8 Rekomendasi Peralatan Dapur yang Perlu Dimiliki untuk Bereksperimen di Dapur

8 Rekomendasi Peralatan Dapur yang Perlu Dimiliki untuk Bereksperimen di Dapur

Dunia kuliner memiliki ruang lingkup yang sangat luas. Tidak hanya cita rasa, tetapi tekstur dan aroma juga harus dipikirkan. Untuk menciptakan makanan yang lezat, kalian harus menggunakan berbagai teknik yang berbeda-beda. Makanan sendiri juga dibagi dalam berbagai jenis, seperti tradisional, modern, dan juga fusion. Karena banyaknya jenis makanan, terdapat banyak celah untuk menciptakan hidangan baru yang belum pernah ada sebelumnya. 


Dapur bisa diibaratkan sebagai sebuah laboratorium untuk para pencinta kuliner. Pasalnya, terdapat banyak makanan baru yang dapat dihasilkan berdasarkan pengalaman serta imajinasi kalian. Untuk menghasilkan makanan yang unik dan lezat, tentunya kalian membutuhkan peralatan yang tepat. Kali ini, saya akan berbagi ulasan delapan alat rekomendasi saya untuk membantu kalian lebih bereksperimen di dapur. Ayo, simak artikel berikut.


Creator Image
Aziz Amri
Top 9 finalist Masterchef season 7
  • Oxone
    Eco Hand Blender & Chopper


    Aziz Amri

    Bagi saya, hand blender merupakan alat praktis yang wajib ada di dapur saya. Selain penggunaannya yang mudah, ia juga sangat fleksibel dan dapat digunakan pada wadah dengan berbagai bentuk. Desainnya sendiri dibuat untuk mempermudah proses memasak dan mengurangi penggunaan wadah yang berlebih.


    Hand blender dari Oxone ini memiliki beberapa keunggulannya sendiri. Saya sendiri menggunakannya untuk untuk membuat saus, soup, mayones, dan jenis makanan lainnya. Intinya, memasak akan jauh menjadi lebih mudah jika kalian menggunakan hand blender ini. 


    Saya sendiri sering membuat saus dan soup yang harus diblender dalam keadaan panas. Untungnya, alat ini terbuat dari aluminium yang mampu mengolah baik makanan panas maupun dingin. Selain itu, blender ini juga sangat praktis untuk digunakan saat memotong, mencampur, ataupun mengaduk makanan.

  • Hamilton Beach
    12-Cup Stack & Snap Food Processor


    Aziz Amri

    Food processor digunakan sebagai alat untuk mencincang makanan. Mencincang dengan food processor memberi tekstur yang berbeda untuk makanan kita. Contohnya, saat saya membuat falafel, saya menggunakan food processor agar bisa mendapatkan tekstur chunky seperti falafel pada dasarnya. Dengan produk ini, bahan-bahan pun dapat tercampur dengan rata dan memiliki potongan yang sama. 


    Food processor dari Hamilton Beach memiliki fitur yang menarik seperti corong dengan mulut yang besar. Hal ini sangat membantu untuk memasukkan bahan-bahan dalam potongan yang besar. Selain itu, ia juga memiliki fitur auto-off yang sangat berguna untuk mengurangi kecelakaan di dapur. Pisaunya sendiri juga sangat tajam sehingga mampu mencincang makanan dengan sempurna. 


    Produk ini juga bisa digunakan untuk membuat kulit pie, lho! Adonan pie perlu dibuat dalam suhu dingin. Untuk itu, banyak orang yang menggunakan metode pinching untuk membuat kulit pie karena membuat mentega lebih gampang cair. Nah, food processor dapat membantu untuk untuk menjaga suhu butter tetap dingin saat dicampur dengan adonan pie kalian.

  • MITOCHIBA
    Food Processor Food Chopper


    Aziz Amri

    Food chopper yang satu ini sangat berguna untuk menghaluskan bumbu-bumbu makanan. Dari segi desainnya, produk ini dapat berfungsi dengan baik untuk menghaluskan bumbu dengan maksimal. Apalagi, wadahnya sangat rapat sehingga tidak akan bocor saat digunakan. 


    Mesin dan wadah yang dapat dipisah juga membuatnya aman untuk digunakan di dapur. Selain itu, seluruh bagiannya dapat dibersihkan dengan mudah sehingga sangat praktis. 


    Alat ini juga sangat user friendly sehingga cocok untuk pengguna pemula. Dengan mode tekannya, kalian dapat mengontrol kehalusan bumbu. Saya sangat suka dengan alat ini karena ia dapat memproses berbagai jenis bumbu dengan mudah.


    Saya menggunakan alat ini untuk membuat bumbu-bumbu dasar Nusantara hingga bumbu ala Barat. Jika kalian sering menghaluskan bumbu sendiri, produk ini akan menjadi teman baik kalian.

  • Alumilite
    Amazing Mold Putty


    Aziz Amri

    Ini merupakan satu produk yang amat saya banggakan! Saya suka melakukan eksperimen dan mencoba hal-hal baru di dapur. Salah satu produk yang menurut saya sangat menakjubkan adalah silicone putty ini. 


