7 Rekomendasi Suplemen dan Minuman untuk Ibu Hamil

7 Rekomendasi Suplemen dan Minuman untuk Ibu Hamil

Masa kehamilan adalah momen yang berharga bagi setiap ibu. Semua ibu yang sedang mendambakan dan menantikan kehadiran seorang bayi pasti akan mengusahakan kesehatan untuk janinnya. Berbagai makanan, minuman, dan suplemen sudah pasti akan dikonsumsi sang ibu. Semua dilakukan agar bayinya tumbuh sehat, kuat, dan cerdas tanpa kurang satu apa pun.


Tentu saja, ibu hamil tidak bisa mengonsumsi makanan, minuman, dan obat sembarangan karena hal itu bisa membahayakan kesehatan janin. Nah, di bawah ini adalah beberapa suplemen dan minuman kesehatan yang saya rekomendasikan untuk ibu hamil. Selain membuat badan fit, produk-produk ini pastinya akan membuat bayi tumbuh dengan sehat.


Creator Image
Amanda Ratih Pratiwi
Lifestyle blogger
  • Hydromamma
    Flavoured Powder Drink


    Amanda Ratih Pratiwi

    Selama masa kehamilan, saya mengonsumsi produk Hydromamma setiap pagi. Rasanya yang segar membuat saya jadi fit sepanjang hari. Hydromamma mempunyai tujuh varian rasa, yaitu coconut, mixed berry, orange, lemon, blackcurrant, dan roasted coffee. 


    Sebagai ibu hamil, saya pribadi suka yang rasanya cenderung lebih asam. Menurut saya, varian rasa jeruk dan sejenisnya ini sangat cocok untuk ibu yang memiliki gejala morning sickness. Selain ibu hamil, produk Hydromamma ini juga dapat dikonsumsi ibu yang sedang merencanakan kehamilan. Hal ini dikarenakan produk ini memiliki kandungan asam folat tinggi yang dibutuhkan tubuh sebelum hamil. 


    Tidak hanya itu, minuman ini juga dapat dikonsumsi oleh pria. Bagi saya, Hydromamma ini seperti minuman berenergi karena dapat membuat perut terasa lebih kenyang. Selain itu, dengan mengonsumsi minuman ini, kalian jadi lebih bersemangat menjalani hari.

  • Mama's Choice
    Pregnancy Supplement Morning Sickness Relief


    Amanda Ratih Pratiwi

    Pada masa kehamilan terutama trimester pertama, mual dan muntah adalah gejala yang sering dan wajar dialami oleh ibu hamil. Mual dan muntah sebenarnya adalah tanda bayi berkembang dalam perut ibu. Mama’s Choice Pregnancy Supplement Morning Sickness Relief ini sangat membantu ibu yang mengalami gejala tersebut. 


    Diperkaya dengan jahe, vitamin B6, dan lemon, minuman ini memiliki rasa yang sedikit pedas dan menyegarkan. Menurut saya, produk minuman ini paling enak diminum pada pagi hari saat sarapan dan bukan pada malam hari. Menurut pengalaman saya, saya malah jadi lebih mual jika meminumnya pada malam hari karena tidak tahan rasanya yang agak pedas. Selain halal, minuman ini juga dibuat tanpa bahan kimia, pengawet, pewangi, dan pewarna buatan.

  • YOUVIT
    MultiMum


    Amanda Ratih Pratiwi

    Produk dari YOUVIT ini banyak variannya, mulai dari vitamin untuk anak sampai ibu hamil. Selain itu, ada pula produknya yang dikhususkan untuk kecantikan. Tentunya, semua produknya tersaji cantik dalam bentuk gummy yang warnanya menarik. Tidak sampai situ, bentuk vitaminnya pun sungguh unik. Ada yang berbentuk bibir dan lipstick untuk vitamin kecantikan dan ada yang berbentuk hewan untuk anak.


    Satu gummy YOUVIT saja memiliki 13 kandungan penting, seperti vitamin A, B3, B5, B6, B7, B9 (asam folat), dan lain sebagainya. Selain itu, ada juga kandungan zink yang membantu meningkatkan imunitas tubuh. Vitamin ini baik dikonsumsi setelah sarapan agar kandungannya dapat terserap dengan baik seharian. Pastinya, produk ini juga sudah mengantongi sertifikat halal, ya.

