8 Rekomendasi Produk Pendukung Pembuatan Video Gaming (YouTube Video)

8 Rekomendasi Produk Pendukung Pembuatan Video Gaming (YouTube Video)

Pada zaman yang serba canggih seperti sekarang, semua orang pasti mengetahui YouTube. Melalui YouTube, kita bisa melihat banyak sekali jenis konten video, mulai dari vlog, beauty and make up, memasak, bahkan gaming. Konten video gaming makin diminati dengan dibuktikannya banyak channel gaming baru di YouTube. 


Konten video gaming biasanya berisi video reaksi ketika sedang bermain game. Untuk membuat konten video gaming, tidak hanya kamera yang dibutuhkan dalam proses pembuatannya. Lalu, peralatan apa saja kah yang dibutuhkan untuk menghasilkan sebuah konten video? Kali ini, saya akan merekomendasikan produk-produk pendukung dalam pembuatan video gaming untuk YouTube. Selamat membaca!


Creator Image
Deren Firdaus
YouTuber gaming
  • Sony
    α6400 E-mount camera with APS-C Sensor


    Deren Firdaus

    Sony α6400 adalah compact camera yang dilengkapi berbagai fitur dan ringan untuk dibawa-bawa. Kamera ini memiliki fitur Real-time Eye AF yang cepat dan akurat. Fitur ini dapat mendeteksi mata sehingga memungkinkan hasil video yang fokus meskipun terdapat banyak gerakan. 


    Selain itu, kamera ini memiliki flip screen yang sangat berguna untuk menjaga komposisi frame tetap baik. Fitur lainnya adalah sensor APS-C yang dapat menghasilkan foto 24 megapiksel dan video 4K yang sangat berkualitas. Dengan kemampuannya yang dapat merekam lebih dari 30 menit, kamera ini sangat ideal untuk merekam video gaming untuk YouTube.

  • Audio-Technica
    AT2020USB+ Cardioid Condenser USB Microphone


    Deren Firdaus

    Audio-Technica AT2020USB+ Cardioid Condenser USB Microphone adalah mikrofon yang menghasilkan audio berkualitas studio. Mikrofon ini mudah digunakan karena dapat dihubungkan langsung menggunakan koneksi USB ke komputer. Dengan begitu, mikrofon ini tidak membutuhkan baterai maupun software pendukung lainnya. 


    Audio yang dihasilkan dari mikrofon ini sangat jelas, tajam, dan tanpa distorsi. Mikrofon ini juga memiliki fitur headphone jack built-in dengan kontrol volume. Hal ini memungkinkan kalian untuk memonitor sinyal mikrofon secara langsung tanpa adanya delay. 


    AT2020USB+ ini juga menawarkan kontrol campuran yang memadukan mikrofon dan audio yang telah direkam sebelumnya. Dilengkapi dengan A/D converter dengan 16 bit, 44.1/48 kHz sampling rate, mikrofon akan memproduksi suara yang artikulatif.

  • Elgato
    HD60 S


    Deren Firdaus

    Jika kalian bingung software atau hardware apa yang harus kalian gunakan untuk merekam gameplay, Elgato adalah jawabannya. Elgato HD60 S adalah sebuah game capture yang mudah digunakan dan dapat dijalankan pada satu monitor. Selain itu, produk ini juga dilengkapi fitur-fitur yang akan mempermudah YouTuber atau gaming streamer pemula. 


    Elgato HD60 S dapat digunakan pada konsol, PC, atau kamera untuk merekam video yang akan diunggah ke YouTube atau live streaming. Elgato memiliki software yang disebut Game Capture HD dan dapat diunduh secara gratis. 


    Software ini dilengkapi dengan custom overlays, edit clips, penambah komentar, pengatur volume, dan sebagainya. Pastinya, alat ini dapat merekam gameplay dengan kualitas 1080p dan 60fps.

  • Logitech
    G502 Hero


    Deren Firdaus

    G502 Hero adalah gaming mouse dengan sensor terakurat dan frame rate yang mencapai 400+ IPS pada kisaran 100-16.000 DPI. Gaming mouse ini dilengkapi dengan 11 programmable buttons untuk memprogram commands favorit kalian. 


    Mouse keren ini dilengkapi dengan teknologi LIGHTSYNC sehingga kalian bisa mengatur warna pada mouse ini. Terdapat 16,8 juta warna yang bisa kalian pilih dan dapat disinkronkan dengan perangkat Logitech yang kalian miliki. 


