7 Rekomendasi Buku Bacaan Bagi Orang tua dan Guru untuk Belajar Montessori

7 Rekomendasi Buku Bacaan Bagi Orang tua dan Guru untuk Belajar Montessori

Beberapa tahun terakhir metode pengasuhan anak usia dini Montessori makin digandrungi guru dan orang tua. Metode Montessori dipercaya memiliki banyak manfaat bagi tumbuh kembang anak melalui filosofi-filosofi di dalamnya. Beberapa di antaranya adalah memupuk kemandirian, mempertahankan fitrah anak, membebaskan anak dengan batas, dan lainnya. Saya sendiri mulai mempelajari Montessori sejak 2017 melalui buku bacaan. Pada 2019, saya juga mengikuti Montessori intensive course selama lima hari. 


Hingga kini, saya berusaha konsisten mempraktikkan metode Montessori dalam mengasuh buah hati saya. Sebelum mulai mempraktikkan metode Montessori, ada baiknya orang tua dan guru memiliki pengetahuan dasar. Untuk itu, membaca buku merupakan langkah awal yang sangat mungkin dilakukan. Berikut ini adalah tujuh rekomendasi buku bacaan bagi orang tua dan guru untuk belajar Montessori.


Creator Image
Visya
Parenting blogger
  • Vidya Dwina Paramita
    Jatuh Hati Pada Montessori


    Visya

    Buku ini adalah buku Montessori pertama yang saya baca. Isinya sangat lengkap. Buku ini memaparkan tentang sejarah, filosofi, lima area penting Montessori, hingga manfaat pembelajaran anak usia dini dengan metode Montessori. Bahasa yang digunakan buku ini juga mudah dipahami oleh orang awam seperti saya kala itu. 


    Hal istimewa dari buku ini adalah adanya penjelasan mengenai perbedaan metode Montessori dan metode konvensional dalam pengasuhan anak. Selain itu, buku ini juga menjabarkan tips memilih sekolah untuk anak usia dini.


    Ada dua bab di buku ini yang mungkin tidak berkaitan langsung dengan Montessori, tetapi rentan terjadi pada anak usia prasekolah. Salah satunya adalah keresahan anak ditinggal oleh orang tua ketika pertama kali masuk sekolah. Di bab ini, penulis juga memaparkan tips bagi orang tua agar anak tidak resah. Informasi pada buku ini sangat patut dicoba!

  • Vidya Dwina Paramita
    Montessori Keajaiban Membaca Tanpa Mengeja


    Visya

    Kebanyakan buku Montessori lain membahas tentang Montessori secara umum disertai aktivitasnya. Namun, buku ini menawarkan pemaparan yang berbeda. Ya, tidak seperti lainnya, buku ini menjelaskan bagaimana mengajarkan anak membaca dengan metode Montessori


    Mungkin hanya sekitar 30% isi buku yang memaparkan teori, 70% isi buku membahas tentang teknis yang bisa dipraktikkan. Hal inilah yang menjadi nilai plus buku ini, mengingat kegiatan membaca adalah praktik bukan sekadar teori. Keunggulan lain dari buku ini adalah adanya bagian tanya jawab yang memungkinkan pertanyaan pembaca untuk dijawab.


    Buku ini tidak lagi membahas sejarah ataupun filosofi Montessori. Jadi, saya sarankan pembaca untuk membaca buku lainnya terlebih dahulu sebelum membaca buku ini agar lebih paham. Hal ini mengingat ada beberapa istilah khusus tentang Montessori yang digunakan dalam buku ini.

  • Lesley Britton
    Montessori Play and Learn


    Visya

    Buku ini hadir sebagaimana buku bergenre Montessori pada umumnya. Buku yang ditulis oleh Lesley Britton ini mengajak pembaca untuk mengenal filosofi dan menerapkan metode Montessori di rumah pada anak balita. Dilengkapi informasi mengenai aktivitas dan permainan Montessori, buku ini benar-benar dapat diterapkan untuk di dalam ataupun di luar rumah.


    Buku ini mengajak orang tua untuk menggunakan bahan dan peralatan yang mudah ditemukan di sekitar untuk memainkan semua ide stimulasi bersama anak usia 2-6 tahun. Secara urutan, buku yang berisi enam bab ini disampaikan dengan runtut, singkat, padat, dan mudah dipahami. Para orang tua yang baru akan mulai mempelajari Montessori bisa menjadikan buku ini sebagai pilihan.

