7 Rekomendasi Produk Haircare untuk Kulit Kepala Berminyak dan Rambut Kering

7 Rekomendasi Produk Haircare untuk Kulit Kepala Berminyak dan Rambut Kering

Dewasa ini, kebanyakan dari kita tidak bisa lepas dari penggunaan hairstyling tools, seperti hairdryer, flat iron, curling iron, dan sebagainya. Hal itu terkadang menjadi penyebab kulit kepala berminyak, berketombe, dan batang rambut yang kering. Tidak jarang, hal tersebut juga mengganggu penampilan dan aktivitas sehari-hari. 


Hingga saat ini, saya pun masih berjuang mengatasi permasalahan rambut tersebut. Beberapa hal saya lakukan, mulai dari mengurangi intensitas keramas, rutin ke salon, hingga pemilihan produk haircare yang tepat. Untuk menjaga rambut dari permasalahan tersebut, kita memang bisa menggunakan haircare. Nah, di bawah ini adalah beberapa rekomendasi produk haircare untuk kulit kepala berminyak, berketombe, dan batang rambut kering.


Creator Image
Tiffani Kosasih
Lifestyle blogger
  • Kérastase
    Specifique Bain Divalent Shampoo


    Tiffani Kosasih

    Beberapa tahun yang lalu, saya belum banyak tahu mengenai perawatan rambut. Saya selalu mengira rambut saya akan tetap lepek dan berminyak. Sampai suatu saat, seorang teman menyarankan saya untuk tidak perlu keramas dua kali sehari. Saya cukup keramas satu hari sekali saja dan setelah terbiasa, saya bisa keramas setiap dua hari sekali. 


    Pada minggu pertama, rambut saya terasa sangat berminyak dan lepek. Lama-kelamaan, tekstur rambut saya mulai berubah menjadi lebih bervolume. Walaupun tekstur rambut sudah berubah, tetapi kulit kepala saya tetap berminyak. Hal itu mungkin diakibatkan iklim tropis di Indonesia, banyak makan makanan berminyak, atau hormon yang sedang tidak stabil. 


    Saat saya cek rambut di salah satu salon di Jakarta, saya disarankan untuk mencoba produk sampo dari Kérastase ini. Sampai saat ini, produk ini menjadi sampo favorit saya. Sampo ini mengandung glycine dan vitamin B6 yang dipercaya dapat membersihkan minyak berlebih pada kulit kepala. Selain itu, sampo ini juga dapat menjaga kelembapan kulit kepala dan batang rambut agar tidak menjadi kering. 


    Kelebihan lain dari sampo ini adalah tidak mengandung silikon sehingga rambut tampak lebih sehat dan berkilau. Selain kandungannya yang bagus, campuran aroma bunga dan mint dari sampo ini membuat saya seperti habis perawatan di salon. Produk ini sangat menyegarkan dan memberikan efek relaks. Tidak hanya itu, kulit kepala saya pun terasa bersih dengan rambut yang lebih halus dan ringan.

  • Kérastase
    Nutritive Lait Vital Conditioner


    Tiffani Kosasih

    Sebagai seorang blogger, saya sering menghadiri acara yang menuntut saya untuk tampil rapi. Untuk merapikan rambut, saya sering menggunakan hairstyling tools. Namun, terlalu sering menggunakan hairstyling tools tersebut, batang rambut saya mulai kering, kusam, dan rapuh. Lalu, saya pun mulai menggunakan kondisioner untuk memperbaiki batang rambut agar tetap lembap, kuat, dan berkilau. 


    Produk kondisioner yang sedang saya pakai belakangan ini adalah Kérastase Nutritive Lait Vital Conditioner. Produk ini memang diperuntukkan untuk rambut normal ke kering. Mengandung iris rhizome extract, glucids, dan lipids, kondisioner ini dipercaya mampu memperbaiki serat batang rambut. Setelah menggunakannya, rambut akan terlihat lebih sehat, berkilau, serta tidak kering. 


    Menurut saya, poin yang membedakan kondisioner ini dari kondisioner lainnya adalah teksturnya yang lebih creamy dan melembapkan. Setelah keramas, rambut terasa sangat halus, lembap, dan berkilau.

  • P&G
    Head & Shoulders Shampoo Smooth & Silky


    Tiffani Kosasih

    Untuk produk sampo, sebenarnya saya suka berganti-ganti merek. Semua saya coba, mulai dari merek drugstore sampai merek high-end. Pastinya, saya memilih produk yang harganya lebih terjangkau, teruji aman, dan bagus untuk rambut. Namun, dari semua itu, saya tetap mengutamakan sampo yang dapat membersihkan kulit kepala berminyak dan berketombe. 


