10 Rekomendasi Perlengkapan untuk Membuat Beauty Vlog di YouTube

10 Rekomendasi Perlengkapan untuk Membuat Beauty Vlog di YouTube

Ada banyak hal yang harus diperhatikan dalam membuat konten beauty vlog di media sosial. Sebelum membuat konten, alangkah baiknya memikirkan dahulu konsep tampilannya agar menarik perhatian. Makin menarik konsep yang akan ditampilkan, makin banyak pula yang akan menyukainya. Selanjutnya, gunakanlah media sosial yang banyak digunakan orang, seperti Twitter, Facebook, Instagram, dan YouTube. 


Dengan begitu, kita akan lebih mudah membuat konten secara optimal dan pastinya konten kita lebih mudah tersebar. Untuk mencari ide, tidak ada salahnya melihat media sosial orang lain dari dalam ataupun luar negeri. Jika perlu, kalian bisa menanyakan langsung konten apa saja yang disuka atau diinginkan kepada pengikut kalian di Instagram.


Creator Image
Dyah Fadillah
Beauty vlogger
  • Midio
    Ringlight 18 inch / 46 cm Midio Dimmable


    Dyah Fadillah

    Ringlight sangat dibutuhkan untuk seorang vlogger karena dapat membantu meningkatkan pencahayaan di sebuah ruangan. Lampu yang berbentuk cincin ini banyak disukai oleh para wanita karena dapat digunakan untuk berdandan di depan kamera. Kini, bukan hal yang asing lagi untuk seorang make up artist (MUA) menggunakan ringlight ini. 


    Meskipun terlihat besar, tetapi ringlight ini sebenarnya bisa dibawa kemana-mana, lho. Produk ini dapat dilepas dan dipasang sesuai kebutuhan. Jadi, kalau saya ingin bepergian untuk membuat video di rumah teman bisa dilepas lalu dipasang kembali. Lampu seperti ini berguna untuk membuat kulit terlihat lebih mulus dan dapat menciptakan binar pada mata.

  • ZOMEi
    Q111 Lightweight Backpacking Tripod Kit 4-Section with 3-Way Pan Head and Carrying Case


    Dyah Fadillah

    Saat membuat konten, kalian akan memerlukan tripod sebagai salah satu aksesori pendukung. Tripod atau yang sering disebut sebagai kaki tiga adalah salah satu aksesori yang berfungsi untuk menyangga kamera. Dengan adanya tripod, kalian jadi tidak kerepotan saat tidak ada yang membantu kalian mengambil video.


    Saya merekomendasikan tripod dari ZOMEi ini karena desainnya elegan, dan bahannya kuat menahan beban sampai 5 kg. Selain itu, produk ini juga memiliki kerangka yang stabil dan material yang berkualitas. Kalian tidak akan rugi memilih tripod ini. Pilihan warnanya pun beragam sehingga kalian dapat menyesuaikannya dengan selera dan kesukaan kalian.

  • Apple
    iPhone 7 128 GB


    Dyah Fadillah

    Smartphone dari Apple memang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Kali ini, saya akan membahas iPhone 7 dan spesifikasi kameranya. Ponsel ini memiliki kamera 12 megapiksel dengan bukaan f/1.8 dan kamera depan 5 megapiksel yang disertai OIS (optical image stabilizer). 


    Pada seri plus-nya, iPhone ini bahkan memiliki dual camera dengan spesifikasi 12 megapiksel lensa wide dan 12 megapiksel lensa telephoto. Lensa telephoto ini dapat menghasilkan efek bokeh yang sangat tajam. 


    Untuk merekam video, iPhone 7 ini bisa merekam video Full HD dengan 60 FPS. Selain itu, iPhone 7 juga bisa merekam video slow motion sampai 240 FPS. Saya menggunakan smartphone ini pada awal-awal saya membuat video. Hal ini dikarenakan smartphone lebih simpel dan praktis untuk membuat vlog.

  • Canon
    EOS 600D


    Dyah Fadillah

    Kamera keluaran Canon memang terkenal memiliki kualitas yang tinggi. Kamera yang saat ini saya pakai untuk vlog adalah Canon EOS 600D. Bagian yang menarik dari kamera ini adalah LCD berukuran 3 incinya yang dapat diputar sesuai dengan kebutuhan kalian. Dengan begitu, kalian tidak perlu bantuan orang lain untuk melihat hasil videonya.


    Seperti halnya kamera Canon yang lain, Canon EOS 600D juga memiliki banyak pilihan lensa. Kalian bisa menyesuaikan lensanya sesuai keinginan atau objek gambar yang ingin diambil. Untuk harga, kamera ini memiliki harga yang cukup terjangkau dan sepadan dengan kualitas yang ditawarkan. Selain itu, kalian bisa menemukannya dengan mudah di toko kamera mana pun.

  • Lenovo
    Ideapad 320 14IKB


    Dyah Fadillah

    Mengedit video adalah salah satu tahapan yang harus dilakukan untuk menghasilkan video yang bagus. Untuk proses mengedit video, saya menggunakan laptop Lenovo ini dan aplikasi Adobe Premiere CC 2018. Lebih lanjutnya, saya ingin menjelaskan tentang spesifikasi dari Lenovo Ideapad 14IKB ini. Laptop ini sangat tipis dengan layar sebesar 14 inci, berat 2,1 kg, dan tingkat resolusi HD mencapai 1366 x 768 piksel.


