7 Rekomendasi Produk Makeup dan Cat Rambut yang Cocok untuk Cosplayer Pemula

7 Rekomendasi Produk Makeup dan Cat Rambut yang Cocok untuk Cosplayer Pemula

Sebagai seorang cosplayer dan juga mantan personel JKT48, penampilan selalu merupakan hal nomor satu. Dengan makeup dan juga rambut yang cantik, saya lebih percaya diri untuk bepergian dan bertemu banyak orang. Makeup dan perawatan rambut tidak harus selalu mahal, lho! Belakangan ini, makin banyak varian makeup yang berkualitas dengan harga terjangkau. 


Untuk referensi kalian, saya akan merekomendasikan beberapa produk yang saya pakai saat cosplay maupun sehari-hari. Semua produk yang tertulis di bawah sudah saya pakai sendiri dan merupakan pendapat jujur saya. Semoga produk-produk yang saya rekomendasikan cocok untuk kalian pakai. Jangan lupa untuk mencocokan semua produk baru dengan kondisi dan tipe kulit kalian. Nah, langsung saja simak rekomendasi saya!


Creator Image
Puti Nadhira Azalia
Cosplayer, influencer, content creator, & MC
  • The Balm
    Even Steven Whipped Foundation


    Puti Nadhira Azalia

    Ini merupakan produk foundation favorit saya! Selain kemampuannya menutupi semua kekurangan dan noda di wajah, harganya juga tidak terlalu mahal. Produk ini memiliki tekstur layaknya mousse yang sangat ringan dan sama sekali tidak terasa berat di muka. Pokoknya, produk ini pas untuk dipakai seharian!

    Selain itu, packaging-nya juga mudah dibawa sehingga cocok untuk kalian yang suka bepergian. Kalian yang mau hemat juga wajib mencoba produk ini. Hanya dengan menggunakan sedikit saja, produk ini sudah bisa dipakai untuk menutupi seluruh wajah. Namun, saya tidak menyarankan untuk memakai foundation ini untuk kulit berminyak. Pasalnya, produk ini kurang mampu menahan minyak berlebih di wajah.

  • Club
    Yuagari Suppin Powder White Floral


    Puti Nadhira Azalia

    Bedak asal Jepang ini sangat bersahabat di kulit para remaja Indonesia. Produk yang satu ini sudah mengandung skincare yang mampu merawat kulit wajah secara menyeluruh. Bahkan, karena kandungan skincare-nya, bedak ini dapat dipakai sebagai perawatan wajah sebelum tidur, lho!


    Bahan-bahan yang terkandung dalam produk ini mampu menjaga agar kulit tetap sehat. Produk yang satu ini juga cocok dipakai untuk kulit berjerawat. Saya sendiri suka memakainya sebagai finishing setelah memakai produk skincare cair supaya wajah tetap kering dan mulus. 


    Selain itu, packaging produknya juga sangat lucu dan menggemaskan. Meski bedak ini berwarna putih, ia akan berubah menjadi transparan ketika diaplikasikan ke wajah. Setelah memakai bedak ini, wajah akan tampak mulus dan memiliki efek blur. Karena itu, bedak ini juga cocok dipakai kalian yang memiliki pori-pori besar dan berminyak!

  • Maybelline
    Hypersharp Liner Black


    Puti Nadhira Azalia

    Produk ini merupakan eyeliner favorit saya karena warna tinta hitamnya yang pekat. Meski banyak merek eyeliner lain di luar sana, kebanyakan tidak menghasilkan warna hitam yang sepekat produk ini. Produk ini juga memiliki tinta cair yang lumayan cepat kering sehingga praktis untuk dipakai.


    Saya pribadi sangat menyukai aplikator brush-nya yang lembut dan lancip. Berkat hal itu, mudah sekali menggunakan eyeliner yang satu ini. Tidak hanya untuk sehari-hari, untuk cosplay pun, eyeliner merupakan salah satu makeup yang memiliki peran penting, lho! Wajar bila saya sangat teliti memilih produk eyeliner yang tepat, ya. 


    Selain itu, produk ini juga cocok jika kalian kesulitan menggunakan eyeliner karena brush yang tidak nyaman. Eyeliner ini juga lumayan tahan lama dan bisa dipakai seharian. Terima kasih Maybelline karena telah mengeluarkan produk fantastis ini! 

