8 Rekomendasi Barang Keren yang Bikin Livestream Kalian Makin Menarik

8 Rekomendasi Barang Keren yang Bikin Livestream Kalian Makin Menarik

Awalnya, aku tidak terlalu mengerti soal berbagai produk komputer ataupun gaming. Namun, setelah menjadi host di salah satu channel YouTube yang me-review tentang teknologi, aku jadi tertarik dan mulai belajar mengenai hardware komputer. Aku pun mulai mengerti cara merakit komputer dan kegunaan hardware-hardware komputer. 


Berkat hal itu, aku juga mulai mendalami hal apa saja yang bisa dilakukan melalui komputer. Nah, dari situ aku mulai mendalami dunia livestreaming dan belajar lebih banyak lagi tentang teknologi serta ilmu editing yang memang diperlukan sebagai content creator. Kali ini, aku ingin membagikan beberapa produk yang dapat membantu livestream kalian lebih menarik. Yuk, simak sampai habis, ya!


Creator Image
Clausie
Livestreamer & gamer
  • Logitech
    C920 HD Pro Webcam


    Clausie

    Ketika aku baru mulai livestreaming, kebetulan aku dipinjamkan temanku C920 HD Pro Webcam dari Logitech ini. Setelah mencobanya, ternyata aku langsung jatuh cinta dengan produk ini. Dengan kualitasnya yang bagus, produk ini juga menjamin video tetap lancar berkat kemampuan Full HD 1080p dengan kecepatan 30 FPS. 


    Selain itu webcam ini juga sudah memiliki microphone internal, lho! Kalau menurut aku sih, inilah webcam favorit aku. Dengan ukuran 29 mm x 94 mm x 24 mm, produk ini cocok banget untuk di pasang ke monitor dengan ukuran apa pun. Produk ini juga compatible dengan beberapa platform video conference, seperti Skype, Google Hangouts, dan FaceTime untuk Mac.

  • CORSAIR
    Virtuoso RGB Wireless


    Clausie

    Sebenarnya, headset CORSAIR Virtuoso RGB Wireless ini sudah launching dari tahun 2019. Namun, produk ini baru masuk di Indonesia sekitar akhir November 2020. Dari segi bentuknya, headset ini sangatlah simpel.


    Hal yang aku suka dari headset ini adalah desainnya yang tampak sangat mewah. Ia juga tersedia dalam berbagai varian warna, yaitu White, Pearl, dan Carbon yang terlihat sangat keren. Ada juga warna Gunmetal dan Espresso untuk special edition.


    Meski wireless, headset ini mampu menghasikan suara yang tidak kalah dengan headset kabel. Karena itu, tidak usah takut suaranya akan delay, guys! Ini merupakan poin penting, terutama untuk kegiatan gaming yang memerlukan kita untuk bereaksi dengan suara persis ketika terjadi sesuatu di dalam game. Dengan produk ini, aku bisa melakukan reaction dengan sigap dan cepat.

  • MIDIO
    Ring Light Rainbow


    Clausie

    Ring light mini ini sangat membantu pekerjaan aku! Berkat ukurannya yang kecil, ia tidak terlalu makan tempat di meja gaming milikku. Selain itu, pilihan warnanya pun bermacam-macam, dari yang cool hingga warm. Kalian juga dapat memilih warna RGB yang sedang tren saat ini, lho!


    Harganya juga cukup terjangkau dan kualitasnya cukup baik sehingga ia tidak cepat rusak. Aku sangat merekomendasikan produk ini bagi kalian yang ingin membuat livestream makin menarik! 


    Selain untuk livestream, produk ini juga sangat membantuku ketika ada kegiatan di luar ruangan. Karena ukurannya yang kecil, ia sangat mudah dibawa ke mana-mana. Berkat hal ini, ia bisa digunakan kapan pun dan di mana saja saat kita membutuhkannya.

  • Advanced Micro Devices
    AMD Ryzen 5 3600XT


    Clausie

    AMD Ryzen 3600XT adalah prosesor yang hadir dengan kekuatan 6 core, 12 threads, dan clockspeed dasar sebesar 3,6 Ghz dan bisa di-boost secara otomatis hingga 4,2 Ghz. Produk ini adalah salah satu pilihan CPU yang ideal bagi gamer, khususnya pemain mid-range. 


