10 Rekomendasi Produk Penunjang untuk Menulis Microblog di Instagram

10 Rekomendasi Produk Penunjang untuk Menulis Microblog di Instagram

Kalian punya kebiasaan menulis artikel di blog atau media sosial? Kalau belum, kalian harus coba memulainya! Faktanya, selain bermanfaat untuk mengasah kemampuan mengekspresikan gagasan atau ide, ternyata menulis juga dapat meningkatkan daya ingat, lho! Menulis juga merupakan media yang efektif untuk menuangkan perasaan dan memperbaiki suasana hati.

Eits, tidak perlu takut membuat posting-an tulisan pertama kalian. Ini karena memang tidak ada karya pertama yang langsung memiliki hasil bagus, kok. Hal yang terpenting adalah kemauan kita untuk terus berproses, ya. Nah, sebagai referensi kalian untuk mulai menulis, saya bakal memberi tahu tools yang saya pakai untuk menunjang produktivitas saya sebagai microblogger. Let's go!


Creator Image
Yudhi Vernando
Microblogger
  • Apple
    MacBook Pro 13″


    Yudhi Vernando

    Sebagai seorang penulis, ide biasanya akan terlintas di mana pun dan kapan pun. Oleh karena itu, saya membutuhkan laptop dengan daya tahan baterai yang kuat untuk menunjang kebutuhan menulis. 


    Memang, sudah sangat banyak produk laptop dari berbagai merek yang menawarkan daya tahan baterai yang luar biasa. Namun, biasanya produk tersebut memiliki bobot dan ukuran yang sangat besar sehingga kurang cocok bagi saya yang sering menulis ketika sedang bepergian. 


    Selain ramping, produk dari Apple yang satu ini merupakan laptop pertama yang menggunakan chipset buatan Apple sendiri. Chipset ini diklaim memiliki performa 2,8 kali lebih cepat dari generasi sebelumnya. 


    Selain itu baterai laptop ini mampu bertahan hingga dua puluh satu jam. Karena itu, saya dapat membawa laptop ini pergi tanpa khawatir akan kehabisan daya. Berkat berbagai kelebihan yang ditawarkan laptop ini, saya dapat menjadi lebih produktif menulis, di mana pun dan kapan pun.

  • Logitech
    Bluetooth Mouse


    Yudhi Vernando

    Setelah memiliki laptop yang mumpuni, kini saatnya kalian memiliki aksesori yang dapat menunjang kinerja laptop tersebut. Salah satu aksesori yang penting menurut saya adalah mouse. Ini karena saya merupakan orang yang tidak terlalu suka bekerja dengan laptop tanpa mouse. 


    Nah, kebanyakan orang yang memiliki MacBook Pro mungkin akan memilih mouse orisinal dari merek Apple. Memang, saya akui bahwa mouse tersebut memiliki desain yang elegan dan fitur yang terintegrasi dengan laptop mereka. Namun, bagi saya mouse orisinal dari Apple memiliki desain dengan genggaman yang terlalu rendah sehingga membuat tangan cepat pegal. 


    Maka dari itu, saya mencoba untuk mencari mouse wireless dengan ukuran yang pas di tangan saya. Akhirnya, saya memilih Bluetooth Mouse M337 dari Logitech. Selain ukurannya yang ringkas dan nyaman digenggam, produk ini memiliki kualitas yang sebanding dengan harganya. 


    Berkat fitur Bluetooth dari mouse ini, saya dapat menggerakkan mouse dengan leluasaSelain itu, saya tidak perlu khawatir akan kehilangan koneksi karena produk ini memiliki jangkauan wireless hingga 10 meter.


    Hal berikutnya yang membuat saya nyaman menggunakan mouse ini adalah sensornya yang dapat digunakan di berbagai permukaan tanpa perlu menggunakan mousepad. Ditambah lagi, produk ini memiliki kontrol navigasi yang mempermudah saya untuk melakukan fungsi backward dan forward history di browser.

  • TAGETTO COFFEE
    Kopi Arabika Aceh Gayo


    Yudhi Vernando

    Hampir setiap pekerja di bidang kreatif senang menyeruput kopi. Di samping khasiatnya untuk menghilangkan kantuk ketika sedang mencari ide, aroma kopi bisa membuat saya berpikir lebih kreatif dan menjadi lebih fokus. 


