10 Rekomendasi Merchandise yang Harus Dimiliki EXO-L

10 Rekomendasi Merchandise yang Harus Dimiliki EXO-L

Pada masa pandemi seperti sekarang ini, banyak sekali fans yang baru mulai mendalami dunia K-pop. Salah satu idol group yang sangat diminati adalah EXO. EXO merupakan idol group asal Korea Selatan beranggotakan sembilan orang yang sudah aktif di industri entertainment sejak tahun 2012. Fans EXO disebut juga sebagai EXO-L.

Di bawah naungan SM Entertainment, EXO mengeluarkan berbagai macam merchandise dan goods yang sangat diminati oleh EXO-L. Banyak sekali EXO-L yang mengoleksi barang-barang official yang dikeluarkan oleh SM Entertainment. Ada juga fans yang suka dengan fan merchandise karena menurut mereka desainnya sangat kreatif dan menarik. Kali ini, aku akan merekomendasikan beberapa produk yang cocok untuk para EXO-L yang ingin mengoleksi merchandise EXO. Silakan disimak!


Creator Image
Clarissa Belinda Jap
Content creator & K-pop enthusiast
  • SM Entertainment
    EXO The 5th Album 'DON'T MESS UP MY TEMPO'


    Clarissa Belinda Jap

    Album EXO Don’t Mess Up My Tempo adalah album kelima yang dikeluarkan oleh EXO. Album ini dibagi menjadi tiga versi, yaitu Allegro, Moderato, dan Andante. Selain CD, album ini memiliki photobook yang dipenuhi oleh foto-foto member dari idol group tersebut. Selain itu, kalian juga akan mendapatkan photo card yang akan diberikan secara acak di setiap albumnya.


    Ada juga album yang dijual satu paket dengan poster gulung. Perbedaan antara ketiga versi bisa terletak pada foto di dalam photobook, poster, dan photo card yang dapat diperoleh. Untuk CD-nya sendiri, tidak ada perbedaan dari ketiga versi album tersebut.


    Album ini merupakan album terakhir sebelum beberapa anggota EXO pergi wajib militer. Ini juga album terakhir sebelum Lay (member EXO dari Tiongkok) menghentikan aktivitasnya sementara bersama EXO karena THAAD. Oleh karena itu, aku sangat merekomendasikan para EXO-L untuk memiliki album ini!

  • EXO Photocard Obsession


    Clarissa Belinda Jap

    Photo card, atau lebih dikenal sebagai PC, merupakan kartu dengan foto member. Produk ini biasanya bisa didapatkan melalui pembelian album, merchandise, atau dari event yang diselenggarakan oleh SM Entertainment.


    Banyak sekali fans EXO yang menjadikan photo card sebagai barang koleksi mereka. Harga photo card sendiri bervariasi tergantung kelangkaannya, mulai dari Rp20.000 hingga Rp5.000.000 per lembarnya.


    Sayangnya, banyak sekali orang-orang yang sering memalsukan photo card. Karena itu, pada saat ingin membeli, sebaiknya kalian cek keaslian photo card tersebut. Satu tips yang bisa aku berikan adalah official photo card dari album kebanyakan memiliki dot bekas potongan di bagian sisi photo card.

  • EXO Lightstick Ver. 3


    Clarissa Belinda Jap

    K-poppers baru sering kali berdebat karena bingung menentukan harus membeli light stick atau album terlebih dahulu. Light stick sendiri merupakan suatu barang yang wajib dibawa pada saat konser. Ini karena light stick akan memancarkan lampu dan memeriahkan suasana konser di venue konser yang gelap. 


    Setiap idol group memiliki light stick dengan bentuk dan warna lampu yang berbeda untuk membedakan light stick mereka dari group lain. Hal ini sangat umum dalam dunia K-pop karena hampir semua artis yang mengadakan konser pasti mengeluarkan light stick.


    Untuk light stick, EXO mengeluarkan tiga versi produk yang berbeda. Light stick versi terbaru mereka memiliki fitur Bluetooth. Karena itu, ia dapat berganti warna tergantung lagu dan posisi fans saat menonton konser.


    Kalian dapat menghubungkan light stick ini dengan aplikasi Wyth agar dapat mengikuti pergantian warna di dalam venue konser. Jadi, aku lebih menyarankan untuk membeli light stick jika kalian akan mengikuti konser yang digelar.

  • EXO Slogans


    Clarissa Belinda Jap

    Slogan adalah potongan kain yang biasanya berukuran 60 cm x 20 cm atau 60 cm x 30 cm dengan nama serta foto idola. Para fans selalu membawa slogan ke konser agar dapat menarik perhatian sang idol dengan cara mengangkat slogan tinggi-tinggi.


    Namun, tidak dianjurkan untuk mengangkat slogan terlalu tinggi karena penggemar lain tidak akan bisa melihat panggung. Slogan juga bisa dipasangkan di pagar pembatas panggung dan festival.


    Sering kali, EXO-L yang di-notice oleh member EXO adalah fans yang membawa slogan dengan foto member tersebut. Bahkan, ada juga fans yang diajak member EXO untuk berfoto ataupun video bersama berkat slogannya, lho! Karena itu, aku menyarankan kalian membeli setidaknya satu slogan dan membawanya ke konser.

  • Binder Photocard K-pop


    Clarissa Belinda Jap

    Sebagai seorang kolektor, aku merasa bahwa photo card dan post card yang aku miliki harus disimpan dengan rapi dan aman. Maka dari itu, aku menyarankan kalian untuk membeli binder untuk menyimpan photo card dan postcard. Ini semua agar mencegah adanya kehilangan atau kerusakan pada koleksi kesayangan kalian. 