  • Zahra Zahira
    Islamic Montessori Inspired Activity


    Visya

    Buku ini diawali dengan penjelasan mengenai Montessori dan bagaimana mempersiapkan kegiatan Montessori. Saya membeli buku ini karena tertarik dengan judulnya yang seakan menawarkan banyak kegiatan praktik. Benar saja, buku ini menawarkan 30 kegiatan bertema yang bisa dipraktikkan! Meskipun berjudul islami, buku ini juga bisa dibaca oleh semua kalangan. 


    Buku ini berisi beragam aktivitas Montessori dengan beragam tema. Dalam setiap tema ada tujuh aktivitas yang sesuai dengan aspek Montessori, yaitu sensorik, art and craft, matematika, bahasa, budaya, kehidupan sehari-hari, dan pelajaran agama Islam. Khusus untuk pelajaran agama ini bisa disesuaikan dengan agama masing-masing, ya. Keunggulan buku ini adalah halamannya yang berwarna sehingga membuatnya terlihat jelas dan adanya dokumentasi pada setiap kegiatan.

  • Simone Davies
    The Montessori Toddler


    Visya

    Sesuai judulnya, buku ini mengajak para pembaca mengetahui langkah mengasuh balita dengan metode Montessori. Buku ini diawali dengan memahami balita, mengenal Montessori, hingga mengenal sekolah Montessori sebagai langkah bersiap masuk prasekolah. 


    Buku yang berisi sepuluh bab ini juga dilengkapi dengan beragam aktivitas Montessori sesuai perkembangan anak. Tidak hanya itu, terdapat tujuh prinsip penting untuk membangun rasa ingin tahu anak dan manfaat keterampilan dasar Montessori untuk masa depan anak pada buku ini. Sebagai seorang ibu yang memiliki anak balita, buku ini mengakomodir kebutuhan saya dalam memahami pola dan perilaku anak saya. 


    Sepanjang pemaparannya, penulis juga sering kali menyebutkan beberapa rekomendasi buku bacaan ataupun materi lainnya. Berkat itu, para pembaca dapat memperkaya pengetahuannya seputar Montessori. Menurut saya, penulis tidak hanya fokus pada bukunya sendiri dan hal inilah yang menjadi salah satu keistimewaan buku ini. 

  • Zahra Zahira
    Islamic Montessori For 0-3 Years Old


    Visya

    Buku ini adalah buku bergenre Montessori lainnya dengan spesifikasi islami yang saya beli dan baca. Buku ini merupakan bundling yang terdiri dari Islamic Montessori for 0-3 Years dan Islamic Montessori for 3-6 Years. Meskipun begitu, kalian tetap bisa membelinya satuan. Tentunya, dengan menyesuaikan kebutuhan atau usia si buah hati.


    Saat itu, saya juga membeli buku yang sesuai dengan usia anak saya yaitu Islamic Montessori for 0-3 years. Sebelum memaparkan tentang Montessori itu sendiri, buku ini menjelaskan tentang hubungan Rasulullah dengan anak-anak dan fitrah setiap anak. 


    Setelah itu, barulah dipaparkan tentang Montessori dan lima area dalam islamic Montessori, yakni islamic studies, kognitif, motorik, sensorik, dan bahasa. Walaupun ditujukan untuk anak usia 0-3 tahun, tetapi dalam penyampaiannya dibagi lagi menjadi usia 0-12 bulan, 12-24 bulan, dan 24-36 bulan. Hal inilah yang membuat saya suka dengan buku ini.

  • Ivy Maya Savitri
    Montessori for Multiple Intelligences


    Visya

    Satu lagi buku bergenre Montessori yang memaparkan isi yang cukup berbeda yaitu Montessori for Multiple Intelligences. Buku ini diawali dengan penjelasan tentang sembilan kecerdasan majemuk yang harus diasah pada anak usia dini. Selain itu, buku ini juga menjelaskan tentang kecerdasan majemuk baru yang harus dimiliki anak generasi alpha


    Tidak sampai situ, buku ini juga dilengkapi puluhan aktivitas dasar dan wajib Montessori yang bisa dilakukan untuk mengasah sembilan kecerdasan majemuk anak. Tentunya, dengan penerapan yang sesuai filosofi Montessori. Sesuai judulnya, buku ini juga mengupas secara rinci kecerdasan majemuk yang dapat terasah dari setiap aktivitas Montessori. Dengan membaca buku ini, sepertinya setiap pembaca akan makin yakin betapa metode Montessori sarat akan manfaat!