Buat Ruang Kerja Selama WFH Lebih Nyaman dengan 8 Produk Rekomendasi Ini!

Buat Ruang Kerja Selama WFH Lebih Nyaman dengan 8 Produk Rekomendasi Ini!

COVID-19 telah mengubah banyak kebiasaan masyarakat selama setahun lebih ini. Tahun 2021 pun masih banyak perusahaan yang menginstruksikan karyawannya untuk berkerja dari rumah, atau work from home (WFH), untuk mencegah penyebaran virus korona. Agar rumah dapat menjadi tempat bekerja yang memadai, tentunya kalian memerlukan beberapa produk penunjang. Tidak hanya komputer dan koneksi internet saja, kadang kita membutuhkan ruangan khusus agar bisa fokus saat bekerja.


Setelah setahun lebih bekerja dari rumah, sebagian orang mungkin mulai merasa jenuh dan menjadi kurang fokus saat bekerja. Untuk menghilangkan rasa jenuh tersebut, mungkin kalian perlu menata ruang kerja agar menciptakan suasana baru yang lebih nyaman dan menyenangkan. Berikut daftar barang-barang penunjang yang dapat membantu kalian agar tetap produktif ketika WFH.


Creator Image
Viviyona Apriani
Lifestyle influencer & interior designer
  • Up Space
    Kira Lazy Chair


    Viviyona Apriani

    Ketika bekerja, kalian tidak harus selalu terpaku di meja dan kursi yang tegak selama berjam-jam, lho! Duduk lesehan dengan menggunakan lazy chair bisa menjadi salah satu pilihan. Selain lebih nyaman, kalian juga bisa bebas bekerja di area mana pun di rumah karena kursi lesehan juga mudah dipindah-pindahkan.


    Untuk lazy chair, saya merekomendasikan produk Kira Lazy Chair dari Up Space ini. Dengan ukurannya yang compact, yaitu 50 cm x 55 cm x 55 cm, kursi ini bisa menjadi salah satu pilihan kalian untuk bekerja dengan santai di rumah.


    Hal yang paling saya suka dari lazy chair ini adalah sandarannya yang bisa diatur hingga delapan posisi kemiringan. Dengan begitu, kalian dapat dengan mudah mengatur posisi duduk yang nyaman saat sedang bekerja.

  • Coretech Metalix
    Meja Laptop Lipat


    Viviyona Apriani

    Bekerja tanpa harus terpaku di satu tempat tentunya akan sangat menyenangkan. Untuk mendukung gaya bekerja seperti itu, kita memerlukan meja yang mudah dipindah-pindahkan. Karena itu, saya merekomendasikan meja portable yang satu ini.


    Meja ini bisa menjadi pelengkap lazy chair untuk mempermudah kegiatan WFH kalian. Selain mudah untuk dipindahkan, kaki meja ini berbahan dasar besi sehingga lebih awet dan tahan lama. Kaki tersebut juga dapat dilipat sehingga memudah penyimanan saat meja tidak digunakan.


    Bagian atas meja ini juga dapat diatur tingkat kemiringannya agar kalian bisa menggunakan laptop dengan lebih nyaman. Ketika dimiringkan, kalian tidak usah khawatir laptop akan jatuh karena terdapat pengganjal di bagian ujung meja. Produk ini juga tersedia dalam beberapa pilihan warna, yaitu hitam, biru, dan merah. Kalian bisa menyesuaikannya dengan selera dan suasana ruang kerja.

  • 99K HOME
    DIY Peg Board House Storage Shelves Home Decor Wall


    Viviyona Apriani

    Pegboard bisa menjadi alternatif untuk memanfaatkan dinding sebagai tempat penyimpanan. Saya sendiri menggunakan paket do-it-yourself (DIY) dari 99K HOME yang sudah dilengkapi dua rak ambalan dan gantungan ini. Kita bisa menggunakannya untuk meletakkan kunci, jam tangan, dekorasi tanaman, dan sebagainya.


    Pemasangannya sendiri sangatlah mudah karena tidak memerlukan paku. Karena itu, kalian juga tidak perlu melubangi dinding. Pegboard plastik berukuran 22 cm x 22 cm ini juga cukup ringan dan dapat dipasang dengan perekat yang sudah disediakan. Agar pegboard dapat menempel dengan maksimal, pastikan kalian menekannya dengan kuat ke dinding, ya.


    Saya juga menyarankan agar kalian membeli pegboard ini beberapa lembar sekaligus agar tampilan dan kegunaannya lebih maksimal. Selain itu, produk ini tersedia dalam beberapa pilihan warna sehingga bisa menjadi aksen unik di dinding ruang kerja kalian.

  • ACOME
    Speaker Bluetooth 5.0


    Viviyona Apriani

    Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik saat bekerja bisa memberikan banyak manfaat. Dengan mendengarkan musik, kalian dapat meningkatkan daya kreativitas, mengurangi stres, memperbaiki mood, dan merangsang otak untuk bekerja lebih cepat. 


    Tentunya semua manfaat tersebut akan meningkatkan produktivitas kita saat bekerja. Selain headset dan headphone, speaker Bluetooth bisa menjadi teman ketika bekerja di ruang kerja. Untuk itu, saya merekomendasikan speaker Bluetooth dari ACOME ini. 