    Mouse ini memiliki panjang 132 mm, lebar 75 mm, dan ketebalan 40 mm, dengan berat sekitar 140 gr. Semua fitur yang terdapat pada mouse ini dapat dikustomisasi atau disesuaikan melalui Logitech G HUB.

  • Logitech
    G512 Carbon


    Deren Firdaus

    Logitech G512 Carbon adalah gaming keyboard berkinerja tinggi yang dilengkapi pilihan mechanical switch terbaik. Keyboard ini dilengkapi dengan teknologi LIGHTSYNC sehingga tombol-tombolnya dapat dikustomisasi dengan 16,8 juta warna yang tersedia. 


    Selain itu, keyboard ini menggunakan GX Blue Mechanical Switch yang menghasilkan sensasi suara clicky setiap kalian menekan tombol pada keyboard. Kalian juga bisa mengunakan tombol FN untuk mengontrol volume, play & pause, mute, beralih mode game, mengganti efek pencahayaan, dan sebagainya. 


    G512 Carbon dibuat dari 5052 aluminum-magnesium alloy yang sangat kuat dan tahan lama. Selain itu, produknya juga didesain minimalis dan menghadirkan nilai estetika yang indah.

  • Logitech
    G633 Artemis Spectrum


    Deren Firdaus

    Logitech G633 Artemis Spectrum ini dilengkapi dengan Pro-G 40 mm. Dengan adanya Pro-G 40 mm, suara yang didapatkan lebih detail, dalam, dan jelas pada volume berapa pun. Kalian dapat mendengar suara dengan frekuensi rendah seperti suara ledakan dan soundtrack yang terasa lebih full dan sinematik. 


    Sebaliknya, suara dengan frekuensi tinggi, seperti suara orang, langkah kaki, dan tembakan akan terdengar sangat jernih. Dengan adanya DTS Headphone:X 2.0, suara yang dihadirkan menjadi sangat akurat. Bahkan, fitur ini memungkinkan kalian mendeteksi posisi dan jarak dalam 3D soundscape yang menyeluruh. 


    Sama seperti mouse dan juga keyboard-nya, headset ini juga dapat dikustomisasi karena adanya teknologi LIGHTSYNC. Selain itu, headset ini juga memiliki 6 mm mic+ dan flip-to-mute boom mic untuk komunikasi yang lebih jelas. Tidak lupa, mic tersebut dapat dilipat ke headset ketika tidak sedang digunakan.

  • Logitech
    F310


    Deren Firdaus

    Desain gamepad ini sekilas mirip dengan gamepad atau controller PlayStation. Gamepad G310 memiliki 2 mini-sticks, 2 tombol combos, D-pad, 4 digital action key (A, B, X, Y), dan tombol perintah, seperti back, start, dan mode. Lalu, di bagian belakangnya terdapat tombol XInput dan DirectInput.


    Gamepad F310 dapat dipadukan dengan Big Picture, navigasi Steam, jelajah website, permainan, dan aktivitas lainnya. Gamepad ini berfungsi untuk Windows 10 tanpa perlu mengunduh software tambahan. Kalian hanya perlu menghubungkannya ke lubang USB, OS pun akan terdeteksi, dan tinggal install perangkat. 


    Untuk konektivitas, F310 menggunakan USB 2.0 yang cukup responsif. Gamepad F310 tidak akan membuat tangan cepat lelah karena desainnya yang ergonomis dan nyaman untuk digunakan. Selain itu, gamepad Logitech ini hanya memiliki berat 210 gr saja!

  • Logitech
    C920 HD Pro Webcam


    Deren Firdaus

    Logitech C920 HD Pro Webcam adalah webcam yang sangat cocok untuk diintegrasikan dengan laptop maupun PC. Hal ini dikarenakan produknya yang sangat mudah dipasang. Webcam ini menghasilkan foto dan video dengan kualitas tinggi dan juga tajam. Logitech C920 dapat merekam video dengan berbagai resolusi, biasanya 1080p pada 30fps dan 720p pada 30fps. 


    Webcam ini memiliki autofocus yang cepat dan akurat sehingga mempermudah kalian untuk merekam ekspresi walaupun banyak gerakan. Meskipun di ruangan yang kurang terang, Logitech C920 memiliki ring light yang bisa menjaga kejernihan gambar. Selain itu, webcam ini dapat secara otomatis menyesuaikan kecerahan, kontras, dan warna sesuai dengan pencahayaan yang terdeteksi.