8 Rekomendasi Produk Skincare untuk Usia 30-an dengan Jenis Kulit Berjerawat

8 Rekomendasi Produk Skincare untuk Usia 30-an dengan Jenis Kulit Berjerawat

Mempunyai wajah bersih dan sehat adalah dambaan setiap orang. Namun, tipe kulit orang tentu saja berbeda-beda tergantung pada pola makan, usia, gaya hidup, dan lainnya. Kulit berjerawat adalah salah satu masalah kulit yang sering kali kita temui. Nah, berbicara soal jerawat, saya adalah satu orang yang merasakan kulit berjerawat sejak remaja. 


Pada dasarnya, saya memiliki kulit yang cukup berminyak dan sensitif. Selain jerawat, saya juga harus menghadapi masalah kulit lainnya pada umur 30-an ini. Oleh karena itu, saya harus fokus merawat kulit agar terhindar dari masalah penuaan. Lalu, bagaimanakah caranya? Apa saja produk-produk yang direkomendasikan untuk kulit berjerawat pada usia yang tidak muda lagi? Kali ini, saya akan mengulas beberapa produk yang biasa saya gunakan untuk layering skincare routine.


Creator Image
Yosa Irfiana
Scriptwriter, beauty & lifestyle blogger
  • DHC
    Deep Cleansing Oil


    Yosa Irfiana

    Permasalahan utama kulit saya adalah berminyak dan pori-pori yang besar. Salah satu penyebabnya adalah dahulu saya sering acne facial di klinik kecantikan. Untuk mengatasinya, hal pertama yang saya lakukan adalah membersihkan kulit dengan benar. Langkah ini saya mulai dengan ritual double cleansing setiap pagi dan malam sebelum tidur. 


    Saya menggunakan DHC Deep Cleansing Oil ini sebagai first cleanser. Cara penggunaannya cukup mudah. Tinggal tuangkan isinya kira-kira tiga tetes pada telapak tangan, lalu pijatkan ke seluruh wajah. Agar kotoran luruh, saya biasanya menambahkan sedikit air. Produk kemudian akan teremulsi dan ditandai dengan adanya perubahan warna putih pada oil yang sudah menempel di wajah. Sesudah itu, saya akan basuh wajah dengan air dingin dan kulit pun menjadi lembap tanpa terasa lengket.


    DHC Deep Cleansing Oil ini mengandung 100% virgin olive oil, turunan licorice, dan rosemary yang kaya akan antioksidan dan vitamin E. Jika digabungkan, semua bahan ini berfungsi untuk membersihkan wajah secara efektif. Bukan hanya itu, produk ini juga dapat menutrisi kulit agar terhindar dari radikal bebas. 


    Kabar baiknya, produk yang diklaim terjual setiap sepuluh detik di Jepang ini juga colorant, fragrance, dan paraben free. Jadi, produk ini aman untuk kulit yang sensitif sekalipun. Cleansing oil ini bisa untuk membersihkan wajah dari debu, polusi, ataupun makeup yang kita gunakan sehari-hari.

  • Rohto
    Acnes Natural Care Facewash Yogurt Touch


    Yosa Irfiana

    Untuk second cleanser, saya sengaja memilih facial wash yang dikhususkan untuk mencegah dan melawan bakteri penyebab jerawat. Meskipun di luar sana banyak produk bertebaran yang menawarkan klaim terbaiknya, saya tetap jatuh hati pada produk ini. 


    Produk yang memiliki harga terjangkau ini diperkaya dengan ekstrak yogurt, vitamin C, dan vitamin B3. Semua kandungannya ini bisa menutrisi dan menjaga tekstur kulit agar tetap sehat dan lembap. Facial wash yang berwarna putih dan agak bening ini mirip seperti losion yang dapat menghasilkan busa yang lembut. 


