10 Rekomendasi Perlengkapan untuk Membawa Bayi Travelling ke Luar Negeri

10 Rekomendasi Perlengkapan untuk Membawa Bayi Travelling ke Luar Negeri

Semua ibu tentu ingin melakukan yang terbaik untuk anaknya, termasuk ketika mengajak si kecil travelling. Sebagai seorang ibu, kalian pasti ingin semuanya well-prepared agar tidak kerepotan saat berada di negara tujuan nanti. Tidak boleh ada persiapan yang kurang, terlebih lagi jika ibu mempunyai anak yang masih MPASI dan menyusui. 


Oleh karena itu, kita pun harus mencari trik untuk membawa barang bawaan agar lebih ringkas, apalagi jika pergi dalam jangka waktu yang lama. Nah, di sini saya ingin membagikan beberapa rekomendasi perlengkapan bayi yang sering saya bawa ketika bepergian ke luar negeri. Semoga produk pilihan saya ini bisa membantu kalian para ibu yang suka travelling juga.


Creator Image
Calysta Vanny
Momfluencer & entrepreneur
  • Oji Nepia
    Nepia Genki! Premium Soft


    Calysta Vanny

    Popok adalah salah satu barang bawaan yang paling penting. Saya bisa kelimpungan kalau bawa bayi travelling, tetapi tidak dipakaikan popok. Popok favorit saya yang direkomendasikan oleh orang-orang sekitar dan ternyata cocok untuk anak saya adalah popok dari Nepia ini. 


    Saya bahkan rela membawanya sampai ke luar negeri karena takut tidak ada popok ini di negara tujuan. Hal ini saya lakukan karena tidak mau anak saya lecet jika harus ganti popok lainnya. Meskipun barang bawaan menjadi bertambah, tetapi dengan begitu hati saya jadi lebih tenang. 


    Popok yang dibuat dengan teknologi Jepang ini memiliki lapisan dalam yang lembut. Tidak hanya itu, daya serapnya juga tinggi dan tidak bulky bahkan ketika sudah terisi. Jadi, buah hati pun juga akan lebih nyaman saat memakainya.

  • INDOGO CORP.
    BabyGO Inc Kiwi Messenger


    Calysta Vanny

    Diaper bag ini juga wajib dimiliki ibu yang gemar jalan-jalan. Dari beberapa diaper bag yang saya punya, diaper bag dari BabyGO inilah yang paling nyaman. Saya memilih tas selempang Kiwi Messenger ini karena desainnya uniseks sehingga tetap kece saat dipakai oleh si ayah.


    Tas ini memiliki banyak sekat dengan velkro yang bisa dilepas dan dipasang. Berkat hal itu, sekat pemisahnya dapat mudah diatur sesuai kebutuhan kita. Tas ini juga dilengkapi dengan saku di bagian kanan dan kiri yang dapat digunakan untuk menyimpan botol susu, ASI perah, atau makanan dalam suhu yang konstan. Jadi, tas ini sangat bermanfaat untuk menyimpan ASI sebelum dihangatkan. 


    Kiwi Messenger memiliki hook yang dapat digantungkan ke stroller. Tas ini juga sangat ringan sehingga tidak membuat bahu pegal saat membawanya. Dari beberapa diaper bag yang saya bandingkan, ada produk yang berat bahkan saat belum diisi apa pun. Dalam bayangan saya, tas seperti itu akan makin membebani jika diisi banyak perlengkapan bayi.

  • BÉABA
    Babycook Solo


    Calysta Vanny

    Dari banyaknya pilihan produk untuk mengolah makanan bayi, BÉABA adalah salah satu produk yang membuat saya jatuh cinta. Untuk ibu yang memiliki bayi yang masih MPASI, produk ini adalah salah satu rekomendasi saya. Saya sudah membuktikan manfaat produk ini karena pernah membawanya ke luar negeri dalam waktu tiga minggu. Tidak lupa, produk ini juga dilengkapi dengan travelling bag yang kukuh sehingga aman untuk saya bawa bepergian jauh. 