    Selain untuk mendengarkan musik, speaker ini memiliki banyak fungsi lainnya yang juga dibutuhkan ketika WFH. Produk ini dilengkapi dengan layar LED yang bisa menunjukkan waktu dan menampilkan suhu ruangan. Layar ini juga memiliki tampilan seperti cermin dan bisa digunakan untuk berkaca.


    Ditambah lagi, produk ini juga memiliki fitur smart alarm sebagai pengingat waktu saat bekerja. Dengan speaker ini, kalian juga bisa mendengarkan siaran radio FM favorit saat beristirahat.


    Untuk sekali pengisian daya, kalian akan memerlukan waktu kurang lebih tiga jam. Baterainya sendiri tahan digunakan sekitar 5 jam untuk memutar musik nonstop.

  • AOKI
    Lampu Belajar Sentuh


    Viviyona Apriani

    Saat berkerja, tentunya kita membutuhkan penerangan ruangan yang baik. Terkadang, di siang hari pun mata kita tetap membutuhkan penerangan tambahan untuk membantu melihat objek yang detail. Hal ini penting sekali, apalagi ketika sedang membaca, menggambar, mendesain, dan melakukan hal lainnya.


    Dibandingkan lampu fluorescent, konsumsi listrik pada lampu LED lebih rendah. Lampu belajar LED dari AOKI ini bisa menjadi salah satu pilihan kalian untuk diletakkan di meja kerja. Dengan desain yang fleksibel, leher lampu ini dapat ditekuk dan dibentuk sesuai keinginan.


    Lampu ini juga bisa diisi dayanya dengan menggunakan plug USB. Karena itu, kalian dapat mengisi ulang baterainya dengan menghubungkannya ke laptop atau power bank. Selain itu, lampu ini juga didesain dengan bentuk yang unik sehingga bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan alat tulis. Praktis, bukan?

  • Kova
    Enchanted Humidifier Diffuser


    Viviyona Apriani

    Ketika harus bekerja dari rumah, tentunya kita menginginkan suasana yang nyaman agar mudah fokus pada pekerjaan. Aroma terbukti memiliki pengaruh dalam menentukan emosi seseorang. Dengan memanfaatkan aroma yang segar ketika bekerja, kalian bisa memperbaiki mood agar terhindar dari stres.


    Nah, humidifier atau diffuser dari Kova ini bisa kalian taruh di sudut ruangan sebagai sumber pengharum untuk area kerja. Dengan desainnya yang bermotif kayu, diffuser ini juga bisa menjadi dekorasi manis untuk mempercantik ruang kerja kalian.


    Untuk menyalakan dan mematikannya, diffuser ini dilengkapi dengan layar touch screen. Terdapat empat pengaturan waktu, yaitu satu jam, tiga jam, enam jam, serta mode yang membiarkan diffuser terus menyala hingga air habis. Bagi kalian yang ingin mengurangi stres ketika bekerja, alat ini bisa menjadi solusinya!

  • Hōmu Living
    Storage Box Stool


    Viviyona Apriani

    Ruang kerja dengan ukuran terbatas yang dipenuhi dengan barang-barang berserakan tentunya bisa memengaruhi pergerakan kita saat bekerja. Untuk mengakalinya, kita memerlukan siasat khusus seperti menempatkan kabinet penyimpanan atau storage agar barang-barang bisa tertata dengan rapi.


    Storage box stool ini mungkin bisa menjadi salah satu solusinya. Kotak penyimpanan 2-in-1 ini dapat kalian gunakan untuk menyimpan berbagai keperluan perlengkapan ruang kerja. Selain itu, produk ini juga dapat difungsikan sebagai tempat duduk (stool) untuk bekerja ataupun bersantai.


    Storage box ini tersedia dalam beberapa pilihan ukuran, yaitu small series dengan ukuran 30 cm x 30 cm x 30 cm, dan large series berukuran 50 cm x 30 cm x 30 cm. Pilihlah ukuran yang sesuai dengan kebutuhan ruang kerja kalian.

  • IKEA
    DRÖNJÖNS Pengatur Meja Kerja


    Viviyona Apriani

    Meja yang berantakan tentunya akan mengganggu kenyamanan dan menyusahkan kalian saat sedang bekerja. Ditambah lagi, kalian akan kesulitan mencari barang dan membuang banyak waktu jika tidak menyimpan perlengkapan dengan rapi.


    Solusinya adalah dengan menggunakan pengatur meja kerja dari IKEA yang satu ini. Produk ini bisa membantu kalian mengatur dan meletakkan dokumen, buku, alat tulis, dan kabel USB yang sering digunakan.


    Jika kalian menata barang-barang menggunakan produk ini, tentunya meja kerja akan terlihat lebih rapi. Selain itu, kalian jadi bisa menemukan barang-barang yang dibutuhkan dengan lebih mudah dan cepat.


    Dengan ukuran 25 cm x 20 cm x 20 cm, rak penyimpanan berbahan dasar besi putih ini memiliki beberapa tingkatan yang dilengkapi dengan rak kecil. Karena itu, kalian dapat menyimpan cukup banyak barang di dalamnya. Produk ini benar-benar pilihan tepat untuk membantu kalian menata meja kerja agar lebih teratur.

Viviyona Aprianiのfavlist