7 Rekomendasi Perlengkapan Bermain Bulu Tangkis Profesional

7 Rekomendasi Perlengkapan Bermain Bulu Tangkis Profesional

Sebagai seorang atlet bulu tangkis international, saya selalu mempersiapkan peralatan bulu tangkis terbaik untuk saya gunakan saat bertanding. Tidak bisa dipungkiri bahwa peralatan yang tepat akan sangat menunjang performa saya di lapangan. Hal terkecil seperti senar dan grip pun bisa menjadi penentu performa di lapangan.


Jadi, saya selalu memilih dengan sangat teliti perlengkapan mana yang cocok dengan karakter permainan saya. Berkat hal ini, saya selalu dapat menampilkan permainan yang maksimal di hampir setiap pertandingan. Kali ini, saya akan membagikan beberapa perlengkapan bulu tangkis yang biasa saya gunakan saat bertanding. Silakan disimak!


Creator Image
Liliyana Natsir
Atlet bulu tangkis
  • LI-NING
    Turbo Charging Liliyana Natsir


    Liliyana Natsir

    Raket dari LI-NING ini dibuat sesuai dengan keinginan saya. Karena itu, berat, ukuran grip, dan kelenturannya menyesuaikan dengan kebutuhan saya saat berada di lapangan. 


    Saat bertanding di sektor ganda campuran, saya sering berada di area depan lapangan. Karena itu, saya memerlukan gerakan-gerakan yang cepat dan fleksibel di depan net agar bisa memperoleh poin. Atas alasan ini, saya merasa nyaman menggunakan raket yang lebih ringan dibandingkan raket biasa. 


    Raket adalah produk yang paling memengaruhi permainan bulu tangkis. Sebenarnya, ada beberapa perbedaan pada raket tergantung dari titik beratnya. Ada raket dengan titik berat pada lingkarannya, ada juga yang memiliki titik berat di area pegangannya. Ukuran grip raket pun sangat bervariasi sehingga kalian harus lebih jeli saat menentukan raket mana yang cocok untuk kalian.

  • LI-NING
    GryFalcon III Black


    Liliyana Natsir

    Sepatu merupakan salah satu perlengkapan yang perlu diperhatikan saat bermain bulu tangkis. Hal ini karena kalian harus memilih sepatu yang sesuai dengan bentuk telapak kaki agar nyaman dipakai berjam-jam. Nah, menurut saya, LI-NING GryFalcon III ini sangat nyaman digunakan baik saat latihan maupun pada saat pertandingan. 


    Sepatu ini memiliki desain yang bagus serta memiliki variasi warna yang cukup banyak. Selain itu, walaupun baru saja digunakan, sepatu ini langsung terasa nyaman sehingga kaki tidak usah beradaptasi lagi. 


    Saat memilih sepatu, kalian perlu berhati-hati. Hal ini karena tidak jarang karet pada sepatu yang kurang bagus dapat menyebabkan licin. Akibatnya, kalian dapat tergelincir saat bermain di lapangan.

  • LI-NING
    Kaus Kaki


    Liliyana Natsir

    Nah, kaus kaki juga tidak kalah penting untuk menunjang permainan kita di lapangan. Kita harus memilih kaus kaki yang tebal, tidak licin, dan mudah menyerap keringat. Hal ini supaya kita dapat melakukan gerakan-gerakan secara maksimal. Kaus kaki yang tebal dapat mengurangi gesekan antara kaki dan sepatu sehingga melindungi kaki dari lecet.


    Jangan lupa untuk memilih ukuran produk yang sesuai dengan kaki agar terasa nyaman dan pas saat dipakai.  Ingat, jangan memilih bahan kaus kaki yang tipis karena bisa membuat kaki menjadi lecet dan cedera. Kaus kaki dari LI-NING yang satu ini menjadi salah satu produk favorit saya. Hal ini karena meski sering dicuci, kaus kaki ini tetap awet dan tidak melar!

  • LI-NING
    Tas Premium


    Liliyana Natsir

    Tas raket adalah pelindung utama bagi senjata saya. Untuk itu, saya memilih tas raket LI-NING tipe 3R ABJN 086 yang satu ini. Selain desainnya yang keren, tas ini memiliki banyak kelebihan seperti area penyimpanan raket yang super aman.


    Tas ini didesain menggunakan bahan yang lebih kaku sehingga menjaga raket kita dari benturan keras. Dengan begitu, raket kita menjadi tidak mudah patah. Selain itu, tas ini juga memiliki ruang simpan yang cukup besar. 


    Kapasitas tas yang besar merupakan hal yang penting. Hal ini karena saya biasanya membawa sekitar sembilan raket serta berbagai perlengkapan lainnya ke setiap pertandingan. Selain itu, tas raket ini dapat dibawa layaknya tas ransel sehingga pundak kita tidak terasa pegal atau sakit saat membawanya.

  • LI-NING
    Replacement Stitched


    Liliyana Natsir

    Grip adalah lapisan luar pada gagang raket yang akan kita genggam saat bermain. Karena itu, grip menjadi salah satu peralatan penting dalam olahraga bulu tangkis. Saya sangat menyarankan kalian untuk memilih grip yang berkualitas. Saya sendiri selalu mengganti semua grip raket sebelum mulai bertanding. 


    Grip harus selalu nyaman dan tidak boleh licin saat digunakan karena grip yang licin dapat sangat mengganggu gerakan saya di lapangan. Produk ini sendiri sebenarnya memiliki banyak pilihan warna. Namun, saya pribadi lebih menyukai warna hitam dan putih. Grip ini menjadi pilihan saya karena bahannya yang tebal, empuk, dan tidak licin sehingga sangat nyaman untuk digunakan.

  • LI-NING
    Shuttlecock


    Liliyana Natsir

    Shuttlecock adalah bola yang digunakan dalam olahraga bulu tangkis. Biasanya, shuttlecock terbuat dari rangkaian bulu angsa. Shuttlecock standar internasional memiliki 16 bulu angsa yang dirangkai dalam bentuk lingkaran. Saya sendiri memilih produk dari LI-NING yang satu ini karena bulunya tebal sehingga tidak gampang patah. Selain itu, berkat desainnya, produk ini juga memiliki kestabilan yang baik. 


    Shuttlecock tipe ini juga sering dipakai untuk kejuaraan internasional. Dari segi harga, memang produk ini memiliki harga yang cukup tinggi. Namun, kualitasnya tentunya tidak usah diragukan lagi. Shuttlecock ini juga memiliki beberapa varian dengan kualitas dan kecepatan yang berbeda-beda. Namun, kalian yang ingin mencoba bermain menggunakan shuttlecock standar internasional boleh mencoba produk ini.

  • LI-NING
    NO.1 BOOST


    Liliyana Natsir

    Dari semua peralatan yang sudah saya rekomendasikan di atas, jangan sampai kalian melupakan perlengkapan yang satu ini. Senar juga merupakan salah satu peralatan pendukung dengan efek yang cukup besar. Saya memilih senar tipe ini karena ia memiliki tingkat akurasi serta kelenturan yang sangat baik. 


    Perlu diketahui bahwa tarikan senar harus sesuai dengan tipe permainan dan kekuatan tenaga kita saat memukul shuttlecock. Menurut saya, jika kalian merupakan pemain bertahan, tarikan tidak perlu terlalu kencang. Namun, jika kalian merupakan tipe pemain penyerang, kalian memerlukan tarikan senar yang kencang. Sebagai informasi, tingkat tarikan biasanya berada di antara 29-32 untuk atlet international.