    Secara model, food maker ini sangat stylish dan handy. Di samping itu, food maker yang juga bisa untuk memasak nasi ini memiliki panas yang cukup bagus. Pisaunya pun tajam walaupun sudah digunakan tahunan. Sampai sekarang, saya masih suka menggunakannya untuk membuat smoothiesFood maker ini memang lebih mahal dari merek lain, tetapi kualitasnya jempolan. BÉABA Babycook Solo ini sungguh berguna untuk saya yang mengurus anak tanpa bantuan nanny atau ART. 

  • Marveila
    Disposable Baby Pocket-Bibs


    Calysta Vanny

    Bibs atau yang biasa disebut dengan celemek makan adalah salah satu perlengkapan wajib untuk anak pada masa MPASI. Fungsinya untuk melindungi baju agar tidak terkena noda makanan atau untuk menampung remah makanan agar tidak berceceran ke mana-mana. 


    Marveila Disposable Baby Pocket-Bibs ini adalah bibs sekali pakai. Jadi, celemek ini sangat memudahkan ibu ketika sedang travelling. Dengan adanya produk ini, ibu tidak perlu lagi untuk membersihkan atau mencuci bibs bekas makan si kecil.


    Dengan begitu, ibu dapat menghemat waktu agar tidak perlu repot mengurusi banyak hal saat liburan. Celemek sekali pakai ini terbuat dari bahan kertas yang ramah lingkungan, higienis, dan juga ringan. Sehabis memakainya, kita bisa langsung membuangnya. Simpel, bukan?

  • Spectra Baby
    Spectra 9 Plus Electric Breast Pump Portable & Rechargeable


    Calysta Vanny

    Sebagai ibu pejuang ASI dua tahun, breast pump menjadi salah satu perlengkapan bayi yang tidak boleh ketinggalan. Setelah baca banyak ulasan mengenai breast pump, akhirnya saya memilih Spectra 9 Plus Electric Breast Pump dengan beberapa pertimbangan penting. Bagi saya, produk dari Spectra Baby ini sangatlah penting. 


    Breast pump ini memiliki teknologi double phase atau dua fase pemompaan yaitu fase stimulasi dan isapan. Produk ini memiliki daya isapan yang kencang, tetapi tidak membuat sakit. Bukan hanya itu, selain suara mesinnya tidak berisik, produk ini juga dual pump. Jadi, ibu bisa memeras susu kanan dan kiri sekaligus untuk menghemat waktu. Kita juga tidak harus mencari sumber listrik setiap ingin pumping. Terakhir, produk ini sangat ringkas dan ringan sehingga pas untuk menemani ibu travelling.

  • Baby K’tan
    Original


    Calysta Vanny

    Setelah membaca banyak ulasan, saya menyimpulkan bahwa gendongan dari Baby K’tan ini nyaman untuk menggendong bayi. Saat melihatnya, saya berpikir pasti nyaman jika bayi digendong dengan baby wrap seperti ini, terlebih untuk long fligt. Anak bisa bersandar di dada ibu dan hangat karena diselimuti gendongannya. Ibu juga nyaman karena tangan jadi bebas dan tidak perlu menyangga kepala anak. 


    Selain itu, baby wrap ini juga ringan, ringkas, dan tidak makan tempat. International Hip Dysplasia Institute bahkan telah mengakui bahwa gendongan dari Baby K'tan ini adalah produk yang hip-healthy apabila digunakan sesuai dengan instruksi. Hal ini bagi saya sangat penting. Produk gendongan bayi pun juga harus terjamin aman untuk postur tubuh si bayi. Oleh karena itu, saran saya, baca sedetail mungkin aturan pakainya.

  • Maison Elmesa
    On-The-Go Blanket


    Calysta Vanny

    Selimut serbaguna ini bisa digunakan untuk stroller, gendongan, dijadikan nursing cover, sampai gorden mobil agar anak tidak silau. Produk ini memiliki penjepit di sisi kanan dan kiri dekat hoodie yang bisa dijepitkan di mana saja sesuai kebutuhan. 


