7 Rekomendasi Buku Belajar Bahasa Jepang untuk Tingkat Pemula hingga Menengah

7 Rekomendasi Buku Belajar Bahasa Jepang untuk Tingkat Pemula hingga Menengah

Tak dapat dipungkiri lagi bahwa budaya populer Jepang kini sangat marak di berbagai kalangan. Budaya populer Jepang, yang meliputi anime, manga, cosplay, J-pop dan sebagainya, telah merambah luas ke wilayah Indonesia. Perkara ini pun turut menjadi pengaruh besar dalam meningkatkan antusiasme pelajar Indonesia dalam mempelajari bahasa Jepang. Metode yang tepat dalam mengasah kemampuan merupakan kunci dari efektifnya langkah dan maksimalnya hasil dalam pencapaian target.


Salah satu komponen penting dalam pembelajaran bahasa Jepang adalah penggunaan buku yang tepat. Untuk itu, di sini saya telah merangkum tujuh buku yang dapat kalian jadikan acuan selama pembelajaran. Tujuh buku ini ramah bagi para pemula yang bahkan belum pernah sama sekali mempelajari bahasa Jepang. Selain itu, buku ini juga dapat digunakan hingga level menengah.


Creator Image
Jajang Nurjaman
Owner of Tokyo Institute Pare
  • 3A Corporation
    Minna no Nihongo I (Terjemahan & Keterangan Tata Bahasa Versi Bahasa Indonesia)


    Jajang Nurjaman

    Buku ini merupakan terbitan langsung 3A Corporation dari Jepang dalam versi bahasa Indonesia. Berkat hal itu, harganya jauh lebih terjangkau ketimbang buku impor dari Jepang. Selain itu, isinya pun sangat lengkap. Di bagian awal buku, kalian akan disuguhkan dengan introduksi mengenai cara pemakaian serta kumpulan kosakata. Menurut saya, buku ini benar-benar mampu membantu proses belajar bahasa Jepang!


    Daftar kosakata baru juga akan disediakan di setiap pendahuluan bab. Hal ini sesuai dengan metode pembelajaran yang baik, yaitu menghafal kosakata terlebih dahulu sebelum terjun ke pola kalimat. Pada bagian pola kalimat, kalian juga akan menemukan penjelasan serta contoh yang relevan. Penulisan rumus pola kalimat juga diletakkan di dalam kotak persegi panjang yang memudahkan untuk dilihat.


    Dengan penjelasan lengkap beserta contoh penulisan, buku ini memudahkan kita untuk mengimplementasikan teori yang telah dipelajari. Kalian tidak perlu khawatir apabila belum mampu membaca kanji karena buku ini menuliskan furigana untuk setiap kanjinya! Buku ini dapat digunakan oleh pemula hingga level N5.


    Tidak hanya di bagian awal, kalian juga dapat melihat daftar kosakata yang digunakan di bagian akhir bukunya, lho! Kalian dapat menemukan rangkuman pola kalimat yang berguna saat ingin mengevaluasi keseluruhan materi secara efektif. Tidak hanya itu, terdapat juga kumpulan kosakata penghubung yang bermanfaat saat kalian hendak membuat contoh kalimat sendiri.

  • 3A Corporation
    Minna no Nihongo II Edisi 2 (Terjemahan & Keterangan Tata Bahasa Versi Bahasa Indonesia)


    Jajang Nurjaman

    Buku Minna no Nihongo II merupakan volume lanjutan dari buku Minna no Nihongo I. Karena itu, fitur-fitur yang ada di dalamnya tidak jauh berbeda. Kedua buku ini sama-sama memiliki penjelasan yang detail dan contoh-contoh yang relevan.


    Sama seperti buku sebelumnya, buku ini juga memiliki kosakata serta rangkuman pola kalimat keseluruhan di bagian akhir buku. Harganya pun tidak berbeda dengan volume sebelumnya.


    Secara garis besar, hal yang membedakan kedua buku ini adalah materi yang dibahas. Buku ini berisi pola kalimat untuk level N4. Sebelum menggunakan buku ini, saya sarankan kalian untuk menggunakan buku Minna no Nihongo I. Dengan begitu, kalian bisa menjadi terbiasa dengan sistem belajar yang diterapkan di dalamnya.

  • BONJINSHA Inc.
    Basic Kanji Book Vol.1


    Jajang Nurjaman

    Siapa bilang mengingat kanji bisa dilakukan dengan sekadar menghafal biasa saja? Menghafal kanji tidak bisa dilakukan sembarangan, lho! Kanji memiliki stroke atau urutan penulisan yang wajib kita ikuti. 


    Nah, dengan buku ini, kalian dapat belajar urutan penulisan kanji yang tepat. Buku ini juga menyediakan kolom kosong untuk kalian berlatih menulis kanji. Faktanya, dengan mengikuti urutan stroke yang tepat, kita bisa lebih mudah menulis dan menghafal berbagai macam kanji.


