7 Rekomendasi Bumbu Praktis Khas Jepang agar Memasak Lebih Mudah

7 Rekomendasi Bumbu Praktis Khas Jepang agar Memasak Lebih Mudah

Saya sudah tertarik dengan kegiatan memasak sejak zaman sekolah. Ini karena memasak adalah kegiatan yang menyenangkan bagi saya. Menurut saya, memasak merupakan salah satu bentuk ungkapan kasih serta perhatian. Dengan memasak sendiri, saya bisa memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi keluarga lebih bersih dan sehat. Tentu saja, memasak di rumah juga menjadi sebuah cara untuk menghemat biaya.


Namun, kegiatan menyenangkan seperti memasak pun bisa menjadi masalah jika memiliki waktu terbatas. Apalagi jika tinggal di luar negeri tanpa asisten rumah tangga ataupun keluarga yang dapat membantu, waktu untuk memasak pun lebih sedikit. Nah, dalam kesempatan ini saya akan merekomendasikan bumbu-bumbu praktis khas Jepang yang sangat membantu saya untuk memasak ketika sedang tidak ada waktu. Yuk, simak bumbu-bumbu andalan saya!


Creator Image
Inov Pelawi
Cooking influencer
  • House Foods
    Vermont Curry


    Inov Pelawi

    Vermont Curry adalah salah satu bumbu praktis yang selalu ada di dapur saya. Selain proses mengolahnya mudah dan cepat, anak-anak saya juga kebetulan sangat menyukai kare. Ketika usia mereka sekitar satu setengah tahun, saya mencoba memasak kare untuk mereka dan produk ini menjadi salah satu curry roux favorit. 


    Kombinasi rasa manis dengan sedikit rasa pedas yang mild membuatnya bisa dikonsumsi oleh anak-anak. Selain itu, campuran madu dan apel membuat rasa kare yang dihasilkan ringan dan yummy


    Saya memasak curry roux ini dengan berbagai macam sayur seperti wortel, brokoli, dan kentang. Biasanya, saya juga memasukkan daging ataupun seafood ke dalamnya, seperti ayam, sapi, atau bahkan udang.


    Bagi saya, produk ini benar-benar menjadi penolong saya saat sedang kepepet. Curry roux ini benar-benar membantu apalagi ketika anak-anak merengek karena lapar dan saya tidak ada waktu untuk membuat makanan yang ribet.

  • Kikkoman
    All Purpose Soy Sauce


    Inov Pelawi

    Shoyu atau kecap asin dari Kikkoman ini menurut saya memiliki rasa umami atau gurih yang jelas. Nah, rasa umami inilah yang menjadikan cita rasa makanan menjadi lebih spesial. Di rumah saya, penggunaan shoyu Kikkoman saat membuat nasi goreng untuk anak pertama saya adalah sebuah hukum yang wajib ditaati. 


    Lho, ada apa dengan penggunaan shoyu? Anak saya akan langsung tahu jika nasi gorengnya tidak dibumbui dengan shoyu, padahal anak laki-laki saya itu baru berumur 7 tahun. Kebayang tidak betapa spesialnya rasa yang diciptakan oleh shoyu ini? Inilah bumbu spesial yang kalian butuhkan untuk rasa makanan yang lezat!

  • Kikkoman
    Mirin Halal


    Inov Pelawi

    Mirin merupakan bumbu dari beras ketan yang dikukus dan dicampur dengan ragi. Secara tradisional, pembuatan mirin memerlukan shōchū, semacam arak atau alkohol yang membantu proses fermentasinya. Setelah itu, campuran tersebut akan didiamkan dalam waktu yang cukup lama hingga menjadi mirin. 


    Karena dalam proses pembuatannya menggunakan alkohol, mirin bisa dibilang tidak halal. Namun, saat ini Kikkoman mengeluarkan mirin versi halal yang dapat dibeli dengan murah di Indonesia! Dalam olahan masakan Jepang, mirin biasanya dipakai bersama dengan campuran bumbu lainnya. 


    Salah satu cara penggunaan mirin adalah mencampurnya dengan beragam saus. Biasanya, saya mencampurnya dengan saus untuk tempura (tentsuyu), saus teriyaki, dan lain-lain. Mirin sangat ampuh untuk menghilangkan bau amis pada masakan tertentu seperti ikan. Selain itu, mirin pun bisa menambah rasa manis pada makanan dan membuat makanan menjadi lebih harum.