    Terkadang, saya merasa sangat kesulitan untuk mendapatkan mold yang tidak pasaran. Karena itu, saya menjadi ingin untuk berkreasi dengan bentuk mold hasil sendiri yang sesuai dengan selera saya. Untuk itu, saya memilih silicon putty yang satu ini.


    Kalian dapat berkreasi sesuka hati dan membuat bentuk-bentuk menarik seperti figuran maupun mereplika bentuk biskuit yang ada di pasaran. Kalian tinggal mencetaknya dengan mudah menggunakan silicon putty ini. 


    Tenang saja, produk ini sangat aman untuk makanan dan dapat menahan panas hingga 200 derajat Celcius, lho! Karena itu, produk ini dapat kalian panggang di dalam oven. Jika kalian suka berkreasi seperti saya, produk ini akan memberikan akses untuk bereksperimen dengan lebih leluasa di dapur. 

  • Breville
    Smoking Gun


    Aziz Amri

    Aroma merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah hidangan. Tanpa aroma, kalian tidak dapat mengecap rasa sesungguhnya dari sebuah hidangan. Sebenarnya, kalian bisa mendapatkan aroma dari berbagai macam rempah yang telah diproses di dalam makanan. 


    Namun, tahukah kalian bahwa aroma juga bisa disuntikan ke makanan dengan cara lain? Smoking gun merupakan alat yang memberikan kemudahan untuk mengekstrak aroma dari kayu, rempah, dan lainnya melalui asap. 


    Smoking gun dari Breville ini memiliki fitur yang memudahkan kita untuk memberikan asap yang cukup pada hidangan kita. Asap yang dihasilkan dapat memiliki ekstrak sempurna sehingga tidak banyak menghabiskan bahan baku. 


    Bentuknya yang kecil memberikan saya kemudahan untuk mengontrol berapa banyak asap yang kita butuhkan. Jika kalian ingin makanan terasa lebih nikmat dengan aroma yang berbeda, alat ini bisa dijadikan andalan.

  • Jet - Torch


    Aziz Amri

    Jet torch biasa digunakan untuk membakar bagian permukaan makanan agar menciptakan tekstur yang garing. Biasanya, kita menggunakan wajan panas untuk menciptakan ini. Namun, bagaimana jika wajan sudah tidak bisa dijadikan solusi? Untuk itu, saya mengandalkan jet torch.


    Produk yang satu ini memiliki api yang mengerucut sehingga titik panas terkonsentrasi pada satu titik. Alat ini dapat membantu kalian untuk mendapatkan tekstur yang garing tetapi terpusat. Dengan kata lain, panasnya tidak akan tersalurkan pada bagian dalam hidangan kalian. 


    Jet torch ini sangat praktis. Selain genggamannya yang pas di tangan, alat ini juga sangat ringan. Berkat api yang mengerucut dan titik panas yang tinggi, ia dapat melelehkan berbagai macam bahan makanan seperti gula. Alat ini sangat cocok digunakan jika kalian ingin bereksperimen dengan tekstur dari makanan kalian.

  • KrisChef
    Candy Thermometer


    Aziz Amri

    Apakah kalian pencinta gula? Jika iya, kalian harus memiliki alat ini. Selain memiliki persistensi yang tepat, gula juga merupakan bahan yang sangat kompleks. Kalian butuh perhatian ekstra dari sisi komposisi dan juga temperatur untuk menghasilkan karya yang pas dengan gula. 


    Gula juga sangat fleksibel ketika dipadukan dengan komponen lainnya. Ia dapat dibentuk baik menjadi gula keras, lembek, maupun gula cair. Semua ini dapat kalian raih dengan mengetahui suhu dari gula yang kalian proses. 


    Candy Thermometer dari KrisChef ini diandalkan untuk mengetahui suhu panas dari gula yang kalian proses. Produk ini memiliki desain yang baik dengan fitur yang dapat melekat pada pinggiran panci. Berkat produk ini, kalian dapat mengawasi proses memasak gula dengan lebih mudah.  

  • Whip Cream Dispenser 500 ml


    Aziz Amri

    Biasanya, dispenser ini digunakan untuk membuat whip cream. Namun, sebenarnya ada banyak jenis makanan yang bisa diolah menggunakan alat ini. Whipper pada dasarnya membuat tekstur makanan menjadi whipped atau mengembang. 


    Hal ini dihasilkan dengan cara menggabungkan udara kepada bahan makanan yang kita gunakan. Selain whipped cream, kita juga bisa membuat foam potato yang merupakan campuran antara cream dan kentang. 


    Dengan menggunakan alat ini, potato puree yang sudah kita buat akan memiliki tekstur yang lebih ringan dan airy. Banyak restoran bintang lima yang juga menggunakan alat ini untuk membuat kue. Untuk mendapatkan rongga udara pada adonan, saya menggunakan whipper ini. Alat ini cocok digunakan bagi kalian yang gemar bereksperimen di dapur.