10 Rekomendasi Perlengkapan Perawatan Kucing

10 Rekomendasi Perlengkapan Perawatan Kucing

Beberapa waktu lalu, saya sempat membahas salah satu produk dry food untuk kucing di akun media sosial saya. Saat itu, banyak dari followers saya yang bercerita bahwa kucing peliharaan mereka meninggal karena terkena penyakit kencing batu. Hal ini sering terjadi terutama di antara kucing rumahan. 


Penyebabnya adalah makanan kucing yang terlalu banyak mengandung zat kimia. Memberi makanan yang sehat untuk peliharaan kesayangan kalian tidak harus selalu mahal. Sebenarnya, ada banyak makanan kucing yang memiliki harga murah tetapi sangat berkualitas. Intinya, jangan sampai kalian salah pilih makanan untuk kucing kalian! Kali ini, saya akan merekomendasikan beberapa makanan kucing serta produk perawatan kucing favorit saya. Yuk, silakan disimak!


Creator Image
Wintercat
Content creator & TikToker
  • Catsrang Kitten 1,5 kg


    Wintercat

    Sama seperti anak manusia, kucing juga harus diberi makanan yang tepat agar lebih pintar, lho! Nutrisi yang tepat akan sangat membantu perkembangan otak dan syaraf si kucing, apalagi untuk anak kucing. Untuk itu, saya memilih merek makanan kucing Catsrang. Catsrang sendiri merupakan merek makanan kucing terbaik asal Korea.


    Kenapa saya bilang terbaik? Ini karena semua produknya sudah memiliki sertifikat pork free, ISO 9001, dan Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP). Produk mereka juga mengandung taurine sebanyak 2.000 mg yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan mata kucing. 


    Selain itu, kandungan Yucca extract-nya juga efektif mengurangi bau menyengat dari kotoran kucing. Produk ini juga memiliki kandungan propolis untuk menjaga kesehatan bulu kucing. Produk ini sebenarnya memiliki dua varian, yaitu untuk kucing dewasa dan anak kucing. Pilihlah varian yang paling sesuai dengan kebutuhan peliharaan kalian, ya!


    Saya merekomendasikan produk ini karena ia memang memiliki kualitas yang unggulan. Produk ini memiliki semua nutrisi yang tepat untuk perkembangan anak kucing sehingga dapat membuat mereka tumbuh sehat. Winter juga suka sekali dengan makanan ini, lho!

  • Olive Care
    Vitamin Kucing untuk Bulu Lebat dan Panjang


    Wintercat

    Memelihara kucing tidak hanya berarti menyediakan makan dan tempat tinggalnya saja. Kalian juga harus memperhatikan nutrisi yang masuk ke tubuh si kucing. Salah satu caranya adalah dengan memberikan vitamin untuk si kucing. Dengan nutrisi yang tepat, si kucing tidak akan mudah terkena penyakit. Sebenarnya, ada banyak jenis vitamin kucing yang tersedia di pasaran. 


    Vitamin-vitamin seperti ini dapat membantu untuk membantu memenuhi nutrisi si kucing. Saya sendiri merekomendasikan vitamin dari merek Olive Care. Produk ini memiliki manfaat khususnya untuk merawat bulu, memanjangkan bulu, mengurangi bulu rontok, dan mencegah jamur. Ditambah lagi, produk ini juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh si kucing. Olive Care sebenarnya mengeluarkan beberapa varian vitamin. 


    Selain produk ini, ada juga produk yang berfokus untuk menambah nafsu makan si kucing. Kebetulan Winter mengonsumsi kedua vitamin ini, baik yang berfungsi untuk perawatan bulu maupun yang berguna untuk menambah nafsu makan. Kucing yang terlihat sehat serta gemuk merupakan kucing yang diberikan vitamin dengan rutin dan baik. Berkat vitamin ini, Winter sekarang gembul banget!

  • Rompi Harness Kucing


    Wintercat

    Jika kalian mengikuti akun media sosial saya, kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan rompi kece ini. Ya, ini adalah rompi kesayangan Winter. Tampilannya kece banget, bukan?


    Selain modelnya yang keren, rompi ini juga dijual sepaket dengan talinya, lho! Karena itu, kalian tidak perlu khawatir kucing kalian akan kabur saat dibawa jalan. Ditambah lagi, harness ini juga kuat dan tahan lama sehingga tidak mudah rusak. Kalian jadi tidak perlu repot membeli harness berkali-kali deh! 