    Banyak sekali jenis binder yang tersedia, tetapi aku memilih binder dengan cover transparan. Dengan begitu, aku dapat menghias cover depan binder menggunakan sticker atau postcard fan art yang bagus dan lucu. Selain itu, aku juga dapat dengan mudah melihat isi dari binder tersebut. Praktis, bukan?

  • another.bloom
    Kai KOLO Postcard Set


    Clarissa Belinda Jap

    Fan art merchandise juga sering dinanti-nantikan para penggemar EXO. Ini karena banyak sekali EXO-L yang memiliki talenta luar biasa. Banyak dari mereka menggambar atau melukis member EXO dan mencetaknya dalam berbagai varian merchandise, seperti sticker, postcard, atau photo card.  


    Tidak bisa dipungkiri bahwa terdapat banyak sekali varian fan art yang beredar di dunia. Ini karena semua orang memiliki gaya artistik masing-masing yang menjadikan fan art mereka unik dan berbeda dari yang lainnya. Salah satu contoh fan art merchandise favoritku adalah postcard Kai dari another.bloom yang satu ini. 


    Selain mengoleksi official photo card, banyak juga penggemar yang mengoleksi fan art merchandise. Mereka biasanya menyimpan photo card dan postcard ini di dalam binder. Banyak juga fans yang menggunakan photo card dan postcard untuk menulis surat kepada teman-teman mereka.

  • Kai Totebag


    Clarissa Belinda Jap

    Tote bag adalah salah satu tas yang sangat sering dipakai oleh kalangan anak muda, baik yang masih sekolah maupun yang berkuliah. Ini karena tote bag dapat memuat banyak benda dan juga ringan.


    Tote bag juga sering kali dipakai sebagai pengganti kantong plastik saat berbelanja. Terlebih lagi, sekarang Indonesia sudah melarang penggunaan kantong plastik saat berbelanja.


    Karena itu, aku menyarankan para EXO-L untuk membeli tote bag agar dapat membawa banyak barang dengan mudah. Tote bag ini juga memiliki desain yang sangat bagus dengan ilustrasi Kai, salah satu member EXO. 


    Ilustrasi yang menarik ini digambar oleh salah satu fan artist Indonesia yang sangat berbakat. Tidak hanya itu, harga tas berbahan kanvas dengan zipper ini juga terjangkau dan kualitasnya sangat bagus.

  • 2020 EXO Official Fanclub EXO-L Kit


    Clarissa Belinda Jap

    EXO memiliki official fan club di aplikasi LYSN. Fans yang terdaftar di fan club resmi ini disebut juga sebagai EXO-L ACE. Untuk menjadi EXO-L ACE, kalian harus membayar iuran per tahun untuk mendapatkan konten eksklusif dari para member di aplikasi tersebut. 


    Contohnya, kalian dapat memperoleh foto-foto behind-the-scenes dari beberapa event atau sesi chatting langsung dengan member EXO. Kalian juga akan menerima starter kit yang terdiri dari 18 photo card (2 lembar per member), kartu member, poster A4, badge, dan pin. 


    Kalian dapat langsung mendaftarkan diri di aplikasi LYSN melalui website YES24 atau menggunakan jasa pembuatan akun di beberapa online shop. Selain itu, banyak juga fans yang menjual starter kit dengan metode sharing karena tidak mengoleksi merchandise dari member tertentu.

  • Acqua Di Parma
    Bergamotto di Calabria


    Clarissa Belinda Jap

    Salah satu member EXO, Park Chanyeol, merupakan brand ambassador dari sebuah brand parfum Eropa, Acqua di Parma. Ia juga sering membicarakan tentang parfum favoritnya di berbagai kesempatan. Inilah parfum yang pas dicoba bagi semua fans Chanyeol! 


    Agar memiliki wangi yang sama dengan Chanyeol, aku menyarankan kalian untuk membeli parfum Acqua di Parma. Belilah dalam miniature size supaya kalian mengetahui wangi parfum tersebut terlebih dahulu. Kalian bisa membeli parfum tersebut dengan ukuran full size jika cocok dengan wanginya. 


    Chanyeol sendiri sudah pernah berfoto dengan beberapa varian parfum dari Acqua di Parma untuk pemotretan majalah. Varian yang sudah pernah dipromosikan Chanyeol antara lain adalah Yuzu, Mirto di Panarea, Colonia Futura, dan Bergamotto di Calabria.

  • Nike
    Classic Cortez


    Clarissa Belinda Jap

    Para penggemar EXO juga sangat suka memiliki outfit yang sama dengan idol mereka, termasuk sepatu. Sepatu merek Nike ini sudah dipakai oleh beberapa member EXO dan juga banyak artis Korea lainnya. Oleh karena itu, aku sangat merekomendasikan para fans untuk memiliki sepatu ini. 


    Selain itu, sepatu ini sangat nyaman dipakai. Sebagai pemilik sepasang sepatu ini, aku pun sering memakainya ketika bepergian. Para member EXO juga terkenal sering mengoleksi berbagai macam sepatu dari Nike, terutama Chanyeol dan Suho. 


    Suho kerap membagikan foto outfit of the day (OOTD) di Instagram dengan sepatu yang berbeda-beda di tiap fotonya. Apakah kalian siap untuk berfoto kece dengan outfit yang sama dengan idol kalian? Yuk, check out produk yang satu ini!