    Saya biasa memilih kopi jenis Arabika Gayo untuk menjadi teman ketika sedang menulis. Ini karena varian ini sangat cocok untuk perut saya yang sensitif. Selain itu, rasanya yang khas dan tidak terlalu pahit memberikan saya energi tambahan ketika sedang suntuk menulis. 


    Kopi ini bisa dinikmati baik dalam kondisi dingin ataupun panas. Namun, menurut saya kopi ini lebih nikmat disajikan dalam kondisi panas, apalagi ketika cuaca sedang hujan. Selain berkhasiat untuk mengusir kantuk, kopi Arabika Gayo juga memberikan kenikmatan yang luar biasa di setiap seduhannya.

  • Harman Kardon
    Onyx Studio 5


    Yudhi Vernando

    Musik adalah salah satu sumber inspirasi saya saat menulis. Alunan musik selalu bisa meningkatkan mood dan menjadikan saya lebih fokus. Saat di tengah keramaian, saya sudah cukup puas dengan teknologi sound bawaan dari laptop MacBook Pro yang saya gunakan. Namun, ketika sedang berada di rumah ataupun kamar, biasanya saya membutuhkan dentuman suara yang powerful untuk menemani saya melepas stres.


    Untuk melepas rasa lelah dan stres, biasanya saya akan berdendang dan menyanyikan lagu-lagu yang saya suka dengan iringan suara yang keras. Oleh karena itu, saya biasa menggunakan Bluetooth speaker portabel Onyx Studio 5 untuk memutar alunan musik yang menemani saya. Produk ini sangat berguna, apalagi di masa seperti ini ketika saya lebih banyak menghabiskan waktu di rumah.


    Selain memiliki suara yang besar, sound quality yang disajikan oleh speaker ini sangat pas buat saya. Sound signature dari speaker ini memiliki bentuk V-shape sehingga menciptakan suara dengan frekuensi high dan low yang stand out. Saya pribadi suka mendengarkan lagu-lagu yang sedang hits dengan speaker yang satu ini.

  • Samsung
    Galaxy Buds+


    Yudhi Vernando

    Tidak jarang, jika sedang ingin fokus di lingkungan yang ramai, saya menggunakan produk untuk menangkal suara bising yang ada di sekitar saya. Samsung Earbuds Plus ini adalah headphones yang memiliki true wireless stereo (TWS) sehingga saya tidak lagi memerlukan kabel ataupun jack 3,5 mm. 


    Saya hanya perlu menghubungkannya saja ke gadget saya melalui jaringan Bluetooth. Dengan begitu, saya langsung dapat menikmati lagu-lagu favorit saya. Hal yang menjadikan produk ini spesial adalah adanya fitur active noise cancelling yang dapat meredam suara bising agar tidak terdengar telinga. 


    Tidak hanya itu, fitur passive noise canceling dari produk ini juga sangat mantap, lho! Ditambah lagi, produk ini memiliki ear tips yang sangat lembut serta nyaman di kuping. Berkat hal ini, kuping saya tidak merasa lelah atau sakit meski telah menggunakannya dalam jangka waktu lama. 


    Daya tahan baterai dari produk ini juga sangat impresif karena ia mampu bertahan hingga sebelas jam. Jadi, kalian tidak perlu khawatir harus sering mengisi daya baterai produk ini saat bepergian. 

  • BARDI
    Smart LED Light Bulb RGBW 7W


    Yudhi Vernando

    Buat saya, ambient yang tepat saat menulis bisa menjadi cara untuk membuat mood menjadi lebih baik. Karena itu, saya sangat merekomendasikan BARDI Smart LED Light Bulb yang menurut saya berbeda dari lampu-lampu yang biasa ditemui. 


    Produk ini mampu memberikan pengalaman baru yang unik dan berbeda dari lampu biasa. Selain sebagai alat penerangan, produk ini juga dapat menciptakan ambient warna yang sesuai dengan mood yang saya butuhkan saat menulis. 


    Selain itu, produk ini juga cukup canggih karena dapat dikontrol lewat telepon genggam kita. Karena itu, kalian tidak perlu khawatir akan lupa mematikan lampu saat pergi. Ini karena kalian dapat mematikan dan menyalakan lampu dari smartphone kalian. 


