7 Rekomendasi Produk Penunjang untuk Olahraga Karate

7 Rekomendasi Produk Penunjang untuk Olahraga Karate

Creator Image
Ahmad Zigi Zaresta Y
Atlet karate
  • Shureido
    New Wave 3


    Ahmad Zigi Zaresta Y

    Shureido adalah salah satu brand baju karate terkenal yang berasal dari Okinawa, Jepang. Saya sendiri telah menggunakan baju ini sejak memulai karir sebagai atlet karate. Produk ini menggunakan material terbaik yang sangat awet, meskipun tergolong sedikit berat untuk baju karate.

    Meski begitu, baju ini memiliki beberapa kelebihannya tersendiri. Berkat bahannya yang nyaman dan desainnya yang terlihat lebih tegap, baju ini dapat menambah kepercayaan diri pemakainya. Karena itu, baju ini mampu menunjang penampilan saya dengan maksimal saat melakukan karate. 

    Produk ini banyak digunakan oleh para atlet karate di dunia. Hal ini karena Shureido merupakan salah satu produsen baju karate terbaik. Kalau kalian ingin seperti saya, kalian bisa membeli baju ini di e-commerce sites lewat button di atas. 
  • Shureido
    Kata Belt


    Ahmad Zigi Zaresta Y

    Masih dengan produk Shureido, Kata Belt ini juga sangat saya rekomendasikan. Produk ini dibuat dengan material yang sangat nyaman dan cocok dipasangkan dengan baju karate merek apa pun. Karena itu, sabuk ini dapat menambah kepercayaan diri atlet karate yang memakainya. Namun, sama seperti baju karate dari merek Shureido, sabuk ini juga memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan produk serupa. 

    Meski begitu, kualitasnya yang sangat bagus membuatnya menjadi terkenal di kalangan para atlet karate. Hal ini karena produk Shureido memang mampu menambah performa dan percaya diri saat bertanding.

    Saya sangat menyarankan produk ini untuk kalian yang berlatih karate. Meski sedikit lebih berat, produk ini tetap nyaman untuk dipakai. Saya sarankan agar kalian terus berlatih menggunakan belt ini supaya cepat terbiasa.
  • Phiten
    Titan Tape X100


    Ahmad Zigi Zaresta Y

    Phiten Titan Tape X100 merupakan salah satu merek kinesiology tape yang biasa digunakan oleh atlet. Fungsi utama produk ini adalah untuk meningkatkan sirkulasi darah, dan membantu menjaga otot. Dengan menggunakan produk ini, risiko terjadinya cedera bisa dikurangi. 

    Produk ini memiliki kelebihan tidak mengganggu ruang gerak, serta tahan terhadap air dan keringat. Saya biasa memakai produk ini di bagian sendi yang rawan mengalami cedera. Setelah memakai produk ini, saya tidak takut cedera karena produk ini memberikan perlindungan maksimal untuk sendi saya. Saya menyarankan produk ini untuk kalian yang ingin melindungi persendian dan otot agar tidak mudah cedera dan lelah otot. 
  • Fascial Gun


    Ahmad Zigi Zaresta Y

    Massage gun merupakan alat yang dapat meredakan sakit pada otot yang kelelahan dan dapat membantu merilekskan otot. Menurut saya, alat ini sangat penting untuk dibawa saat pergi bertanding karena dapat menunjang performa agar lebih maksimal. Selain itu, alat ini juga dapat menghindarkan pemakai dari kelelahan otot. Biasanya, saya menggunakan produk ini sebelum dan sesudah tampil untuk me-recovery otot yang kelelahan maupun tegang. 


    Agar lebih maksimal, saya biasanya memfokuskan pemakaiannya ke bagian otot yang tegang seperti di paha, betis, maupun pundak. Biasanya saya memakainya sekitar 10–15 menit atau tergantung kebutuhan, sampai otot kembali rileks. Namun, pemakaian alat ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman yang disebabkan oleh rasa nyeri pada otot yang keras atau lelah.
  • Kettler
    Powerband


    Ahmad Zigi Zaresta Y

    Kettler Powerband adalah produk yang saya gunakan pada saat melakukan warming up. Sebab, produk ini dapat merangsang otot untuk lebih siap sebelum mulai latihan atau bertanding. Berkat pemanasan dengan produk ini, performa saya otomatis menjadi lebih maksimal. Pasalnya, saya melakukan banyak gerakan pukulan dan tendangan yang membutuhkan kecepatan dan tenaga otot pada saat tampil. 

    Saya sangat menyarankan untuk menggunakan produk ini pada saat pemanasan. Namun, perlu diingat bahwa produk ini sebaiknya digunakan pada otot di bagian tertentu saja. Jangan lupa untuk menggunakan teknik pemanasan yang baik dan benar. Hal ini agar otot tidak mudah tertarik pada saat pemanasan karena dapat menghambat gerakan.
  • Taisho
    Counterpain Cool Analgesic Gel


    Ahmad Zigi Zaresta Y

    Counterpain Cool Analgesic Gel adalah salah satu obat yang saya gunakan untuk meredakan nyeri pada otot. Produk ini memberikan rasa nyaman pada otot dan sendi yang keseleo dan nyeri karena kelelahan maupun cedera. Produk ini sangat baik digunakan pada saat kalian mengalami cedera di bagian otot atau persendian saat berolahraga. 

    Saya menggunakan produk ini sebelum pertandingan agar dapat memaksimalkan performa. Jadi, saya tidak merasakan nyeri akibat sensasi dingin dan panas yang ada pada produk ini. Saya merekomendasikan produk ini kepada kalian yang rawan cedera maupun keseleo. Ditambah lagi, harganya juga sangat terjangkau dan produknya mudah didapatkan.
  • Ajinomoto
    Amino Vital Gold


    Ahmad Zigi Zaresta Y

    Amino Vital Gold mampu menjaga daya tahan tubuh saya. Saya memilih produk ini karena ia mengandung branched-chain amino acid (BCAA) yang berkhasiat untuk meningkatkan masa otot, dan menambah kekuatan tulang.

    Saya mengonsumsi produk ini sebelum bertanding untuk meningkatkan performa. Setelah minum produk ini, tubuh terasa sangat fit dan lebih siap untuk menghadapi pertandingan.

    Perlu diketahui bahwa Amino Vital Gold tidak mengandung zat yang bisa dikategorikan sebagai doping. Karena itu, ia aman dikonsumsi oleh para atlet sebelum atau saat bertanding. Saya sarankan untuk mengonsumsinya sekitar 15–25 menit sebelum tampil agar khasiatnya lebih terasa. 

    Produk ini sebenarnya agak sulit didapatkan di toko biasa karena tidak dijual di sembarang toko. Bagi kalian yang ingin mencoba Amino Vital Gold, silakan membelinya lewat e-commerce sites yang tertera, ya.