    Saya menggunakan produk ini dua kali sehari setelah menggunakan cleansing oil. Hasilnya, kulit terasa lebih bersih dan tidak terasa kaku. Tidak hanya itu, dengan produk ini, jerawat pun tidak mudah datang secara bersamaan.

  • COSRX
    AHA/BHA Clarifying Treatment Toner


    Yosa Irfiana

    Setelah lebih mengenal tipe kulit sendiri, saya mengganti penggunaan physical exfoliator berjenis scrub dengan chemical exfoliator berupa acid toner. Saya baru memasukkan acid toner ini pada layering skincare routine saya sehari-hari. Oleh karena itu, saya memilih COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner yang kandungan AHA dan BHA-nya hanya 0,1%. 


    Bisa dikatakan, produk ini adalah acid toner paling ringan dan bisa digunakan untuk kulit sensitif. Komposisinya juga tidak mengandung bahan berbahaya seperti alkohol ataupun paraben. Produk ini juga mengandung 10% willow bark water yang bisa mengecilkan pori-pori serta menghambat produksi minyak berlebih. Meskipun menggunakan pyrus malus (apple) fruit water, toner ini memiliki wangi yang tidak menyengat.


    Pada awalnya, saya memakai produk ini hanya seminggu sekali. Seminggu setelahnya, saya tingkatkan intensitas penggunaan menjadi seminggu dua kali. Sekarang, saya menggunakan produk ini dua hari sekali. Sesuai petunjuk penggunaannya, saya menggunakan toner ini dengan media kapas. Hasilnya, kulit terasa lebih lembap, tidak lengket, dan tidak menyebabkan purging.

  • L'Oreal Paris
    Revitalift Crystal Micro-Essence


    Yosa Irfiana

    Saya banyak menemukan fakta bahwa kita harus mempersiapkan kulit sebelum menggunakan serum atau pelembap agar produknya terserap sempurna. Maka dari itu, essence adalah jawaban tepat karena sifatnya yang bisa menghidrasi. 


    L’oreal Paris Revitalift Crystal Micro-Essence ini hadir dengan bahan dasar Centella asiatica. Kandungan ini mempunyai manfaat antiinflamasi, menjaga kelembapan kulit, menyamarkan garis halus, dan membuat kulit tampak lebih cerah. Essence yang memiliki tekstur ringan ini juga mengandung salicylic acid untuk mengangkat sel kulit mati dan menghaluskan kulit. 


    Saya memakainya dengan cara dituang ke telapak tangan, lalu ditepuk-tepukkan ke seluruh permukaan wajah dan leher secara merata. L’oreal Paris Revitalift Crystal Micro-Essence ini mempunyai wangi yang segar dan bisa menenangkan kulit wajah yang kemerahan. Sejauh ini, saya sudah membelinya sebanyak tiga kali karena sangat cocok untuk kulit saya.

  • SD Biotechnologies
    SNP Prep Peptaronic Serum


    Yosa Irfiana

    Selain jerawat, faktor usia adalah salah satu penyebab masalah kulit lainnya. Jika disepelekan, hal itu akan berpengaruh besar pada kulit kita ke depannya. Oleh karena itu, saya menambahkan serum pada layering skincare routine saya, terutama pada malam hari. 


    Untuk serum, saya memilih SNP Prep Peptaronic Serum ini. Dengan ukuran yang besar dan isi melimpah, harga produk ini terbilang cukup terjangkau dibandingkan dengan serum lainnya. Serum ini mempunyai kandungan lima lapis hyaluronic acid yang bisa meningkatkan kelembapan kulit tanpa rasa lengket. Tidak hanya itu, untuk meningkatkan elastisitas dan menyegarkan kulit, produk ini diperkaya dengan kandungan enam tipe peptides. 


    Saya memakai serum ini setelah essence dengan cara dituangkan ke telapak tangan. Setelah itu, oleskan ke seluruh permukaan wajah, leher, sampai telapak tangan karena isinya benar-benar banyak dan enak dipakai. Serum ini memiliki tekstur yang watery-gel sehingga membuat kulit terasa lebih halus, licin, dan langsung terlihat segar.

