7 Rekomendasi Perlengkapan Home Workout

7 Rekomendasi Perlengkapan Home Workout

Adanya penyebaran COVID-19 di Indonesia membuat kita harus melakukan social distancing. Di tengah kondisi seperti ini, banyak gym yang harus tutup sementara untuk mencegah penyebaran virus tersebut. Namun, tutupnya gym bukan berarti membuat kalian berhenti untuk berolahraga, ya. Dengan kondisi ini, kalian justru harus berolahraga untuk menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari virus.


Untuk menunjang kegiatan olahraga selama di rumah, kalian memerlukan perlengkapan yang membuat olahraga lebih efektif. Tentunya, perlengkapan yang dapat mendukung kalian berolahraga dengan banyak variasi gerakan. Agar kalian tidak bingung memilih, kali ini saya akan membagikan rekomendasi perlengkapan home workout. Produk-produk di bawah ini adalah perlengkapan yang saya gunakan di rumah. Kalian tidak perlu khawatir karena harga produknya terjangkau dan tentunya mudah dicari.


Creator Image
Enrique Dustin
Healthy influencer
  • SFIDN FITS
    FITS Matras Yoga Standar


    Enrique Dustin

    Matras yoga dari SFIDN FITS ini adalah matras yang biasa saya pakai di rumah. Hanya dengan matras dan berat badan sendiri saja, kalian dapat melakukan banyak gerakan dan berolahraga secara efektif. Menurut saya, produk ini pantas dipilih karena berkualitas tinggi dan tahan lama.


    Matras ini memiliki ketebalan yang pas sehingga nyaman digunakan untuk melakukan gerakan-gerakan olahraga di atas lantai yang keras. Selain itu, kalian pun lebih mudah berolahraga di atasnya karena bahannya yang tidak licin dan antiselip. Selain memiliki bobot yang ringan, produk ini juga disertai dengan carrying strap dalam paketnya. Dengan begitu, matras ini dapat mudah dibawa ke mana-mana.

  • KETTLER
    Speed Rope


    Enrique Dustin

    Skipping rope ini saya rekomendasikan untuk kalian yang ingin membakar lemak, memperkuat otot badan bagian bawah, dan meningkatkan keseimbangan. Ya, skipping memang memiliki banyak manfaat positif untuk tubuh. Salah satu manfaatnya adalah membantu membakar kalori, yaitu sekitar 10 kalori per menit. 


    Saya merekomendasikan Speed Rope dari KETTLER ini karena panjangnya yang dapat diatur. Dengan begitu, kalian bisa memakainya sesuai tinggi badan kalian. Pegangan dari skipping rope ini juga nyaman digenggam dan ringan sehingga mudah digunakan untuk kecepatan tinggi. Kini, kalian pun hanya perlu skipping rope dan ruang kosong untuk membakar kalori.

  • Speeds
    Roller


    Enrique Dustin

    Sebelum melakukan workout, sebaiknya kalian melakukan pemanasan dahulu untuk mempersiapkan otot agar terhindar dari cedera. Selain pemanasan, pendinginan juga sangat penting dalam berolahraga. Hal ini bertujuan untuk mengurangi ketegangan otot yang menyebabkan badan pegal-pegal.


    Produk yang saya rekomendasikan ini adalah roller dari Speeds. Meskipun harganya cukup terjangkau, kualitas produk ini tidak kalah dengan produk roller lainnya. Tekstur unik pada produknya juga ampuh membantu meregangkan dan menghilangkan ketegangan pada otot setelah latihan.


    Cara penggunaannya pun mudah yaitu dengan menindih roller-nya tepat di bagian otot yang pegal-pegal. Namun, perlu kalian ingat untuk menghindari bagian sendi, seperti lutut, siku, dan pergelangan kaki. Hal ini perlu dihindari karena berisiko memperparah kondisi cedera.

  • SFIDN FITS
    1 Set Resistance Band Yoga


    Enrique Dustin

    Menurut saya, resistance band merupakan salah satu perlengkapan yang penting untuk home workout. Dengan resistance band ini, kalian bisa melakukan banyak sekali gerakan untuk melatih otot badan bagian atas dan bawah.


