7 Rekomendasi Perlengkapan untuk Rekaman

7 Rekomendasi Perlengkapan untuk Rekaman

Saya telah menerima banyak pertanyaan yang menanyakan jenis peralatan yang saya gunakan saat merekam. Sebenarnya, ada banyak varian produk dan kombinasi peralatan yang bisa kalian coba. Namun, daftar di bawah merupakan produk-produk yang telah saya coba dan sangat saya rekomendasikan. 


Produk-produk ini memiliki harga terjangkau serta kualitas yang tidak perlu diragukan lagi. Ditambah lagi, produk-produk di bawah telah menemani saya dalam jangka waktu yang cukup lama. Bagi kalian yang tertarik untuk memulai karier menyanyi, saya sangat menyarankan kalian untuk menggunakan produk di bawah sebagai titik awal. Saya jamin produk-produk ini dapat menunjang kebutuhan kalian dengan baik.


Creator Image
Rainych Ran
Musisi
  • Samson Technologies Corp.
    USB Studio Condenser Microphone


    Rainych Ran

    Peralatan utama untuk merekam audio adalah mikrofon. Saya sendiri memilih tipe kondensor karena sensitivitas dan akurasinya yang lebih tinggi. Setelah melakukan research selama beberapa waktu, saya menemukan produk ini yang akhirnya menjadi pilihan terbaik untuk saya. 


    Saya memilih produk ini karena spesifikasi dan juga harganya yang sesuai dengan kebutuhan saya. Mikrofon ini merupakan salah satu produk yang sering disarankan oleh para musisi. Hal ini karena produk ini merupakan salah satu mikrofon terbaik dari range harga sekelasnya.


    Karena kualitasnya yang sangat baik dan tahan lama, produk ini telah menemani saya sejak awal karier. Produk ini merupakan tipe USB sehingga ia dapat langsung dihubungkan ke PC. Karena itu, ia sangat praktis untuk digunakan dan tidak membutuhkan audio interface tambahan untuk bekerja. Mikrofon ini juga cukup handal dalam menangkap frekuensi suara dengan tipe vokal seperti saya.

  • Samson
    Microphone Pop Filter


    Rainych Ran

    Produk ini merupakan pop filter yang dapat menyaring noise letupan dari suara vokal tertentu. Menurut pendapat saya pribadi, peralatan ini sebenarnya bukan termasuk peralatan utama. Namun, produk ini tetap diperlukan sebagai peralatan pendukung. 


    Fungsinya adalah untuk mengurangi suara letupan saat kita mengucapkan konsonan tertentu seperti P, B, T, dan D. Suara letupan yang dimaksud terjadi akibat hembusan yang terdengar meletup saat kita melafalkannya. Karena saya juga membuat video musik, pop filter juga berkontribusi besar pada estetika keseluruhan perangkat yang saya gunakan.


    Pop filter ini sendiri memiliki dua jenis tipe dengan material filter yang berbeda. Ada produk yang menggunakan filter dari jala berbahan nilon ataupun yang terbuat dari logam tipis. Saya sendiri lebih suka menggunakan model ini karena harganya lebih terjangkau serta kualitasnya cukup baik.  

  • Samson
    Spider Shockmount


    Rainych Ran

    Sama seperti pop filter, shockmount juga dapat meningkatkan kualitas audio sampai batas tertentu. Shockmount untuk mikrofon juga dapat memberikan perlindungan dari kerusakan eksternal. Fungsi utama produk ini adalah untuk mengisolasi mikrofon dari noise. Noise sendiri bisa dihasilkan dari berbagai macam benda maupun gerakan yang ada di sekitar mikrofon.  


    Karena saya menggunakan mikrofon dari Samson, saya pikir akan lebih cocok jika saya menggunakan shockmount Samson juga! Shockmount ini berfungsi dengan cukup baik serta membantu meningkatkan kualitas audio secara keseluruhan. Selain itu, saya rasa alat ini mampu melengkapi seluruh perangkat rekaman audio saya, baik dari kinerja maupun hasil akhirnya.

