10 Rekomendasi Perlengkapan Menggambar

10 Rekomendasi Perlengkapan Menggambar

Sejak umur dua tahun, saya sudah mulai menggambar. Sedari dulu, saya menyukai alat gambar tradisional seperti cat air dan minyak dan menghasilkan karya beraliran abstract. Saat menginjak umur dua belas tahun, saya mencoba menghasilkan karya dengan aliran manga style. Karena pengalaman masa kecil itulah, saya nekat menempuh karier sebagai freelance illustrator dan watercolorist sejak menginjak SMA. 


Dari antara semua media yang ada, cat air merupakan alat favorit saya. Meski begitu, masih banyak alat lain yang tak kalah berguna membantu saya ketika menggambar. Kali ini, saya ingin merekomendasikan beberapa perlengkapan menggambar favorit yang saya gunakan. Saya rasa produk-produk ini akan sangat berguna, apalagi jika kalian ingin berkesperimen dengan watercolor. Jadikanlah artikel ini sebagai referensi kalian membeli barang untuk berkarya!


Creator Image
Karina Doniho
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
  • Copic
    Multiliner - Sepia


    Karina Doniho

    Dibaca dari namanya, produk ini tentunya hanya pena biasa, bukan? Ternyata tidak! Produk ini merupakan drawing pen yang tahan air. Terdapat beberapa varian warna yang tersedia. Saya sendiri suka dengan warna sepia. Jika menebalkan lineart dengan pena berwarna sepia, cat air yang disapukan di atasnya akan terkesan lebih lembut. Cocok untuk tema warna pastel di lukisan kalian, ya!  


    Saya pribadi biasanya menggunakan ukuran pena 0,3 atau 0,5. Kedua ukuran tersebut memiliki ujung pena yang terasa empuk saat digores di atas kertas. Meski empuk, fleksibilitasnya dan kemampuannya membuat garis yang tajam dan tipis tidak berkurang. Dibanding pena merek lainnya, produk ini lebih cepat kering sehingga kita bisa lanjut melukis dengan lebih cepat.

  • Uni-ball
    Signo


    Karina Doniho

    Saya suka menambahkan efek putih dan berkilau pada gambar saya. Untuk efek tersebut, selain menggunakan correction pen biasa, saya juga memakai pena putih khususnya di bagian yang mengilap terang. Produk ini merupakan alat andalan untuk memberi efek putih dengan cepat saat watercolor yang disapukan sudah kering. Pena putih ini memiliki tinta tebal dan jelas, serta praktis digunakan, lho!


    Saya bilang pena putih ini jelas dan nyata. Alasannya adalah karena banyaknya pena putih merek lain yang tintanya lama kering dan warnanya tidak jelas. Tintanya juga tidak mudah bocor. Selain itu, dibandingkan dengan pena putih lain, produk ini memliki tinta yang tidak mudah habis. Saya jamin kalian bakal suka memakai pena putih ini, terutama untuk menambah efek berkilau pada gambar!

  • Canson®
    Montval®


    Karina Doniho

    Sejak beberapa tahun lalu, saya setia menggunakan Canson Montval terutama untuk menggambar pesanan lukisan watercolor. Kertas ini memiliki tekstur yang kaya dan smooth sehingga mempermudah proses saat melukis dengan cat air. Dibandingkan kertas lain, kertas ini tergolong tidak mudah melengkung meski basah terkena sapuan cat air.

    Saya rekomendasikan membeli ukuran A3 karena bisa dipotong menjadi A4, A5, A6, atau ukuran lainnya sesuai kebutuhan kalian. Meski telah mencoba berbagai merek dan jenis kertas khusus watercolor, saya selalu kembali ke produk yang satu ini. Sudah menjadi keharusan tersendiri untuk saya menyetok Canson Montval di rumah, apalagi untuk mengerjakan commission.  
  • Tombow
    Mono


    Karina Doniho

    Penghapus adalah salah satu alat penting yang digunakan oleh semua orang. Apalagi, kalau kita hobi atau memiliki profesi yang berkaitan dengan menggambar. Nah, Tombow Mono ini salah satu produk favorit andalan saya. Saat menggunakannya, kalian tidak perlu terlalu menekannya untuk menghapus dengan bersih. Penghapus ini juga cukup lembut sehingga meminimalkan risiko pengikisan kertas.


    Selain itu, ukurannya juga bermacam-macam, dari yang mini dan mungil sampai ukuran super besar. Penghapus ini juga sangat ringan sehingga dapat dibawa kemana saja dengan mudah. Seberapa tebal pun sketsa pensil kalian, Tombow Mono dapat menghapusnya dengan bersih! Memiliki penghapus yang nyaman digunakan pastinya membantu kita saat menggambar serta meminimalisir rusaknya permukaan kertas.

  • Pentel
    Graph 1000


    Karina Doniho

    Pada dasarnya, saya bukan orang yang pemilih dalam menggunakan pensil. Namun, sejak saya menggunakan dengan pensil mekanik ini, menggambar di atas kertas terasa lebih mulus dan artistik. Walau harganya sedikit lebih mahal, pensil ini sangat awet untuk dipakai. Apalagi, desainnya juga keren, lho!