    Berkat hoodie-nya pula, produk ini pas digunakan bersama dengan gendongan sebagai carrier blanket. Saat jalan-jalan di tempat yang dingin, ibu pun tinggal memakaikannya sampai kepala agar si kecil tetap hangat dan bisa tidur nyenyak. 


    Produk berbahan nyaman dan lembut ini juga bisa ditambahkan dengan nama custom, tetapi dengan additional charge. Bagi saya, produk ini benar-benar berguna bahkan sampai bayi beranjak besar. 

  • Ultima
    Rain Cover for Strollers


    Calysta Vanny

    Ibarat sedia payung sebelum hujan, untuk kalian yang suka jalan-jalan di luar ruangan, lebih baik persiapkan rain cover untuk stroller ini. Rain cover semacam ini tidak hanya untuk hujan saja, tetapi juga bermanfaat saat cuaca berangin. Saya punya beberapa rain cover untuk stroller, tetapi produk dari Ultima inilah yang paling ringkas untuk disimpan di keranjang stroller. 


    Produknya juga aman karena memiliki bahan plastik yang tidak buram dan ada ventilasi untuk sirkulasi udara. Untuk ukuran, produk ini memiliki ukuran yang universal karena adanya karet di bagian kanopinya. Jadi, rain cover ini bisa digunakan untuk semua model stroller. Tidak lupa, adanya zipper di bagian depan akan memudahkan kita untuk membuka dan menutupnya. Selain itu, adanya kantong khusus untuk rain cover akan membuatnya lebih rapi saat disimpan.

  • We Made Me
    Pao Papoose Baby Carrier 3 in 1


    Calysta Vanny

    Pilihan baby carrier saya kali ini agak kurang mainstream. Namun, jujur, saya suka sekali dengan baby carrier dari We Made Me ini. Menurut saya, baby carrier satu ini sangat stylish, mudah dipakai, ringan, dan ringkas. Ya, ringan dan ringkas itu adalah dua hal penting yang menjadi syarat saya untuk travelling.


    Produk ini dirancang agar cocok untuk tiga posisi, yaitu front, back-carrying, dan facing out. Dengan dua penyangga bahu yang ada, baby carrier ini akan meningkatkan rasa aman dan nyaman bagi ibu dan bayi saat memakainya. 


    Gendongan yang bisa digunakan untuk bayi dengan berat 3-15 kg ini dilengkapi busa pada tali di bagian pinggang dan pundak. Berkat hal itu, gendongan pun terasa nyaman dan bayi lebih terlindungi. Buat saya yang melahirkan caesar sekalipun, produk ini tidak sakit saat digunakan. Jika saya bandingkan dengan gendongan lain, gendongan ini tidak terasa menekan pada area bekas caesar meskipun bobot anak makin berat.

  • Tamba Waras
    Kutus Kutus Oil


    Calysta Vanny

    Minyak ini pasti sudah tidak asing lagi, ya. Dari bayi sampai orang tua pasti banyak yang sudah menggunakannya. Minyak Kutus Kutus adalah minyak herbal yang terbuat dari campuran beragam tanaman jamu. Produk ini diolah secara khusus dengan cara tradisional untuk menghasilkan minyak herbal. Minyak ini dipercaya dapat membantu proses penyembuhan serta aman untuk dipakai sehari-hari. 


    Produk ini penting untuk dibawa-bawa karena membantu meredakan apa pun yang saya dan anak saya rasakan. Beberapa di antaranya adalah pegal-pegal, perut kembung, sembelit, panas dalam, batuk, gejala flu, mabuk perjalanan, antinyamuk, dan lainnya. 


    Bukan hanya itu, minyak ini juga bermanfaat agar bayi lebih nyenyak tidurnya. Dengan banyaknya manfaatnya ini, minyak asal Bali ini tidak boleh sampai ketinggalan untuk dibawa-bawa. Untuk penggunaannya sangat mudah, kalian tinggal sesuaikan dengan arahan dan anjurannya saja.