  • Benton
    Goodbye Redness Centella Gel


    Yosa Irfiana

    Kulit saya sering terlihat kusam dan memiliki banyak bekas jerawat yang kemerahan. Oleh sebab itu, saya masih menghindari produk pelembap yang berat. Pilihan saya untuk pelembap wajah jatuh pada produk dari Benton yang memiliki tekstur gel ini. Seperti namanya, produk ini dipercaya bisa meredakan kemerahan akibat jerawat pada kulit wajah. 


    Produk ini memang belum banyak ulasannya, tetapi saya yakin gel ini cocok untuk saya sejak pertama kali memutuskan untuk membeli. Skincare satu ini mengandung 80% Centella asiatica dan bahan-bahan untuk menghidrasi kulit lainnya. Tentunya, gel ini juga cocok untuk segala jenis kulit dan bebas wewangian buatan. 


    Saya menggunakan Benton Goodbye Redness Centella Gel ini pada pagi dan malam hari setelah serum, khususnya pada saat jerawat meradang. Setelah menggunakannya, kulit saya menunjukkan perbedaan yang cukup signifikan. Biasanya, kulit saya terasa panas dan merah apabila berada di bawah sinar matahari langsung, tetapi kini jauh lebih baik.

  • L'Oreal Paris
    UV Perfect Transparent SPF50|PA+++


    Yosa Irfiana

    Semua jenis kulit membutuhkan sunscreen untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. Sejauh ini, saya telah mencoba berbagai produk sunscreen. Namun, pilihan saya jatuh pada L'Oreal Paris UV Perfect Transparent SPF50|PA+++ yang tidak meninggalkan sisa putih pada wajah ini.


    Produk ini memiliki fungsi sebagai anti-UV yang memberikan perlindungan untuk menjaga kecerahan warna kulit agar tampak lebih muda. Sunscreen ini juga memiliki fungsi anti-pollution yang bisa melindungi kulit dari tempelan debu. Tidak lupa, antioksidan di dalamnya juga memberikan perlindungan terhadap noda hitam dan mampu melindungi kulit dari radikal bebas.


    Produk berwarna putih susu ini mempunyai tekstur yang cukup kental. Setelah menggunakannya, saya merasakan kulit jadi tampak lebih bersinar, tetapi tidak terlalu berlebihan. Agar tidak membuat wajah tampak berminyak, saya mengakalinya dengan loose powder yang memiliki oil control setiap habis menggunakannya.

  • Moeim
    Ariul 7 Days Mask


    Yosa Irfiana

    Hal yang tidak kalah penting saat menggunakan skincare adalah penggunaan masker yang cocok. Ketika kulit sedang berjerawat, sheet mask adalah pilihan tepat untuk menghidrasi secara optimal dan membuat kulit lebih tenang. 


    Ariul 7 Days Mask Bamboo Water ini berfungsi menghidrasi dan melembapkan kulit. Sheet mask ini aman karena tidak mengandung paraben, mineral oil, serta cruelty-free. Lembaran sheet-nya berbahan tencel yang terbuat dari serat eucalyptus sehingga bisa menyerap essence lebih banyak. 


    Sedangkan tekstur essence-nya sendiri cukup milky dengan isi yang banyak. Hal yang saya suka dari produk ini adalah ukuran maskernya yang pas di wajah saya yang lebar. Selain itu, essence-nya pun mudah terserap ke dalam kulit. 


    Varian Bamboo Water ini adalah favorit saya. Hal ini dikarenakan rasanya yang terasa adem dan wanginya sangat menenangkan begitu dipakai. Setelah selesai memakainya, kulit jadi tampak segar, jerawat mereda, dan kulit pun terasa lebih halus seketika.