7 Rekomendasi Produk Skincare dan Makeup Jepang

7 Rekomendasi Produk Skincare dan Makeup Jepang

Banyak orang bilang, jenis kulit bisa berubah kalau pindah ke satu negara dengan iklim yang berbeda dalam jangka waktu yang lama. Saya sendiri sebenarnya tidak merasakan perubahan pada jenis kulit. Namun, memang iklim dan cuaca sangat berpengaruh pada kulit. Setelah pindah ke Jepang, saya mulai menggunakan beberapa produk skincare dan makeup negeri Sakura ini.


Setelah mencoba beberapa produk, di artikel ini saya akan memperkenalkan produk-produk andalan saya selama tinggal di Jepang. Satu hal yang saya sadari, biasanya skincare dan makeup Jepang memiliki formula ringan dan lembut sehingga cocok untuk kulit sensitif. Tenang, kalian juga bisa mendapatkan produk-produk ini dengan mudah di Indonesia!


Creator Image
Icazahra
Singer & songwriter
  • LuLuLun
    Facial Sheet Mask


    Icazahra

    Sebagai orang yang sangat suka kegiatan outdoor, LuLuLun Facial Sheet Mask White ini menjadi salah satu penyelamat hidup saya! Produk ini adalah masker wajah yang bisa kalian gunakan setiap hari. Essence dari masker ini memiliki tekstur watery yang mampu melembapkan kulit tanpa meninggalkan rasa lengket di wajah. 


    Pada saat musim dingin, cuaca menjadi jauh lebih kering. Saat musim dingin, saya selalu menggunakan masker ini di pagi hari sebelum makeup. Setelah memakainya selama 10 menit, lepas maskernya dan tepuk-tepuk wajah dengan lembut agar essence menyerap. Ingat, kalian tidak perlu membilas wajah setelah memakai masker ini, ya!


    Dengan kulit yang lembap, makeup jadi mudah menempel, tidak mudah cakey, dan tetap prima diterjang dinginnya angin musim dingin. Selain itu, kulit juga terlihat lebih cerah dan kenyal setelah 7 hari pemakaian.

  • Lululun
    Moist Gel Cream


    Icazahra

    Setelah menggunakan LuLuLun Facial Sheet Mask, saya langsung memakai Moist Gel Cream dari merek yang sama. Gel cream ini berfungsi untuk mengunci essence yang sudah meresap di wajah. LuLuLun Moist Gel Cream ini sangat cocok dipakai di kulit kering dan kombinasi karena ia mampu melakukan deep hydrating


    Berbeda dengan essence dari face mask sebelumnya, gel cream ini meninggalkan sedikit rasa lengket jika dipakai terlalu banyak. Karena itu, saya menyarankan untuk menggunakannya secara tipis di pagi hari sebelum memakai makeup. 


    Biasanya, saya menggunakannya dalam jumlah yang lebih banyak di malam hari sebelum tidur. Ini supaya kelembapan kulit wajah tetap terjaga hingga keesokan harinya. Menurut saya, hal ini penting apa lagi jika kalian tidur dengan menyalakan AC atau heater dalam waktu yang lama. Sayangnya, jar yang digunakan terbuat dari kaca sehingga produk ini sedikit menambah beban saat dibawa traveling.

  • Rohto
    Skin Aqua UV Tone Up Essence


    Icazahra

    Pertemuan pertama saya dengan Skin Aqua UV Tone Up Essence ini berawal dari perburuan suncreen di musim panas. Ini karena musim panas Jepang sangat lembap sehingga kalian pasti akan terus berkeringat saat keluar rumah di musim panas. Karena itu, saya butuh sunscreen berharga terjangkau yang cocok untuk diaplikasikan berkali-kali. 


    Setelah melakukan beberapa riset dan mendengar saran dari beberapa teman, hampir semua dari mereka merekomendasikan produk ini. Tidak heran karena memang produk ini bagus banget! Produk ini diklaim sebagai essence yang multifungsi. 


    Essense dengan tekstur ringan dan oil free ini berfungsi sebagai skincare yang mencerahkan tone warna kulit. Selain itu, ia juga berfungsi sebagai sunscreen yang melindungi kulit dari sinar UV. Tidak hanya itu, produk ini juga mampu menjadi base makeup untuk menyamarkan warna kulit yang tidak rata. Hebat sekali, bukan?


    Sebenarnya, produk ini memiliki dua varian warna yaitu pink dan hijau. Fungsinya sebenarnya tidak jauh berbeda. Hanya saja, jika kalian bermasalah dengan kulit yang kemerahan, warna hijau akan lebih bermanfaat di kulit kalian. 

  • Isehan
    KISS ME Heroine Make Smooth Liquid Eyeliner Super Keep


    Icazahra

    Kemasan dari produk ini bisa dibilang cukup nyentrik dan membuat orang penasaran. Desainnya menampilkan tokoh karakter perempuan yang digambar dengan gaya shoujo manga tahun 90-an yang sedang menangis. Sebenarnya, apa hubungannya produk eyeliner dengan air mata si karakter ini? 