    Basic Kanji Book Vol.1 memuat lima ratus kanji yang disusun secara sistematis berdasarkan level. Beberapa kanji juga dilengkapi visualisasi menarik. Hal ini sangat membantu dalam proses belajar karena memudahkan kita dalam mengingat kanji. Buku ini dapat digunakan untuk pemula hingga level N4.


    Di setiap bab buku ini juga terdapat soal bacaan dan esai. Jawabannya dapat kalian periksa pada lembar kunci jawaban yang tersedia. Selain itu, setiap kanji yang diajarkan juga memiliki contoh kosakata dan penggunaan dalam kalimat. Namun, sayangnya harganya cukup mahal dan belum memiliki versi bahasa Indonesia. Penjelasan dalam buku ini tersedia dalam bahasa Inggris.

  • BONJINSHA Inc.
    Basic Kanji Book Vol. 2


    Jajang Nurjaman

    Buku ini merupakan lanjutan dari volume sebelumnya yang saya sebutkan di atas. Kelebihan serta kekurangan pada buku ini juga sama seperti buku volume pertamanya. Sebagai tambahan, seri kedua ini juga dilengkapi pojok khusus yang membahas aplikasi kosakata dalam kehidupan sehari-hari.


    Seperti yang sempat saya singgung, buku ini memang belum memiliki cetakan Indonesia. Namun, tenang saja! Kalian juga bisa mendapatkannya lewat EC sites favorit di Indonesia.


    Dari sisi harga, buku ini memang sedikit lebih mahal. Akan tetapi, dibandingkan dengan ilmu yang terdapat di dalamnya, kalian tak akan merasa rugi. Menurut saya, ilmu merupakan aset diri yang harus terus dikembangkan agar bermanfaat di masa mendatang.

  • Ask Publication
    Nihongo So-Matome N3 Grammar


    Jajang Nurjaman

    Buku Nihongo So-Matome N3 ini memang belum ada versi bahasa Indonesianya. Terjemahannya baru tersedia dalam bahasa Inggris dan Vietnam. Meskipun begitu, menurut saya buku ini wajib kalian pertimbangkan untuk dibeli. Di dalamnya dibahas sekitar 80% tipe soal yang keluar di ujian Japanese-Language Proficiency Test (JLPT). Saya sendiri menyadarinya sejak mulai belajar menggunakan buku ini.


    Kelebihan lain yang dimiliki buku ini adalah contoh kalimatnya yang mudah untuk dipahami. Pembahasan materi serta soal-soal juga disusun secara apik di dalamnya. Berkat hal ini, kita dapat lebih mudah memahami isi buku dengan baik. Minat belajar pun akan naik untuk terus menggarap materi baru.


    Secara fisik, buku ini memang tampak tipis. Meski begitu, isinya tidak kalah lengkap dengan buku berukuran tebal yang beredar di luar sana!

  • Gakushudo
    Simulasi Ujian Kemampuan Bahasa Jepang N3 + CD


    Jajang Nurjaman

    Ujian JLPT terbagi dalam empat bagian, yaitu kotoba, bunpou, dokkai, dan choukai. Bagian kotoba menguji hafalan kosakata yang telah dipelajari, sementara bagian bunpou terdiri dari soal mengenai tata bahasa yang benar. Bagian dokkai berisi soal yang harus dijawab berdasarkan informasi dari bacaan. Terakhir, bagian choukai menguji kemampuan kita pendengaran kita dalam bahasa Jepang.


    Dengan adanya keempat jenis soal seperti itu, kalian mungkin akan pusing jika harus membeli empat jenis buku yang berbeda. Untuk itu, saya memilih satu buku ini saja. Buku ini telah mencakup keempat jenis soal di atas beserta kunci jawabannya. Selain itu, buku ini juga dilengkapi CD untuk latihan soal choukai. Harganya pun cukup terjangkau dan penjelasannya menggunakan bahasa Indonesia.

  • Gakushudo
    Kamus Praktis Jepang Indonesia - Indonesia Jepang


    Jajang Nurjaman

    Kamus terbitan Gakushudo ini tak perlu diragukan lagi kualitasnya! Sejak 1987, Gakushudo telah mengeluarkan buku-buku pelajaran bahasa Jepang dan juga manga. Sekolah bahasa Jepang yang satu ini telah mencetak buku untuk pelajar dari tingkat dasar hingga mahir. Selain digunakan di berbagai sekolah bahasa Jepang, buku-buku Gakushudo juga dipakai di tingkat SMA/SMK, universitas, dan lembaga training lainnya.


    Secara fisik, kamus ini memiliki ukuran kecil dengan bobot yang ringan. Karena itu, pengguna bisa dengan mudah membawanya ke mana saja. Ditambah lagi, kamus ini berisi entri kata lengkap sehingga bisa menjadi kamus pegangan kalian yang sedang belajar bahasa Jepang. Baik pelajar tingkat pemula maupun lanjutan, wajib memiliki kamus ini!