    Tidak hanya untuk gamer dan content creator saja, prosesor ini benar-benar ideal untuk semua kalangan. Kinerja serta kualitas yang dihadirkannya jauh lebih cepat dan juga mengonsumsi daya yang sangat irit. 


    Untuk para gamer, produk ini dapat menghadirkan pengalaman gaming yang jauh lebih seru. Ini karena produk ini mampu memproses triple A games (AAA) seperti Shadow of the Tomb Raider ataupun Battlefield V dengan baik. 


    Selain itu, produk ini juga memiliki FPS hingga di atas 100 dengan kualitas 1080p. Performanya mengagumkan, tetapi harga yang ditawarkan oleh produk ini sangat terjangkau, lho!

  • Background Green Screen 100 GSM


    Clausie

    Setiap kali livestreaming, aku ingin background yang tidak bertabrakan dengan warna game yang sedang aku mainkan. Karena itu, aku membutuhkan green screen ini saat livestreaming! Dengan green screen ini, aku bisa mendapatkan color grading yang baik sehingga background saat aku livestreaming lebih nyaman dipandang. 


    Kalian juga bisa menggunakan green screen ini saat membuat video untuk konten, lho! Jika memiliki green screen, kalian bisa mengganti background video sesuai dengan keinginan kalian.


    Ingin membuat video dengan background zaman dinosaurus? Tentu saja bisa! Tidak perlu membuat set shooting yang mahal atau menyewa studio lagi untuk membuat konten, kan?

  • BARDI
    SMART BULB 9W – RGBWW


    Clausie

    Produk ini adalah bohlam pintar yang bisa diubah warnanya melalui aplikasi yang terhubung dengan Wi-Fi atau hotspot. Dengan kombinasi warna RGB hingga 16 juta warna, tentunya produk ini dapat mempercantik gaming room kalian.


    Gradasi warna putihnya juga bisa diatur mulai dari 2700k (warm white) hingga 6500k (cool white).Tak hanya itu, tingkat kecerahannya juga bisa diatur hingga 900 lumens. Apabila ingin cahaya yang lebih redup, kalian bisa menurunkannya hingga 90 lumens.


    Dari beberapa pilihan produk yang ditawarkan BARDI, aku memilih varian ini karena harganya sangat terjangkau dan memiliki banyak kelebihan. Salah satu kelebihannya yang paling aku sukai adalah kemampuan lampu ini untuk mengganti warna mengikuti musik yang aku putar. Produk ini juga bisa dikontrol lewat suara menggunakan Google Assistant, Amazon Alexa, dan Siri.

  • Audio-Technica
    USB Cardioid Condenser Microphone


    Clausie

    Mikrofon dari Audio-Technica yang satu ini memang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Produk ini merupakan mikrofon condenser berkualitas tinggi dengan harga yang sepadan dengan performanya.


    Dengan harga sekitar dua juta rupiah, kalian bisa mendapatkan hasil suara yang sangat jernih. Aku sendiri memilih tipe dengan kemampuan koneksi USB supaya bisa langsung disambungkan ke PC. Produk ini mampu menangkap suara dengan sangat baik saat aku sedang livestreaming. 


    Dari berbagai mikrofon yang sudah pernah aku coba, menurutku AT2020USB+ ini memiliki kualitas yang paling bagus. Jadi, kalau kalian punya budget yang sesuai, aku sarankan untuk memilih produk ini. Ditambah lagi, kalian juga akan otomatis mendapatkan stand adaptor saat membeli produk ini.

  • Elgato
    HD60 S+ Video Capture


    Clausie

    Selain aku, banyak juga livestreamer lain yang akan menyarankan game capture ini. Elgato HD60 S+ Video Capture ini memang banyak diminati oleh para content creator. Produk ini adalah sebuah capture card eksternal dengan kualitas 4k60 HDR10. Untuk streaming atau recording gameplay, spesifikasinya 1080p60 HDR10. 


    Berkat spesifikasinya ini, ia dapat menangkap layar game di smartphone, PC, PS4, Nintendo Switch, dan berbagai platform gaming lainnya. Operasionalnya juga tidak repot, kalian tidak perlu ribet men-download berbagai aplikasi. Kalian cukup meng-install software bawaan dari Elgato saja. 


    Selain gambarnya lancar, suara yang dihasilkan juga tidak delay sama sekali. Dengan produk ini, viewer akan lebih nyaman menonton video livestreaming kalian.