkan dari makanan yang tepat. Karena itu, kalian tidak bisa memberi makan ikan dengan sembarangan, ya. Untuk itu, saya ingin merekomendasikan produk baby shrimp dari Cupang Idol. 


    Sebenarnya, apa manfaat baby shrimp untuk ikan cupang? Nah, makanan ini sebenarnya efektif untuk meningkatkan pesona warna dari si ikan cupang tersebut. Tentunya ini juga menambah daya tarik ikan cupang yang memang terkenal akan keindahan warnanya. 


    Meski makanan ini penuh nutrisi, kalian tetap tidak boleh memberi makan ikan cupang dengan berlebihan. Ini karena baby shrimp yang tersisa di akuarium bisa menjadi racun untuk ikan kalian. Beri makan si cupang dengan secukupnya saja, ya!

  • Tarombo Betta
    Daun Ketapang


    Sendy Ariani

    Tahukah kalian bahwa daun ketapang sangat penting jika kalian memelihara ikan cupang? Daun ketapang kering yang dimasukkan ke dalam air akan mengubah warna air menjadi kecokelatan. Ini karena daun tersebut akan mengeluarkan zat asam bernama tanin. 


    Tanin sendiri digunakan untuk menurunkan pH air dan juga menjaga ikan cupang dari jamur dan bakteri. Selain itu, kandungan ini juga dapat membantu untuk mengobati masalah ikan yang diakibatkan oleh jamur dan bakteri, seperti pembusukan sirip. Jadi, daun ketapang jelas merupakan produk penting buat kalian yang ingin memelihara cupang!


    Walaupun secara penampilan airnya terlihat kurang cantik, kalian tidak perlu khawatir. Sebab, perubahan warna air tidak berbahaya untuk peliharaan kalian. Perubahan ini malah sebenarnya sangat bermanfaat bagi ikan cupang karena dapat mengurangi stres. Ikan cupang akan merasa berada di dalam habitatnya berkat perubahan warna ini. 


    Sebagai seseorang yang hobi memelihara cupang, saya sudah menerapkan trik ini sejak lama. Saya rutin memasukkan daun ketapang ke dalam akuarium ikan cupang saya. Jangan sampai kalian lupa untuk menerapkan hal ini. Jika terlewat sehari saja, ikan bisa kembali stres. Jadi, kalian harus ekstra hati-hati, ya. 

  • Strong


    Sendy Ariani

    Produk ini adalah salah satu produk perawatan tambahan untuk ikan cupang. Selain membuat ikan lebih sehat, produk ini dapat menjadikan agar tulang dan ekor mereka lebih kuat. 


    Kelebihan lainnya adalah obat ini dapat membunuh atau mencegah tumbuhnya jamur dan parasit pada air. Selain itu, ia juga dapat menstabilkan pH air dan mengatasi masalah white spot. Uniknya lagi, produk ini dapat mencegah dan mengatasi stres pada ikan. Produk ini juga dapat membantu mempercepat pemulihan ekor ikan yang sobek atau kuncup, lho! 


    Ditambah lagi, produk ini memiliki kadar oksigen yang tinggi sehingga sangat cocok untuk ikan kalian. Namun kalian tidak boleh lupa untuk tidak memberikan terlalu banyak jenis obat kepada ikan. Pastikan kalian hanya menggunakan satu merek produk saja di satu akuariumnya. Ini karena kalau terlalu sering mencampur atau berganti produk, bukannya sehat, tetapi ikan kalian pasti stres. 

  • Bubuk Kayu Secang


    Sendy Ariani

    Secang? Iya, kalian boleh kok memberikan ikan cupang favorit kalian bubuk secang. Secang dikenal efektif untuk memperbaiki ekor ikan yang robek dan merawat ikan sakit. Namun, sebaiknya jangan terlalu sering memberikan secang, ya. 


    Produk ini tersedia dalam beberapa varian, ada yang berbentuk bubuk, ada juga yang merupakan secang utuh sehingga harus direbus dahulu. Biasanya, sebagai persiapan terhadap kondisi ikan yang menurun di musim hujan, saya mencampurkan secang dengan daun ketapang. 


    Untuk memakai secang, kalian bisa merebusnya terlebih dahulu lalu menyaring airnya. Tuangkan airnya ke akuarium secukupnya. Jangan lupa juga untuk memasukkan garam ikan juga untuk membunuh bakteri, ya. Biasanya, ikan yang happy dengan racikan airnya akan membuat gelembung yang banyak. Selamat mencoba!

  • Nisshin Marubeni Shiryo
    Mizuho Utsukushi High Quality Goldfish


    Sendy Ariani

    Sama seperti manusia, ikan juga bisa bosan dengan makanan yang sama terus, lho! Kalau ikan kalian bosan dengan baby shrimp, kalian bisa beri pakan merek Mizuho yang satu ini. Saya sendiri menggunakan produk ini karena kualitasnya baik dan cocok dijadikan selingan pakan hidup atau baby shrimp


    Pelet ini sendiri merupakan tipe pelet tenggelam. Ukurannya sendiri sebesar 2,2 mm dan memiliki kadar protein sebesar 48%. Karena itu, ia dapat menjaga dan meningkatkan warna ikan cupang kalian.  


    Sama dengan pemberian pakan lainnya, jangan berlebihan saat memberikan produk ini ke peliharaan kalian, ya. Biasanya saya memberikan lima butir saja di pagi dan sore.


    Selain, itu, jangan sampai ada sisa pelet di akuarium, ya. Ini karena sisa pelet dapat menyebabkan air akuarium menjadi kotor dan beracun. Apabila ada sisa pelet, segera ambil dengan pipet karena makanan yang tersisa dapat sangat berbahaya bagi ikan.