    Harness rompi ini juga dilengkapi reflective stripe yang bisa menyala saat terkena pantulan sinar. Rompi ini memastikan kalian dapat mengajak kucing untuk jalan-jalan sore dengan aman. Selain itu, produk ini juga bisa menjadi outfit yang keren untuk kucing kalian!

  • Benih Rumput Gandum Rumput Kucing


    Wintercat

    Waktu itu, saya sempat memberi tahu followers saya di media sosial bahwa saya menanam rumput untuk Winter. Ya, kucing juga butuh makan rumput, tetapi harus rumput khusus untuk kucing, ya! Rumput untuk kucing ini umum dikenal dengan nama wheatgrass.


    Tanaman ini cocok ditanam di dalam rumah karena ia mudah sekali untuk tumbuh. Bahkan, kalian bisa menanamnya di dalam pot kecil, lho! Wheatgrass sangat bermanfaat bagi kesehatan hewan peliharaan kalian karena mengandung banyak nutrisi yang baik. Salah satu manfaatnya adalah untuk membantu mengeluarkan benda yang tidak tecerna di dalam tubuh kucing kita. Menarik sekali, bukan?


    Saya membeli produk ini karena Winter sempat mengalami masalah kutu dan bulu rontok. Ketika Winter membersihkan bulunya dengan cara dijilat, otomatis bulunya ikut termakan. Nah, tentunya hal ini sangat mengganggu pencernaannya, ya. Berkat rumput ini, pencernaan peliharaan kesayangan saya menjadi jauh lebih baik.

  • Markotops
    Pasir Gumpal Wangi 25 L


    Wintercat

    Untuk kalian yang mau memelihara kucing, kalian tidak perlu khawatir dengan bau kotoran yang menyengat! Ini karena kalian dapat meredam bau tersebut dengan pasir kucing. Pasir kucing atau cat litter ini sangat penting saat kalian mau memelihara kucing. Untuk pasir kucing, saya memilih produk dari Markotops yang satu ini.


    Pasir Markotops ini setahu saya merupakan produk lokal dengan harga yang cukup terjangkau. Pasir ini memiliki aroma yang dapat menutupi bau kotoran maupun air seni kucing. Aromanya sendiri sebenarnya tidak terlalu kencang dan hanya tercium sekilas saja. 


    Saya sendiri memakai varian lavender karena menurut saya wanginya mirip seperti bedak bayi, tipis dan tidak menyengat. Namun, dibanding aroma lavender, pasir ini memiliki aroma seperti semen lebih mendominasi.


    Pasir ini berfungsi cukup baik sebagai penghilang bau. Kotoran Winter menjadi tidak terlalu tercium bila terkubur di pasir ini. Bahkan, bau air seni dari kucing-kucing saya tidak tercium sama sekali! Sebagai orang yang selalu mendapat tugas membersihkan toilet peliharaan, saya merasa tidak terlalu mual saat membersihkan pasir ini. 


    Awalnya, ayah saya juga melarang saya untuk melihara kucing. Ini karena ayah takut rumah menjadi bau dan berantakan. Namun, saya berusaha meyakinkan ayah dengan cara rajin membersihkan kotoran peliharaan setiap pagi.

  • Me-O
    Creamy Treats


    Wintercat

    Kucing juga perlu camilan, lho! Di antara kucing-kucing saya, Winter paling suka camilan. Karena itu, ia menjadi gemuk banget sekarang. Sebenarnya, ada banyak sekali merek snack untuk kucing di pasaran. Saya sendiri lebih suka memberi Winter snack dari merek Me-O ini. 


    Bukan hanya Winter saja yang suka dengan produk ini, tetapi kucing saya yang bernama Whisky juga suka. Ini karena produk ini telah diracik sedemikian rupa agar cocok di lidah kucing. Dibuat dari ikan tuna asli, snack berbentuk liquid ini dapat dijadikan treats atau hadiah bagi kucing kesayangan kalian.


    Me-O Creamy Treats mudah dicerna oleh kucing. Selain itu, kucing kalian pasti akan menyukai rasanya. Kandungan taurine-nya berfungsi untuk meningkatkan kesehatan mata dan ketajaman penglihatan kucing. 


    Selain itu, produk ini juga mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan imun tubuh dan membantu mengurangi stres akibat lingkungan. Biasanya, saya memberi camilan ini sehari sekali di siang hari. Ini karena Winter dan keluarganya sangat aktif di waktu siang.

  • Kandang Kucing Box Cargo 2 Pintu


    Wintercat

    Cargo box adalah produk yang sangat penting ketika kalian memelihara kucing. Kenapa? Karena saat kalian ingin membawa kucing bepergian, produk ini dapat memudahkan kalian untuk membawa mmereka. Sebenarnya, ada begitu banyak varian cargo box di pasaran. Saya sendiri memilih produk dari plastik yang ringan, kuat, dan aman. 


