7 Rekomendasi Perlengkapan Wajib untuk Live Streaming

7 Rekomendasi Perlengkapan Wajib untuk Live Streaming

Sejak internet hadir menjadi bagian hidup manusia, bekerja di rumah bukanlah hal yang tidak mungkin untuk dilakukan. Berkat kehadiran internet, banyak sekali jenis pekerjaan baru yang bahkan sepuluh tahun lalu tak pernah terpikirkan untuk ada. Salah satunya adalah live streamingStreaming sendiri dapat dilakukan melalui berbagai kegiatan, seperti mengobrol dengan penonton, bernyanyi, bermain game, dan lainnya. 


Namun, untuk memulai karier ini, mari kita lihat dari sudut pandang lain. Sebagai penonton, pastinya kita tidak suka menonton tayangan dengan kualitas video dan audio yang buruk, bukan? Untuk menunjang karier sebagai live streamer yang baik, kalian harus dibekali juga dengan perlengkapan yang mumpuni. Berikut ini adalah perlengkapan yang menurut saya wajib kalian miliki.


Creator Image
Nona Berlian
Live streamer
  • Logitech
    Pro Stream Webcam


    Nona Berlian

    Logitech C922 Pro Stream Webcam merupakan webcam yang dirancang untuk para penggemar streaming. Dengan produk ini, kalian dapat merekam video dengan hasil gambar yang lebih cerah dan terasa nyata. Hal ini didukung oleh lensa full HD 1080p-nya yang memungkinkan kalian untuk menangkap gambar dengan warna yang lebih jelas.


    Di samping itu, kamera ini dapat menangkap tampilan gambar yang lebih luas dan dapat mengakomodasi sampai maksimal dua orang. Webcam ini juga sudah disertai dengan mikrofon yang menyatu dengan bodi kameranya. Namun, karena mikrofon bawaan, kualitasnya masih terbilang standar.


    Jika kalian ingin streaming, tetapi masih belum menemukan mikrofon yang tepat, produk ini sebenarnya sudah cukup bagus. Namun, kalian harus ingat untuk tetap jaga jarak dengan mikrofonnya. Jangan terlalu berteriak karena suara yang masuk akan terdengar pecah dan bising.

  • Kingston Technology
    HyperX QuadCast


    Nona Berlian

    Mikrofon ini adalah standalone microphone yang ditujukan untuk gamers, streamers, dan content creators yang mencari produk dengan kualitas audio yang mantap. Penggunaannya mudah, HyperX QuadCast ini hanya membutuhkan daya dari kabel USB saja. Untuk kualitas, mikrofon ini juga sudah tidak perlu diragukan lagi. 


    Produk ini bisa diatur dengan empat tipe pengambilan suara sesuai dengan kebutuhan penggunanya, seperti stereo, omnidirectional, cardioid, dan bidirectional. Tidak hanya itu, mikrofon dengan desain futuristik ini memiliki banyak fitur yang melengkapinya. Beberapa di antaranya adalah anti-vibration shock mount yang mampu mengurangi getaran pada mikrofon. Lalu, ada pop filter untuk mengurangi suara yang mengganggu. 


    Ada juga tombol tap-to-mute di bagian atas mikrofonnya yang mudah disentuh untuk mematikan suara yang tidak ingin direkam. Selain itu, warna merah pada bodinya juga berfungsi sebagai indikator yang menandakan HyperX QuadCast ini menyala atau tidak.

  • Logitech
    Logitech G PRO Wireless Gaming Mouse


    Nona Berlian

    Logitech G PRO Wireless Gaming Mouse hadir dengan desain nirkabel yang memudahkan pergerakan tangan tanpa membuat kalian repot mengurusi kabel. Selain ringan, mouse ini memiliki sensor gaming yang akurat karena dilengkapi dengan sensor HERO 16k. Pengoperasian saat bermain game pun juga lebih mudah berkat 48 tombol yang dapat diprogram sesuai kebutuhan. 


    Mouse ini bahkan memiliki on-board memory sehingga kalian tidak perlu mengatur DPI dan lainnya saat menggunakannya pada perangkat yang berbeda. Untuk kalian yang mementingkan desain dan warna, mouse ini tidak akan mengecewakan karena pilihan kustomisasi warnanya banyak! Pastinya, mouse ini makin cantik dengan adanya efek pencahayaan dari LIGHTSYNC RGB.