    Produk ini juga memiliki daya tahan yang luar biasa, yaitu hingga 50.000 jam. Selain itu, ia juga memiliki daya konsumsi listrik yang cukup hemat sehingga tidak akan menguras kantong kalian.

  • Everyday 365 Planner


    Yudhi Vernando

    Di samping semua tren positif dari perkembangan teknologi, saya merupakan salah satu orang yang masih nyaman menggunakan buku agenda. Saya menggunakan buku agenda sebagai pengingat dan tempat saya menuliskan segala jadwal kegiatan saya. 


    Maka dari itu, saya sangat membutuhkan buku planner yang bagus dengan kualitas yang baik. Bukan hanya sekedar menjadi pengingat, buku planner juga menjadi tempat saya untuk menuliskan berbagai ide atau hal-hal spontan. Produk ini merupakan senjata saya untuk menuliskan hal-hal unik yang terjadi di sekitar saya. 


    Saya menjadikan buku ini sebagai diari harian yang di kemudian hari dapat saya gunakan sebagai sumber inspirasi. Saya memilih produk ini sebagai senjata saya karena selain desainnya yang minimalis, buku ini juga memiliki bahan yang kuat. Ditambah lagi, tampilannya juga cukup mewah. Karena itu, selain sebagai penunjang aktivitas, buku ini juga dapat menjadi penunjang penampilan saya.

  • HKM
    XL Go Slim


    Yudhi Vernando

    Di zaman yang serba modern ini, akses internet sangatlah dibutuhkan. Selain sebagai cara untuk tetap terhubung dengan followers saya di media sosial, internet juga merupakan sumber referensi saya saat menulis. Karena itu, saya akan sangat kesulitan jika kehilangan sinyal dan tidak dapat menemukan koneksi Wi-Fi di sekitar. 


    Maka dari itu, saya selalu membawa modem Wi-Fi portable setiap saya bepergian. Nah, saat ini saya memakai produk ini yang terhubung dengan jaringan operator XL. Mengapa XL? Karena menurut saya, jaringan XL cukup luas dan memiliki kecepatan yang stabil sehingga saya dapat menggunakan internet dengan nyaman. 


    Jaringan operator XL juga menawarkan bundling modem berikut kartu perdana dengan harga yang cukup ekonomis. Selain itu, pilihan paket kuota yang ditawarkan juga sangat beragam dan tetap terjangkau. Praktis sekali, bukan?

  • Xiaomi
    Mijia Gel Pen 0.5mm


    Yudhi Vernando

    Memilih ballpoint saja kok ribet? Justru dengan menggunakan ballpoint yang berbeda dari kebanyakan orang, saya jadi memiliki ciri sendiri yang unik. Mungkin ketika mendengar brand Xiaomi, kebanyakan orang akan teringat dengan brand gadget yang canggih. Awalnya, hal yang sama juga terlintas di kepala saya. 


    Memang, tadinya saya hanya iseng mencoba produk ini karena penasaran. Namun, ternyata saya cukup menyukai ballpoint ini. Ini karena selain brand-nya yang unik, produk ini juga ternyata enak banget dipakai menulis.


    Selain itu, tinta gel-nya menggunakan tinta Mikuni dari Jepang dengan reputasi yang sangat bagus. Kalau tintanya habis, kalian tidak perlu membeli pulpen barunya saja karena kalian dapat membeli isi ulangnya saja. Jadi, kalian tidak perlu merogoh kocek berkali-kali, bukan?

  • HP
    DeskJet 2622 All-in-One Printer


    Yudhi Vernando

    Produk yang satu ini memang tidak bisa saya bawa ke mana-mana. Namun, produk ini merupakan produk yang banyak membantu saya saat menulis. Ini karena setelah menulis, saya biasanya mencetak tulisannya agar dapat saya baca dengan lebih teliti.


    Printer yang satu ini memiliki berbagai fitur yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan kalian, seperti copy, scan, dan tentunya mencetak dalam warna ataupun hitam putih. Hasil print yang dihasilkan juga sangat bagus dan jarang error


    Selain itu, printer ini juga dapat diakses secara wireless sehingga bisa digunakan dan dioperasikan lewat smartphone saja, lho! Jadi, saya tidak perlu bolak-balik menyalakan PC hanya untuk mencetak tulisan.