    Di kedua sisinya, produk ini memiliki pintu berbentuk jaring-jaring yang digunakan sebagai jalan keluar dan masuk si kucing. Karena itu, produk ini cocok untuk kucing yang sangat aktif bergerak atau berbobot berat. Kalian juga tidak perlu khawatir produk ini jebol, ya. Pasalnya, meski terbuat dari plastik, produk ini cukup tebal dan kokoh sehingga tidak gampang rusak. Menarik sekali, bukan? 

  • Litter Box ukuran L


    Wintercat

    Saat memelihara kucing, kalian juga harus menyediakan litter box atau bak pasir untuk menjadi toilet si kucing. Litter box sebenarnya tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran. Namun, saya sendiri memilih model terbuka. 


    Ini karena litter box yang tertutup menurut saya terlihat sempit. Kotoran si kucing juga otomatis akan berbau akibat kurangnya sirkulasi udara. Taruhlah litter box di tempat yang luas agar sirkulasi udaranya lancar. Meski terbuat dari plastik, litter box ini sangat kokoh, berbahan tebal, dan mudah untuk dibersihkan. 


    Saya selalu membersihkan litter box setiap kali kucing-kucing saya buang air besar dan kecil. Biasanya, saya selalu mengganti pasir kucing setidaknya tiga kali sehari untuk meminimalkan bau kotorannya. Jika kalian mau memelihara kucing, kalian tidak boleh malas untuk membersihkan kotorannya, ya! 

  • Mainan Tongkat dengan Tali Bulu Penggoda Kucing


    Wintercat

    Awalnya, saya iseng membeli mainan bulu-bulu ini karena saya pikir lucu untuk dimainkan bersama kucing-kucing peliharaan. Setelah dibeli, ternyata yang excited untuk main bersama produk ini hanya Whisky dan anak-anaknya saja. Winter malah tidak suka melihat Whisky main bersama bulu-bulu ini. Bahkan, Winter bisa langsung marah dan mengejar Whisky. Aneh sekali, ya.


    Menurut saya, mainan ini bisa menjadi produk yang pas untuk kucing dengan ras apa pun. Sayangnya, produk yang saya beli ini ternyata memiliki tali yang tidak terbuat dari karet. Karena itu, ia mudah sekali putus saat dimainkan kucing. 


    Pasalnya, Whisky kadang merasa gemas dengan mainan ini dan sering menariknya dengan keras sehingga putus. Memang, kucing saya si Whisky agak bandel sifatnya. Jika kalian memiliki kucing yang tergolong aktif, saya sarankan memilih mainan serupa dengan tali dari karet agar awet.


    Sama halnya seperti manusia, kalau kucing hanya disuruh makan dan tidur saja, ia pasti merasa bosan. Karena itu, kalian harus sering-sering mengajak kucing kalian main, ya. Kalau Winter suka sekali diajak main kejar-kejaran. Meski kadang saya cape, tetapi saya terus mengajaknya bermain karena kalau tidak, Winter pasti mengeong minta main. Dasar, ada-ada saja kelakuan si Winter yang pasti membuat saya tertawa. 

  • Papan Sisal Cat Scratcher


    Wintercat

    Jika kalian ingin memelihara kucing, pasti kalian khawatir si kucing nantinya akan mencakar-cakar gorden dan sofa, bukan? Kali ini, saya akan memberi tahu mengapa kucing suka mencakar-cakar benda dan solusi agar kucing tidak merusak perabot rumah. 


    Mencakar adalah kebiasaan alami kucing. Ini merupakan cara mereka untuk menjaga agar kukunya tetap dalam kondisi prima. Mencakar juga merupakan cara kucing untuk menandai daerah serta batas wilayah mereka. Sama seperti manusia, kucing juga perlu mengikir kukunya dengan cara mencakar, lho!


    Kucing mengikir ujung kukunya dengan cara menggarukkannya pada benda-benda di sekitarnya. Hal ini sebenarnya juga membantu pertumbuhan kuku kucing, ya. Namun, supaya kucing kalian tidak mencakar-cakar sofa ataupun perabot rumah, kalian harus menyediakan papan cakar seperti ini. 


    Saya merekomendasikan produk ini karena harganya terjangkau dan sangat berguna untuk kucing kalian. Dengan adanya papan cakar, saya jamin kucing kalian tidak akan iseng mencakar semua benda yang ada di rumah.