7 Rekomendasi Perlengkapan untuk Menjadi Pebulu Tangkis Top Dunia

7 Rekomendasi Perlengkapan untuk Menjadi Pebulu Tangkis Top Dunia

Creator Image
Debby Susanto
Mantan atlet badminton
  • Yonex
    Nanoray 800


    Debby Susanto

    Raket merupakan salah satu faktor pendukung utama. Bagi seorang atlet, raket adalah belahan jiwanya. Karena itu, sangat penting untuk memilih raket yang sesuai dengan kriteria permainan yang kita inginkan. Nah, Nanoray 800 ini merupakan pilihan saya sebagai play maker di lini depan. 

    Nanoray 800 memiliki keunggulan dalam hal keakuratan dan kecepatan. Sebab, raket ini memiliki berat yang menurut saya sangat ideal. Dengan begitu, ia memudahkan saya untuk bermain dengan cepat di depan. Selain itu, raket ini juga powerful. Terbukti dalam hal defense yang semakin solid. Pantulan dan kelenturan yang tercipta dari raket ini pun dapat mempermudah saya dalam mengatur arah pukulan.
  • Yonex
    Power Cushion 65 Z 2


    Debby Susanto

    Nah, sepatu juga salah satu hal yang tidak kalah pentingnya. Memilih sepatu pun tidak bisa sembarangan karena bisa berakibat fatal pada tumit dan lutut. Pemilihan sepatu yang asal-asalan bahkan bisa mengakibatkan cedera, lho. Karena itu, saya pun menyarankan Yonex Power Cushion 65 Z 2 yang selalu saya gunakan saat latihan maupun pertandingan. 


    Sepatu ini memiliki desain bagus, pilihan warna yang beraneka ragam, serta kelenturan yang terbukti. Sebab, sepatu ini bisa langsung digunakan walaupun masih baru dan tidak membuat kaki saya sakit. Dengan begitu, sepatu ini bisa menunjang pergerakan kita di lapangan. Selain itu, sepatu ini juga saya sarankan untuk kalian yang sering merasakan sakit di bagian tumit saat menggunakan sepatu baru. Sepatu ini bisa kalian coba!
  • Yonex
    3D Ergo Socks


    Debby Susanto

    Kita pun tidak bisa sembarangan dalam memilih kaus kaki. Sebab, kita membutuhkan bahan yang bisa menyerap keringat dengan maksimal. Namun, tentu saja kaus kaki yang dipilih harus tidak licin sehingga nyaman saat digunakan. Jika tidak nyaman digunakan, kaus kaki akan mengganggu pergerakan dan performa di lapangan. 

    Ketebalan kaus kaki pun harus diperhatikan. Jangan menggunakan kaus kaki berbahan tipis saat bermain bulu tangkis. Sebab, lama-kelamaan kalian akan merasa perih dan sakit di bagian telapak kaki dan ibu jari kalian. Pasti kalian tidak mau performa terganggu akibat kaus kaki tipis dan bolong, kan? Jadi, jangan lupakan aspek penting ini, ya.
  • Victor
    BR 8809


    Debby Susanto

    Tas juga merupakan kebutuhan dalam pebulutangkisan. Ia berguna untuk menjaga barang-barang kita agar tersimpan rapi dan aman, termasuk raket. Agar tidak mudah patah, tentu raket harus disimpan dengan benar. Tas raket pun banyak pilihannya. Namun, saya suka sesuatu yang simpel dan multifungsi, tetapi harus tetap modis saat dipakai seperti tas raket Victor ini. 

    Dengan desain yang keren, tas ini membuat kita tampak stylish, lho. Ruang penyimpanannya pun banyak. Ia bisa memuat sekitar lima raket, sepatu, baju, dan botol minum. Ditambah lagi, tas ini juga disertai space khusus untuk handphone, dompet, dan barang kecil lainnya. Menarik, bukan?
  • Yonex
    AC102EX Super Grap


    Debby Susanto

    Saya sudah mencoba beberapa brand, tetapi pilihan saya tetap jatuh pada brand yang satu ini. Mengapa? Karena kualitasnya yang menurut saya tidak perlu diragukan lagi. Grip-nya benar-benar nyaman saat digunakan dengan tekstur yang empuk dan tidak licin. 

    Saat bermain bulu tangkis, tentu saja keringat membasahi seluruh tubuh, tak terkecuali tangan. Terbayang tidak kalau kita pakai grip yang kurang bagus sehingga licin saat tangan kita basah? Tentu kalian tidak mau jika tiba-tiba raket terlempar saat sedang bermain, kan? Nah, produk ini adalah solusi terbaik menurut saya. Sebab, kualitasnya lebih baik dibandingkan brand lainnya.
  • Gadjah Mada
    International Badminton Shuttlecock


    Debby Susanto

    Dalam bermain bulu tangkis, jangan lupakan shuttlecock-nya. Kalau tidak, apa yang mau ditepuk? Nah, memang terdapat beberapa brand shuttlecock besar yang sudah sering dipakai di pertandingan internasional. Akan tetapi, saya menyarankan Gadjah Mada International Badminton Shuttlecock karena harganya masih pas di kantong berbagai kalangan. Kualitasnya pun tidak kalah bagus dengan brand besar lainnya. 

    Produk Gadjah Mada ini juga memiliki beberapa pilihan kecepatan tergantung dari warna shuttlecock-nya. Akan tetapi, produk yang paling sering digunakan adalah yang berwarna merah dan hijau. Shuttlecock Gadjah Mada merah dijual dengan kisaran harga dibawah 150 ribu rupiah. Terjangkau, bukan?
  • Yonex
    BG65


    Debby Susanto

    Setelah semua barang sudah lengkap, jangan lupakan senar. Kalau tidak ada senar raket, tentu kita tidak bisa bermain. Nah, untuk senar, saya percaya pada Yonex BG65. Saya memakainya dari dulu dan tidak pernah ganti karena senar ini benar-benar senar terbaik versi saya.

    Senar ini mempunyai daya pantul sempurna dan ketebalannya cukup sehingga tidak mudah putus saat dipakai. Selain itu, BG65 sendiri bisa ditarik dengan tarikan maksimal untuk kalian yang suka memasang senar dengan kencang. Senar ini paling banyak digunakan oleh pemain dunia, terutama pemain ganda. Karena itulah, senar ini sangat saya sarankan karena nyaman untuk menyerang dan bertahan.