7 Rekomendasi Produk Pendukung Hiking untuk Pendaki Berhijab

7 Rekomendasi Produk Pendukung Hiking untuk Pendaki Berhijab

Mendaki gunung kini bukan saja kegiatan yang hanya diminati oleh laki-laki. Banyak perempuan yang mulai menyukai hobi ini. Hiking sebenarnya termasuk kegiatan outdoor yang lumayan ekstrem. Namun, hal ini malah menjadi tantangan tersendiri untuk para srikandi dalam mengeksplorasi keindahan alam Indonesia.


Apa saja barang yang harus dibawa pendaki hijaber? Jawabannya tentu tergantung pribadi masing-masing. Pikirkanlah seberapa tinggi kalian akan mendaki dan seberapa jauh jaraknya dari rumah. Kegiatan mendaki gunung berbeda dengan traveling menyusuri dan menjelajahi suatu kota atau daerah. Pendakian gunung adalah perjalanan yang lebih melelahkan dan jauh dari ketersediaan. Nah, kali ini saya ingin membagikan gear andalan saya, seorang hijaber, saat mendaki gunung. Semoga rekomendasi saya dapat membantu kalian menemukan peralatan yang tepat, ya!


Creator Image
Siska Kusmayanti
Travel influencer
  • Eiger
    Active Hijab Sport


    Siska Kusmayanti

    Berbeda kebutuhannya, tentu berbeda pula jenis hijab yang harus dipakai. Untuk mendaki, saya membutuhkan bahan yang mampu mengurangi kelembapan supaya kepala tetap kering saat pendakian. Salah satu hijab yang selalu saya pakai dalam mendaki adalah Eiger Active Hijab Sport. 


    Hijab ini dibuat dengan bahan polyspandex dan teknologi Tropic Dry dan Tropic Odor. Karena itu, hijab ini diklaim mampu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab bau. Menurut saya, hal itu benar karena saya selalu merasa nyaman memakai hijab ini tanpa bau mengganggu.


    Uniknya, produk ini memiliki lubang kecil di bagian telinga yang dapat dimasukkan earphone atau bingkai kacamata. Produk ini mempermudah saya untuk mendengarkan musik saat mendaki maupun memakai kaca mata hitam. Inilah produk yang saya pakai saat mendaki di track terik seperti Gunung Rinjani maupun Gunung Merbabu. 

  • Columbia
    Women's Omni-Heat™ 3D Knit Crew II Baselayer Shirt


    Siska Kusmayanti

    Baselayer masuk ke dalam list barang yang wajib saya bawa dalam setiap pendakian. Saya tidak mau direpotkan dengan membawa manset ketika ingin memakai kaos di gunung. Untuk itu, saya rekomendasikan untuk memilih baselayer sebagai dalaman yang sesuai dengan kebutuhan pendakian. Biasanya, saya memakai baselayer Columbia Omni-Heat 3D Knit Crew Top.

    Columbia terkenal dengan teknologi Omni-Heat nya yang mampu beradaptasi sangat baik dengan suhu luar. Ketika cuaca sangat terik, kita tidak akan merasa panas. Sebaliknya, ketika suhu udara mulai turun, Omni-Heat™ bisa mempertahankan suhu tubuh agar kita tetap hangat. Saya sangat menyarankan produk ini untuk masuk daftar bawaan kalian saat pendakian!

  • Eiger
    Athena WTP Jacket


    Siska Kusmayanti

    Peralatan yang paling utama dan penting saat naik gunung tentu saja adalah jaket. Terdapat banyak sekali varian serta brand di pasaran dengan keunggulannya masing-masing. Namun, hal yang penting diperhatikan adalah track serta jenis lingkungan gunung yang akan didaki. Berbeda jenis lingkungannya, berbeda juga kebutuhannya.


    Untuk gunung yang cukup tinggi dan bersuhu dingin, saya pilih Athena WTP Jacket dari Eiger. Ini merupakan jaket waterproof dan breathable yang terbuat dari bahan Eiger Shell polyester 2,5 layer. Produk ini dirancang khusus untuk wanita dan pas dipakai saat melakukan kegiatan ekstrem di luar ruangan. Tentunya pas juga dikenakan saat menjelajahi hutan hujan maupun puncak gunung, ya. 


    Jaket ini juga memiliki kemampuan untuk mencegah hawa panas yang menakjubkan. Bahkan, Athena Jacket mampu menjaga tubuh saya tetap kering dari hujan dan keringat, lho! Produk ini tahan terhadap angin atau windproof serta memiliki penutup kepala full seam-sealing yang dapat disesuaikan. Pokoknya, produk ini mampu melindungi kalian dari kebasahan, deh!