  • Kalbe
    Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold


    Amanda Ratih Pratiwi

    Vitamin berbentuk kapsul ini diperkaya dengan kandungan DHA yang tinggi, kalsium, minyak ikan, dan zat besi. DHA baik untuk perkembangan otak janin selama dalam kandungan. Oleh karena itu, vitamin ini baik dikonsumsi pada 1000 hari pertama kehidupan bayi. 


    Ya, 1000 hari pertama kehidupan bayi ini adalah masa yang penting karena menjadi penentu masa depannya nanti. Jika bayi kekurangan DHA, hal itu akan menyebabkan pertumbuhannya terhambat, menurunnya kecerdasan dan daya tangkap, serta lainnya. 


    Sebenarnya, DHA banyak ditemukan pada ikan. Namun, tidak semua ibu hamil bisa mengonsumsi ikan karena baunya yang amis. Jika begitu, ibu hamil dapat mengonsumi produk dari Blackmores ini sebagai pengganti DHA yang terdapat pada ikan. Hal ini dikarenakan vitamin ini tidak akan menyebabkan mual. Tidak hanya untuk ibu hamil, vitamin ini juga baik untuk ibu menyusui. 

  • Bayer
    CDR Pregnancy Pack


    Amanda Ratih Pratiwi

    Mungkin banyak orang mengira bahwa produk CDR hanya diperuntukkan untuk pemenuhan kalsium harian. Akan tetapi, siapa sangka ternyata minuman ini dapat dikonsumsi juga untuk memenuhi kalsium ibu hamil. Ibu hamil memang lebih rentan kekurangan kalsium. Hal ini dikarenakan janin akan menggunakan kalsium yang dimiliki ibu untuk pembentukan jaringan tulang rawannya. 


    Selain itu, ibu hamil haruslah memiliki tulang yang kuat dan sehat untuk menopang tubuhnya. Tulang rapuh dan keropos karena kekurangan kalsium sebelum masa tua akan membuat ibu jadi tidak produktif lagi. Oleh karena itu, mengonsumsi CDR adalah salah satu langkah yang tepat untuk memenuhi kalsium selama masa kehamilan. Selain memiliki kandungan kalsium sebanyak 250 mg, setiap butir CDR ini juga mengandung vitamin C, D, dan B6.

  • Amal Mulia Sejahtera
    Al-Jazira Premium Sari Kurma 4 in 1


    Amanda Ratih Pratiwi

    Produk ini memiliki beberapa komposisi, di antaranya sari kurma, madu habbatus sauda Mesir, minyak zaitun Tursina, dan minyak habbatus sauda habbasyi. Biasanya, saya meminum sari kurma ini untuk penyembuhan atau untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Menurut saya, perpaduan rasa manis antara jus kurma dengan madu pada produk sari kurma ini sangat pas. 


    Seperti yang kita tahu, kurma merupakan salah satu buah yang dianjurkan untuk dimakan agar tubuh sehat. Untuk ibu hamil, sari kurma ini sangat bagus karena dapat meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Selain itu, sari kurma dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, mengontrol tekanan darah, dan lain-lain.

  • Lapi Laboratories
    PROMAVIT - Soft Kapsul


    Amanda Ratih Pratiwi

    PROMAVIT ini hadir dalam bentuk kapsul yang tidak memiliki rasa. Selama hamil, dokter selalu memberi saya resep untuk mengonsumsi kapsul ini. Setelah saya baca kandungan di dalamnya, saya jadi tahu bahwa dalam satu kapsulnya terdapat banyak sekali kandungan. Beberapa di antaranya adalah tuna oil, Omega-3 fatty acids, dan DHA. Selain itu, suplemen ini juga banyak mengandung vitamin, seperti vitamin A, D3, B12, dan B6. 


    Tidak lupa, produk ini juga mengadung asam folat, kalsium, magnesium, EPA, dan lainnya yang baik untuk janin. Saya sendiri diberikan kapsul ini pada awal masa kehamilan. Jika dilihat dari kandungannya, produk ini bermanfaat untuk pembentukan otak dan jaringan dalam tubuh bayi.