    Dikarenakan bobot yang lebih berat, menggunakan pensil ini terasa lebih terkontrol. Balutan karet di bagian pegangannya juga memudahkan kita untuk menggenggam pensil dengan lebih erat. Kedua fitur ini mengurangi rasa lelah pada tangan saat kita menggambar sketsa. Saat kita memakai alat yang disukai, karyanya pasti akan lebih indah dan membuat pekerjaan lebih efisien! 

  • Pentel
    Aquash Water Brush


    Karina Doniho

    Sampai saat ini, saya telah mencoba bermacam-macam brush dan water brush. Namun, saya akan selalu kembali menggunakan water brush dari merek Pentel. Ujung brush-nya selalu pas kelembapannya. Kalian hanya perlu menekan sedikit saja untuk mengeluarkan sedikit air dari tabung air yang bisa diisi ulang. Bentuk ujung kuasnya juga sangat rapi sehingga dapat digunakan untuk detailing gambar.


    Saat dipakai, produk ini terasa nyaman digunakan dan ukurannya pas digenggam tangan. Ujungnya terbuat dari bahan nylon yang meningkatkan kualitas dan efisiensi saat melukis. Menurut saya, ukuran medium paling pas digunakan. Apalagi untuk kalian yang baru mencoba menggunakan cat air. Bagi kalian yang suka melukis dengan rapi atau ingin sketching dengan watercolor, saya sarankan untuk memiliki produk ini.

  • Dr.Ph.Martin's
    Radiant Concentrated Water Color


    Karina Doniho

    Produk ini merupakan tinta dengan konsentrasi pigmen yang tinggi. Artinya, kandungan intesitas warnanya jauh lebih pekat ketimbang cat air pada umumnya. Ketika ingin membuat aksen warna, cara penggunaan produk ini mungkin sedikit lebih sulit. Jika dicairkan dengan air yang terlalu sedikit, warnanya akan tampak terlalu pekat. Karena itu, gunakan sedikit saja tinta dan campurkan dengan air yang cukup.


    Produk ini memiliki warna yang tampak jelas di kertas saat kita gunakan. Harganya juga cukup mahal dibanding merek lainnya. Karena itu, saya sarankan untuk membeli beberapa warna yang kalian benar-benar suka saja. Ini dapat dipakai menjadi aksen maupun warna utama dan bisa dipasangkan dengan watercolor yang sudah dimiliki! Produk ini awet karena kalian hanya memerlukan sedikit saja setiap memakainya.

  • Boku Undo
    Gansai Pearl


    Karina Doniho

    Ketika ingin menambahkan aksen di beberapa bagian pada lukisan cat air, terkadang kita ingin membuatnya lebih berkilau! Untuk itu, saya menggunakan produk ini karena warnanya lembut dan cocok digunakan dengan tema warna apapun. Saat ingin menggunakannya, kalian bisa tambahkan saat proses melukis berlangsung atau sesudah bagian yang kita lukis kering. 


    Selain warnanya yang sangat indah, ada kepuasan tersendiri saat melukiskannya di atas kertas. Ketika cat ini bersatu dengan warna-warna lain yang sudah ada di kertas, rasanya karya kita menjadi semakin berkilau. Warnanya tidak kusam, kilauannya juga tidak terkesan norak dan dapat menyatu sempurna dengan cat air lainnya. Untuk kilauan yang indah dan tidak berlebihan, saya sarankan produk ini!

  • Lyra
    Art Brush Round


    Karina Doniho

    Tentunya saat kita melukis, menggunakan brush yang nyaman digunakan sangatlah penting. Lyra brush ini merupakan salah satu favorit saya karena cukup murah, awet dan sangat ringan! Panjang kuasnya juga pas, cocok digunakan untuk melukis wide area dan memberi warna dasar di kertas watercolor.

    Memiliki sedikitnya satu kuas untuk wide area akan membuat proses melukis menjadi lebih cepat. Kalian juga bisa mencoba berbagai macam eksperimen dengan cat air saat menggunakan kuas tipe ini! Saya telah memakai brush ini sekitar enam tahun dan masih sangat nyaman dipakai. Jelas dong, jika saya bilang kuas ini merupakan salah satu alat favorit?

  • Joyko
    Stainless Steel Ruler 30 cm


    Karina Doniho

    Kenapa harus penggaris stainless steel? Karena lebih berbobot, penggaris stainless steel lebih stabil dan tidak licin saat harus dipegang dengan tangan non-dominant. Saya menggunakan penggaris ini selama bertahun-tahun untuk membantu memotong kertas dengan cutter, mengukur, dan membuat garis. Saya sendiri lebih suka penggaris besi ketimbang plastik karena ukiran garis dan angka yang tidak mudah hilang. 


    Saat membeli penggaris baru, usahakan untuk tidak menghilangkan pembungkus plastiknya. Ini dapat digunakan untuk menyimpan penggaris saat tidak digunakan atau dibawa pergi. Pembungkus ini dapat melindungi ukiran agar tidak cepat pudar. Produk ini sifatnya optional, karena ada juga orang yang tidak suka penggaris besi. Namun, kalian bisa memotong kertas dengan lebih rapi jika menggunakan penggaris ini.