  • Eiger
    Streamline 35 (WS) Carrier


    Siska Kusmayanti

    Saya pernah mencoba berbagai macam carrier. Namun, salah satu produk terbaik menurut saya adalah Streamline 35 (WS) Carrier dari Eiger. Tas carrier dengan kapasitas 35 liter ini cocok untuk kegiatan hiking singkat, sekitar satu hingga dua hari. Selain itu, saya juga tertarik dengan produk ini karena kompartemen yang luas dan mudah dijangkau.


    Pada tas ini juga terdapat pengikat trekking pole di bagian sisinya. Selain itu, fitur penting berikutnya adalah FitLight Backsystem Technology. Fungsi ini menghasilkan sirkulasi udara yang baik sehingga punggung terasa lebih nyaman saat membawa tas. 


    Hal ini menurut saya sangat penting karena carrier yang nyaman dapat membantu pendakian kita. Selain itu, karena didesain khusus untuk wanita, carrier ini memiliki ukuran yang pas dengan tubuh saya.

  • Karita
    Mukena MURI PETUNIA


    Siska Kusmayanti

    Satu lagi perlengkapan mendaki gunung yang penting dan harus dibawa pendaki hijaber adalah mukena. Untuk berjaga-jaga, biasanya saya membawa mukena portable sendiri. Hal ini saya lakukan supaya dapat mendaki dengan lebih nyaman dan tenang.


    Salah satu produk yang cocok digunakan saat mendaki atau traveling adalah mukena berbahan parasut. Bahan ini memudahkan saya untuk melipatnya dengan rapi tanpa terlalu lecek. Menurut saya, mukena berbahan parasut sangat praktis dan simpel. Selain itu, biasanya mukena ini sudah dijual satu set dengan tas kecil yang lucu.


    Produk ini adalah solusi tepat untuk mukena yang hemat tempat, ringan, dan mudah dikeringkan. Mukena berbahan parasut merupakan barang wajib yang harus dibawa oleh semua pendaki hijaber! 

  • Okano
    Sajadah


    Siska Kusmayanti

    Sajadah portable sangat penting untuk kenyaman kita menunaikan ibadah salat di mana pun kita berada. Karena itu, produk yang satu ini selalu ada di side pocket tas saya. Meskipun berada jauh dari rumah, bukan berarti kita harus mengesampingkan kesucian dalam salat. 


    Banyak sekali jenis sajadah yang ada di pasaran. Untuk alasan kepraktisan, saya memilih sajadah yang berukuran besar, berbahan tipis, kuat dan mudah kering. Saya yakin bahwa kenyamanan dalam salat akan menenangkan kita selama melakukan perjalanan.


    Saya menyarankan kalian supaya lebih berhati-hati saat menggunakan sajadah ini. Karena ukurannya kecil, sajadah ini mudah hilang apabila kita tidak menyimpannya dengan benar. Untuk itu, saya tidak pernah menyimpan di tempat lain selain side pocket carrier saya. Saya hanya mengeluarkannya saat ingin dipakai atau ketika sudah kotor dan hendak dicuci.

  • Eiger
    X-Aquapura Hardshell Pants


    Siska Kusmayanti

    Celana X-Aquapura Hardshell dari Eiger selalu menjadi andalan saya ketika mendaki gunung. Produk ini dilengkapi dengan beberapa fungsi untuk keselamatan dan kenyamanan saat melakukan summit attack. Terbuat dari tiga lapis bahan polyester, produk ini dirancang khusus untuk menjelajahi berbagai medan ekstrem.


    Celana Hardshell ini memiliki beberapa keunggulan dan fitur menarik. Selain waterproof, produk ini memiliki kemampuan mencegah hawa panas terjebak di dalam pakaian. Hal ini membuat saya jatuh hati karena badan terasa tetap adem meski beraktivitas seharian. 


    Salah satu fitur unggulan berikutnya adalah ritsleting full-length di kedua sisi celana. Fitur ini mempermudah saya untuk membuka celana, apalagi ketika badan sudah terlalu lelah untuk bergerak. Nyaman dan praktis!


    Saya suka celana ini karena memiliki desain khusus di bagian lutut yang memudahkan pergerakan. Produk ini juga memiliki bagian belakang dan bawah yang tebal agar lebih tahan terhadap gesekan. Ujung celananya juga dilengkapi dengan tape adjuster hook and loop yang dapat dikaitkan ke sepatu. Inilah celana yang tepat untuk kalian yang ingin mendaki gunung dengan nyaman!