    Ternyata, desain ini sesuai dengan tagline dari produknya, yaitu "menangis pun tetap melekat dengan kuat". Eyeliner ini diklaim tidak mudah luntur meski terkena dengan air. Review-nya pun tidak pernah jelek, lho! Ditambah lagi, harganya pun sangat terjangkau sehingga cocok untuk saya, seorang mahasiswa rantau. 


    Setelah menetapkan hati dan mencoba menggunakan eyeliner ini, sampai sekarang saya tidak bisa pindah ke lain produk. Eyeliner ini memiliki dua varian warna, yaitu hitam dan cokelat. Saya sendiri lebih suka menggunakan varian berwarna cokelat karena memberikan kesan lembut di mata. 


    Ujung kuasnya tipis, tidak terlalu lembut ataupun terlalu keras sehingga mudah digunakan bahkan untuk pemula. Meskipun tidak mudah luntur jika terkena air, bukan berarti dia tidak bisa hilang sama sekali. Eyeliner yang sangat awet ini juga sangat mudah dibersihkan menggunakan makeup cleanser. 

  • Canmake
    Cream Cheek


    Icazahra

    Saya sebenarnya bukanlah penggemar produk berbentuk powder. Karena itu, cream cheek selalu menjadi andalan saya sebagai perona pipi. Lagi-lagi, saya dikejutkan dengan produk Jepang dengan harga terjangkau yang kualitasnya tidak main-main. 


    Canmake adalah salah satu brand kosmetik Jepang yang ditujukan untuk anak-anak muda. Karena itu, produknya selalu memiliki harga yang affordable sehingga cocok bagi pelajar.


    Awalnya, saya ragu untuk mencari cream cheek dari brand Jepang karena warna kulit saya lebih gelap dari orang Jepang. Saya takut kulit saya tidak cocok dengan pilihan warna yang ditawarkan. Namun, ternyata Canmake memiliki banyak pilihan warna untuk cream cheek-nya. 


    Sebenarnya, pengunaannya cukup simpel, yaitu dengan menggunakan jari untuk mengaplikasikannya ke pipi. Namun, hal ini agak sedikit tricky! Cream cheek dari Canmake ini cukup pigmented meski saya gunakan hanya sedikit-sedikit. 


    Saya selalu menggunakan cream cheek ini sebelum menggunakan bedak atau bahkan sebelum mengoleskan foundation untuk hasil yang lebih natural. Dengan begitu, kalian bisa mengontrol sendiri seberapa terang warna yang kalian inginkan.

  • Kao
    Biore Home Spa Massage Facial Gel


    Icazahra

    Facial gel dari Biore ini langsung ramai menjadi pembicaraan di media sosial Jepang setelah dirilis. Bahkan, produk ini sempat sold out di beberapa toko di Jepang saking populernya! 


    Sesuai namanya, produk pembersih wajah ini bertekstur gel yang tidak berbusa saat diaplikasikan di wajah. Produk ini memberikan sensasi seperti perawatan di spa yang mahal, lho! Kapan lagi bisa merasakan massage spa di rumah dengan harga murah? 


    Saya sangat merekomendasikan ini bagi kalian yang peduli dengan kotoran yang menyangkut di pori-pori wajah. Cara penggunaannya sendiri cukup simpel. Cukup tuangkan gel di jari secukupnya lalu pijat gel secara lembut di area wajah untuk mengeluarkan kotoran dari pori-pori. 


    Tidak hanya teksturnya, tetapi wanginya juga sangat lembut dan menenangkan. Setelah selesai memijat, bilas dengan air dan kalian akan segera merasakan sensasi wajah yang lebih segar.

  • DHC
    Pure Color Lip Cream


    Icazahra

    Bisa dibilang, menemukan produk ini seperti menemukan jodoh. Pertemuan saya dengan DHC Color Lip Cream juga tidak disengaja. Saat lupa membawa lipstik ketika terburu-buru ke kampus, akhirnya saya melangkahkan kaki ke minimarket terdekat dan menemukan lip cream ini. 


    Di kemasannya tertulis bahwa lip cream ini menghasilkan warna merah. Awalnya, saya yakin hasilnya tidak akan semerah lipstik biasa. Tidak disangka, warna yang dihasilkan cukup kuat. Akhirnya, DHC Pure Color Lip Cream ini adalah salah satu produk yang wajib saya bawa ke mana-mana. 


    Bahkan, saat ini saya sering menggunakan lip cream ini tanpa menggunakan lipstik terlebih dahulu. Ketika memasuki musim dingin dan terus-menerus bekerja di ruangan ber-AC, lip cream ini menjadi penyelamat darurat. Selain melembapkan, bibir benar-benar terlihat segar dengan warna merah yang lembut.


    Selain warna merah, DHC mengeluarkan dua varian lain dari produk ini. Ada varian yang memiliki warna pink yang soft serta varian dengan warna sedikit oranye. Kalian bisa memilih produk yang sesuai dengan warna bibir kalian, ya!