  • Oriflame
    The ONE 5-in-1 Wonder Lash Waterproof Mascara


    Puti Nadhira Azalia

    Menurut saya, ini merupakan produk yang cukup underrated di Indonesia. Pasalnya, merek Oriflame sendiri sudah lama ada di Indonesia. Sayangnya, belakangan ini ia kalah pamor dibandingkan merek-merek kosmetik lainnya.


    Namun, jangan anggap remeh produk keluaran Oriflame yang satu ini! Ternyata, mascara ini sangat waterproof dan mampu membuat bulu mata terlihat jauh lebih lentik dan tebal. Walau ketahanannya terhadap air sangat mengagumkan, mascara ini juga mudah dibersihkan dengan menggunakan micellar water


    Selain itu, saya pikir aplikatornya juga berukuran pas, tidak terlalu besar maupun kecil. Packaging-nya juga simpel dan elegan dengan warna ungu yang menawan. Masih ragu dengan produk Oriflame? Coba saja sendiri! 

  • CANMAKE
    Glow Fleur Cheeks


    Puti Nadhira Azalia

    Produk berikut ini saya rekomendasikan untuk kalian yang mencari blush-on yang natural. CANMAKE merupakan adalah salah satu brand makeup Jepang yang populer dengan produk blush-on-nya. Mereka mengeluarkan beberapa varian produk blush-on dengan keunggulannya tersendiri. Nah, kali ini saya akan merekomendasikan blush dari CANMAKE yang menurut saya paling cantik saat dipakai! 


    Umumnya, blush-on dari CANMAKE memiliki tekstur yang lembut serta warna yang sangat natural. Kalian tidak perlu takut terkesan norak jika memakai blush ini. Saya sendiri menyukai produk ini karena ia mengandung sedikit highlighter sehingga pipi tampak lebih merona sekaligus glowing. Cocok untuk kalian yang tidak ingin repot menggunakan highlighter secara terpisah saat mengaplikasikan makeup, ya!


    Hal berikutnya yang saya sukai adalah packaging-nya yang sangat feminin dan imut. Blush-on ini memiliki lima warna yang dijadikan satu dan dibentuk seperti bunga yang sangat elegan. Produk yang satu ini cocok dipakai sehari-hari maupun saat cosplay!

  • Peripera
    Sugar Glow Tint


    Puti Nadhira Azalia

    Makeup cosplay maupun makeup ala Jepang tidak lengkap tanpa bibir pink menawan. Untuk mendapatkan efek bibir yang tampak lembap dan menggemaskan, biasanya saya memakai produk ini! 


    Peripera merupakan produk asal Korea yang mulai terkenal di Indonesia sejak tahun 2018 dengan produk lip kit-nya. Dari semua line up produk bibir yang mereka keluarkan, saya pribadi paling menyukai produk yang satu ini. 


    Peripera Sugar Glow Tint ini memiliki bahan kandungan yang mampu menjaga kelembapan sekaligus menyehatkan bibir kalian. Produk ini sendiri bertekstur agak lengket dan memiliki aroma manis seperti permen. Saya sendiri sangat suka dengan produk ini karena ia mampu memberikan efek bibir yang lebih plump. Berkat produk ini, wajah kalian dapat terkesan lebih fresh dan menggemaskan, lho!

  • Amorepacific
    Mise En Scene Hello Bubble


    Puti Nadhira Azalia

    Siapa yang tidak tahu Blackpink? Nah, produk yang satu ini adalah hasil kolaborasi antara Mise En Scene dan Blackpink! Merek ini cukup terkenal di Korea karena produknya tidak merusak rambut serta varian warnanya melimpah. 


    Buat kalian para cosplayer yang malas membeli wig dan lebih suka mengecat rambut, saya sangat merekomendasikan produk ini. Kenapa? Karena produk ini mudah sekali diaplikasikan serta menghasilkan warna yang menawan.


    Bentuknya yang menyerupai bubble memudahkan kalian meratakannya ke seluruh rambut. Setelah didiamkan beberapa saat, produk akan mengeras dan siap dibilas layaknya shampoo biasa. Praktis, bukan? 


    Saat proses pengecatan, rambut mungkin terasa agak kaku. Namun, setelah dibilas rambut akan terasa sangat lembut. Menurut saya ini merupakan suatu poin plus yang tidak dimiliki produk lainnya. Warna yang dihasilkan juga mirip dengan yang ditunjukkan pada kemasan. Produk ini pantas mendapatkan nilai seratus dari saya!