  • Audio-Technica
    Professional Monitor Headphones


    Rainych Ran

    Headphone untuk monitor merupakan perangkat yang penting untuk melakukan sound processing. Dengan headphone ini, saya dapat mendengarkan frekuensi musik dan vokal dengan baik. Hal ini membantu saya agar dapat memonitor suara dengan efisien! 


    Ketika melakukan sound processing, saya akan mendengarkan berbagai macam bunyi atau suara untuk waktu yang lama. Karena itu, saya harus memastikan bahwa headphone saya memiliki kualitas audio yang baik. Tidak hanya itu, headphone tersebut juga harus nyaman untuk dikenakan dalam jangka waktu panjang. 


    Saya menggunakan produk ini karena saya melakukan mix dan master untuk hasil cover lagu saya sendiri. Kualitas suara yang dihasilkan produk ini sangat luar biasa. Ia mampu menghasilkan nada yang kaya sehingga mampu menghasilkan suara yang seimbang di semua aspek. 


    Desain closed-back dari headphone ini efektif mengisolasi kebisingan suara luar. Headphone ini juga dilengkapi dengan adaptor steker atau colokan untuk berbagai macam penggunaan. Selain itu, bahannya terasa well made dan pas di kepala saya. Ditambah lagi, produk ini juga dapat menutupi seluruh telinga saya dengan sangat baik.

  • CANON
    EOS 200D


    Rainych Ran

    Canon 200D merupakan kamera pertama saya yang sangat berharga. Desainnya sangat cantik dan ringan untuk sebuah kamera DSLR. Sebenarnya, saya sendiri masih perlu belajar agar lebih ahli dan lebih memaksimalkan penggunaan kamera ini. Namun, untuk pemula seperti saya, menurut saya kamera ini sangat mudah untuk digunakan.  


    Biasanya, saya mengedit video buatan saya sendiri. Jujur, saya masih sangat awam dalam hal tersebut. Karena itu, saya sering menggunakan footage asli dari proses rekaman untuk video saya. 


    Berkat kamera ini, hasilnya hampir selalu jernih dan tidak terlalu membutuhkan modifikasi apa pun. Meskipun bukan model kelas atas, kamera ini banyak direkomendasikan oleh videographer sebagai kamera untuk pemula yang terjangkau dan berkualitas.

  • MSI
    PS42 Modern


    Rainych Ran

    MSI PS42 Modern is my hero! Karena saya melakukan pengeditan audio dan video sendiri, bagi saya notebook adalah salah satu device esensial untuk menghasilkan sebuah konten. Sebelum memiliki produk ini, saya menggunakan laptop lama yang telah digunakan selama sembilan tahun untuk mengedit. Tentu saja hal itu sangat melelahkan dan membuat saya stres.


    Ketika saya akhirnya mendapatkan notebook ini, saya merasa sangat lega karena dapat mengedit dengan lebih baik dan cepat. Spesifikasinya memang bukan yang terbaru, tetapi cukup bagi saya untuk melakukan berbagai macam pekerjaan. 


    Laptop ini memiliki desain ramping dengan bezel tipis dan ringan sehingga nyaman dibawa bepergian. Karena itu, selain penampilannya yang cantik, kinerjanya secara keseluruhan juga cukup baik.

  • FL Studio
    Producer Edition


    Rainych Ran

    Meski proses rekaman saya lakukan sendiri di rumah, hasilnya tetap berkualitas dan tidak kalah dengan karya sound engineer profesional. Ini karena saya menggunakan software yang satu ini. Tampilan dan interface-nya nyaman sehingga sangat mudah untuk dipelajari. 


    Hal ini penting karena saya menggunakan software ini sejak awal belajar mixing dan mastering hingga sekarang. Selain itu, ia juga memiliki plugin yang banyak dan bervariasi sehingga sangat bermanfaat saat audio processing


    Selain ramah untuk pemula, produk ini juga dapat menunjang kebutuhan user yang berpengalaman. Selain untuk mixing dan mastering vokal, kalian juga dapat menggunakannya untuk composing dan membuat lagu karya sendiri. Banyak tutorial editing menggunakan produk ini di internet yang dapat membantu kalian ketika kesulitan melakukan atau menerapkan special effects (sfx) tertentu.