  • Logitech
    Logitech G PRO X Gaming Headset with BLUE VO!CE


    Nona Berlian

    Logitech G PRO X Gaming Headset with BLUE VO!CE merupakan headset yang memberi kalian pilihan filter suara real-time untuk mengurangi kebisingan. Dengan teknologi BLUE VO!CE-nya, mikrofon ini juga dapat memastikan suara kalian terdengar lebih mantap, bersih, dan profesional. Selain itu, kalian bisa mendapatkan suara dalam game yang konsisten dan berkualitas studio melalui software G HUB Gaming-nya.


    Tidak hanya itu saja, headset ini juga memiliki fitur canggih lain seperti surround sound X 2.0 yang membuat suaranya menjadi lebih dahsyat. Driver 50 mm pada headset ini juga membuat keakuratannya menjadi lebih tinggi dengan jangkauan frekuensi lebih lebar. Tidak lupa, headset ini memiliki mikrofon yang bisa dipasang dan dilepas sesuai kebutuhan. Jadi, kalian bisa lebih fleksibel saat menggunakannya.


  • Logitech
    G213 Prodigy RGB Gaming Keyboard


    Nona Berlian

    Logitech G213 Prodigy RGB Gaming Keyboard ini memang memiliki harga yang tidak begitu tinggi. Namun, performanya tidak kalah gahar dengan high-end gaming keyboard lainnya. Keyboard ini juga dilengkapi dengan teknologi LIGHTSYNC yang menyediakan pencahayaan RGB yang bisa dikustomisasi sesuka hati. 


    Desainnya juga tidak kalah canggih. Disesuaikan dengan realitas gaming sehari-hari, keyboard ini bahkan tahan terhadap tumpahan cairan. Bukan hanya itu, adanya palm rest yang terintegrasi dan alas yang dapat disesuaikan membuatnya sangat nyaman digunakan. Tombol kontrol media yang diletakkan pada bodi keyboard-nya juga mempermudah kita untuk play, pause, dan stop berbagai media secara langsung.

  • Elgato
    HD60 S


    Nona Berlian

    Produk ini hadir untuk kalian yang suka merekam permainan game kalian. Dengan fiturnya yang canggih, kalian dapat meningkatkan hasil tangkapan video dengan visual yang memanjakan mata. Bagaimana tidak? Game capture ini dibekali dengan kualitas resolusi 1080p pada 60 FPS yang membuat hasil video tampak lebih nyata.


    Produk ini juga terbilang mudah dioperasikan bahkan oleh kalian yang pemula. Game capture ini mendukung perekaman flashback dan penambahan komentar dengan fitur bawaan dari produknya yaitu live commentary. Tidak hanya itu, kalian bebas merekam permainan sesuka hati tanpa batas dan menyimpannya ke perangkat yang kalian gunakan dengan mudah.

  • Rexus
    Kvlar TR2


    Nona Berlian

    Rexus Kvlar TR2 merupakan salah satu mouse pad premium dari Rexus yang dilengkapi dengan RGB LED di sekelilingnya. Produk ini bahkan dapat diatur dalam sepuluh mode pencahayaan yang fantastis sehingga memberikan nuansa yang lebih dinamis.


    Diproduksi dengan teknologi mutakhir, mouse pad ini akan mengakomodasi setiap pergerakan mouse dalam tingkat presisi yang tinggi. Dengan permukaannya yang bertekstur dan ketebalan yang ideal, produk ini akan memaksimalkan pergerakan mouse kalian.


    Dengan ukuran yang cukup luas, mouse pad ini juga menjanjikan pergerakan yang lebih bebas. Berkat hal itu, pengendalian terhadap mouse jadi lebih sempurna sehingga meningkatkan penampilan kalian pada setiap permainan. 


    Kalian juga tidak perlu khawatir apakah mouse pad ini cocok untuk mouse kalian atau tidak. Dengan bahan nilon bertekstur, Kvlar TR2 ini cocok untuk semua tipe dan jenis sensor mouse. Bukan hanya itu saja, bahan karet yang dijahit dengan benang nilon di pinggirnya membuat mouse pad ini tidak mudah mengelupas. Mouse pad ini juga dapat digulung sehingga mudah dibawa ke mana-mana.