    Salah satu sampo yang sedang saya pakai saat ini adalah Head & Shoulders Shampoo Smooth & Silky. Sampo ini dapat membersihkan kulit kepala, melembutkan, dan menghaluskan batang rambut. Cara pemakaiannya sama seperti sampo pada umumya. Kalian cukup membasahi rambut terlebih dahulu. Setelah itu, gunakan sampo sambil terus memijat lembut kulit kepala dan rambut, kemudian bilas. Saya suka menggunakan sampo ini karena kulit kepala terasa bersih dan rambut menjadi wangi seharian.

  • L'Oreal Professionnel
    Deep Nourishing Conditioner - Hair Spa


    Tiffani Kosasih

    Menurut saya, semua kondisioner mempunyai fungsi yang sama, yaitu untuk menutrisi, melembutkan, dan menghaluskan batang rambut. Karena hal itu, saya sebenarnya cukup fleksibel dalam memilih kondisioner. Salah satu produk kondisioner yang terbilang baru dan sedang saya coba belakangan ini adalah produk dari L'Oreal Professionnel ini. Produk ini diperkaya dengan water lily untuk menutrisi dan melembutkan tekstur rambut yang kering. 


    Untuk penggunaannya juga mudah. Sebagian dari kalian pastinya sudah tahu cara menggunakan kondisioner, bukan? Tinggal gunakan sehabis menggunakan sampo. Caranya, oleskan kondisioner pada batang rambut, diamkan sekitar 2-3 menit, lalu bilas. Pastikan jangan sampai kondisioner menyentuh kulit kepala karena dapat menyebabkan kulit kepala makin berminyak. 


    Setiap kali saya menggunakan kondisioner ini, saya merasa tekstur rambut menjadi lebih lembut dan halus. Dengan begitu, saya tidak perlu menyisir rambut setelah keramas. Saya memang lebih suka mendiamkan rambut hingga kering dengan sendirinya. Jika kebanyakan disisir, rambut menjadi lebih mudah rontok. Oleh karena itu, saya selalu menggunakan kondisioner dalam rutinitas perawatan rambut saya.

  • Selsun
    7 Herbal


    Tiffani Kosasih

    Selsun memiliki beberapa varian sampo, salah satunya 7 Herbal ini. Sampo ini mengandung selenium sulfide dan zinc pyrithione sebagai antiketombe untuk menjaga kulit kepala tetap sehat. Ada juga ekstrak gandum, ekstrak ginseng, dan lainnya yang membantu mengurangi kerontokan dan memperkuat rambut. Selain itu, ada minyak kemiri, urang-aring, dan lainnya yang menjaga rambut agar tampak berkilau. 


    Semua kandungan dari sampo Selsun 7 Herbal ini bagus untuk merawat rambut, terutama untuk masalah kulit kepala berminyak dan berketombe. Saya pribadi selalu punya stok sampo Selsun di rumah. Namun, saya hanya menggunakannya pada saat kulit kepala saya berketombe. Setahu saya, penggunaan sampo ini tidak boleh terlalu sering karena dapat menyebabkan kulit kepala menjadi kering.

  • RATED GREEN
    Cold Brew Rosemary Balancing Scalp Pack


    Tiffani Kosasih

    Sebagai salah satu bentuk self-care, belakangan ini saya mulai rutin menggunakan hair mask. Selain membuat saya relaks, hair mask juga dapat menutrisi rambut. Produk hair mask yang saya gunakan tentunya sesuai untuk kulit kepala berminyak dan batang rambut kering. Saat ini, saya sudah menemukan produk hair mask terbaik yang pernah saya coba. Produk tersebut adalah Cold Brew Rosemary Balancing Scalp Pack dari RATED GREEN.


    Hair mask ini hadir dengan tekstur krim dan berbahan natural, seperti cold-brew organic rosemary dan charcoal. Produk ini juga tidak mengandung silikon, pewarna buatan, sulfat, ataupun paraben. Selain kandungannya yang menarik, saya sangat suka dengan aroma dan sensasi mint yang terasa dingin pada kulit kepala. Setelah dibilas, kulit kepala terasa bersih dan rambut pun terasa lebih halus.

  • Kérastase
    Resistance Ciment Thermique Blow Dry Primer


    Tiffani Kosasih

    Selain menggunakan kondisioner, cara lain untuk menjaga rambut dari panasnya hairstyling tools adalah menggunakan heat protectant. Heat protectant terbaik yang pernah saya gunakan adalah Kérastase Resistance Ciment Thermique Blow Dry Primer.


    Produk ini merupakan salah satu best-seller dari Kérastase yang mengandung pro-keratine complex, ceramides, dan lainnya. Kandungan ini dipercaya dapat mencegah kerusakan rambut akibat panas, menutrisi, dan menguatkan rambut dari lapisan dalam batang rambut. 


    Tekstur heat protectant dari Kérastase ini seperti krim gel yang cepat meresap pada batang rambut. Saya biasanya mengoleskan produk ini pada batang rambut saya sebelum menggunakan hairstyling tools. Walaupun rambut terkena panas, rambut akan tetap terlihat sehat, halus, dan berkilau.