    Cara pengunaan resistance band juga cukup mudah. Produk ini dapat digunakan dengan cara dikaitkan ke pintu atau kaki untuk melatih otot. Contoh gerakan-gerakannya juga dapat dilihat di video tutorial yang ada di YouTube.


    Saya memilih resistance band dari SFIDN FITS karena harganya yang terjangkau. Selain itu, dalam satu paket produknya terdapat lima level resistensi yang memiliki kekuatan berbeda-beda, dari yang ringan sampai yang berat. Dengan begitu, kalian lebih leluasa memilih gerakan untuk melatih otot.

  • IRON GYM
    Dual Ab Wheel


    Enrique Dustin

    Otot perut yang kuat akan mempermudah kalian melakukan berbagai macam olahraga. Dengan otot perut yang kuat, badan kalian akan lebih seimbang, postur tubuh lebih baik, dan kekuatan tubuh meningkat.


    Untuk memperkuat otot perut selama di rumah, saya rekomendasikan kalian untuk mencoba Dual Ab Wheel dari IRON GYM ini. Produk ini memiliki pegangan yang bagus dan roda yang lebar sehingga lebih stabil saat digunakan. Cara penggunaannya juga cukup mudah, kalian hanya perlu mendorong rodanya ke depan dengan posisi tengkurap.


    Namun, cara menggunakan produk ini tidak semudah yang dibayangkan, ya. Untuk kalian yang masih pemula, gunakanlah lutut sebagai penopang saat mendorong rodanya. Baru setelah terbiasa, kalian tidak memerlukan lutut sama sekali sebagai penopang.

  • York Fitness
    York Dumbell Set 30 kg


    Enrique Dustin

    Menambah intensitas olahraga dengan meningkatkan beban resistansi akan membuat otot lebih kuat. Dengan menambahkan beban, kekuatan tubuh kalian otomatis juga akan meningkat. Perlengkapan yang pas untuk menambah beban tersebut adalah dumbbell


    Dengan menggunakan dumbbell, sesi olahraga kalian pun akan lebih efektif karena bertambahnya beban resistensi. Selain itu, kalian juga bisa melakukan banyak gerakan walaupun hanya dengan dua dumbbell. 


    Kali ini, saya ingin merekomendasikan dumbbell set dari York Fitness yang menawarkan beban hingga 30 kg. Dumbbell set ini sudah dilengkapi kotak penyimpanan yang membuatnya tidak memakan banyak tempat. Tidak hanya itu, kualitas dari dumbbell ini juga sangat bagus dan tahan lama.

  • KETTLER
    Deluxe Door Chinning Bar


    Enrique Dustin

    Pull-up merupakan gerakan yang sangat bagus untuk memperkuat otot badan bagian atas. Gerakan pull-up ini merupakan salah satu gerakan gabungan yang menggunakan banyak otot. Karenanya, gerakan ini sangat bagus untuk otot punggung, bahu, dan tangan. Untuk kalian yang memiliki keluhan terhadap postur tubuh yang kurang bagus, gerakan pull-up bisa menjadi solusinya.


    Saya merekomendasikan pull-up bar dari KETTLER ini karena tahan lama. Saya sendiri sudah menggunakan pull-up bar dari KETTLER selama lima tahun dan masih awet sampai sekarang. Selain itu, pull-up bar ini juga dapat dipasang di pintu dan dapat disesuaikan dengan lebar pintunya.


    Cara pengunaannya juga mudah. Pegang pull-up bar ini dan angkat tubuh kalian ke atas sembari mengunci perut dan busungkan dada. Jika kalian masih pemula dalam melakukan pull-up, kalian bisa menggunakan bantuan dari resistance band yang saya rekomendasikan di atas. Caranya, gantungkan elastic band di pull up bar, lalu letakkan kaki kalian di elastic band. Selanjutnya, mulailah angkat tubuh kalian ke atas.