    Kelebihan utama laptop ini adalah penggunaan daya yang minimal sehingga bisa lebih hemat energi. Jika kalian membutuhkan laptop dengan kinerja yang baik, laptop ini dapat menjadi pilihan. Dengan spesifikasi yang ditawarkan dan harga yang terbilang cukup kompetitif, laptop ini sangat menggiurkan dan dapat membuat siapa saja tertarik menggunakannya. 

  • RØDE
    VideoMic Directional On-camera Microphone


    Dyah Fadillah

    Awalnya, saya bingung bagaimana cara membuat suara video agar terdengar jernih. Lalu, saya memutuskan untuk menggunakan mikrofon dari RØDE ini. Mikrofon ini sangat ringan, bentuknya ringkas, dan pemasangannya mudah. Dengan memakai mikrofon ini, kalian dapat mengurangi suara di sekitar kalian dan fokus pada subjek di depan kamera saja. Di bagian belakang mikrofonnya juga terdapat kontrol daya, filter, dan level.


    RØDE VideoMic Directional On-camera Microphone adalah mikrofon eksternal yang memang ditargetkan untuk kalangan profesional yang menginginkan kemampuan lebih dibandingkan dengan mikrofon eksternal biasa. Merek RØDE sendiri sudah terkenal di kalangan videographer dunia sehingga kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. 

  • Midio
    Reflektor Foto 5in1 Midio (Diameter 60cm)


    Dyah Fadillah

    Ketika ingin melakukan pengambilan gambar di luar ruangan, reflektor sangat diperlukan. Fungsi reflektor adalah untuk memantulkan cahaya ke objek foto sehingga terlihat lebih terang. Fungsi reflektor menjadi sangat efektif pada saat langit mendung atau saat objek membelakangi cahaya. Reflektor yang saya gunakan saat ini adalah reflektor 5in1 dari Midio. Produk ini memiliki lima fungsi berbeda-beda berdasarkan warnanya. 


    Reflektor yang transparan berfungsi sebagai filter cahaya sehingga cahaya yang mengenai objek terlihat lebih lembut. Reflektor berwarna putih fungsinya untuk memantulkan cahaya putih yang berguna untuk menyorot objek. 


    Reflektor berwarna hitam fungsinya untuk memantulkan bayangan hitam ke objek. Reflektor berwarna gelap ini paling sering dipakai untuk foto produk-produk transparan, seperti botol, kaca, dan lainnya. Reflektor silver fungsinya untuk memantulkan cahaya lebih terang ke salah satu sisi objek. Terakhir, reflektor gold fungsinya memberikan efek lebih hangat ke salah satu sisi objek.

  • Midio
    Mini Ball Head S2 Camera with Hot Shoe 1/4


    Dyah Fadillah

    Produk ini berfungsi untuk memberikan kontrol dan menambah ball head pada tripodDengan begitu, arah kamera dapat diputar hingga 360 derajat meskipun terpasang di tripod. Dengan adanya produk ini, saya lebih mudah mengontrol sudut pengambilan gambar. Hasil gambar pun menjadi lebih baik dan mudah disesuaikan dengan keinginan kalian. 


    Selain dapat dipasang di tripod, produk ini juga dapat dipasang di ringlight. Produk ini juga sangat stabil saat digunakan. Begitu posisinya sudah terkunci, kamera akan benar-benar tidak bergoyang. Dengan cara penggunaan yang hanya melibatkan sedikit gerakan saja, produk ini akan membuat kamera dan tripod lebih awet.

  • Midio
    Paket Double Studio Foto Midio A1 Light Stand 2M + 1 Socket E27 + Softbox


    Dyah Fadillah

    Jujur, terkadang ringlight saja tidak cukup untuk memberikan pencahayaan yang sempurna. Saat background gelap atau berada di ruangan yang tidak bagus pencahayaannya, saya sering menggunakan softbox sebagai tambahan.


    Fungsi dari softbox adalah untuk melembutkan, memperkuat, dan memfokuskan cahaya ke objek tertentu. Kelebihan lain softbox adalah mengurangi bocoran cahaya ke objek lain yang tidak diinginkan. Softbox mudah dibongkar dan dipasang kembali sehingga terasa praktis dan tidak memakan tempat.


    Saat softbox tidak diperlukan atau untuk dibawa bepergian, saya akan lipat kembali dan memasukkannya ke dalam tas. Dengan bahan bagian dalam berwarna silver, pantulan cahaya pun lebih maksimal sehingga cahaya yang dikeluarkan lebih rata.

  • Kain Sequin Rose Gold


    Dyah Fadillah

    Hal yang sangat penting untuk para beauty vlogger adalah menggunakan kain sebagai background. Saya sendiri menggunakan kain sequin sebagai background saat mengambil video agar terlihat lebih menarik.


    Ketika membuat video di dalam ruangan, biasanya saya sulit menentukan background yang tepat. Karenanya, kain sequin ini sangat membantu. Dengan payet-payet yang dijahit di kainnya, kain ini cenderung jatuh saat digunakan. Background seperti ini akan membuat video kalian terkesan berkilau, lebih berwarna, serta indah dipandang mata.