  • Kewpie
    Mayonais Original


    Inov Pelawi

    Produk ini memiliki rasa yang sangat rich dengan sedikit hint manis yang lembut. Ditambah lagi, teksturnya sangat creamy sehingga membuat mayones Kewpie ini menjadi sangat spesial. Karena cita rasanya yang nikmat, produk ini menjadi bumbu favorit kami sekeluarga, terutama anak-anak saya.


    Mayones Kewpie ini sangat cocok untuk melengkapi makanan ringan gorengan seperti tempura, katsu, karage, chicken crispy, dan kentang goreng. Menu-menu tersebut tersedia dalam bentuk frozen food dan selalu menjadi andalan saya saat menyiapkan makanan untuk anak. 


    Saat waktu memasak terbatas, saya cukup mengeluarkan salah satu frozen food dari kulkas, goreng, dan hidangkan dengan mayones dari Kewpie. Tidak lupa juga, saya tambahkan salad dengan sedikit topping mayones di atasnya. Sudah dapat dipastikan bahwa anak-anak saya akan makan menu tersebut dengan cepat dan happy.

  • Kadoya Sesame Mills
    Kadoya no Jyunsei Goma Abura Minyak Wijen


    Inov Pelawi

    Bisa dibilang bahwa berbagai macam tumisan yang saya buat sering kali dibumbui dengan minyak wijen yang satu ini. Tinggal di luar negeri tanpa memiliki asisten rumah tangga membuat saya sibuk karena harus mengerjakan semuanya sendiri. 


    Saya memilih membuat tumisan daging dan sayur yang simpel ketika waktu memasak sangat terbatas. Dengan menuangkan sedikit minyak wijen Kadoya ini, makanan jadi memiliki cita rasa yang unik. 


    Aroma wijennya yang khas menghasilkan cita rasa unik seperti makanan terbakar yang menurut saya sangat menggugah selera. Saya juga sering menggunakan produk ini untuk salad dan saus. Berkat produk ini, saya dapat tetap makan makanan sehat dan enak meski memiliki waktu yang terbatas.

  • SHIMAYA
    Dashi-no-Moto Granule Type


    Inov Pelawi

    Dashi bisa dibilang sebagai kaldu yang menjadi bahan dasar dari semua masakan tradisional Jepang. Karena hal ini, dashi sering disebut sebagai "nyawa dalam masakan" di Jepang. Pada dasarnya, dashi terbuat dari tiga bahan utama: kombu (rumput laut), katsuobushi (ikan cakalang serut), dan air. 


    Semua bahan ini direbus hingga menghasilkan rasa kaldu yang gurih. Kedua anak saya sangat suka udon dan ketika diajak makan ke luar, biasanya mereka akan memilih untuk makan udon. Nah, ketika mereka ingin makan udon di rumah, produk dashi yang saya pakai untuk membuat kuah udonnya adalah SHIMAYA Dashi-no-Moto.


    Menurut saya, bumbu ini mampu menghasilkan rasa gurih alami yang sangat saya sukai. Selain untuk kuah udon, saya juga menggunakan produk ini untuk membuat kuah soba dan masakan berkuah lainnya. 

  • EBARA
    Yakiniku no Tare Saus Yakiniku


    Inov Pelawi

    Bukan hanya enak, saus yakiniku dari EBARA ini menurut saya memiliki perpaduan rasa manis dan gurih shoyu yang khas dan sangat spesial. Untuk membuat yakiniku, biasanya daging sapi, ayam, atau bahkan seafood yang diiris tipis akan dicelupkan di saus ini sebelum dipanggang.


    Untuk saya pribadi, saya akan mencelupkan kembali daging yang sudah dipanggang ke saus ini. Dengan begitu, saya bisa mendapatkan cita rasa daging yang lebih mantap dan tegas. So yummy!


    Selain sebagai saus untuk yakiniku, saya juga menggunakan produk ini sebagai bumbu tambahan untuk membuat mi goreng atau bahkan nasi goreng. Hanya dengan sedikit tambahan saus ini, rasa mi dan nasi goreng akan menjadi jauh berbeda. Tertarik untuk memilikinya?